Merencanakan Liburan Ke Malang Bersama Traveloka Xperience


Kota Malang, Sumber: Google

Kalau saya ditanya, ingin merencanakan liburan ke mana dalam waktu terdekat ini? Malang! Iyes, saya akan jawab dengan lantang dan antusias pastinya. Mengapa? Liburan ke Malang bersama keluarga adalah impian terdekat saya. 

Malang adalah kota penuh kenangan bagi saya. Terakhir menginjakkan kaki di Malang, ketika saya masih menjadi mahasiswa. Wow, sudah lama sekali ya. Saat itu saya ke Malang dalam rangka agenda kampus yang kurang lebih satu minggu lamanya. Saat itu saya berada di kampus Universitas Brawijaya dan menginap di apartemen lingkungan kampus Unibraw. Makanya, saya begitu ingin ke sana. Pastinya sudah banyak sekali yang berubah dan pastinya pula tempat wisata dan kulinernya makin berkembang. Makin banyak dan makin cantik dan menarik penampilannya. Semoga tak mengurangi rasa dan keasrian suasananya. Tak mengurangi kesejukan cuacanya dan tak mengurangi kesegaran udara di waktu paginya.

Foto Jadul yang masih ada. Lokasi di alun-alun kota Malang. Pastinya saat ini sudah jauuuh berubah, ya.

Saya teringat betul bagaimana suasana kota Malang yang begitu sejuk. Bahkan saking dinginnya menurut saya, pagi itu rasanya malas sekali untuk bangun, hehe. Bagaimana keramahan warganya kepada pendatang juga masih berkesan di benak saya. Mereka rata-rata ramah dan murah senyum. Tak segan membantu dan menunjukkan arah jika ditanya perihal tempat tujuan yang belum kami ketahui. Makanannya juga enak, pas di mulut saya yang kadang kurang cocok dengan jenis makanan tertentu. Terakhir tentang tata ruang kota yang cantik dan relatif bersih. Ah, makin kangen saya. Kangen baksonya, apelnya dan kangen memutari tempat kuliner dengan mengendarai becak. Dan, ketika saya membaca dan melihat lagi tentang liburan ke Malang di websitenya Traveloka ada fitur Xperience, keinginan saya makin menggebu. Eh, apa itu Traveloka Xperience


 
Mulai tahun ini, Traveloka melebarkan sayapnya dengan melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan travel dan lifestyle dalam Traveloka Xperience. Melalui Traveloka Xperience, kamu bisa menemukan berbagai jenis produk dan aktivitas liburan dan gaya hidup di Asia Tenggara mulai dari atraksi, bioskop, event, hiburan, spa & kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan & minuman, serta kursus & workshop. Selain itu, kamu juga bisa menikmati ribuan pilihan pengalaman wisata di seluruh dunia yang didukung oleh metode pembayaran beragam, proses pemesanan cepat dan praktis, serta customer service 24/7. Semuanya tersedia dalam 6 pilihan bahasa untuk semakin memudahkan para pengguna.Wah, mantap sekali, pastinya makin mudah ya untuk akses liburan dan juga perjalanan lainnya.

Singkatnya, Fitur Xperience adalah salah satu fitur baru di aplikasi Traveloka. Menyediakan berbagai layanan yang berkaitan dengan perjalanan. Ada 12 layanan di Traveloka Xperience ini. Yakni: Atraksi, Bioskop, Event, Hiburan, Olahraga, Spa & Kecantikan, Taman Bermain, Transportasi, Tur, Pelengkap Perjalanan, Makanan & Minuman, Dan Kursus & Workshop. Wah-wah makin lengkap, ya.

