Belajar Baca Tulis Al Quran Mudah dan Menyenangkan Bersama Alif Iqra

 Assalamulaikum. Hai sahabat blogger dan pembaca setia di mana pun berada, apa kabar? Terkhusus untuk para bunda, masih pada semangat, kan ya mendampingi buah hati belajar di masa pandemi ini? Semoga semua dalam kondisi sehat-sehat dan tetap beraktivitas ya. Dan jangan lupa selalu jaga kesehatan dan berdoa agar wabah covid-19 segera berakhir, Aamiin.

Oya, ngomongin masalah belajar di tengah pandemi, ternyata membutuhkan kesabaran yang tinggi. Ya, gimana tidak, energi yang kita keluarkan jadi bertambah. Apalagi kalau anak-anak tidak mau bekerjasama dan tidak kondusif. Tambah lagi anak-anak yang mulai bosan dengan sekolah daring. Pastinya kita sebagai orang tua terutama para ibu, harus lebih sabar dan lebih peka. Karena bagaimana pun, proses belajar harus terus berjalan. Termasuk belajar mengenal Al quran. Iya ini tidak boleh dilupakan, dong. 

Saya sendiri, masih butuh bantuan pengajar, karena agak kesulitan membersamai dan mengawasi kelima anak saya yang sekolah daring dan masih butuh perhatian dan juga arahan ketika sekolah daring. Terutama ketika belajar  baca tulis quran. Masing-masing anak berbeda karakter dan berbeda daya tangkapnya untuk belajar, murojaah, dan sebagainya. Alhamdulilah di sekolahnya di support dan diingatkan terus agar anak-anak tidak berhenti belajar baca tulis qurannya. 

Jadi teringat, salah satu kiat untuk mengokohkan akidah anak adalah mengajarkan anak-anak Al quran.Sebagaimana yang dinyatakan oleh Rasul dalam sebuah hadis 

“Ajarkanlah kepada anak-anak kalian tiga perkara, yaitu cinta kepada Nabi kalian, cinta kepada keluarga beliau, dan membaca Al-Qur'an. Sebab, sesungguhnya para pembaca Al-Qur'an berada di bawah naungan ‘Arsy Allah pada hari tidak ada naungan selain naungan-Nya, bersama para Nabi dan orang-orang pilhan-Nya.’ (HR. At-Thabrani dan Ibnu an-Najjar dari Ali karramallahu wajhahu)''

 Masya Allah, betapa banyak sekali kemuliaan bagi orang-orang yang mempelajari dan mengamalkan Al quran. Terkhusus orang tua, idealnya dan keutamaanya mereka sendiri yang mengajarkan alquran kepada anak-anak mereka. Namun, jika memang tdak mampu, maka bisa meminta orang laindan juga gur-guru yang berkompeten untuk mengajari baca tulis quran. Saat ini sudah banyak sekali lembaga atau program-program untuk belajar baca tulis al quran. Salah satu yang saya kenal adalah ALIF IQRA. Program Alquran Online Class dan Rekomendasi Tempat Ngaji yang keren saat ini. Penasaran, kan? Nah, kebetulan kali ini saya juga ingin cerita tentang pengalaman anak saya, Hazim, belajar baca tulis alquran secara daring dengan Alif Iqra. Simak cerita dan ulasan lengkapnya ya.

 



Tak kenal maka tak sayang begitulah pepatah mengatakan. Maka dari itu saya akan mengulas tentang profil dan ruang lingkupnya terlebih dahulu. 

“Alif Iqra hadir untuk memudahkan orang tua di kota-kota besar mencari guru mengaji yang sesuai dengan kebutuhan anak, dengan metode yang mudah dan menyenangkan. Dengan semangat untuk menjadi oase dan alternatif pendidikan Al-Quran di tengah pergerakan arus teknologi yang dekat sekali dengan anak-anak. Kami ingin membangun budaya bahwa Al-Quran juga bisa menjadi kawan dekat anak sejak usia dini.” 

Demikian yang disampaikan oleh Ibu Fenty Noverita, selaku Direktur Utama Alif Iqra. Masya Allah ya luar biasa ya. Alif Iqra juga punya visi misi yaitu, Menciptakan Generasi yang Beragama dan Berbudaya Baik. Menyelenggaraka pembelajaran Al-Quran dengan benar dan menyenangkan, Menghadirkan pembelajaran Ibadah dengan Baik dan Mudah. Mottonya, Mengenalkan Al-Quran Lebih Dekat dengan Cara yang Lebih Akrab. Alif iqra hadir untuk memudahkan para orang tua terlebih di masa pandemi ini. Iya, karena belajar baca tulis quran tidak boleh berhenti ya. Harus tetap semangat. 

