"Mendidik Anak, Dimulai Dari Mana?"

Soal mendidik anak, pastinya tak pernah sepi dari pembahasan. Karena itu adalah sebuah proses dan tanggung jawab semua orang tua yang diberi amanah anak. 

Dan yang bisa saya jawab, dimulai dari orang tua terlebih dahulu. Jadi begini, memutuskan menikah, kemudian punya anak, pastinya dan seharusnya sudah punya bekal dan terus mencari bekal agar tidak habis atau kurang. 
Orang tua harus memahami ilmu tentang rumah tangga, pengasuhan anak, dan juga ilmu lain terkait dengannya. Jadi sederhananya, jika ingin mendidik anak dengan baik, maka orang tua juga punya pendidikan yang baik pula. 

Teringat kata Abah Ihsan, jika ingin anaknya menjadi anak saleh, maka orang tuanya juga kudu saleh. Jika ingin anaknya baik dan bisa diarahkan, ya dimulai dari orang tua terlebih dahulu. Teladan terdekat anak adalah orang tuanya. Apa yang dilakukan, diucapkan akan ditiru oleh anak. 

Setelah punya anak, ada kewajiban untuk mendidiknya dengan baik. Maka dari itu, orang tua kudu belajar, berbenah dan selalu muhasabah. Selagi masih bisa belajar jangan malas. Iya, sepertinya kalau nulis atau ngomong itu mudah ya. Tapi prakteknya tak semudah balikan telapak tangan. 

Bersambung... 

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk ""Mendidik Anak, Dimulai Dari Mana?""