Katagori Tekanan Darah dan Hal-hal yang Mempengaruhi Tekanan Darah Normal

 Tekanan darah berkaitan erat dengan kondisi kesehatan pada jantung. Tekanan darah merupakan ukuran kekuatan yang digunakan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. American Heart Association menyatakan kalau tekanan darah yang normal pada seseorang berkisar di bawah angka 120/80 mmHg. Angka 120 merupakan angka sistolik dimana menunjukkan tingkat tekanan saat jantung sedang memompa darah. Sedangkan angka 89 merupakan angka diastolik dimana menunjukkan jantung sedang istirahat sebentar untuk memompa darah. Tekanan darah tidak selamanya tetap, namun bisa jadi naik turun. Hal ini tergantung pada aktivitas apa sedang dilakukan, dirasakan atau kondisi kesehatan saat itu. Selain tekanan darah normal, tekanan darah juga dikategorikan menjadi beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut :

  • Tekanan Darah Rendah

Kondisi yang tergolong pada tekanan darah rendah atau hipotensi adalah ketika berada di bawah angka normal yaitu sekitar 90/60 mmHg atau bisa jadi lebih rendah.

  • Tekanan Darah Tinggi

Kondisi yang tergolong pada tekanan darah tinggi, Yaitu dimana tensi darah berkisar antara 120-129 sistolik dan diastolic kurang dari 80 mmHg. Jika Anda mengalami hal ini, maka Anda harus mengontrol gaya hidup agar tidak menjadi hipertensi, yaitu kondisi dimana tekanan darah tinggi.

  • Hipertensi Stadium 1

Pada kondisi ini tensi darah berkisar antara 130-139 sistolik atau diastolic 80-89 mmHg. Jika mengalami hal ini, biasanya dokter akan merekomendasikan perubahan gaya hidup dan mungkin meresepkan obat penurun tekanan darah, untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

  • Hipertensi Stadium 2

Pada kondisi ini, tensi darah berkisar 140/90 mmHg atau lebi tinggi. Jika mengalami hal ini, dokter akan meresepkan kombinasi obat penurun tekanan darah tinggi dan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

  • Krisis Hipertensi

Kondisi krisis hipertensi atau hipertensi emergensi ditunjukkan pada saat tensi darah melebihi 180/120 mmHg.  Untuk memastikannya, biasanya dilakukan dua kali pemeriksaan dengan jeda 5 menit. Kondisi ini biasanya juga diikuti oleh gejala nyeri dada, sesak nafas, sakit punggung dan lemas, sehingga membutuhkan perawatan dokter dengan segera.

Hal-hal yang Mempengaruhi Tekanan Darah Normal

Kondisi naik turunya tekanan darah terkadang tidak diketahui pasti penyebabnya. Namun pada umumnya, orang yang mengalami perubahan tekanan darah dari angka normal disebabkan oleh pola makan, gaya hidup dan kondisi medis yang dimiliki.

 

  • Perubahan tekanan darah yang disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan 

Meningkatnya tekanan darah dapat terjadi jika minum alcohol berlebih, merokok atau asupan garam terlalu tinggi tapi rendah kalium. Selain itu, kurangnya olahraga dan berat badan berlebih juga bisa meningkatkan tekanan darah normal. Sedangkan turunnya tekanan darah biasanya dikarenakan tidak makan dalaam waktu yang lama atau terlalu lama berbaring dan tidak aktif bergerak.

  • Perubahan tekanan darah karena kondisi atau masalah kesehatan tertentu

Walaupun jarang terjadi , beberapa kondisi atau penyakit tertentu bisa mempengaruhi kadar gula darah normal,diantaranya adalah :

-          Mengalami stress teruama dalam jangka panjang

-          Berusia di atas 64-65 tahun

-          Memiliki riwayat penyakit jantung seperti bradikardia (detak jantung yang sangat rendah), serangan jantung, penyakit katup jantung atau gagal jantung bisa membuat tekanan darah rendah

-          Konsumsi obat-obatan seperti pil KB, obat flu, dan obat pereda nyeri tanpa resep dokter bisa juga meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah bisa menurun jika mengkonsumsi antidepresan, obat untuk disfungsi ereksi dan obat penyakit Parkinson

-          Memiliki riwayat penyakit diabetes, gangguan tidur, masalah ginjal, dan kelenjar tiroid, kelainan pembuluh darah juga bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Sementara itu, pada orang yang memiliki anemia, masalah endokrin, septikimia atau keracunan bakteri dalam darah, reaksi alergi terhadap antibiotic seperti penicillin, sera kekurangan vitamin B12 dan asam folat cenderung mengalami tekanan darah rendah

-          Ibu hamil yang sedang memasuki usia kehamilan di minggu ke 24 juga entan mengalami tekanan darah rendah.

 

Credit: Freepik

 

 

 

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Katagori Tekanan Darah dan Hal-hal yang Mempengaruhi Tekanan Darah Normal"