Tips Asik Mengatasi Kebuntuan dalam Aktivitas Ngeblog

 Ya ampun, blognya sudah lama sekali tidak di update ya! Ibarat rumah, blog yang jarang dan bahkan tidak pernah di update dengan postingan tulisan adalah seperti rumah yang tidak ada penghuninya lagi, berdebu dan kotor. Aduh, jadi malu. Nah, ada banyak faktor mengapa seorang blogger tidak lagi menulis dan mengaktifkan blognya, salah satunya adalah mengalami kebuntuan. Nah, jika sudah buntu, akhirnya malas untuk membuka blognya. Sehari, seminggu, sebulan, akhirnya jadi tahunan. Wah, bahaya ini, sih. 

Iya, kalau kita masih pingin disebut blogger, dan masih ingin aktif ngeblog, mau gak mau harus di update, dong blognya. Sebenarnya, ada banyak cara agar seorang blogger aktif lagi dan memperbarui isi blognya. Mulai cara yang sederhana sampai yang butuh effort lebih. Saya ingin menuliskan dan berbagi tips bagaimana mengatasi kebuntuan dalam aktivitas ngeblog. Sila disimak, ya. 

1. Mengumpulkan niat yang kuat

Kita ingat kembali niat kita ngeblog untuk apa, ini bisa menjadi pemacu semangat untuk memulai ngeblog lagi. Kita timbang-timbang lagi nih, ngeblog kita selama ini punya manfaat tidak. Dan ingatlah, niat harus dibarengi dengan tekad yang kuat. Jadi, tidak hanya niat saja, namun kudu action. Mengingat kembali portofolio selama kita ngeblog. Terkadang saya suka buka postingan lama, yang banyak memberikan manfaat untuk membaca, akhirnya tergerak lagi untuk menulis dan memperbarui isi blog. Ada rasa bahagia dan terharu jika tulisan kita memberi manfaat bahkan jalan keluar bagi pembaca. Alhamdulilah. Ingat juga bagi seorang muslim, bahwa amal tergantung niatnya. Yuk, meluruskan niat 


2. Mulailah menulis apa saja


Mulai menulis lagi. Sebagai awalan mungkin bisa nulis coretan dulu. Di smartphone atau di buku catatan. Ini dilakukan untuk melatih jari-jari kita yang kaku merangkai kalimat bahkan kata. Upayakan kita membuat draft tulisan apa saja. Seperti halnya membuat outline, tulis apa saja yang ada di kepala kita. Ingat-ingat kembali apa yang selama ini ada di benak kita yang belum tertuang di blog. Ini mungkin agak sulit bagi yang sudah hiatus dan vakum begitu lama menulis atau ngeblog. Tapi, tak mengapa, tetap terus goreskan tulisan kita melalu media apa pun. 

3. Sediakan Camilan Favorit


Pastinya aktivitas tersebut akan menjadikan kita bosan dan akhirnya menyerah. Untuk itu, coba di sekitar kita, di meja atau di hadapan kita ditemani cemilan favorit. Pastinya cemilan yang membuat kita merasa senang dan semangat lagi. Pengalaman saya biasanya melakukan hal ini ditemani dengan cemilan ringan dan juga minuman hangat. Secangkir kopi herbal dan teh lemon adalah favorit saya. Cemilannya, snack kering ringan seperti keripik kentang atau keripik-keripik lainnya. Bahkan bisa juga ketika berada di tempat yang mendukung, misal di kafe yang nyaman dan juga di tempat wisata yang jauh dari keramaian. Namun, tetap saja, rumah, kamar dan meja pribadi adalah tempat yang paling nyaman.

4. Bermain Free Game Online Solitaire



Jika masih bosan dan sudah merasa lelah, coba lakukan aktivitas yang menyenangkan dan ringan. Yap, kalau saya bermain game online Solitaire. Free online classic Solitaire card video game yang pastinya sudah familiar banget sejak lama. Iya, seingat saya, kenal game ini ketika SMP waktu masih pakai layar komputer yang monitor dan cpu nya besar haha. Game ini bukan hanya digemari oleh anak sekolah dan mahasiswa, namun juga digemari oleh para pekerja kantoran. 

Seiring berjalannya waktu, teknologi makin canggih, dan perangkat makin fleksibel. Layar monitor komputer makin tipis dan sudah ada laptop yang kompatibel dan praktis dibawa ke mana-mana. Makin mudah dan menyenangkan main game Solitaire ini. 


