Tiga Aktivitas "Me Time" Asik dan Santai, serta Menyegarkan Pikiran

 Ibu-ibu kalau ngomongin soal me time, pastinya berpijak pada hal-hal yang sederhana. Me time saya hanya pingin makan mie tanpa diganggu. Me time saya hanya pingin rebahan satu jam saja. Atau berselancar di dunia maya, kemudian buka market place dan bisa chekout salah satu incaran yang sudah lama ada di keranjang. Pergi ke salon untuk treatmen juga sering menjadi me time sebagian para ibu. Jika dana tidak mencukupi, bisa juga treatment mandiri di rumah. Yup. Itu semua me time kebanyakan daru ibu-ibu pada umumnya. 

Bagaimana dengan me time ala saya? Me time saya banyak. Mulai dari hal-hal di atas seperti kebanyakan ibu-ibu. Tapi, kadang me time saya pingin jalan-jalan bareng anak deh. Naik motor, mampir ke pom bensin, lanjut ke minimarket terdekat untuk beli es krim atau jajanan yang disukai. Loh katanya me time? Kok tetap bawa anak? Haha, gak tega, bu...Iya, bagi saya me time kadang ya bersama keluarga. Karena kesempatan kebersamaan dengan keluarga itu jarang banget ada. Nah, di postingan blog kali ini, saya ingin sharing tentang me time yang biasa saya lakukan. 

1. Jalan-jalan 

Jalan-jalan ke mana? Ya ke mana saja yang disukai. Kadang jalan sendiri, bareng berdua suami, bareng anak, bareng sahabat. Jalan-jalan bareng anak, tidak melulu harus ke tempat yang jauh atau ke luar kota. Cukup di sekitar rumah dan juga dalam kota. Paling sering yaitu jalan naik motor bersama suami dan anak yang bungsu. Sekadar keliling, mampir ke pom bensin, dan ke minimarket terdekat. Ini bisa kami lakukan seminggu sekali, atau dua kali. 

Jalan-jalan bareng anak dan keluarga

Jalan-jalan ke mal atau taman, ini tidak sering saya lakukan. Kadang sebulan satu kali pun tidak. Hanya sekali-sekali pada momen liburan dan anak pulang dari pondok. Iya, dari lima anak, tiga anak saya sekolahkan di sekolah yang berbasis pondok pesantren di luar Jogja. Maka dari itu, saya berupaya untuk meluangkan waktu bersama mereka. Yah, sekaligus me time. Walau hanya jalan-jalan di tempat wisata terdekat, seperti Malioboro. Seringnya kami ke toko buku atau toko peralatan sekolah. Setelah puas memilih alat sekolah yang harus dibeli atau pernak-pernik lainnya, kami pun lanjut untuk makan di tempat favorit yang biasa kami kunjungi. 

jalan-jalan bareng anak 

Jalan bareng teman dan sahabat. Ini me time saya banget. Iya, jalan bareng bestie yang sama-sama punya hobi yang sama itu sangat menyenangkan. Kebetulan, saya punya circle sahabat yang rutin untuk jalan-jalan setiap pekan atau setiap bulan, atau momen tertentu. Saya dan sahabat, pergi ke tempat wisata atau lokasi yang sedang viral dan banyak dibicarakan oleh masyarakat. Atau jika tidak ada waktu panjang, kami hanya janjian ketemu di sebuah resto atau cafe terdekat untuk sekadar makan siang atau mencicipi menu di lokasi tersebut. 

jalan bareng bestie

Selain circle travelling, ada juga circle yang sama-sama suka olahraga. Biasanya setiap akhir pekan, kita akan janjian untuk joging, lari, atau pun bermain basket di stadion olahraga yang terdekat. Yup, paling seru me time dengan sahabat karena merasa lebih muda lagi dan tambah semangat, hehe. 

2. Ngeblog dan berselancar di dunia maya

Kok bisa aktivitas ngeblog itu me time bagi saya? Betul, Aktivitas blogging bagi saya adalah me time. Seperti saat ini saya sedang sharing dan bercerita pengalaman-pengalaman saya di keseharian. Pengalaman me time yang asik, dan sebagainya. 

