6 Cara Menyembuhkan Anosmia

Anosmia atau penyakit yang ada pada indra penciuman yang menyebabkan indra penciuman itu hilang memang banyak dialami oleh manusia saat ini. karena adanya covid-19, orang-orang yang mengalami anosmia lebih sering disebabkan oleh covid-19, namun banyak juga yang mengalami anosmia disebabkan oleh penyakit alergi, batuk, pilek, hingga sinusitis. COVID-19 menjadi sebab hilangnya indra penciuman paling berbahaya, karena khawatirnya adalah orang yang terkena covid-19 tidak hanya mengalami hilangnya indra penciuman namun dapat mengalami gejala yang lainnya seperti demam dan sakit tenggorokan. Hanya saja anosmia karena covid-19 bisa kembali seperti semula ketika pasie sudah sembuh total. Namun ada juga yang masih menderita anosmia meski sudah negatif karena efek jangka panjang covid-19.

Untuk itu berikut adalah beberapa cara mengembalikan indra peciuman:

1.      Membersihkan hidung bagian dalam dengan air garam

Yang pertama yaitu membersihkan hidung bagian dalam dengan air garam. Air garam ini sangat bisa mengembalikan indra penciuman, namun cara ini hanya berlaku untuk anosmia yang disebabkan oleh infeksi atau alergi. Tetapi tidak ada salahnya juga untuk mencoba memakaia cara ini untuk anosmia yang disebabkan oleh gejala yang lain.

2.      Meminum ramuan bawang putih

Bawang putih dapat mengalami pembengkakan dan peradangan didalam saluran hidung, hal ini dikarenakan sifat anti-flamasi yang kuat dari asam ricinoleic penyusun aktif dalam bawang putih. Selain itu adanya sifat anti-bakteri dapat menambah keuntungannya dengan membersihkan endpan dahak dari saluran hidung dan juga memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung. Cara untuk membuat ramuannya yaitu siapkan 4 hingga 5 siung bawang putih lalu hancurkan dan tambahkan secangkir air mendidih. Kemudian rebus selama dua menit. Jika sudah mendidh tambahkan sedikit garam kemudian adk ramuan itu hingga tercampur. Ramuan bawang putih siap diminum.

3.      Mengonsumsi jahe

Jahe memiliki aroma dan rasa yang khas untuk membantu merangsang indra perasa dan meningkatkan indra penciuman. Selain itu jahe juga memiliki kandungan gingerol dan konsituen aktif yang mampu mengobati indra penciuman. Jahe juga menujukan sifat anti-mikroba dan pereda nyeri yang ampuh karena ekspetoran alami yang ada pada jahe. Infeksi pada saluran pernafasan dan partkel rematik dari hidung juga dapat diobati dengan jahe. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan menyeduhnya menjadi sebuah the ataupun dimakan langsung tetapi hanya mengunyah sedikit saja.


4.      Terapi penciuman

Anosmia dapat diobati secara alami dengan terapi bau untuk mengasah kepekaan indra penciuman. Hal ini dipublikasikan oleh jurnal laryngoscope yang menyebut bahwa smell training bisa membantu mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat covid-19, alergi, atau infeksi lainnya.

5.      Meminum ramuan daun mint

Kandungan mentol bio-aktif dalam daun mint dapat meredakan gejala batuk dan flu yang menyebabkan hidung tersumbat, tenggorokan, dan rongga dada. Hal ini dikarenakan daun mint mengandung sifat anti-mikroba dan anti-flamasi. Cara untuk membuat ramuan daun mint yaitu rebus 10 hingga 15 daun mint dalam secangkit air. Kemudian saring dan minum campuran tersebut setelah diresapi dengan satu sendok madu untuk mengembakukan hidung yang tersumbat dan menyembuhkan indra penciuman

6.      Menyeduh lemon

Lemon mengandung vitamin c dan antioksidan yang dapat mengobati infeksi pada saluran pernafasan khususnya pada hidung. Cara membuatnya cukup peras satu lemon dalam segelas air hangan dan tambahkan satu sendok teh madu dan minum the lemon ini dua kali sehari.


nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "6 Cara Menyembuhkan Anosmia"