Suka Duka Membersamai Belajar Anak Di Tengah Pandemi


Membersamai anak-anak dalam belajar terutama di era pandemi ini, tak mudah bagi saya. Ada suka dan dukanya. Iya, sudah hampir dua tahun anak-anak saya sekolah dengan metode yang berbeda. Pertama pandemi, anak-anak sekolah daring di rumah, kemudian siklus mulai menurun dan PPKM selesai, mulai blended mix antara online dan offline, dan sekarang sudah aktif sekolah luring namun belum full day seperti biasanya, hanya sampai dzuhur saja.

Di awal penyesuaian cara sekolah ini tentu saja banyak hal yang harus saya benahi. Mulai dari kebiasaan anak-anak dan konsentrasinya serta emosinya. Iya, mendampingi belajar anak tak semudah yang saya bayangkan sebelumnya. Anak-anak sempat vakum dan gak mau sekolah online karena beberapa kendala. Si Sulung juga kerap mengeluh tentang belajar online ini.

Kerjasama dan saling bantu antara saya dan suami dalam mendampingi anak-anak belajar terutama dua anak laki-laki saya yang perlu pendampingan, memang sangat penting. Tugas dan juga materi sekolah yang kadang tak hentinya. Namun, saya sebagai ibu, tetap berupaya agar proses belajar mereka tak terhenti di tengah pandemi.

Tentu saja saya dan suami juga punya kesibukan dan aktivitas yang terkadang menyita waktu. Jadi seringnya tidak bisa optimal mendampingi dan mengarahkan belajar anak. Tetap butuh tutor untuk anak-anak agar anak tak bosan juga. Tetap butuh kreativitas dan inovasi metode belajar.

Nah, saya juga sebenarnya ingin mencoba untuk memberikan anak-anak bimbingan belajar. Terutama bimbingan belajar online agar lebih terarah dan juga ada variasi. Dari sekian banyak bimbingan belajar online, saya tertarik dengan Kelaspintar.id. Iya, saya tertarik dengan sajian iklannya di website.

Bimbingan Belajar Online Kelas Pintar

Kelas Pintar, Solusi Belajar Online. Begitu tagline Kelas Pintar yang tertulis di media online yang saya baca. Wah, saya cukup tertarik untuk membukanya dan ingin mengetahui lebih banyak infonya.

“Bikin Nilai Cetar dan Ujian Gak Pake Gemetar”

Kelas Pintar adalah sebuah solusi belajar online dengan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik. Solusi belajar di rumah dengan guru ahli dan materi yang sesuai dengan pelajaran di sekolah untuk SD-SMA

Metode Pintar dan Personal

Kelas Pintar percaya bahwa setiap siswa punya preferensi dan cara belajar yang berbeda - beda. Untuk itu, Kelas Pintar menggunakan pendekatan PERSONAL melalui metode penyampaian materi yang disesuaikan dengan beragam karakter siswa, baik itu melalui Visual, Audio, maupun Kinesthetic (V.A.K). Dan untuk memastikan kurikulum pendidikan di Indonesia bisa diserap oleh siswa, Kelas Pintar menggunakan metode pembelajaran PINTAR yang menggunakan pendekatan Learn, Practice, dan Test.

Mengintegrasikan Murid, Guru, dan Orang Tua

Fokus utamanya adalah untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah, dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa melalui sebuah platform yang terintegrasi. Sebuah platform yang punya kemampuan merekam proses belajar siswa untuk digunakan sebagai bahan analisa bagi guru, orang tua, dan sekolah dalam memahami karakter, potensi dan kesulitan siswa dalam belajar

Wah, saya jadi makin penasaran nih dengan Kelas Pintar. Semoga bisa mendaftar. Sebelum mendaftar juga harus dikomunikasikan ke anak dulu. Diberi pemahaman dan juga diberi tahu informasinya tentang kelas bimbingan belajar online ini.

Dan sejatinya Pendidikan dan proses belajar anak adalah tanggung jawab dari orang tuanya. Maka, mesti dengan bantuan bimbingan belajar online, peran orang tua tetap penting Orang tua tetap mendampingi dan juga mengarahkan, serta tetap memberikan support. Memberikan motivasi jika anak bosan. Memberi reward bila anak mencapai suatu capaian.

Misalnya, saya memberikan reward berupa apa yang menjadi keinginan anak bila sudah selesaikan tugas atau sudah mencapai target tertentu dalam belajar. Hasilnya cukup efektif, walaupun terkadang perlu kreativitas yang lain.

Nah begitupun setelah ikut bimbingan belajar online, orang tua harus tetap mendampingi pastinya agar tetap terarah dan mencapai hasil yang diharapkan. Semoga!
 
 
membersamai anak saya, Hazim dalam kelas online

 

 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)