Ika Koentjoro: Blogger, Penulis, Mompreneur, dan Sang Organizing Committee Handal




Bagi Anggota Kumpulan Emak Blogger khususnya yang berdomisili dan eksis di Jogja-Jateng dan sekitarnya, mungkin sudah familiar dengan Emak yang satu ini. Kiprahnya di dunia blog dan sosial media lainnya, membuat namanya tak asing lagi.


sumber foto: FB Ika Koentjoro


Saya sendiri mengenalnya sejak tahun 2013 di dunia maya, dan baru bisa bertatap muka langsung pada salah satu event KEB yang bekerjasama dengan salah satu brand terkenal di Jogja. Emak yang bernama asli Ika Safitri dan lahir di Jogja ini cukup ramah dan asyik diajak ngobrol seputar dunia blog dan juga dunia Photography khususnya food photography yang sedang digelutinya saat ini. Terbukti, hasil jepretannya pernah muncul dan terpilih (masuk grid) oleh komunitas pecinta photography.

salah satu hasil jepretan mak Ika Koentjoro yang berhasil lolos

Di sela-sela kesibukannya mengurus bisnis distribusi makanan kecilnya di dua kota, yaitu Jogja dan Purworejo, Emak multitasking ini masih sempat menulis dan berbagi cerita, informasi dan ilmu lewat blog dan sosial media yang lainnya.

Kopdar pertama dengan mak Ika
Oya, Emak dengan dua putra ini sudah sering memenangkan lomba blog lho. Lomba GiveAway (GA) dan kuis pun namanya pernah mejeng sebagai salah satu pemenang. Lomba melalui sosmed lainnya, seperti twitter dan IG juga pernah dimenangkannya.

Sumber: FB Ika Koentjoro


Dan yang lebih keren lagi, emak ini adalah seorang penulis juga. Beberapa tulisannya pernah nongol dan mejeng di berbagai surat kabar nasional seperti Republika dan Koran Jakarta. Bukunya yang terbaru hasil kolaborasi dengan dua temannya. Buku yang berjudul "Tiga Emak Gaul Keliling Kota" penerbit BIP ini pun menjadi salah satu buku favorit dan incaran para pecinta traveling.



Sumber Foto: Fb Fenny Ferawati


Sejak tahun 2014 KEB mulai mengadakan kopdar sesama anggotanya terutama yang berdomisili di Jogjakarta Jateng dan sekitarnya. Kopdar pertama, pada event Cooking demo fiesta. Kopdar yang kedua, kemudian lanjut pada kopdar berikutnya pada event KEB Joglo-Semar yang lain, yaitu acara buka bersama, halal bi halal dan arisan ilmu. Nah, salah satu penanggung jawabnya adalah Ika Koentjoro. Mau tahu kiprah sang OC  dalam event KEB? Yuk ah, cekidot

Berikut beberapa yang saya ingat event KEB JogloSemar yang pernah menjadi tanggung jawabnya :

1. Halal bi halal KEB Joglo Semar di Bumbu Desa Resto


Event ini terbilang event yang kompak dan ramai sekali. Dengan dress code biru dan kacamata hitamnya menambah kesan KEBersamaan yang nyata. Berkat kerja keras dan kerja cantik dari sang OC, mak Ika ini. Mulai dari pemilihan tempat, susunan acara dan juga terkait hal lainnya, acara ini pun sukses dan lancar.Acara ini juga adalah cikal bakal untuk penyelenggaraan event atau kopdar KEB Jogja selanjutnya.

Doc Nunung Nurlaela

Sumber Foto: Ika Koentjoro


Sumber foto; FB Ika Koentjoro


2. Kunjungan ke Gendhis Store Natural Bags


Event Kedua selanjutnya adalah Visit ke Gendhis Bags. Yap, walau sebelumnya agak pesimis, karena nyaris tak terlaksana karena kendala beberapa hal. Berkat kegigihan dan kerja keras dan cerdas sang PJ, mak Ika ini, akhirnya terwujud juga kunjungan ke Gendhis. Acara pun berlangsung sukses, lancar dan juga banyak sekali ilmu yang didapat. Khususnya tentang bagaimana memulai bisnis dan usaha, bagaimana mempertahankan bisnis agar aman dan tetap eksis dalam era persaingan global ini.

Sumber: Fb Ika Koentjoro


Mejeng di Instagram Gendhis Bags


Doc Nunung Nurlaela



Doc Nunung Nurlaela


Teringat pada event ini, saya pulang nunut mbonceng sepeda motornya. Ditengah gerimis yang cukup deras, saya sempat ngobrol banyak dengannya terutama tentang rencana perjalannya ke Hongkong. Iya, mak Ika pernah halan-halan ke Hongkong. Sebelumnya juga pernah ke Malaysia. Dan sebentar lagi mungkin akan ke negara lainnya. Ke Turki kalau gak salah (minta konfirmasi sendiri ke mak Ika ya...hehe)

3. Arisan ilmu KEB Jogja dan sekitarnya 

Arisan ilmu pertama bertempat di rumah mak Ima aka Manda Primastuti Suryani. Bertemakan tentang SEO. Karena saya tak bisa hadir, jadi tak bisa cerita banyak ya... hehe. Namun yang pasti, acara ini pun sukses dan lancar.

Arisan ilmu yang kedua, di Maple resto, Nah kali ini mak Ika di dapuk sebagai pembicara juga. Keren, kan? Temanya Food Photography sesuai dengan passion dan keahliannya. Bersama pembicara yang kedua, mak Lies wahyuni, arisan ilmu yang kedua ini pun berjalan sukses dan lancar. 

