Penjelasan 6 Rukun Iman yang Wajib Kita Yakini


Rukun iman dan rukun Islam merupakan dua hal yang wajib dipenuhi oleh umat Islam sebagai syarat kesempurnaan dalam beragama. Secara harfiah, iman artinya percaya, sedangkan secara istilah, iman artinya meyakini di dalam hati, diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan amal perbuatan.
Syarat rukun iman yang harus dipenuhi oleh umat Islam berjumlah 6, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Iman Kepada Allah SWT

Menganut agama Islam berarti wajib percaya bahwa satu – satunya Tuhan yang harus disembah adalah Allah SWT. Allah SWT adalah Tuhan untuk semesta alam. Allah adalah zat wujud (ada), maha melihat, maha mendengar, maha kuasa dan sifat-sifat Allah lainnya.

Apabila seseorang mengaku beragama Islam, melaksanakan sholat, puasa dan ibadah-ibadah lainnya, namun tidak meyakini sepenuhnya bahwa Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan, maka ia termasuk ke dalam golongan orang munafik. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an, surat Al-Ikhlas tentang kemahaesaan Allah SWT, sudah pasti kita sebagai umat Islam benar-benar meyakini keberadaan Allah yang Esa.

2. Iman Kepada Malaikat – malaikat Allah

Allah SWT menciptakan malaikat dari cahaya. Tidak memiliki sifat sebagai laki-laki ataupun perempuan, tidak diberikan hawa nafsu dan selalu melaksanakan perintah Allah SWT. Sebagai umat Islam kita wajib mengetahui malaikat-malaikat Allah yang berjumlah 10 dengan masing-masing tugasnya, diantaranya adalah sebagai berikut :

- Malaikat Jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu

- Malaikat Mikail bertugas untuk menurunkan rahmat

- Malaikat Israfil bertugas untuk meniup sangkakala

- Malaikat Izrail bertugas untuk mencabut nyawa

- Malikat Munkar dan Nakir bertugas untuk bertanya di alam kubur

- Malaikat Rakib bertugas untuk mencatat amal baik

- Malaikat Atid bertugas untuk mencatat amal buruk

- Malaikat Malik bertugas untuk menjaga pintu neraka

- Malaikat Ridwan bertugas untuk menjaga pintu surga



3. Iman Kepada Kitab – kitab Allah

Kitab merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasul sebagai pedoman bagi umat manusia. Kitab-kitab yang wajib diimani oleh setiap umat Islam ada 4, yaitu :

- Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa

- Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud

- Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa, dan

- Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW



4. Iman Kepada Rasul Allah

Allah mengutus Nabi dan Rasul untuk menyampaikan ajaran Islam. Nabi merupakan utusan Allah yang diberi wahyu untuk dirinya, sedangkan Rasui merupakan Nabi yang diberi tanggungjawab menyampaikan wahy tersebut kepada umatnya. Jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, untuk Nabi yaitu berjumlah 124.000 dan Rasul berjumlah 315. Namun, kita hanya diwajibkan mengetahuinya sebanyak 25.

5. Iman Kepada Hari Akhir

Hari akhir merupakan salah satu yang harus kita imani sebagai umat Islam. Iman kepada hari akhir atau hari kiamat berarti percaya bahwa akan ada satu masa di mana dunia ini akan mengalami kehancuran dahsyat yang menjadi hari akhir dari kehidupan bumi, sebelum menuju kea lam akhirat. Hari akhir terbagi ke dalam dua bagian, yaitu kiamat sugro atau kecil dan kiamat qubro atau kiamat besar. Kiamat sugro yaitu kematian atau berakhirnya hidup seseorang, sedangkan kiamat qubro yaitu berakhirnya kehidupan di alam dunia. Ayat yang membahas tentang kiamat di dalam Al-Quran terdapat pada surat Al-qoriah dan Al-Zalzalah.

6. Iman Kepada Qada dan Qadar

Merupakan rukun iman yang terakhir, dimana kita harus meyakini akan ketetapan Allah SWT tentang rezeki, maut, dan lain-lain baik berupa takdir yang baik ataupun yang buruk. 




 

 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)