Okey, sekarang kita balik lagi ke kota Malang, ya. Ada apa saja, sih, di Malang?
Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur yang memiliki banyak pesona. Kawasan yang terkenal akan perkebunan buah apelnya ini menawarkan pemandangan alam serta nuansa kota yang menakjubkan. Tak hanya itu, lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Semeru dan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru membuat udara di kota ini menjadi lebih sejuk serta segar. Di balik pemandangannya yang apik, Kota Malang juga memiliki beberapa kawasan unik, salah satunya adalah Jalan Ijen dengan bangunan berarsitektur Belanda atau Kampung Wisata Jodipan – lebih dikenal sebagai Kampung Warna Warni – yang penuh akan dinding bergambar di tepi sungai. Tak lupa, sempatkanlah berkunjung ke beberapa lokasi wisata air terjun yang memukau, seperti Madakaripura, Sumber Pitu, ataupun Coban Tundo, dan lengkapi kunjungan ke Kota Malang dengan mencicipi kuliner lokalnya yang lezat. Ah, dalam hati saya makin kuatkan tekad untuk merencanakan liburan ke Malang, dan tentunya bersama Traveloka Xpererience!

Liburan ke Malang dengan menggunakan Traveloka Xperience, ada banyak sekali keuntungannya. Ada banyak promo yang bisa kita dapatkan. Yuk, lihat apa saja destinasi yang bisa dikunjungi di Malang dengan menggunakan Traveloka Xperience. Ada 99 tempat wisata di Malang, loh! Wow banyak banget. Pastinya bikin kita bingung, kan, ya. Nah, biar gak bingung saya ulas beberapa wisata yang paling banyak diminati saja ya, pastinya saya pun ingin ke sana, hehe.

Tempat Wisata di Malang Terpopuler

1.  Jatim Park1

Destinasi wisata yang satu ini pastinya tak ingin dilewatkan oleh pengunjung yang hendak liburan ke Malang. Bahkan banyak sekali keluarga yang sengaja merencanakan ke Malang, hanya mengunjungi wisata Jatim Park ini. Di Jatim Park 1 pengunjung akan diperlihatkan. Jatim Park 1 adalah sebuah theme park dengan berbagai wahana permainan yang seru dan asyik dan penuh tantangan.  Alamat Jatim Park 1 adalah di Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Jatim Park 1 adalah theme park yang memadukan konsep edukasi serta hiburan. Jatim Park 1 ini bisa gambarkan dengan sebuah laboratorium interaktif raksasa yang bisa membuat pengetahuan pengunjung bertambah ketika mengunjunginya. Selain itu, ada banyak wahana istimewa untuk dicoba bersama teman-teman atau keluarga.

Jatim Park 1, Sumber: google

Beberapa wahana yang ada di Jatim Park 1 antara lain adalah Superman Coaster, Waterboom, Science Center, Volcano Coaster, Sky Ride, Flying Tornado, Dragon Coaster dan masih banyak lagi. Selain itu, pihak pengelola Jatim Park 1 juga menyediakan berbagai macam fasilitas untuk pengunjung, seperti Shuttle Car & Dotto Train, Pasar Wisata, Pasar Bunga, Pasar Buah, bahkan sampai tempat pengisi baterai alias charger gratis.Nah, seru, banget, kan?

2. Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa)

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 atau yang dikenal sebagai Batu Secret Zoo juga punya daya tarik dan pesona tersendiri untuk dikunjungi saat liburan tiba. 

Jatim Park 2 Sumber: nativeindonesia.com
Saya pun, meski di Jogja sudah ada kebun binatang, namun pastinya koleksi binatang dan wahana di Jatim Park lebih lengkap. Mengusung konsep yang berbeda dengan Jatim Park 1, Batu Secret Zoo menyajikan atraksi kebun binatang interaktif yang menarik dan keren. Tempat wisata Jatim Park 2 ini terdiri dari beberapa area yang berbeda, yaitu Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Game Park. Tentu saja, di Jatim Park 2 pengunjung bisa melihat aneka satwa lucu yang membuat betah berlama-lama di tempat wisata ini. Ada pula berbagai wahana yang ada di Jatim Park 2 berupa permainan menarik yang bisa dicoba. 

Nah, ada hewan apa saja, nih di Jatim Park 2? Beberapa hewan yang ada di Batu Secret Zoo antara lain adalah gajah sumatera, singa, macan, kera, reptil, badak, zebra, jerapah, jaguar, unta, dan masih banyak lagi. Di Batu Secret Zoo, pengunjung bisa berinteraksi dengan bayi satwa yang imut dan menggemaskan di Baby Zoo. Bisa melihat kehidupan satwa air di Zona Aquarium. Tidak ketinggalan, pengunjung juga bisa belajar sambil melihat aneka jenis reptil di Reptile Garden. 

