Penyakit Lain yang Bisa Tumbuh karena Sindrom Nefrotik

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat bisa membuat organ yang ada di dalam tubuh juga jadi bekerja dengan baik, termasuk juga ginjal. Menjaga kesehatan ginjal ini sangat pentng untuk mendukung keberlangsungan hidup.

Ginjal ini adalah organ di dalam tubuh yang memiliki fugsi yang sangat penting untuk tubuh, jadi sebaiknya Anda hindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa merusak fungsi dari ginjal ini. salah satu penyakit ginjal yang mungkin akan menyerang Anda adalah Sindrom Nefrotik. Penyakit yang satu ini adalah penyakit gangguan di ginjal yang membuat tubu Anda jadi terlalu banyak membuang protein melalui urine.

            Padahal ginjal yang sehat ini bisa menyimpan protein dengan baik di dalam tubuh, protein ini di butuhkan olehh tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh yang sudah rusak. Jadi saat ginjal Anda di serang oleh penyakit ini maka tubuh Anda secara otomatis akan kekurangan protein, karena proteinnya ini di buang melalui urine.

            Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan di usia berapa saja, tapi biasanya memang anak-anaklah yang lebih sering terkena Sindrom Nefrotik. Ada beberapa yang timbu karena Sindrom Nefrotik ini, diantaranya:

·         Pembengkakan di Bagian Tubuh

Bagi Anda yang mengalami sindrom nefrotik, mungkin saja tubuh Anda ini akan mengalami pembengkakan. Hal ini biasanya terjadi karena berkurangnya kadar protein di dalam tubuh dan membuat penyerapan air jadi melambar di pembuluh darah. Hal ini bisa mengakibatkan penumpukan jaringan air pada pergelangan kaki maka akan terlihat membengkak. Bahkan bukan hanya di bagian kaki saja tapi bagian wajah Anda juga bisa mengalami pembengkakan.

·         Kenaikan Berat Badan

Selain Anda mengalami pembengkakan Anda juga bisa mengalami kenaikan di berat badan yang cukup signifikan saat ginjal Anda di serang sindron ini.

·         Kelelahan

Walaupun Anda ini tidak melakukan aktifitas yang cukup berat, pastinya Anda ini akan sering merasa lelah. Anda harus selalu waspadajika mengalami penyakit ini. supaya bisa terhindar sebaiknya Anda ini mulai ganti pola makan Anda degan mengkonsumsi makanan yang sehat supaya ginjal juga jadi lebih sehat.

·         Perubahan Urine

Anda juga bisa mendeteksi penyakit yang satu ini melalui urine yang telah di keluarkan. Seorang yang menderita sindrom nefrotik ini akan mengamani penurunan jumlah urine yang mereka keluarkan dari dalam tubuh.

·         Pembekuan Darah

Hal ini juga bisa terjadi, karena protein yang dibutuhkan untuk mencegah darah membeku ini ikut terbuang dengan urine. Maka dari itu resiko penyakit yang satu ini bisa membuat penyakit pembekuan darah ini jadi semakin meningkat.

·         Tekanan Darah Tinggi

Salah satu fungsi dari ginjal yang cukup penting yaitu mengatur tekanan darah yang ada didalam tubuh. Jika terjadi gangguan di dalam  ginjlan maka akan sangat beresiko untuk meningkatkan gangguan kesehatan tubuh seseorang, salah satunya gangguan untuk tekaan darah. Jika hal ini terjadi maka resiko Anda terkena darah tinggi semakin meningkat.

Setelah Anda bisa mengetahui beberapa gejala dari penyakit yang satu ini Anda juga harus melakuakn beberapa tes diantaranya melakukan tes urin dan juga tes darah. Ada baiknya Anda ini melakukan tes kesehatan untuk tubuh Anda secara rutin, jika Anda menjalani berbagai tes kesehatan pastinya jika terjadi sebuah penyakit bisa di ketahui lebih dini dan segera di tangani. Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai ya!

Credit: medicalnewstoday.com

 

 

 

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Penyakit Lain yang Bisa Tumbuh karena Sindrom Nefrotik"