Featured Slider

Bagaimana Cara Agar Anak Mencintai Buku? Ini Dia Teknik yang Perlu Diikuti

Buku adalah jendela ilmu. Dengan membaca buku, kamu akan mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baru. Kesadaran akan pentingnya membaca buku ini harusnya sudah ditanamkan sejak kecil. Jika sejak kecil kamu tidak pernah diajari membaca buku, pasti saat sudah dewasa pun kamu tak akan tertarik dengannya. Maka dari itu, peran orang tua sangat besar di sini. Ketika kamu sudah menjadi orang tua, coba ajarkan pada anak untuk terbiasa membaca buku sejak dini.
Tapi pada kenyataannya, teori tak semudah praktik. Banyak orang tua yang kehabisan akal dan bingung bagaimana cara agar anak mencintai buku. Yang terpenting adalah kamu harus mengenali karakter anak terlebih dahulu. Cari tahu bagaimana teknik yang tepat untuk mengajarkan ia mencintai buku.

7 Teknik Mengajar Bagaimana Cara Agar Anak Mencintai Buku

Sebagai orang tua, peranmu sangat penting untuk mengajarkan segala hal terbaik untuk anak. Termasuk dalam hal membaca buku. Zaman sekarang ini jarang anak yang mempunyai minat baca terhadap buku, karena lebih memilih gadget. Bukan berarti kamu harus melarang keras anakmu bermain gadget, tapi seimbangkan dengan kebutuhannya. Kamu harus bisa memberi pengertian bahwa membaca buku itu lebih penting daripada bermain gadget.

Di bawah ini ada 7 teknik untuk mengajarkan anak supaya mencintai buku. Kamu bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Biasakan Diri untuk Membacakan Buku Cerita Pada Anak
Jika anakmu masih dalam usia balita dan belum bisa membaca dengan lancar, coba beli beberapa buku cerita kesukaannya. Kamu harus tahu kisah atau cerita apa yang diinginkannya. Lalu bacakan untuknya pada waktu luang. Misalnya saat sore hari setelah mandi, atau malam hari sebelum tidur. Bacakan dengan ekspresi yang sesuai dengan cerita yang ada di buku. Supaya anak tahu dan mengerti jalan ceritanya dengan baik. Buat anakmu tertarik dan selalu penasaran dengan kelanjutan ceritanya.

2. Bacakan Buku Ceritanya Berulang-Ulang
Biasanya anak kecil jika menyukai suatu kegiatan tertentu, dia akan terus melakukannya berulang-ulang. Begitu juga dengan buku cerita. Dia pasti akan memintamu untuk membacakannya setiap hari sampai dia sendiri hafal dengan ceritanya. Tak masalah untuk melakukannya. Tapi, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana ekspresinya. Saat anak tidak menunjukkan ketertarikan atau respon apapun terhadap buku cerita yang kamu baca, mungkin ia sudah merasa bosan. Itu artinya kamu harus membacakan buku cerita yang baru.

3. Ajak Anak ke Toko Buku
Untuk bisa menimbulkan rasa cinta terhadap buku, kamu bisa sesekali mengajaknya ke toko buku. Ajak dia ke bagian buku-buku cerita yang menarik. Biarkan ia memilih bukunya sendiri. Kamu juga bisa membeli buku lain untuk dirimu dan perlihatkan pada anak bahwa kamu pun suka membaca buku. Hal ini akan membuat anak berpikir bahwa membaca buku itu benar-benar kegiatan yang menyenangkan.

4. Libatkan Anak untuk Merapikan Buku-Buku di Rumah
Kamu juga bisa melibatkan anak untuk ikut merapikan buku-buku di rumah. Ketika ia melihat semua koleksi buku tersebut, hal ini akan menstimulasi pikirannya dan dengan sendirinya ia akan punya minat membaca. Kamu juga bisa menjelaskan buku apa saja yang dimiliki, untuk memancing bagaimana reaksinya. Berikan ia pengertian bahwa dengan membaca buku, ia akan menjadi anak yang cerdas dan berilmu.

Temukan berbagai judul komik Next G terbaru, komik anak yang pasti kamu suka, diterbitkan oleh Muffin Graphics. 

