Grand Launching Akademi Konsultan Bisnis Syariah (AKBS) CORe ISEC CONSULTING


Doc. CORe ISEC

 Alhamdulilah, senang dan bersyukur kepada Allah SWT, saya bisa mengikuti Grand Launching AKBS di hotel Grand Dafam Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 2023 hampir satu tahun lalu. Sebenarnya, sudah lama membuat draft dan ingin menuliskan pengalaman dan reportase sederhana ini, namun karena terkendala waktu dan kesibukan, belum juga saya posting. Tapi, Alhamdulilah draft ini akhirnya bisa saya selesaikan. Dan sahabat blogger dan pembaca yang dirahmati Allah, bisa simak ulasan saya ini ya. 

Doc. CORe ISEC


Founder dan co founder sekaligus guru-guru di CORe ISEC

Akademi Konsultan Bisnis Syariah (AKBS) CORe ISEC ini adalah sebuah akademi atau program kelas berbayar yang diluncurkan untuk masyarakat terutama para pebisnis, praktisi, atau siapa pun yang ingin belajar dan memahami bisnis syariah secara kafah. Sekaligus menjadi seorang konsultan bisnis syariah yang handal dan terpercaya. Digawangi oleh dua gurunda, Ustaz H. Dwi Condro Triono, Ph.D. Beliau adalah Founder CORe Islamic Economics, seorang pakar ekonomi dan praktisi bisnis syariah yang sudah lebih dari 25 tahun mengajarkan serta berkontribusi untuk dakwah ekonomi Islam. Seorang konsultan dan gurunya pengusaha muslim di Indonesia berlisensi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga Ustaz Ali Akbar Al Buthoni, S.E.I., CSBCC., CDMT. Merupakan Co-Founder dan CEO CORe Islamic Economics, seorang konsultan Akad dan Konversi Bisnis Syariah dengan Sharia Business Analysis Method, serta Trainer Digital Marketing Berlisensi BNSP. 

Ustaz Dwi Condro Triono, Ph.D.

Ustaz Ali Akbar Al Buthoni, S.E.I., CSBCC., CDMT.

AKBS dikemas secara menarik dan juga menyenangkan. Sesuai dengan taglinenya; Akademi Konsultan Bisnis Syariah, Belajar fiqih muamalah secara mudah dan menyenangkan. Dihadiri sekitar seratusan orang yang mengikuti grand launching AKBS ini baik secara offline dan online. Suasana yang cukup meriah dan penuh semangat. Acara grand launching ini menjadi lebih hidup lagi dengan dipandu host Kang Agus Johana. Peserta dan calon peserta AKBS ini berasal dari berbagai kalangan. Namun rata-rata mereka dari kalangan pebisnis dan pemilik usaha. Ada juga dari pengajar, dan juga umum. Semua yang ingin belajar transaksi bisnis syariah boleh daftar di AKBS. Tentunya harus diimbangi dengan niat dan tekad yang kuat. Terlebih lagi bagi yang ingin menjadi konsultan bisnis syariah. 

Host Kang Agus (Doc. CORe ISEC)

Suasana Grand Launching Offline (Doc. CORe ISEC)

Latar Belakang Akademi Konsultan Bisnis Syariah (AKBS) CORe ISEC ini adalah dikarenakan karena gairah Umat Islam untuk berbisnis secara Syari’ah semakin meningkat.  Perkembangan transaksi bisnis di era modern ini semakin kompleks dan canggih. Oleh karena itu, Pebisnis Muslim memerlukan kejelasan status hukum dalam bisnis tersebut. Namun faktanya, pakar yang menguasai Hukum Syari’ah dalam bidang Bisnis Syari’ah masih langka. AKBS CORe ISEC hadir untuk mengisi kelangkaan itu. 

Para peserta menyimak  (Doc. CORe ISEC)

Adapun Landasan Pemikirannya bahwa Pebisnis Muslim wajib selalu terikat dengan hukum syari’at dalam menjalankan bisnisnya. Syari’at Islam diturunkan untuk mengatur semua aspek kehidupan, termasuk dalam berbisnis. Perubahan dalam kehidupan ini hanya terjadi pada bentuk-bentuk kehidupannya. Kehidupan manusia itu bersifat tetap, karena fitrah manusia itu bersifat tetap. Hukum Syari’at Islam yang mengatur perbuatan manusia juga bersifat tetap.

Allah SWT berfirman: 

"Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah

Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui” (QS. Ar Rum: 30).

Dan hadis nabi,

”Barangsiapa yang mengerjakan sebuah amalan yang tidak terdapat padanya perintah kami, maka amalan tersebut tertolak” (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Demikian beberapa landasan syari terkait dengan alasan mengapa AKBS ini diluncurkan. Alasan saya sendiri mengapa tertarik mengikuti AKBS ini adalah sebagai tuntutan tanggung jawab dan kepedulian kepada perkembangan bisnis syariah. Di sisi lain, menopang profesi saya sebagai seorang dosen di kampus Ekonomi Islam. Tentu, kebutuhan akan pemahaman tentang fiqih muamalah dan bisnis syariah menjadi sangat penting. Ketika saya berkiprah dan berdakwah di tengah masyarakat, sangat kental dan relate dengan problem umat terkait transaksi-transaksi muamalah, terutama era saat ini yang begitu kompleks dan menjamur model-model bisnis dan usaha yang ditawarkan kepada masyarakat. AKBS CORe Isec sangat tepat dan cocok bagi saya. Alhamdulilah bisa bergabung di batch pertama ini. Berikut adalah beberapa target serta model pembelajaran di AKBS selama satu semester.  

Sesi tanya jawab (Doc. CORe ISEC)

Penguasaan Ilmu AKBS

1. Menguasai Fiqih Mu’amalah Dasar

2. Menguasai Fiqih Mu’amalah Kontemporer

3. Menguasai Manajemen Bisnis Kontemporer

4. Menguasai Kaidah Penarikan Hukum Syari’at

Keunggulan Kompetitif lulusan AKBS: 

1.Mampu mengonversi perusahaan konvensional menjadi perusahaan Syariah

2. Mampu memberikan STATUS HUKUM pada fakta-fakta bisnis kontemporer

Doc. CORe ISEC

Doc. CORe ISEC

Strategi Pembelajaran di AKBS, bisa membedakan antara:

1. Metode Ijtihad

2. Metode Penerapan Hukum (Tathbiqul hukmi)

Proses belajar di AKBS begitu runtut dan juga detail, sehingga para siswa akademi bisa lebih mudah memahami. Belajar selama satu tahun atau dua semester. Kelas dua kali dalam satu minggu bergantian antara ilmu langit dan ilmu bumi. para siswa juga diharuskan untuk menghafal ta'rif dan dalil yang sudah ditentukan baik yang bersifat wajib maupun tambahan dan pelengkap. 


Doc. CORe ISEC

Doc. CORe ISEC

Nah, Masya Allah begitu banyak sebenarnya yang saya ingin tuliskan di sini. Insya Allah dibahas di postingan berikutnya ya. Penasaran dan ingin ikut bergabung belajar bisnis syariah, atau ingin menjadi konsultan bisnis syariah juga? Segera merapat, amankan seatnya. Saat ini sudah berjalan hingga batch 2. Jangan sampai ketinggalan! Untuk info lebih lanjut tentang AKBS CORe ISEC ini bisa klik di sini ya

Foto Bersama (Doc. CORe ISEC)




nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Grand Launching Akademi Konsultan Bisnis Syariah (AKBS) CORe ISEC CONSULTING"