Bagian yang harus diperhatikan Oleh Ibu-ibu Saat Service Motor Agar Tetap Awet dan Terjaga

 
 

Saya sering tergilitik membaca atau mendengar jargon ibu-ibu atau emak-emak adalah "Raja Jalanan', Penguasa Jalanan". "Emak lewat, semua minggir". Sein kanan tapi belok ke kiri itu harus sudah dimaklumi jika si pengandara motor adalah ibu-ibu. Pokoknya perempuan tidak pernah salah. Dan masih banyak jargon, meme, dan beragam istilah dari netizen hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

Btw, meski faktanya tidak semua demikian, tapi kita patut berbenah. Sebagai seorang ibu juga, saya tidak setuju dengan jargon-jargon itu. Seakan semua ibu tidak pandai berkendara. Padahal, faktanya mungkin hanya beberapa saja yang memang seperti itu atau cuma sebagai konten semata. Apa pun itu, tak seharusnya seorang yang paham berkendara melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Nah, jadi pengendara atau bagi siapa saja yang punya kendaraan, harus punya kesadaran yang tinggi untuk taat aturan. Memerhatikan rambu-rambu lalu lintas agar minim kecelakaan. Tak kalah penting adalah soal service motor ini. Ada 8 hal yang harus diperhatikan terutama oleh para ibu, ketika service motor, yuk disimak.

Wahai ibu, jika punya motor dan suami atau anggota keluarga yang lain belum sempat service motor, maka ibu-ibu yang service motor juga tak ada salahnya, kan? Perlu diingat bahwa service motor adalah aktivitas pengecekan kondisi motor secara rutin dan berkala. Biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Nah, untuk lebih jelas bagian apa saja yang harus dicek, simak hal-hal berikut ini sampai tuntas ya.

1. Oli Mesin
 
Fungsi oli mesin adalah sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin.Maka dari itu, wajib untuk mengganti oli mesin secara rutin. Biasanya standar atau rata-rata rekomendasi pabrikan penggantian oli mesin ketika sudah mencapai 2500 km. Ganti oli mesin berarti membeli oli mesin dan juga membayar biaya ganti olinya.
 
 Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Credit: www.planetban.com


2. Oli Gardan

Bagi pengguna motor matic, maka wajib ganti oli gardan. Oli gardan ini berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuosly Variable Transmission (CVT). Dan waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian barulah dibarengi dengan 1x ganti oli garden. Diingat-ingat yan bagi pecinta motor matic. 

3. Busi

 Bagian yang ketiga yang perlu dicek adalah busi yaitu salah satu part atau bagian motor. Funsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin bisa menyala. Ketika busi tidak berfungsi dengan baik maka bisa menyebabkan  motor sulit dinyalakan. Maka penggantian busi haruslah dilakukan agar berfungsi kembali. 

4. Kampas Rem

Perlu diingat, bahwa keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Nah, salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Kertika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting mengapa kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor. wajib diingat ya.

5. Filter Udara

Tak kalah penting bagian yang harus dicek adalah filter udara. Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti. Begitu ya, ibu-ibu. 
 
6. Aki atau Accu 

Nah soal aki nih tak boleh abai juga. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar ibu-ibu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban 

Oya, ibu-ibu pemeriksaan ban juga penting loh, dan perlu dilakukan secara berkala. Dan sudah seharusnya, kita memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya. Begitu ya, ibu-ibu.

8. Tune Up Motor Rutin

Nah terkahir, tak kalah penting adalah tune up motor rutin. Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Oya, adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada pelanggan. Kalau ibu-ibu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. Setuju?

Planet Ban, Bengkel Service Motor Terbaik Andalan Ibu-Ibu

Soal bengkel service ini memang hal yang penting juga dibahas, apalagi oleh para ibu-ibu pecinta motor. Iya, dong! Harus service di bengkel motor terbaik dan bisa diandalkan. Ibu-ibu bisa memilih bengkel service motor di Planet Ban. Di bengkel Planet Ban ini, ibu-ibu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Wah,  apa itu servis mesin rasa baru? Ibu-ibu penasaran, kan?
 
Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Wah, keren, ya! Adapun manfaat lain ibu-ibu service motor di Planet Ban antara lain sebagai berikut.
 
Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban
  • Sevice di Planet Ban, menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).
  •  Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng, Keren, ya.
  •  Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga ibu-ibu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat. Asik, kan? 
  •  Ibu-ibu dan semua pecinta motor bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Ini nih bedanya service di planet ban dengan bengkel motor lainnya. Jika Ibu-ibu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. Wah, gak banget, lah.

Sementara jika Ibu-ibu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Wow, ini nih pasti yang diharapkan oleh ibu-ibu pecinta motor.
 
Iya, betul.  Service motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.
Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, gimana, ibu-ibu? sudah terjawab kan penasarannya? Maka dari itu, bilangin para suaminya untuk service motornya di Planet Ban aja. Pastinya hasilnya memuaskan, karena dapat layanan service motor rasa baru. Motor awet dan tahan lama. Ibu-ibu berkendara juga lebih tenang dan nyaman.








nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

11 komentar untuk "Bagian yang harus diperhatikan Oleh Ibu-ibu Saat Service Motor Agar Tetap Awet dan Terjaga"

Comment Author Avatar
Kalau diriku nih ya, enggak mungkin merasa jadi jagoan jalan raya. Lah gak bisa motoran hihihi
Comment Author Avatar
Haha, iya mbak... Diriku masih setia jadi penumpang nih...
Comment Author Avatar
Penting banget merawat mesin supaya motor awet dan bisa sehat lebih lama ya mak.
Comment Author Avatar
Betul betul... Servicenya juga harus di bengkel yang bagus dong
Comment Author Avatar
Biasanya aku pasrahkan urusan service motor ke suami. Ternyata penting banget untuk tau detil detil bagian motor kita buat keamanan dan kenyamanan kita berkendara ya. Abis ini berani service sendiri deh kalau ke Planet Ban
Comment Author Avatar
Cus ke planet ban. Service motor rasa baru ya
Comment Author Avatar
Besok servis ke planet Ban ah, kan sebentar lagi mulai anter jemput sekolah
Comment Author Avatar
Asik. Service di planet ban pastinya bikin motor awet ya
Comment Author Avatar
Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya
Comment Author Avatar
aku dulu sering ga ngeh lo kalau urusan otomotif, maunya pake aja. hahaha. tapi sekarang alhamdulillah jadi aware sama urusan kendaraan di rumah. karena menjaga keawetan kendaraan juga
Comment Author Avatar
Aku termasuk aware soal servis motor dll, soalnya jauh dr suami ya. Kl gak aware, mau ngandelin siapa lagi?

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)