Menghadiri Event "Get Ready For Ramadan" Kebaikan Dari Hati Bersama Dompet Dhuafa

 

Assalamulaikum sahabat bloger dan pembaca setia semuanya. Apa kabar? Semoga dalam kondisi sehat, semangat, dan selalu dalam naungan rahmat Allah swt. Aamiin

Alhamdulilah kemarin sabtu, 11 februari 2023 saya dan teman bloger diundang acara yang sangat menarik dan menggugah. Acara apakah itu? Yuk, disimak ya!  


Credit: @dompetdhuafa.diy


Acara yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa dalam rangka menyambut datangnya Bulan Ramadan. Dompet Dhuafa ingin mengajak masyarakat agar senantiasa memaknai Ramadan mendatang dengan semangat, gembira dan suka cita. Acara ini mempunyai tagline #KebaikanDariHati.

Melalui kegiatan dengan tema “Get Ready For Ramadan” Bersama mitra di Yogyakarta dengan influencer, bloger, komunitas dan donator Dompet Dhuafa agar kelak dapat merasakan hikmatnya Ramadan dengan penuh kebaikan. Kegiatan dilaksanakan pada sore hari di hotel Grand Dafam Rohan, yang merupakan mitra dari Dompet Dhuafa.  



Dalam acara temu kebaikan ini turut menghadirkan:

1. Kak Chiki Fawzi @chikifawzi (TV Host dan Super Volunteer Dompet Dhuafa)

2. Kak Assegaf Pangestu @assegafpangestu (Content Creator TikTok)

3. Kak Suci N Qadarsih @sucinuz (Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1444 H

Wah, Masya Allah pastinya seru nih acaranya. Oya, tapi sebelum saya mengulas acaranya, kita kenalan sedikit dengan Dompet Dhuafa terlebih dahulu ya. Iya, kan, karena ada pepatah masyhur, tak kenal maka tak sayang, jadi tak kenal maka taafuf dulu, dong! Hehe... Iya, deh. 

 

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi dan kemanusiaan yang bergerak untuk pemberdayaan umat (Empowering People) dan kemanusiaan. Pemberdayaannya bergulir melalui pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf), serta dana sosial lainnya yang terkelola secara modern dan amanah. Dalam pengelolaannya mengedepankan konsep welas asih atau kasih sayang sebagai akar gerakan filantropis yang mengedepankan lima pilar program yaitu Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Sosial, serta Dakwah dan Budaya.

 

Aktivitas Ikhtiar Dompet Dhuafa untuk terus menebar kebaikan melalui berbagai kolaborAksi. Dengan melangkah bersama-sama, semakin mudah tujuan tercapai, yaitu keberdayaan bagi kaum duafa dan masyarakat pra sejahtera. 

 

Pastinya sudah sangat banyak kiprah dan kontribusi Dompet Dhuafa yang sudah dirasakan oleh masyarakat. Perjalanan Dompet Dhuafa memberi kontribusi bagi kesejahteraan umat terutama kaum Dhuafa dan masyarakat yang membutuhkan bisa dilihat di media sosial dan situs resminya. Bisa dilihat di sini https://www.dompetdhuafa.org/

Nah, sekarang saya ingin cerita acara Temu Kebaikan 'Get Ready For Ramadan" kemarin.

Acara gathering ini bertema "Kebaikan Dari Hati" Ini dihadiri kurang lebih 30 KOL, Mitra, dan juga Komunitas yang ada di Jogja. Dan yang membuat saya senang sekali, dalam gathering dihadiri secara khusus tamu undangan kak @chikifawzi yang merupakan best volunteer Dompet Dhuafa secara bertahun tahun. Masya Allah, sosok yang satu ini membuat saya kagum. Meski lahir dari orang tua selebritas yang kondang pada masanya, namun sangat humble dan sederhana, smart dan juga sangat peduli dengan sesama. penampilannya juga simpel namun elegan. 


Credit: @dompetdhuafadiy
 


Nah, pertama kali acara dibuka oleh Duo host yang ceria dan enerjik yaitu Kak Nia dan Kak Disera. Tamu undangan pun, dibuat merinding dengan alunan suara merdu dari Kak Bima, seorang penyanyi tunanetra yang suaranya istimewa dan sangat khas. Masya Allah. Lagu religi menyambut ramadan dinyanyikan dengan apik oleh Kak Bima sebagai pembuka acara ini. 