Blogging juga katanya adalah salah satu aktivitas untuk terapi jiwa. Bagaimana menjaga kewarasan kita ketika menemukan banyak hambatan dan tantangan, bahkan stuck dalam kondisi tertentu. Blogging, pastinya ada aktivitas membaca dan menulis, kemudian riset ke lapangan dan menyimpulkan dari sebuah fenomena yang terjadi. Yakinlah, ini adalah metode untuk menambah cara berpikir kita yang sistematis. Ngeblog biasanya include dengan aktivitas berselancar di dunia maya juga, kan? Mencari informasi dan referensi secara mudah dan cepat. Update berita dari waktu ke waktu, adalah me time bagi saya, sebagai seorang dosen. 

ngeblog adalah me time

Saya sangat mencintai aktivitas ngeblog. Karena dengannya, saya bisa menuangkan ide, dan juga pemikiran apa pun yang ada di benak. Saya juga bisa berbagi, berdakwah, dan memberikan inspirasi kepada pembaca. Bahkan tak sedikit saya menemukan pembaca yang menghubungi saya untuk berterimakasih atas tulisan saya karena bisa memberi semangat bahkan jalan untuk mencari solusi. Masya Allah, sungguh luar biasa efek dari aktivitas blogging ini. 

3. Main Game Cullinary Schools

Nah, ini yang tak kalah menarik dan menyenangkan bagi saya untuk me time. Main game kuliner dari Cullinary School. Cullinary School adalah situs web terkemuka dalam membantu pelajar kuliner menemukan sekolah dan jalur karier yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi mereka. Di web ini  menyoroti dan meninjau semua jenis sekolah memasak sehingga semua orang dapat terhubung dengan pelatihan dan bimbingan yang memungkinkan semua orang untuk melangkah dengan percaya diri ke dunia seni kuliner.


Credit: Cullinary School

Dalam bidang kuliner yang luas terdapat banyak subspesialisasi dan jurusan yang potensial untuk dipertimbangkan. Selain memutuskan ke mana harus pergi, calon koki juga perlu mengidentifikasi apa yang ingin mereka pelajari. Di website ini juga meninjau dan mengkaji berbagai jurusan kuliner, jurusan manajemen makanan dan minuman, dan mendorong semua orang untuk membandingkan berbagai gelar terkait kuliner.

Cullinary School juga melakukan riset pasar independen dan melakukan wawancara mendalam untuk memberi Anda fakta tentang karier kuliner. Memberikan Anda data yang seimbang dan wawasan pribadi yang unik untuk mendorong pengambilan keputusan yang lebih berani. Pelajari lebih lanjut tentang menjadi koki saat ini, termasuk tipe koki, prospek karier koki, pasar kerja kuliner, dan gaji yang diharapkan.

Culinary School juga menyediakan situs game kuliner untuk anak-anak. Saya mengakses situs game online untuk anak gratis ini ketika sedang santai dan me time. Seringnya bersama anak saya yang bungsu. Betul-betul menyenangkan. Sekaligus bisa menemani anak untuk belajar banyak hal melalui game ini. 

Gamenya lucu-lucu dan asik. Bikin santai dan pikiran penat menjadi lebih fresh lagi. Gamenya gratis dan banyak macamnya. Jadi, di situs game cullinary school ini menawarkan koleksi ratusan permainan online gratis untuk membantu membiasakan anak-anak dengan makanan, pertanian, memasak, seni kuliner, bisnis restoran, dan karier yang berhubungan dengan perhotelan. 


Semua game diterbitkan menggunakan desain web HTML5 yang ramah seluler dan desktop. Tautan ke setiap game terbuka di tab baru yang berfokus pada game tersebut. Selama bertahun-tahun semua permainan yang bebas iklan, meskipun situs ini telah menjadi sangat populer sehingga tidak mungkin lagi. Di web ini telah menambahkan iklan moderat di sekitar ruang kosong di perbatasan beberapa permainan karena tagihan hosting untuk server khusus tidaklah murah. Situs ini didirikan pada tahun 2007 & pada tahun 2024 mulai menyertakan iklan di beberapa permainan untuk membantu mengimbangi tagihan hosting yang besar.

Wah, menarik, bukan? 

Kategori Permainan

Berikut koleksi permainan yang ditawarkan untuk membantu siswa bersenang-senang sambil belajar dalam lingkungan interaktif:

1. Game Edukasi Makanan, game ini bertujuan untuk mempelajari tentang makanan sehat versus makanan tidak sehat. Game tentang Pekerjaan Memasak dan Dapur, bagaimana belajar berbagai tugas di dapur dan mempelajari cara mengikuti resep dasar.  Ada juga game Daur ulang , yaitu bagaimana mendaur ulang sampah. Game Bertani, membiasakan pemain dengan peternakan, hewan ternak, dan peternakan.

2. Melayani Penikmat makanan, seperti game membuat sandwich atau berperan sebagai pelayan. Game Toko Kelontong, bagaimana menjaga persediaan toko kelontong. Game Minuman, game yang mempelajari bagaimana menyajikan kopi dan coklat panas. Pizzarias, game membuat pizza khusus sesuai pesanan. Burger Keju, permainan restoran burger keju. Penumpuk sandwich, permainan menumpuk sandwich & pancake. Makanan Meksiko, gerobak taco & restoran burrito. Makan siang,  makan siang umum di restoran. Makan malam, masak dan sajikan makan malam. Es Krim, membuat es krim yang sempurna. Makanan penutup, membuat makanan penutup lainnya. Game Simulasi Bisnis Lainnya, menjalankan bisnis toko bunga atau toko perhiasan lokal kecil. 

