Cara Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat

Setiap hari beraktivitas pastinya ada saja yang membuat saya lupa dan pada akhirnya menjadi masalah. Iya, dimulai dengan seringnya lupa dengan kebiasaan agar hidup lebih sehat. Nah, ini yang menjadi PR besar bagi saya, seorang ibu dengan lima buah hati. Tiga diantaranya masih harus saya dampingi, terutama urusan makan. Si bungsu, terkadang masih sulit untuk diarahkan. Anak-anak lebih suka jajan dan juga konsumsi makanan yang kurang sehat. Waktu bermain juga terkadang lewat waktu sampai-sampai lupa istirahat dan lupa makan.
Nah, untuk itu saya berupaya seoptimal mungkin untuk memberikan suasana, atau beberapa hal pengingat agar hidup lebih sehat. Ada cara sederhana yang saya lakukan untuk keluarga yaitu ada empat hal:

1. Konsumsi makanan halal dan sehat
 
Membiasakan konsumsi makanan halal dan sehat, sudah menjadi kebiasaan di rumah. Berbagai menu sehat saya praktekan untuk dikonsumsi keluarga. Kebutuhan nutrisi harian harus terpenuhi. Menu sehat yag seimbang harus selalu disajikan. Soal makanan sehat ini, tak lepas dari mie instant yang menjadi kegemaran anak-anak. Maka dari itu saya harus pandai dan hati-hati dalam memilih produk ini. Tentunya saya akan memilih mie instant sehat agar lebih tenang. Selain konsumsi mie sehat, juga kami upayakan untuk konsumsi cemilan sehat. Iya, bagaimana pun setiap makanan yang masuk, walau sekadar cemilan, harus diupayakan yang sehat juga, kan. Apalagi untuk anak-anak. Mereka harus dibiasakan untuk konsumsi cemilan sehat dan mengurangi serta menghindari jajanan yang kurang sehat.


2. Cukup Tidur
 
Tidur adalah hal yang mutlak bagi kesehatan. Maka dari itu, tidur harus cukup dan berkualitas. Tidur yang cukup dan berkualitas juga bisa meningkatkan ketahanan tubuh. Tubuh lebih fresh dan segar. Dan keuntungn lainnya, anak-anak tak mudah mengantuk pada jam-jam sekolahnya.
Nah soal tidur cukup ini, saya mencoba memberikan arahan tanpa bosan untuk mengkondisikan waktu tidur. Biasanya siang ada jam untuk istirahat. Ketika mereka sedang bermain atau sehabis pulang sekolah, saya sarankan mereka untuk beristrahat dan tidur siang walau sebentar. Tidur malam pun tak boleh lebih dari jam 21.00 wib. Memang awalnya susah, namun harus ada komitmen bersama. 
 
3. Minum Air Putih
 
Kebiasaan sederhana lainnya adalah minum air putih minimal 8 gelas sehari. Membiasakan minum air putih pun ini tidak mudah. Hsrus selalu diingatkan. Saya pun harus selalu memberikan contoh terlebih dahulu. Alhamdulilah tidak ada kendala dalam menerapkannya. Bagaimana anak agar tertarik dan terbiasa minum air putih 8 gelas per harinya? Selain teladan dan memberikan pengingat, juga dengan hal laun, misal dengan menyediakan dispenser atau galon yang bisa dijangkau oleh mereka agar lebih mudah mengaksesnya. Dengan memberikan tumbler atau botol minuman yamg bisa dibawa mereka ketika sekolah atau aktivitas di luar. 