 

Acara kemudian dilanjut dengan sesi talkshow yang menghadirkan tiga narasumber. Yaitu yang pertama, Kak Chiki, begitu dia akrab disapa, berbagi banyak pengalaman menjadi seorang volunteer Dompet Dhuafa. Bagaimana pengalamannya secara langsung berhadapan dengan para penerima manfaat, bagaimana hal kecil dari kita dapat membawa begitu besar kebahagiaan untuk saudara di luaran sana. Sehingga Kak Chiki mengajak tamu undangan lain untuk dapat bersinergi bersama, apalagi dalam menyambut ramadan dengan tagline #KebaikanDariHati


Credit: @dompetdhuafadiy
 

Persiapan Ramadan dari Kak Chiki adalah tentunya dengan menjadikan bulan sebelum ramadan menjadi bulan persiapan, ibaratnya melatih diri. Bulan rajab ini adalah bulan istimewa penuh pahala kebaikan. Nah, Kak Chiki memberikan jawaban tersendiri ketika ditanya oleh host, apa makna kebaikan dari hati? Jawaban Kak Chiki adalah, bahwa kebaikan dari hati adalah kebaikan yang tidak ditunda-tunda. Ketika ada niat untuk berbuat baik, segera lakukan. Kebaikan itu menular, mari lakukan kebaikan. Masya Allah, makna yang dalam dan terkadang kita sering lupa ya hal ini. 

 

Narasumber yang kedua menghadirkan, Kak Assegaf Pangestu @assegafpangestu yang merupakan content creator TikTok asal Kulonprogo, juga berbagi cerita perjalanannya menjadi konten kreator. Berbagi tips dan semngat juga terkait persiapan ramadan. Menurutnya, sama persiapan ramadan yang umumnya dilakukan, yaitu berlatih puasa, sedekah, dan juga membaca Al Quran. Dan makna kebaikan dari hari bagi Kak Assegaf adalah pada intinya sama dan intinya Jangan Ragu Untuk Berbuat Kebaikan. Oke Siap!

 

Dan tak lupa juga menghadirkan Kak Suci N Qadarsih @sucinuz selaku ketua ramadan 1444 H Dompet Dhuafa Jogja. Kak Suci pun berbagi dan bercerita kiprahnya membersamai Dompet Dhuafa dan juga program Dompet Dhuafa terutama pada bulan Ramadan. Pastinya mengajak para tamu undangan dan juga masyarakat semua untuk berpartisipasi dalam program tersebut. Tema kebaikan dari Hati yang digaungkan, mengharapkan para volunteer untuk melakukan sehari satu kebaikan 

 

Tips kak Suci dalam persiapan ramadan adalah meningkatkan ibadah dan membiasakan agar terbiasa. Dan mari mengajak orang untuk tadarus, mulai dari hal kecil. Sholat sunnah tahajud ditingkatkan lagi. Sedekah dirutinkan lagi. Misal sedekah kita hanya seminggu sekali, tingkatkan lagi sampai setiap hari kita bisa bersedekah. Contohnya sedekah jumat, bisa ditingkatkan dengan sedekah subuh. Masya Allah, insight yang bagus sekali nih.



Nah, setelah acara talkshow selesai, dilanjut acara Merangkai Bunga. Wah, ini yang bikin happy tamu undangan juga nih.  Acara merangkai bunga bersama @sporadies menambah keseuan acara gathering sore itu. Jujur, saya baru pertama kali ikut acara merangkai bunga ini. Bunganya asli pula dan cantik-cantik. Berbagai jenis bunga dan tanaman hias disajikan. Merangkai bersama dipandu oleh timnya. Dan hasilnya bisa dibawa pulang. Ah, senang banget. 


Credit: @dompetdhuafadiy

Credit: @dompetdhuafadiy

 


Acara pun selesai pas azan maghrib. Tamu undangan diperkenankan untuk salat setelah itu bisa menikmati hidangan diiringi hiburan adcoustik dengan suara merdu dari kak Bima @bima_pratama96, dan lagu dari tamu undangan serta tak lupa Kak Chiki pun menyumbangkan sebuah lagu. Kami pun tak lupa berfoto bersama. 

 

Credit:@dompetdhuafadiy

Credit: @dompetdhuafadiy

Alhamdulilah. Acara selesai dan kami pun pulang. Terima Kasih yang tak terhingga untuk Dompet Dhuafa dan semua mitra ( Bakpia Tugu Jogja, Grand Dafam Hotel) dan semua pihak yang telah mengundang kami. Sampai Ketemu di event selanjutanya. Wassalam.




Credit: @dompetdhuafadiy

 

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Menghadiri Event "Get Ready For Ramadan" Kebaikan Dari Hati Bersama Dompet Dhuafa "