5. Kaitkan Kisah di Buku Cerita dengan Kehidupan Nyata
Buku memang terdiri dari bermacam-macam jenis dan kategori. Tapi, buku cerita anak biasanya menceritakan suatu dongeng dalam bentuk gambar dan terdapat nilai-nilai yang bisa dipelajari. Kamu bisa mengaitkan pelajaran yang diambil dari cerita tersebut dengan kehidupan nyata. Jelaskan pada anak tentang perbuatan yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

6. Tanyakan Pendapat Anak Tentang Buku yang Dibacanya
Jika anakmu sudah bisa membaca, tentu kamu harus memberikannya beberapa buku cerita untuk dibacanya sendiri. Usahakan cerita di dalam buku tersebut mengandung pesan-pesan moral yang berguna bagi kehidupan anak. Setelah anak membaca buku tersebut, tanyakan bagaimana pendapatnya tentang isi buku. Apakah jalan ceritanya menarik? Lalu tanyakan juga apakah ada hal yang tidak ia mengerti. Kalau memang ada, kamu bisa mendiskusikannya bersama.

7. Datangi Pameran atau Perpustakaan
Teknik lain yang bisa membuat anak memiliki rasa cinta untuk membaca buku adalah dengan mendatangi pameran buku. Cari tahu dimana ada pameran buku di tempat tinggalmu. Lalu, ajak anak datang kesana bersama-sama dan melihat apa saja buku yang ada di pameran tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengajaknya ke perpustakaan terdekat. Sebaiknya untuk ke perpustakaan ini kamu ajak anakmu jika usianya sudah cukup besar. Sebab, di perpustakaan tidak boleh ada suara. Sedangkan anak kecil tidak akan betah berdiam diri.

Semua teknik tentang bagaimana cara agar anak mencintai buku sebenarnya mudah untuk dilakukan. Kamu pun juga perlu menunjukkan kecintaanmu terhadap buku, karena anak selalu meniru orang tuanya. Lakukanlah dengan sabar dan rajin, dengan begitu anak akan terbiasa membaca buku.


membiasakan rutin membacakan buku kepada anak-anak adalah sangat penting agar anak terbiasa dan mencintai buku

Destinasi Wisata Semarang yang Harus Dikunjungi

Salah satu tempat destinasi saya terdekat adalah Semarang. Ya, ibu kota jawa Tengah tersebut, sekarang makin digemari. Makin banyak ragam wisata dan juga tempat dan kuliner yang menggoda. Sudah lama sekali saya tak menginjakkan kaki ke sana. Terakhir ke Semarang kira-kira 8 tahun lalu. Wow, lama sekali, ya? Nah dalam waktu dekat ini, saya berencana kesana. Bersama kakak saya yang di Jakarta, kami akan menikmati destinasi wisata Semarang. Maklum, sudah lama sekali momen kebersamaan dengan saudara tidak pernah lagi diagendakan. 
Semarang, Ibu kota Jawa Tengah itu, kota yang menyisakan kenangan manis sekaligus pahit. Ya, Almarhum kakak perempuan saya, dulu kuliah dan belajar di Kota Lumpia itu. Kota metropolitan setelah Jakarta, dan Surabaya.  

Dulu, wisata di Semarang tak sebanyak kini. Ya, saya pun tidak sempat mengunjungi beberapa tempat wisata tujuan pada waktu itu. Hanya sempat ke Simpang lima saja. Nah, sekarang tujuan wisata dan tempat-tempat yang menarik dan recomended untuk dikunjungi sudah puluhan jumlahnya. 50 lebih destinasi wisata di Semarang yang layak dikunjungi. 
Tapi, tak semua yang akan saya kunjungi, yang paling utama yang Insya Allah akan saya kunjungi adalah wisata-wisata berikut:

Sam Poo Kong. Foto ini diambil oleh anak saya ketika piknik ke Semarang bersama ibu mertua

1. Lawang Sewu, Jujur saya sampai sekarang belum pernah kesana. Kebangetan banget, ya. Bukan apa-apa. Sejak menikah dan tinggal Di Yogya, saya hampir tak keluar kota kecuali Cirebon dan Jakarta. Paling banter Solo, Magelang dan juga Klaten. Semarang sampai saat ini belum kesana lagi. Lawang Sewu ini sangat menarik. Bila belum kesini, berarti belum ke Semarang, begitu katanya. Ya, sebuah tempat yang unik dan langka. Bangunan bersejarah zaman Belanda yang dulu difungsikan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api. Bangunan yang mempunyai banyak pintu itu menarik pengunjung untuk ke sana. Berfoto ria dan juga menikmati keunikannnya. Dan pastinya menjadi salah satu ikon bagi kota Semarang. 