Tampilan website

Aku paling suka yang permainan klasik. Cukup mudah mainnya, namun untuk menang, gampang-gampang susah. Tergantung tingkat atau level kesulitan permainannya juga. Mengurutkan kartu satu demi satu sesuai urutan, mulai dari kartu King hingga kartu As. Butuh kesabaran dan ketelitian dalam bermain game ini, namun tidak berat. Justru asik dan penasaran. 

Game ini bagi saya cukup menarik dan tidak pernah bosan memainkannya, hingga sekarang. Nah, free game online Solitaire ini bisa langsung dimainkan di websitenya Solitaire.org tanpa harus mendownload terlebih dahulu. Pokoknya praktis, mudah dan tidak makan tempat di perangkat kita. Biasanya setelah sejenak bermain game ini, akhirnya bisa refresh pikiran lagi dan fokus untuk menuliskan ide-ide sebagai bahan tulisan. 

5. Mencari Ide kembali

Belum juga punya ide untuk update atau membuat postingan di blog? Masih bingung karena karena banyaknya ide ya. Nah, bersyukur kalau banyak ide, tinggal dilist saja ide-ide itu, kemudian diurutkan mana yang kiranya kita mampu selesaikan terlebih dahulu. Mana yang sudah siap dari sisi data dan bahan tulisan, serta foto-fotonya.


Namun, bagi yang sama sekali belum dapat ide mau nulis apa, coba lakukan beberapa langkah berikut ini. Pertama, buka media sosial cari berita atau hal yang sedang hangat. Jika ada hal menarik dan tema yang perlu diangkat, catatlah atau simpan. Bisa juga dengan menyimak dan mengikuti obrolan di grup-grup yang kita sukai. 

Jalan-jalan, refreshing ke luar sebentar, bisa juga menjadi jalan untuk menemukan ide. Pengalaman saya sendiri, aktivitas ini sedikit banyak membantu menemukan ide. Misal jalan ke tempat-tempat ramai bahkan sepi. Atau sekadar belanja di pasar, mini market atau mal. 


6. Berkomunitas

Ini point penting yang sangat mendukung kita untuk selalu aktif ngeblog dan upadte blog. Iya, dengan bergabung dengan komunitas sesama blogger atau influencer pada umumnya, sedikit banyak akan memberikan dampak kepada kita. Ada banyak hal yang bisa kita dapat ketika ikut serta dalam komunitas atau grup-grup yang mendukung aktivitas ngeblog. Pastinya banyak benefit yang akan kita temukan. Mulai dari makin bertambahnya jaringan pertemanan, ilmu, pengalaman, dan juga pundi-pundi mulai dari rupiah sampai dollar. Nah, pastinya jadi tambah semangat dong ngeblognya. 


Biasanya ada banyak peluang serta permintaan job dari banyak brand yang disebar dan juga banyak yang mencari. Kalau rezeki, ketika kita apply job maka pastinya kita dapat job tersebut. Pastinya harus diimbangi juga dengan kemampuan. Kira-kira kita ambil job itu mampu tidak ya? Kita akan bisa selesaikan sesuai DL atau jangan-jangan malah tidak bisa karena kesibukan kita yang lain. Intinya, berkomunitas juga harus ada aturannya. Terlebih lagi ketika kita berada di bawah naungan sebuah komunitas yang sudah besar dan terpercaya, jangan sampai merusak nama baik gara-gara keteledoran kita. 

7. Membuat Jadwal

Untuk aktif dan rutin update blog, membuat jadwal, sangat dianjurkan. Walau, saya sendiri terkadang tidak disiplin dengan jadwal yang sudah ditentukan. Nah, jadwal ini hanya triger kita saja untuk mengingat bahwa, kita harus update blog. Misal, seminggu sekali, dua Minggu sekali, atau sebulan sekali bahkan. Konsekuensinya, kita harus mengupayakan untuk selalu tepat waktu, minimal dalam range jadwal itu, kita telah update blog. Jadi, tunggu apa lagi, segera lakukan dan biasakan. Insya Allah jadi terbiasa, dan tidak enak rasanya jika belum update blog. Semangat, ya!


17 komentar

  1. Semangat ngeblogku juga turun naik nih mak Nunung. Maka perlu banget ada boosternya. Paling nggak aku punya target untuk bisa nulis di blog dalam sebulan berapa tulisan dan sedapat mungkin memenuhi target itu. Walau berat juga atur waktunya dengan kesibukan di dunia nyata. Tapi yakin deh, kita pasti bisa! :)

    BalasHapus
  2. Hal paling serem di dunia blogger adalah "kebuntuan", memang harus diingat dan ditanamkan dalam pikiran untuk apa tujuan kita memulai blog ini, terkadang kalau udah buntu emang males buat mulai lagi, tapi terkadang dengan dibantu menyiapkan beberapa snack kesukaan kita menjadi moodbooster untuk memulai lagi. Semangat semuanya.