3. Jatim Park 3 (Dino Park)

Sesuai judulnya saja, kita sudah bisa menebak, bahwa Jatim Park 3 adalah sarangnya Dinosaurus! Hehe, bagi pengunjung yang ingin melihat replika binatang purba tersebut, Jatim Park 3 bisa menjadi tujuan utama. Adapun alamat Jatim Park 3 adalah di Jl. Ir. Soekarno, No.144, Beji, Junrejo, Kota Batu.

Jatim Park 3, Sumber: photomalang.com

Saat pengunjung masuk ke Jatim Park 3, Pengunjung akan melihat banyak “dinosaurus” yang sudah menyambut dengan gagahnya. Jatim Park 3 adalah sebuah taman wisata sekaligus lokasi untuk belajar tentang kehidupan hewan purbakala seperti dinosaurus dan rekanannya.
Beberapa atraksi atau wahana yang ada di Jatim Park 3 atau Dino Park ini terdiri dari Museum Dino, 5 Zaman, The Rimba, dan Live with Dino. Selain atraksi serba dinosaurus, pengunjung juga bisa menikmati wahana Ice Age, 6D Animasi, Jembatan Akar, dan lain-lain. Waw, mantap betul, ya!

4. Museum Angkut
 
Wisata terpopuler berikutnya yang ada di Mlang, adalah Museum Angkut. Museum angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, sekitar 20 km dari Kota Malang. Museum ini terletak di kawasan seluas 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman dan memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314.

Museum Angkut Malang, Sumber: https://www.mldspot.com/

Ada apa saja di sana?  Di Museum Angkut ada banyak zona yang bisa dinikmati. beberapa diantaranya adalah, zona hall utama dan zona Edukasi. Zona Hall Utama, yaitu zona dimana pengunjung disuguhkan oleh koleksi mobil dan motor klasik yang ada di seluruh dunia. Pastinya pemandangan yang wow untuk penggemar berat mobil dan motor klasik.
Di lantai dua, pengunjung bisa melihat replika dari Air Force-nya Indonesia atau pesawat kepresidenan. Di dalamnya akan terlihat fasilitas yang ada di dalam pesawat seperti ruang meeting, bar, dan juga kamar tidur presiden. Waw, mantab ya.

Kemudian di Zona Edukasi yang letkanya masih berada di satu ruangan yaitu hall utama, Zona Edukasi ini akan memperlihatkan bagaimana sejarah perkembangan transportasi. Mulai dari sepeda, kereta api, kendaraan bermotor, sampai sekarang yang sudah memasuki era mobil listrik. Pastinya bikin pengunjung jadi melek dan menambah ilmu pengetahuan ya.

5. Batu Night Spectakuler 

Batu Night Spectakuler, Sumber: Google

Nah, tempat wisata terpopuler yang terakhir yang akan saya ulas adalah BNS alias Batu Night Spectakuler. Membaca judul namanya saja kita sudah bisa membayangkan ya. Wisata ini ramai dikunjungi pada malam hari. Batu Night Spectacular adalah sebuah lokawisata yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. BNS hanya beroperasi pada malam hari. BNS menggabungkan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga, dan hiburan di dalamnya. BNS berada dalam grup Jatim Park Group. Alamatnya di Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316. Wah pastinya liburan akan terasa lengkap jika mampir ke BNS ini ya. Menikmati suasana malam dengan berbagai suguhan menarik yang ada.  

Nah, gimana, makin pingin ke Malang, kan? Ayuk diagendakan barengan saya, dan pastinya pakai fitur Traveloka Xperience, biar makin kece. Dan dijamin, deh, perjalanan kita bakalan tambah seru dengan #XperienceSeru. Berburu tiket di Traveloka Xperience, tentunya makin mudah dan makin mantap. Sampai ketemu di Malang, ya! Insya Allah.

Sumber: Traveloka.com
Google.com







 




nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

1 komentar untuk "Merencanakan Liburan Ke Malang Bersama Traveloka Xperience"

Comment Author Avatar
wah dengan fitur ini, kita bisa pergi wisata dengan lebih mudah dan praktis ya :D

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)