Lebih detailnya, Alif Iqra merupakan Platform aplikasi yang dikelola oleh PT. Sahabat Alif Indonesia bertujuan untuk mempertemukan murid dan guru mengaji yang kompeten dan berpengalaman. Berawal dari program home privat Alif School yang berjalan dengan sistem offline sejak 2016, permintaan privat di beberapa daerah semakin meningkat. Alif Iqra mulai dirintis di akhir tahun 2018 untuk memudahkan orang tua menemukan guru mengaji yang sesuai kebutuhannya dengan akses teknologi melalui sistem aplikasi. Dengan keunggulan sistem pembayaran yang mudah serta laporan perkembangan anak setiap pertemuan secara langsung, Alif Iqra hadir untuk memudahkan pencarian guru mengaji dari mana pun dan kapan pun. 

ALIF (Alquran Learning and Islamic Foundation) sendiri merupakan lembaga pembelajaran Al-Quran dan Pembelajaran Islam (Islamic Studies) bagi anak-anak (3-9), Remaja (10-17), dan Dewasa (18+) dengan strategi pembelajaran Fun learning, Bilingual, dan Intensive. Kombinasi antara materi pembelajaran klasik dengan media kreatif yang akrab dengan anak-anak seperti tracing, colouring, painting, game-learning, video-learning, crafting, dan story telling. Materi tersebut disampaikan secara Bilingual (pembiasaan penggunaan bahasa inggris dan arab dasar).

 

Katalog Alif Iqra

Oya, Alif Iqra tempat les ngaji privat ini sudah hadir di kota-kota besar seluruh Indonesia, lho. Antara lain di kota Jabodetabek, jadi, kalau mau cari Privat Mengaji Online Jabodetabek, Alif Iqra bisa dijadikan salah satu rekomendasi . Kemudian, kota Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Pekanbaru, Makassar, Medan, Denpasar. Dan sebentar lagi Insya Allah akan hadir juga di kota Palembang dan Balikpapan. Wah, tambah lengkap dan pastinya, Aliq Iqra ini banyak keunggulan-keunggulannya. Di antaranya adalah:

1. Pembayaran yang mudah Pembayaran bisa dilakukan dengan internet banking dan bank transfer, indomart, alfamart terdekat. Pembayaran aman dan mudah karena melalui sistem auto verivikasi pembayaran 

2. Laporan Perkembangan Pembelajaran Orang tua murid akan mendapatkan laporan pembelajaran setiap pertemuan dan foto terupdate dari guru. 

3. Metode yang menyenangkan/ Fun Learning ALIF IQRA menyelenggarakan pembelajaran Al-Quran dengan benar dan menyenangkan. Beberapa strategi yang digunakan, antara lain : 1) Crafting, painting, coloring 2) Hijaiyah games dan puzzle 3) Islamic Story Movie 4) Hafalan Surat Metode Gerakan Makna

 Toddler : 3 - 5 tahun Pengenalan Huruf Hijaiyah Hafalan Doa dan Surat Pilihan Pembentukan Karakter (Kisah Islami da Moral) Praktik Ibadah (wudlu, dan sholat) Kreasi Hiajiyah (Kaligrafi dan Crafting) 1 2 Materi Kids Baca Tulis AlQuran Hafalan Doa dan Surat Pilihan Pembentukan Karakter (Kisah Islami dan Moral) Akidah dan Fiqih Ibadah Praktik Ibadah (wudlu, dan sholat) Kreasi Hiajiyah (Kaligrafi dan Crafting)

  Kurikulum ALIF School terdiri dari Materi Pembelajaran dan Materi Penunjang dengan kombinasi berbagai macam Media Fun Learning. Metode pembelajarannya sendiri menggunakan Metode Tilawati Al-Quran dengan ciri khas penggunaan “Nada Rost”. Penggunaan Nada/Irama kami pilih dalam proses pembelajaran karena cara ini terbukti (British Council) membantu baik bayi, anak-anak, hingga orang dewasa dalam mengingat dan menguasai huruf atau suku kata baru. 


