Dappoermu, Destinasi Wisata Kuliner di Jogja Dengan Menu Andalan Khas dan Beragam

 


Hai sobat blogger. Apa kabar? Semoga selalu dalam kondisi sehat, ya. Oya, saya ingin mengulas sedikit tentang destinasi kuliner yang lagi hits di Jogja, yaitu Dappoermu. Wah ada apa saja ya di sana? Mari kita simak.

Saya tau resto ini belum lama, karena memang tergolong baru. Tapi, bikin penasaran pingin ke sana. Lihat di instagram, model restonya yang menarik, dengan nama dan logo yang bisa bikin kita terbayang kuliner dengan menu dapur. Iya, menunya semua bikin kepingin nyobain. Nah, kebetulan hari ahad tanggal 29 Agustus 2021 kemarin, saya berkesempatan berkunjung ke Dappoermu. Yeay! Alhamdulilah.

Pertama sampai ke sana, langsung disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Iya, Dappoermu terletak di kawasan persawahan. Dengan konsep resto ruang tertutup dan terbukanya, menjadikan resto ini sangat asik untuk sekadar melepas lelah, atau berkumpul dengan keluarga, dan berkegiatan bersama komunitas. Dengan suasana indoor dan outdoor serta wifi dan toilet serta area parkir yang cukup luas. 

Di ruang tertutup, hanya ada beberapa tempat makan, tidak seluas yang ruang terbuka. Pengunjung bisa menikmati sajian di ruang terbuka dengan lebih leluasa. Apalagi di bagian halaman belakang, terdiri dari tenda dengan meja kursi dan juga konsep duduk dalam joglo yang lebih luas. Ada mushola juga loh, jadi gak perlu khawatir jika ingin menunaikan salat.

Nah, setelah berkeliling sebentar menikmati suasana resto, saatnya untuk mencoba menu sajian dari Dappoermu. Yuk mari! 

Menu Makanan 

Seperti judulnya, resto Dappermu ini menyediakan beragam menu.Pastinya semua menu punya daya selera masing-masing, dan pasti ada saja yang menjadi salah satu menu favorit.

1. Menu Andalan

Di Dappoermu, ada menu yang menjadi andalan untuk disajikan yaitu nasi kebuli. Nasi kebuli terdiri dari bermacam-macam varian. Ada nasi kebuli kambing, nasi kebuli ayam, nasi ikan nila, nasi kebuli telur, nasi kebuli tahu tempe.

Nasi Kebuli Kambing, salah satu menu andalan dari @dappoermu

Disamping nasi kebuli, menu andalan lainnya adalah gulai kambing, gulai kepala kambing, Tengkleng kambing gobyozz, Tongseng kambing goreng, Tongseng kepala kambing, kepala kambing goreng, kepala kambing bakar. Wah lengkap dan semuanya menggodah lidah.


2. Menu makanan selanjutnya adalah makanan tradisional  yaitu menu makanan dengan berbahan sederhana yang dimasak ala rumahan , Masakan tradisional ini atau biasa di kiasankan sebagai Masakan ”ndeso” hingga kini tetap dicari karena kenangan dan kelezatannya.

Di Dappoermu menawarkan Masakan "Ndeso" yang nikmatnya bikin terkenang dengan beberapa menu sayur  dan beberapa lauk pauk tradisional, seperti sayur daun singkong, sayur lodeh, mangut ikan/lele, dan beberapa lauk pauk tempe dan tahu goreng serta bakwan. Kemudian ada singkong goreng, mendoan, tape goreng, tahu isi, bala-bala, pisang goreng, dsb. Kebayang, kan kita bisa pilih menu dengan cita rasa masakan rumahan yang sangat khas.
 

Daftar menu Dappoermu

 Signature Menu 

 Kambing guling adalah menu yang dapat dipesan di Dappoermu. Sangat cocok untuk acara keluarga atau  berkumpul dengan kolega. Saya pun menyaksikan bagaimana proses kambing guling dibuat, mulai dari dipanggang hingga disajikan.

"Gimana, sudah pantas belum jadi juragan kambing guling?"

Menu Beragam Kopi

 Menu kopi adalah salah satu menu yang menjadi daya tarik resto dappeormu. Beraam kopi bisa dinikmati oleh pengunjung resto ini. Mulai dari kopi Ambaidiru hingga kopi Vietnam drip. Kopi mix susu dan juga es kopi pastinya makin banyak asik karena banyak pilihannya. Tentang kopi Ambaidiru ini, saya termasuk baru pertama mencicipinya. Rasanya enak menurut saya.

Mengutip dari instagram @dappoermu kopi Ambaidiru merupakan hasil perkebunan kopi yang terdapat di kampung Ambaidiru berada di Kepulauan Ambai, terletak di selatan pulau Yapen, Distrik Kosiwo, kota serui  Provinsi Papua. Pada awal abad ke-20  perkebunan kopi di Tanah Papua sudah di kembangkan dan dilakukan oleh Zending DC Bout dan dikelola lagi oleh masyarakat setempat dengan wadah koperasi unit desa

kopi Ambaidiru



Dan kopi Vietnam drip adalah kopi yang diseduh dengan dripper vietnam dan disajikan bersama susu. Penyajian  minuman vietnam drip di Dappoermu menggunakan Kopi Ambaidiru papua, satu satunya Kopi Robusta yang ditanam di ketinggian 800M, mempunyai cita rasa Luar biasa. Wah, kapan-kapan saya perlu berkunjung lagi untuk mencicipi kopinya yang jenis lain

Minuman Herbal atau Rempah

Menu minuman yang beragam mulai dari minuman herbal sampai dengan minuman hangat dan panas seprti pada umumnya. Seperti teh manis, teh lemon, jeruk hangat, susu kurma panas, wedang jahe, wedang uwuh, rempah, jahe susu. Dan yang menarik bagi saya adalah es timun serut dan minuman daun telang ini. Sayang sekali, waktu itu saya tidak sempat mencobanya. Semoga lain kali bisa mencobanya.