Sumber: IkaKoentjoro.com


Arisan ilmu yang ketiga, ini juga berkat kerja kerasnya, terlaksana dengan baik. Bertempat di Alive resto, Timoho Jogja. Bertemakan tentang DA (Domain Authority), dipandu oleh mak Carra aka Carolina Ratri.  Arisan yang ketiga ini sepertinya paling banyak pesertanya, sampai-sampai kursinya kurang. Tapi, acaranya sukses dan lancar, berkat sang OC yang keren ini. Ceritanya bisa dibaca di sini ya...



Sumber Foto: FB Ika Koentjoro

Demikian secuil cerita saya tentang Ika Koentjoro, semoga tulisan ini bisa semakin menguatkan dan menambah erat silaturahim semua emak blogger khususnya yang ada di Jogja dan sekitarnya. Dan terakhir, tulisan ini sebagai pemacu saya untuk lebih semangat dalam berbagi. Terimakasih mak Ika, terimakasih karena memberi inspirasi dan menumpahkan tenaga dan pikiran untuk suksesnya acara dan project KEB. Atas segala kekurangan saya mohon maaf, dan jika ada salah kata atau hal yang tak berkenan, mohon saya dikoreksi ya...Happy Blogging Everyone....

Terakhir ketemu mak Ika di acara karnaval Gizi Sarihusada, 31 Januari 2016



nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

32 komentar untuk "Ika Koentjoro: Blogger, Penulis, Mompreneur, dan Sang Organizing Committee Handal"

Comment Author Avatar
Serunyaaaa pertemanan dunia maya ala emak emak blogger... Senang mengenalmu mak nunung....
Comment Author Avatar
Alhamdulilah...berkah ngeblog ya mak...btw, Senang juga mengenalmu mak Ima...:-)
Comment Author Avatar
Wah udah lama kenalnya y ternyata..keb jogja juga udah lama eksis
Comment Author Avatar
Alhamduliah...iya mak...kurleb 3 tahunan ya...semoga KEB makin tambah baik dan sukses. Aamiin
Comment Author Avatar
KEB Jogja kompak banget ya, Mbak... Acaranya udah banyakkk... Dan campur tangan mak Ika bikin acara tambah sukses. Keren deh mak Ika ini. Juga emak-emak KEB semua, kalian keren semuaaaa :*
Comment Author Avatar
Iya mbak...Alhamdulilah pas harinya bisa, jadi bisa ikutan. kalau gak bisa ya, hehe cuma bisa mupeng. Btw, iya berkat Mak Ika, acara bertambah lancar dan sukses.
Comment Author Avatar
Mak Nunuuuung.. judulnya nggak nguatin. Aku jadi merasa seperti wonder women wekeke
Comment Author Avatar
haha...itu personal baranding mak Ika, sebuah motivasi dan doa juga...Mak Ika layak mendapatkannya...sukses ya mak...
Comment Author Avatar
byuhhhh, super closer sama Mbak Ika neh. Eh, yg kopdar di Bumbu desa resto...aku kok gak ada ya? Kemana...dimana...akuuu?
Comment Author Avatar
hihihi...mak Rie dimana ya? ikutan nyari...
Comment Author Avatar
Persahabata dunia blogging itu emang seru bgt ya mak. Beruntung bgt bs gabung komunitas emak blogger jogja dan bs kenal dg emak2 inspiratif semuanya:)
Comment Author Avatar
iya Alhamdulilah bisa kenal emaks semua :-)
Comment Author Avatar
pertemanan dunia maya itu seru, berteman malah kadang sampai sahabat hanya lewat dunia maya dunia nyata jarang hihi
Comment Author Avatar
haha, iya Berbie, betul itu...:D
Comment Author Avatar
Senang mengenalmu, mak Nunung :D Let's keep kompak selalu :D
Comment Author Avatar
Mak ika dan mak nunung yg pertama kukenal di KEB. Kalau kalian berdua berkolaborasi bikin buku, pasti ajiiiiib deh
Comment Author Avatar
Hmm, iya ya? bikin buku apa ya, Mak? ada usulan?
Comment Author Avatar
Komplit ulasannya, Mak Nunung.
Btw, selamat ya atas kemenangannya di lomba blog NUB. Barakallah. Semoga tambah sukses. :)
Comment Author Avatar
Komplit ulasannya, Mak Nunung.
Btw, selamat ya atas kemenangannya di lomba blog NUB. Barakallah. Semoga tambah sukses. :)
Comment Author Avatar
seneng banget bisa kopdaran dan sharing pengalaman ilmu. Pokoknya tampak seru dan kekeluarga deh KEB Yogya :) Go go go ^_^
Comment Author Avatar
Yup, seneng banget mak Tanty, senang juga kenal denganmu...:-)
Comment Author Avatar
emak ika koentjoro adalah salah satu teman blogger di jogja yang sangat aktif, sering juga ketemu emak ika
Comment Author Avatar
Iya, memang Mak Ika ini, aktif dimana-mana :-)
Comment Author Avatar
yangtak inget dari mba ika itu dia fotone apik2 makananeeeee
Comment Author Avatar
Iya, jagonya emang bikin foto makanan jadi apiik hehe
Comment Author Avatar
jadi pingin knl dn bljr dr mba Ika
Comment Author Avatar
ayo ikutan event KEB mbak Tinbe...:-)

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)