    BalasHapus
  3. kalo aku nih mba selain dengerin musik dan scrolling tiktok kadang suka jalan jalan dulu keliling-liling trus beli kopi trus balik ke meja trus biasanya langsung ada ide deh

    BalasHapus
  4. Membuat jadwal itu juga jadi caraku untuk mengatasi kebuntuan saat ngeblog. Seminggu dua kali paling tidak aku update blog. Dan Alhamdulillah bisa konsisten sampai sekarang

    BalasHapus
  5. Kalo molly sendiri buntu ngeblog biasanya baca buku terus nonton korean drama. Kalo bosen juga jalan2 di luar cari restoran favorit utk direview

    BalasHapus
  6. Kalau aku niat itu kenceng banget mau update blog, tapi terkendala tenaga dan waktu karena banyak blog yang harus di update. masih kesulitan bagi waktu mengelola beberapa blog.
    btw kalo buntu aku juga main game mbak,
    game online Solitaire ini mudah mainnya, dan seru

    BalasHapus
  7. Duh aku yang sedang buntu ini semoga jadi rajin menulis lagi mbak, padahal draft lumayan banyak tapi kadang kalau capek moodnya langsung ilang, hiks

    BalasHapus
  8. Kadang aku tuh ada aja ide mau nulis apa aja. Makan-makan atau kuliner siapkan buat menulis. Tapi eksekusinya kadang ya ntar ntar. Hehhe. Makasih tipsnya mba. Tapi yang bikin aku tetap semangat adalah tetap niat buat update blog

    BalasHapus
  9. Aku banget nih naik turun semangat ngeblognya, kadang2 dapet job mau gak mau memaksa kita untuk nulis dan karena gak mau blog isinya kerjaan alias sponsored post semua, mau gak mau nulis postingan organik juga deh hahaha

    BalasHapus
  10. Kalo lagi bener2 stuck itu mbak, sekian lama depan laptop cuma nulis judul, wkwkwk.. ngemil malah bablas gak brenti2, main game jg kadang bablas gak ngetik sekalian

    BalasHapus
  11. Kadang emang pernah ngalamin writer block. Memang harus dikuatin tekadnya lagi. Istirahat boleh, tapi jangan sampai berhenti. Main game online Solitaire bisa sesekali dilakukan buat hiburan

    BalasHapus
  12. Aku kalau buntu lebih efektif dengan baca buku atau blogwalking. Kalau buntu banget ya tutup laptop, jalan2 ke luar rumah cari inspirasi hehe.
    Oh ya main game juga bisa jadi alternatif buat melepas stress supaya ide segar hadir lagi yaa :D

    BalasHapus
  13. Nice tips nih. Saya suka menyerah sendiri kalau lagi buntu. Giliran ada camilan malah gak berhenti, ngunyaah terusss.

    Ngeblog emang butuh niat yang kuaat. Kadang aaya tuh kudu mendorong diri sendiri untuk semangat dan bangkit ngambil laptop. Hahaha

    BalasHapus
  14. Kalau buntu ya saya tidur
    Bangun tidur ramut anak dulu
    Setelahnya duduk sejenak dan akhirnya bisa dapat ide

    BalasHapus
  15. Pas awal tahun, rajin banget bikin jadwal posting bahkan sampai outer-nya juga.
    Hihi..karena ini mendekati akhir taun, jadi uda kendor dor dor..
    Kudu disemangatin lagi ama sahabat blogger dan mencoba rileks dengan main di websitenya Solitaire.org

    BalasHapus
  16. Niat emang yg utama. Kalo udah niat, sebenarnya nulis sejam pun jadi dan bagus, meski tetap kudu ada revisi dg dibaca ulang ya. Tapi namanya manusia, niat itu hilang timbul. Pas semangat, eh ada aja jg ujiannya..ulai anak yg rewel sampai badan capek hasil bersih2 rumah seharian jadinya terus ketiduran dan lupa dikerjakan, wkwkw

    BalasHapus
  17. Kadang niat itu berat ya mak, sebenarnya aku niat banyak banget di otak buat mau nulisnya
    cuma entah bagaimana ya kok rasanya pas mau jalanin beda :")
    biasanya aku biar ada ide itu makan coklat atau yang manis-manis biar semangat lagii

    marriii kitaaa ngeblog no buntu

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)