Seperti dikutip dari instagram @dappoermu, Es Timun Serut minuman dingin dan manis, salah satu sasaran dan favorit para pecinta minumanEs Timun Serut tak hanya manis,enak dan menyegarkan, es timun juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan di dalam buah timun berfungsi efektif untuk menghidrasi tubuh, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah kanker.

Bunga Telang mengandung antioksidan yang tinggi. Zat antioksidan antosianin yang terdapat di dalam bunga ini merupakan antioksidan alami,beberapa penelitian, antioksidan ini lebih kuat dari vitamin C. Wah makin penasaran untuk dicoba, lihat gambarnya sudah bikin menggugah lidah.

Credit: @dappoermu

nampak belakang




Nah, demikian ulasan saya tentang Dappoermu. Makin penasaran, kan?  Bagi sobat yang sedang di Jogja, jangan lupa mampir ke sini. Dan bagi warga Jogja, rugi kalau belum pernah ke sini. Oya alamatnya ini ya. Resto Dappoermu Jl. Nglengkong Besi No.11, Area Sawah, Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581. Buka jam 7.3019.30 hari senin libur. Reservasi bisa ke @dappoermuatau WA: 0819 2882 8289. 

Terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa lagi di postingan kuliner berikutnya ya!

24 komentar

  1. Waah, saya suka suasana resto seperti Dappoermu ini, Mbak Nunung. Terletak di kawasan persawahan, dengan aneka menu, termasuk tradisional yang menggugah selera, ada kopinya juga ... waah pengen cobain.

    BalasHapus
  2. liat fotonya jadi lapar mbaaa hahaaa pas banget jam makan siang lagi uugghh :)

    BalasHapus
  3. Foto2 makanan jadulnya bikin mupeeeng..apakah itu mangut salah satunya?? Duuh kegemaranku ituu.. Trmksh infonya mba..catet dulu deh, kapan2 klo ke Jogja pengen nyobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mangut. Sama-sama, semoga bisa mampir ya

      Hapus
  4. Saya suka nasi kebuli Mbak. Aromanya khas dan rasanya enak. Suasana tempat makannya juga asyik banget ya.

    BalasHapus
  5. Aduh, mupeng dan ngiler banget deh lihat makanannya. Terutama nasi kebulinya. Udah lama deh gak makan nasi kebuli lengkap begitu. Ada aneka kopi juga. Ah betah deh berlama-lama di sini kalo sama suami. Hehehehe

    BalasHapus
  6. Menunya dan ambiance nya sungguh sesuai ya...
    Aku pikir itu nasi briyani, kak...ternyata kebuli yaa..
    Mantaap sangat!
    Bisa dimakan rame-rame sekeluarga.

    Tapi gulai kambing ini menggoda sekali.
    Heheuu...nikmatnya makan di Dappoermu.

    BalasHapus
  7. sebagai pecinta kuliner, aku jadi pengen cobain deh ke dappoermu nanti kalo sudah aman lagi untuk travelling, pengen cobain nasi kebulinya

    BalasHapus
  8. Mbaaa, jadi ngiler ama nasi kebuli ada kambingnya sungguh menggoda. Tapi senang juga karena ada makanan khas tradisionl ya mba. Lengkap banget ini

    BalasHapus
  9. Tempatnya dikonsep tradisional gitu, ya, Mbak. Siang-siang begini lihat nasi kebuli jadi laper uyy. Btw, aku belum pernah nyobain nasi kebuli, hiks. Kapan-kapan kalau aku ke Jogja mau lah mampir sini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cocok untuk penikmat kuliner, kalau ke jogja mampir

      Hapus
  10. kambing gulingnya bikin ngiler mbak, asyik juga kalau mbak jadi juragan saya pasti datang terus ke dapoermu kalau pas jogja hihihi btw udah lama gak makan nasi kebuli. dulu waktu tinggal di Malaysia, tiap kali ke walimahan pasti aja menunya nasi kebuli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, alih profesi ya jadi juragan kambing...Aamiin

      Hapus
  11. Jogja gak pernah gagal buat rindu, udah 2 tahun ga ke Jogja karena pandemi, huhu
    Semoga tahun ini dan tahun mendatang bisa ke sana dan nyobain tempat kece ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari ke jogja lagi, semoga pandemi segera berakhir Aamiin

      Hapus
  12. Ya Allah Mak Nunuuung, siang2 baca postingan ini auto lapar akutuh. Apalagi udah lamaaa banget pengin nasi kebuli kambing. Dulu di Jakarta sering makan, di Kebumen belum pernah nemu. Hiks. Semoga Allah beri kesempatan buat icip2 di sini. Amin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya, kalau sempat ke jogja mampir ke sini

      Hapus

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)