2. Sam Poo Kong. Sebuah tempat atau klenteng yang menorehkan sejarah bahwa dulu penduduk hidup damai berdampingan. Apa yang bisa kita dapatkan disana? Salah satunya adalah berwisata sejarah mengenang perjalanan Laksamana Cheng Ho, pelaut Tiongkok handal beragama Muslim yang menyebarkan virus perdamaian di Kota Bandeng. Wah, asik banget ya. Berwisata sambil belajar sejarah.
3. Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Besar Kauman, dan Masjid Raya Baiturrahman yang bisa dijadikan tujuan utama ke Semarang. Saya sangat ingin berkunjung kesana. Masjid dengan disain yang indah dan megah, dan mengingatkan kita pada kota Mekkah dan Madinah. 
4. Simpang Lima, nah meski dulu saya sudah kesana, tak lengkap jika nanti ke Semarang tak berkunjung ke Simpang Lima. Tempat yang asik dan cocok untuk mengenang memori-memori dulu sewaktu saya berkunjung ke Semarang. Kuliner yang khas akan banyk kita dapatkan di lokasi ini. 
5. Danau Rawa Pening, Curug Benowo, Air Terjun Kali Pancur, dan Umbul Sidomukti adalah beberapa destinasi wisata alam yang harus dikunjungi nantinya. Ya, Semarang juga punya wisata alam yang tak kalah indahnya dengan kota-kota lain. 

Nah, itu adalah beberapa perwakilan wisata di Semarang yang harus dikunjungi. Selain itu, masih banyak pilihan destinasi baik yang main stream maupun yang anti main stream.  Jika Ingin tahu lebih banyak cari saja di internet. Pastinya nanti jika sudah berselancar, bikin ingin segera kesana. Oya, ngomongin wisata saya pingin banget punya kamera yang canggih. Semisal kamera go pro gitu. 

Wisata tanpa mengabadikannya bagi saya bagai sayur tanpa garam. Sayang banget wisata jauh dan berkesan tanpa foto. Impian saya punya kamera Gopro Hero 7. Kamera GoPro Hero 7 dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang bisa menunjang pengambilan gambar dan video terbaik. Kamera ini dilengkapi dengan fitur Protune yang memungkinkan Anda bisa mengakses secara manual. Anda bisa mengatur kesesuaian warna, batas ISO, ketajaman dan masih banyak lagi untuk memberikan hasil yang optimal. Harga GoPro Hero 7 bervariasi ada yang mahal ada yang lebih murah. Kudu pinter-pinter nyarinya, nih. Eits, yang paling penting, nabung dulu ya untuk bisa dapetin kamera impiannya. Haha...Doakan ya. Btw, ada rekomendasi tempat wisata lainnya di semarang? Tambahin, Yak!

Tempat kopdar dengan Teman yang Asik di Yogyakarta

Beberapa waktu belakangan ini sahabat saya yang tinggal di luar Jogja menghubungi saya. Mereka mengajak ketemuan karena mumpung bisa ke Jogja dan berusaha menyempatkan waktu untuk bertemu. Kalau bisa dan punya waktu lebih, berkunjung ke rumah dan pastinya minta ditemani jalan-jalan melihat objek wisata sekaligus mencicipi kuliner makanan khas Jogja. 

Kopdar dengan sahabat lama di Jogja, tentu sangat menyenangkan. Sebisa mungkin kita akan memilih lokasi yang pas dan sesuai dengan minat teman kita. Nah, berikut ada rekomendasi jenis tempat wisata yang bisa kita kunjungi

Kalibiru wisata alam



1. Malioboro

Lokasi hits di Jogja inilah yang paling diminati untuk ketemuan. Kalau ke Jogja enggak ke malioboro, itu belum ke Jogja namanya. Begitu kata orang-orang. Saking terkenal dan hitsnya Malioboro ini semua ingin menyempatkan diri mengunjunginya walau barang sebentar saja. Malioboro tempatnya yang khas dan unik. Lokasinya terus mengalami perubahan dan perbaikan. Jalan-jalan sepanjang trotoar sekarang lebih nyaman dan tertib. Deretan kursi yang bisa ditempati oleh pengunjung yang sekadar ingin menikmati dan menunggu waktu atau sahabat yang ingin bertemu. Penjual berbagai macam cindera mata dan pernak ernik khas Jogja, masih berderet dan lebih beragam jenisnya.