Materi Penunjang: Hafalan Surat-Surat Pilihan, Doa Harian, Praktik Ibadah, Cerita 25 Nabi, Islamic Studies Pengetahuan Dasar dalam Islam (Rukun Islam, Rukun Iman, dll), Character Building melalui kisah-kisah Moral yang dipilih dari Al-Quran dan Hadist, Asmaul Husna. Materi tersebut dibagi dalam Klasifikasi Tingkat dengan target pencapaian hasilnya rata-rata dalam 45 Pertemuan.

Pengajar atau guru di ALIF Iqra merupakan pengajar muda kreatif dan terbuka yang memiliki Sertifikasi Mengajar Alif Iqra. Sertifikasi ini didapatkan setelah memenuhi berbagai persyaratan antara lain, mereka adalah lulusan Pondok Pesantren yang Insya Allah bisa menjamin pengetahuan dasar keagamaan. Mereka juga mengikuti Microteaching dengan jaminan minimal 180-450 menit class handling dan pastinya Memiliki Sertifikasi Metode Pengajaran Al-Quran Tilawati (Diakui secara nasional) ditunjang dengan mengikuti Pelatihan Dasar Psikologi Anak dan Bahasa Inggris. Kira-kira ada 300 an guru yang tersebar dan siap menemani belajar quran di Indonesia.

 Masya Allah lengkap sekali ya. Pastinya, ketika belajar dengan guru di Alif Iqra, tambah asik dan menyenagkan suasanaya. Seperti pengalaman Hazim ketika belajar dengan Miss Fitri, gak kerasa sampai satu jam lebih bertahan. Padahal Hazim pemalu dan biasanya gak betah berlama-lama belajar. 

 


Kelas dibuka oleh Miss Fitri dimulai dengan membaca istighfar, syahadat, sholawat Nabi dan doa sebelum belajar. Kemudian pengkondisian kelas dengan saling menyapa dan juga perkenalan. Pada sesi ini Hazim terkesan malu-malu menjawab, hehe. Grogi, ya, Nak. Alhamdulilah untungnya Miss Fitri pandai mencairkan suasana. Jadi lebih santai akhirnya. 

 

Hore Hazim bisa menjawab semua teka-teki silangnya

 

Kemudian membaca potongan ayat Alquran, dan juga dibenarkan tajwidnya. Hazim memang masih suka lupa dengan bab yang satu ini. PR besar bagi saya, nih. Nah di sela belajar baca tulis quran, ada selingan berupa quiz dan juga teka-teki silang. Murojaah dan juga mengingat sirah Nabi. Alhamdulilah kelas berjalan lancar dan tanpa kendala. Hazim merasa senang karena punya pengalaman baru yang asik belajar baca tulis quran dengan Alif Iqra. Semangat terus belajar qurannya, ya, Nak!

Nah, bagi ibu-ibu atau sahabat blogger yang ingin anaknya belajar baca tulis di Alif Iqra juga, bisa akses website dan media sosialnya ya. Di Yogyakarta sendiri sudah ada yang offlinenya, dan kelas dibuat sesuai dengan protokoler kesehatan yang seharusnya dan ketat. Makin semangat belajar baca tulis alquran bersama Alif Iqra, ya. Berikut info website dan media sosial Alif Iqra

  1. Website : www.alifiqra.id
  2. Instagram Alif Iqra : https://www.instagram.com/alifiqra/?hl=en
  3. Instagram Alif Iqra Yogyakarta: https://www.instagram.com/alifiqra.yogyakarta/?hl=en
  4. Direct Whatsapp:  0811 9844 113


Belajar baca tulis di tengah pandemi gak boleh malas apalagi berhenti. Apalagi buah hati yang masih di masa-masa golden age, masa yang luar biasa untuk belajar. Daya ingat dan respon ke otak sangat kuat harus ditunjang juga dengan metode pembelajaran yang baik dan sesuai usia tentunya. Belajar baca quran sejak dini pastinya keharusan ya bunda. Sekali lagi ini jadi pengingat bagi diri saya pribadi untuk lebih semangat dan sabar juga memberi yang terbaik untuk pendidikan anak. Apalagi pendidikan alquran, kitab pedoman hidup muslim yang harus dipelajari dibaca dan mengamalkannya. Bismillah semoga kita semua dimampukan untuk mendidik buah hati kita. Aamiin. sekian dari saya ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Wassalam.