 
4. Rekreasi
 
Rekreasi atau jalan-jalan bersama anak atau keluarga, bagi saya sangat penting untuk rutin dilakukan. Paling sedikit sebulan sekali, paling bagus setiap minggunya. Jalan-jalan atau rekreasi tak perlu yang jauh, atau ke luar kota. Cukup di dalam kota, dan area yang bisa dijangkau juga tak kalah menyenangkan. Kebetulan rumah neneknya anak-anak di belakang rumahnya ada sungai kecil dan sawah serta kolam ikan, anak-anak paling suka ke sana. Sekalian berkunjung juga ya. Bagi saya rekreasi atau sekadar jalan-jalan adalah aktivitas untuk tadabur alam. Mensyukuri nikmat Allah. 
Nah, terkadang hal ini sering dilupakan. Mungkin ada yang bilang, tak ada korelasinya rekreasi dengan hidup sehat. Tapi bagi saya ada, karena dengan rekreasi, maka tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, otot yang tegang bisa normal kembali dan pastinya jiwa lebih bahagia karena makin dekat dengan ciptaan-Nya.


Demikan cara sederhana yang saya lakukan agar keluarga bisa hidup lebih sehat. Semua hal tersebut, tidak berurutan, namun berkesinambungan, selaras dan sesuai kebutuhan. Cara-cara lain agar hidup lebih sehat juga patut dilakukan, ya. Nah, sobat bloger dan pembaca setia semuanya, punya tips atau kebiasaan apa agar hidup lebih sehat Sharing, yuk! 



nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

26 komentar untuk "Cara Sederhana Agar Hidup Lebih Sehat"

Comment Author Avatar
Lebih kurang sama, Mbak. Ditambah olahraga mungkin kalau di rumah saya. Kalau saya rutin jalan pagi. Kadang kalau anak-anak libur ikutan. Atau kalau mereka pagi sekolah, sorenya mereka naik sepeda keliling komplek. Jadwal renang di dekat rumah juga seminggu sekali biasanya. Ada skipping juga buat suami yang olahraganya lari, anak-anak juga skipping setelah sepedaan..
Comment Author Avatar
sebenernya sederhana sekali ya cara untuk hidup lebih sehat, asal kitanya mau dan niat dari awal
Comment Author Avatar
Meski tahu teorinya, tapi bagi sebagian orang memang tidak mudah untuk bisa konsisten menerapkan pola hidup sehat (ngacung duluan :D). Kadang bisa di bbrp aspek, tapi lemah di aspek lain. Padahal, kalau mau bener-bener sehat kan harus total ya mbak... Thanks sharingnya.
Comment Author Avatar
Sehat memang gak hanya untuk badan ya, Mbak. Tetapi, juga perhatiin hati dan pikiran. Makanya setuju nih untuk sesekali jalan-jalan. Setidaknya refreshing sejenak
Comment Author Avatar
Poin terakhir itu pengen sekali
Cuma masih baru saja melahirkan dan butuh pemulihan perut agar tidak sakit bagian jahitan
Semoga segera membaik dan bisa tetap hidup lebih sehat
Comment Author Avatar
Anak saya masih belum bisa minum air putih 8 gelas sehari kecuali kalau cuaca lagi panas banget sih ya. Tapi emang deh harus diimbangi makanan bergizi, istirahat cukup dan jangan lupa olahraga ya untuk hidup lebih sehat.
Comment Author Avatar
Alhamdulillah kalau untuk konsumsi air putih saya semangat, tapi kadang suka susah tuh kalau udah lihat bakso dan kawan - kawannya hehe, jadi gagal maning deh
Comment Author Avatar
Saya setuju dengan semua yang Mbak Nunung uraikan. Semua kebiasaan hidup sehatnya sama persis dengan kebiasaan yang selalu saya usahakan bisa dilakukan oleh keluarga saya.

