Pentingnya Mengajarkan Doa Sebelum Tidur Pada Anak

 

 

freepik

 Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ilmu agama menjadi hal yang paling penting untuk diajarkan sejak dini. Dengan membekalinya ilmu agama sejak kecil, tentu saja setelah beranjak dewasa ia akan tahu mana perbuatan yang benar dan buruk. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk memberikan contoh baik pada sang buah hati mulai dari yang hal terkecil sekalipun. Ya, seperti halnya kegiatan membaca doa sebelum tidur

Bacaan Doa Sebelum Tidur 

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut Artinya : “Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati.” Selain doa sebelum tidur, penting juga bagi para orangtua untuk mengajarkan anaknya mengenai bacaan doa ketika bangun tidur. 

Bacaan Doa Bangun Tidur

Alhamdulillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilaihin nusyuur
Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati
(membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.”

 Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan


1. Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Obesitas


Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa seseorang yang terbiasa tidur dengan durasi pendek itu memiliki berat badan lebih berat ketimbang mereka yang memiliki waktu tidur cukup. Itu
sebabnya, mengapa orang yang sering begadang rentan terhadap risiko masalah obesitas (berat badan berlebihan). Adapun mengenai efek tidur pada penambahan berat badan yang diklaim disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hormon dan keinginan untuk melakukan kegiatan olahraga.

 2. Bisa Menurunkan Konsentrasi dan Produktivitas


Selain meningkatkan risiko obesitas, ternyata kebiasaan tidur dengan durasi pendek juga dapat menurunkan konsentrasi dan produktivitas seseorang. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa dampak negatif kurang tidur terhadap otak itu hampir sama dengan efek keracunan alkohol lho! 

Ketika tidur, sejatinya otak masih bekerja untuk menyimpan semua kegiatan yang telah dialami sepanjang hari ke bagian sistem memori jangka pendek. Apabila waktu tidur terganggu, secara otomatis kemampuan otak dalam mengolah dan menyimpan ingatan akan terganggu pula. Sehingga tak heran jika orang yang kurang tidur selalu kurang tanggap saat menerima informasi karena kurang fokus. Bukan hanya itu, orang yang kurang tidur juga sering lupa.


3. Memicu Kemunculan Tanda Penuaan Dini


Kondisi kulit orang yang kurang tidur tampak terlihat pucat bahkan agak membengkak. Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka panjang, maka ada kemungkinan akan muncul berbagai masalah penuaan dini, seperti adanya garis halus, keriput, hingga kerutan di area mata.

Tak cuma itu, para pakar kesehatan kulit juga menyebutkan bahwa kebiasaan kurang tidur bisa memicu timbulnya masalah jerawat akibat meningkatnya produksi hormone kortisol dalam tubuh.

4. Tubuh Menjadi Mudah Sakit


Protein sitokin yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh memiliki peranan penting untuk menghalau berbagai masalah Kesehatan, seperti infeksi, peradangan, dan stress. Nah, protein sitokin inilah yang nantinya akan dilepaskan oleh tubuh ketika seseorang tertidur. Apabila durasi tidurnya pendek, tentu saja produksi protein sitokin tersebut akan semakin berkurang juga. Alhasil, sel imun dalam tubuh tidak akan terlalu kuat untuk melawan infeksi sehingga dapat menghambat proses penyembuhan.

Bahkan yang lebih gawatnya lagi, kebiasaan tidur dengan durasi singkat itu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hal itu bukan tanpa alasan, karena selama tidur tubuh ini akan menjalankan perannya untuk memelihara serta memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung.

 

 

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Pentingnya Mengajarkan Doa Sebelum Tidur Pada Anak"