3. Game Bertema Makanan Seru Lainnya yang banyak diminati dan digemari juga oleh anak-anak. 

4. Permainan Kartu juga ada di situs game cullinary school ini. 

Game yang saya suka dan mainkan bareng Anak

1. Can I Eat It? 

Can I Eat It adalah permainan untuk anak-anak prasekolah dan taman kanak-kanak di mana mereka dengan cepat mengeklik ya atau tidak jika menurut mereka suatu benda dapat dimakan. Permainan mencakup buah-buahan, sayuran, kue, sosis, kaus kaki, tongkat, gelas, baterai, serangga, dan banyak lagi.


Game ini lucu dan menyenangkan. Game ini mudah dimainkan, cukup klik gambar yang berupa makanan. Tapi jujur, saya kadang salah klik juga dan akhirnya game over! Iya, betul-betul membutuhkan fokus dan juga konsentrasi. 

2. Fruit Words Game

Fruit Words Game adalah permainan latihan mengeja di mana pemain menggunakan keyboard di layar untuk mengeja nama setiap buah dalam gambar. Permainan ini berisi 25 buah berbeda. Permainan ini sangat cocok untuk bungsu saya yang sedang belajar bahasa Inggris. Berkat game ini, bungsu saya mengerti dan hafal nama buah dalam bahasa Inggris. 


3.  The Amazing World of Gumball Water Sons

Game ini adalah permainan puzzle 30 tahap di mana Gumball dan Darwin bekerja sama untuk membantu teman-teman terhidrasi. Tekan tombol dengan batu untuk membersihkan jalur agar balon air Anda dapat mencapai teman yang haus. Permainan ini dapat digunakan untuk mendorong anak agar tetap terhidrasi dan mengajarkan pentingnya minum air.


Adapun insight yang terdapat pada permainan ini adalah bahwa anak-anak harus minum cukup air sehingga tetap sehat dan tidak mengalami dehidrasi. Tokoh yang dimainkan dalam game bernama Gumball dan Darwin. Lucu banget. 

Di mana kedua tokoh ini saling bekerja sama untuk membantu teman-teman agar bisa mendapatkan air minum dalam jumlah yang cukup. Pemain bisa menekan tombol yang melambangkan batu untuk membersihkan jalur air agar dapat mencapai teman yang sedang kehausan. Ini bisa mengajarkan anak agar memperhatikan jumlah asupan air minum. Butuh konsentrasi dan fokus juga ketika memainkan game ini. 

4.  Fruit Fit

Fruit Fit adalah game pembelajaran buah yang mendidik. Pemain dapat melihat gambar buah-buahan dengan nama buah-buahan di sebelahnya dan kemudian menguji seberapa baik mereka menyerap informasi dengan memainkan bagian kuis dalam permainan. Ini sekilas sangat mudah, namun tetap butuh fokus dan konsentrasi. 


5. Bento Box

Bento box adalah permainan bentuk makanan di mana pemain harus menyeret barang-barang yang hilang ke dalam kotak bento untuk melengkapi makan siangnya. Gunakan garis bentuk untuk menentukan ke mana setiap makanan pergi. Selesaikan 10 makan siang berbeda untuk menyelesaikan permainan. Game ini cukup seru bagi saya, dan sekaligus belajar menyusun bento untuk bekal sekolah si bungsu. 


6.  Fitness Food Run

Fitness Food Run adalah permainan platform bergulir horizontal yang mendorong pemain untuk mengonsumsi makanan sehat seperti apel dan mentimun sambil menghindari makanan tidak sehat seperti kentang goreng. Pemain menjadi lebih sehat saat mengonsumsi makanan sehat dan menambah berat badan serta menjadi lesu saat mengonsumsi kentang goreng. Pemain dapat melakukan lompatan ganda dengan mengklik mouse dua kali. Permainan ini memerlukan sedikit ketangkasan dalam memainkannya. Dari sudut pandang kehalusan, game ini tidak terlalu halus, jadi game ini mungkin paling cocok untuk siswa kelas dua hingga tiga.




Demikian tiga aktivitas me time ala saya, yang cukup membuat fresh dan santai kembali. Lalu, bagaimana me time ala teman-teman, aktivitas apa saja yang membuat santai dan fresh lagi? Yuk sharing!

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Tiga Aktivitas "Me Time" Asik dan Santai, serta Menyegarkan Pikiran"