2. Keraton

Keraton ini juga adalah lokasi yang paling banyak diminati untuk tempat yang mempunyai banyak informasi sejarah terkait dengan kesultanan Jogjakarta. Tak jauh dari situ ada Taman Sari yang sangat cantik, dan sayang jika dilewatkan. Alun-alun baik selatan dan utara juga mempunyai daya tarik sendiri bagi pengunjung. 

3. Restauran dan cafe

Saat ini di Jogja sudah makin banyak resto dan juga cafe untuk tempat ketemuan. Banyak lokasi yang unik, lucu menarik, dan pastinya Instagrammable. Restauran yang ada di tengah sawah dan juga pemandangan alam, saat ini banyak sekali di Jogja. Pengunjung dimanjakan dengan pemandangan yang asri dan indah, pastinya bikin betah.

4. Pantai atau wisata alam

Jogjakarta mempunyai loaksi wisata pantai yang banyak dan bergam. Semuanya cantik, indah dan punya daya tarik sendiri. Pantai yang paling sering saya kunjungi adalah Pantai Depok dan Parang Tritis. Keduanya punya pesona yang tak bisa saya tuliskan di sini. Haha
Wisata alam juga makin banyak seperti kalibiriu, puleayung, Tebing Breksi, Taman Bunga dan lain sebagainya

5. Water park

Tempat bermain air dan kolam renang ini juga tak kalah maraknya dikunjungi. Terutama musim liburan sekoah. Pastinya waterpark tak pernah sepi pengunjung.

6. Kebun binatang

Kebunbinatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang terbesar. Tempatnya makin cantik dan punya banyak spot foto dan pastinya koleksi hewannya makin beragam. Sekarang lokasinya nampak bersih dan makin terawat. Bagi teman yang mau ke mini zoo juga bisa. Mini zoo ada di Jogja exotarium dan juga di Bhumi merapi.

7. Candi atau situs, musium

Candi dan situs sejarah juga tak kalah menariknya. Pastinya selalu ramai dikunjungi. Candi parambanan, candi ratu boko, candisari menjadi tempat wisata yang jarang dilewatkan. Musium di Jogja juga tak kalah menarik dikunjungi para wistawan baik lokal maupun mancanegara.

8. Mal

Nah, mal-mal yang ada di Jogja juga tak kalah sepi pengunjung. Bagi yang hanya ingin cuci mata dan berbelanja tak berpanas-panas ria. Mal adalah tempat yang cocok. Contohnya Malioboro Mal, Transmart Jogja, Ambarukmo Plaza, Jogja City Mal tak pernah sepi pengunjung. Mempunyai banyak permainan dan spot foto yang cantik dan menarik. Sayang sekali kalau dilewatkan, piknik sambil belanja juga tak kalah asiknya.

Malioboro

Demikian tempat-tempat wisata yang ada di Jogja yang bisa dipilih. Oya jangan lupa, kalau  mau jalan-jalan terutama ke Malioboro, pakai sepatu yang nyaman. Karena aktivitas jalan lebih banyak disitu. Saya paling suka pakai sepatu sneaker atau sepatu olah raga. Paling asik buat hang out. Nah ngomongin sepatu, ada sepatu yang saya ingin banget punya. Sepatu Fila. Sepatu yang lagi hits dan lucu gitu ya. Dipakainya pasti nyaman. Pingin punya satu aja, sih, haha. Buat hang out bareng teman pastinya lebih seru dan praktis. Oya, belinya yang ori, dong, biar benar-benar puas dan lebih berkualitas. Selain sepatu, kostum juga pakai yang nyaman ya. Perhatikan musimnya. Jangan sampai kita tak perhatikan hal ini dan akhirnya salah kostum. Nah, hawa liburan udah terasa di depan mata,  nih. Tentunya pada mau liburan, kan, ya. Gimana, ada yang mau ke Jogja? atau ada yang nambahin destinasi tempat asik ketemuan bareng teman?