Rekreasi termasuk penting. Manfaatnya tidak hanya bikin sehat raga, tapi juga jiwa.
Comment Author Avatar
Rekreasi ini yang paling kunantikan haha
Idem gk perlu jauh2, tapi kadnag naik KRL aja mlipir ke mana gitu.
Gaya hidup sehat ini emang penting banget, salah satu bentuk investasi juga untuk masa tua supaya selalu sehat kuat ya mbak.
Comment Author Avatar
Ah iya, sebenarnya kalau mau melakukan gaya hidup sehat itu simple ya mbak
Kalau aku sih biasanya ya makan sehat dan olahraga rutin
Comment Author Avatar
Asik asiikkkk mau terapkan tips² di artikel ini aahh

Pengin bgt jadi makin sehat paripurna.
Makasiii mbaaa
Comment Author Avatar
Samaa mak, tambah mandi ketika subuh bagus buat peredaran darah bahkan Rasul menyarankan.
Mungkin tambah juga puasa senin-kamis ya berfungsi sebagai detox tubuh
Comment Author Avatar
Poin-poin yang dikasih sama mbak Nunung ini saling berhubungan ya, gak bisa dijalankan hanay satu aja supaya bisa hidup sehat. Anak-anak udah mau mulai masuk sekolah, mulai membiasakan diri teratur tidur malam lagi nih
Comment Author Avatar
Keponakanku masih sulit nih. Makan pemilih, gak mau bobok siang juga padahal aktivitasnya lumayan padat. Dulu aku tuh wajib tidur meski beberapa menit. Semoga habis ini bisa lebih peduli dengan gaya hidup sehat
Comment Author Avatar
air putih nih yang harus diperhatikan asupannya setiap hari. Murah dan membantu banget untuk tubuh. Seringnya kita kan ga aware ya dengan asupan air putih dalam sehari
Comment Author Avatar
mbak nunung, anakmu umur berapa? anakku 7 tahun susah amat diajak tidur siang. Seringnya skip dan memilih bermain dengan teman-temannya.
Comment Author Avatar
Nahh setuju tuh, rekreasi salah satu tips hidup sehat biar fisik dan pikiran lebih fresh ya mbaa
Comment Author Avatar
Setuju nih cara sederhana hidup lebih sehat itu bisa dilakukan dengan mudah sebenarnya. Cuma sayangnya tetep butuh konsistensi karena kadang suka terdistraksi dengan kegiatan lainnya. Tapi bisa ya diusahakan, terutama kudu ditambah melakukan aktivitas fisik yang rutin
Comment Author Avatar
Sebuah kebahagiaan dan rasa syukur yang tak terhingga yaa..ketika mendapati setiap hari keluarga sehat dan semua kebutuhan terpenuhi.
Alhamdulillah~
Comment Author Avatar
Setuju bangeet mbak Nunung. Rekreaasi emang bisa bikin hidup lebih sehat. Saya juga sering rekreasi. Kalau lama gak jalan bawaan nya jadi pengen uring-uringan. Hahaha
Comment Author Avatar
Bener bangeett mak Nung... dan bagian rekreasi ini sudah kubuktikan... ayoo hidup sehat, bismillaaaahhhh
Comment Author Avatar
Kesehatan jasmani dan rohani harus imbang ya mb Nunung Nurlela 👍👍
Comment Author Avatar
Betul semua ini mba, harus imbang antara kebutuhan badani dan ragawi. Olahraga dan piknik penting, makanan yang sehat juga penting. Dua-duanya harus berjalan seiring.
Comment Author Avatar
Harus imbang ya mbak, selain kebutuhan nutrisi terpenuhi, istirahat yang cukup dan piknik tetap perlu biar tidak jenuh..
Comment Author Avatar
Sebagai seorang muslim, jujur aku terenyuh karena Mbak Nunung memasukkan 'halal' dalam artikel kesehatan ini. Karena ngga banyak artikel kesehatan begini memasukkan unsur halal dalam ulasannya. Terima kasih, mbak.
Comment Author Avatar
Tipsnya sangat bermanfaat. Semoga bisa konsisten menerapkannya. Sebenarnya hal yang umum cuma entah kenapa ya untuk memulai berat sekali. Huhuhu apalagi soal olahraga. Harus niat kuat

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)