Bismillah. Semangat membersamai anak belajar baca tulis quran

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

22 komentar untuk "Belajar Baca Tulis Al Quran Mudah dan Menyenangkan Bersama Alif Iqra"

Comment Author Avatar
Wah perlu dicoba nih mba belajar baca tulis alquran di Alif Iqra. Soalnya anakku pernah ikut sekolah ngaji tapi alhirnya mogok lagiii dan maunya jg belajar di rumah sama mamanya. Bermodal cari-cari video sederhana di yotube gitu
Comment Author Avatar
Whoaaaa, ternyata ada yg buat ADULT juga ya Mbaaa
Sip sip markosip, daku mau coba nih
Lumayan belajar ilmu agama dan al-quran selama pandemi ye kan
Comment Author Avatar
wah senangnya ya tetep bisa belajar al-qur'an di masa pandemi ini,memang anak2 hrus tetap diajarin ngaji sama guru ngaji, kalau sm ortu sndiri suka ogah2an hehe
Comment Author Avatar
Aku pikir ALIF cuma buat anak-anak aja ternyata bisa buat dewasa juga ya mbak. Di masa pandemi bisa belajar lewat online ya di ALIF. Semopga kita sellau istiqomah dalam belajar al Quran sampai kapan pun.
Comment Author Avatar
Senangnyaaa..tetap bisa belajar Al-Qur'an meski di rumah aja. Belajarnya online di ALIF ini :) Semoga semangat terus yaa belajarnya
Comment Author Avatar
Ternyata ada yang adult juga, ya. Ini semakin menarik. Karena memang ada yang masa kecilnya karena berbagai alasan belum belajar membaca Al-Quran
Comment Author Avatar
Si kecil pasti suka, nih kalau belajar ngajinya di Alif. Ah, semoga di Bali juga segera ada Alif. Aku berharap banget. Aamiin
Comment Author Avatar
Platform yang menarik. Mampu memecahkan masalah jarak dan pandemi seperti ini, Mbak. Masya Allah.
Comment Author Avatar
Solutif banget nih di masa pandemi begini kak, soalnya udah lama anak-anak ngaji di liburkan karena blm pake sistem daring di TPA nya, makasih infonya ya kak
Comment Author Avatar
Asiknyaa..
Anak-anak happy belajar baca tulis Al-quran karena metode yang digunakan menyenangkan.
Comment Author Avatar
Di Semarang belum ada ya berarti. Sementara ini aku masih ajarin sendiri, karena masih 1 anakku, Mbak. Itupun juga awalnya dengan bujukan maut. Lihat foto-foto anak Mbak belajar, kemudian lihat tulisannya warna-warni pasti nyenengin banget ya untuk anak-anak.
Comment Author Avatar
Masya Allah kehadiran website Alif Iqro bisa membantu anak-anak belajar baca tulis Al-Quran di rumah. Meski di rumah aja, belajar agamanya tetap jalan terus.
Comment Author Avatar
Bagus banget nih untuk anak kita di rumah agar tetap mengaji meskipun pandemi tak juga berhenti. Jadi meskipun tempat mengaji banyak yang diliburkan, anak kita tetap bisa terus lancar baca tulis Qur'an nya.
Comment Author Avatar
Platform yg oke bgt nih..para ortu terbntu ngajarin anak2 dgn aplikasi dlm mengajarkan ilmu agama
Comment Author Avatar
Wah ini aplikasi bagus ya, bisa belajar online tentang agama dan Alquran. Lengkap pula ya untuk anak dan juga untuk orang dewasa.
Comment Author Avatar
Masyaa Allah TabarakAllah ... Sangat berfaedah .. Terima kasih ibu Nunung sudah menshare tulisan yang benar-benar berisi dan menginspirasi.
Comment Author Avatar
MasyaAllah skrg semua serba online, semakin dipermudah ya.. Smg smkin bnyk yg paham hikmah Alqur'an aamiin
Comment Author Avatar
Keren sekali...
Jadi anak bisa belajar jarak jauh, dan terbiasa memanfaatkan teknologi seperti hp & laptop dg baik
Sayang belum ada di kota padang yaa..

Comment Author Avatar
Bagus ya alif iqra ini. Aku sempat cari-cari info juga. Cuma jaraknya cukup jauh dari rumah. Padahal pgn bgt masukin anak.
Comment Author Avatar
MasyaAllah Umm.. jadi tertarik langsung meluncur ke web-nya. Kebetulan berniat mencarikan program online yang mudah untuk anak-anak. Jazakillah khoir Umm..
Comment Author Avatar
Masya Allah um, belajar Al Quran sekarang jadi lebih menarik dan tidak monoton ya.
Comment Author Avatar
Baru tau ternyata ada platform belajar ngaji onlinr um. Belajarnya seru dengan bermacam games

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)