Wahai Ibu, Jangan Malas Merawat Diri



"Duuh, males lah. Udah tua ini! Gak perlu perawatan wajah atau tubuh. Pakai skin care males banget. Harganya juga lumayan menguras kantong atau dompet."

Begitulah bisikan-bisikan yang ada dalam benak saya di usia cantik ini. Dan mungkin juga pikiran ini dan bisikan ini ada di semua ibu-ibu rumah tangga yang punya aktivitas dan punya batita dan balita. Iya, saya dan ibu-ibu satu pemikiran itu, pastinya mengantongi kata kunci. Sibuk. Mana sempat? Mending uangnya buat beli gamis dan tas. 

Namun, makin ke sini saya sering merasa mengeluh dengan kondisi tubuh. Terutama wajah. Kok, mulai ada flek hitam, kerutan di bawah mata, bibir sangat kering, kulit kaki pun demikian. Ternyata memang saya selama ini telah abai dan malas untuk merawat tubuh dan wajah karunia Allah ini. Meski suami gak komplain, namun saya merasa galau juga. Merasa tidak percaya diri bila berlama-lama dengan suami. Tentu di lingkungan luar juga akan sedikit banyak berpengaruh. 

Nah, sejak itu, saya jadi tersadar. Tenyata, merawat diri terutama wajah adalah sesuatu hal yang penting, apalagi di masa usia 40 tahun ke atas. Saya terkadang baca dan juga lihat postingan pegiat konten kecantikan, beauty blogger, dan dokter yang berkecimpung di bidang kesehatan dan kecantikan kulit. Nah, jadi semakin semangat dan yakin untuk merawat diri. Meski terlambat, tidak apa-apa daripada tidak mencoba sama sekali bukan?

Maka dari itu, saat ini saya berupaya untuk konsisten merawat diri, terutama wajah. Saya membiasakan untuk melakukan perawatan wajah secara basic dengan rutin. Minimal itu dulu secara konsisten. Karena PR besar saya adalah konsisten perawatan ini. Jadi, selama ini sebenarnya saya mampu membeli skin care, namun hanya dipakai di awal saja. Selanjutnya lupa, lupa, dan akhirnya tidak sama sekali. Ada loh yang sampai kadaluarsa saking lamanya. Parah, kan?

Perawatan apa saja? Tentu hal ini harus dipastikan terlebih dahulu. Sebelum memutuskan hendak membeli atau mencoba skin care merk apa. Dan lagi-lagi kita juga harus memastikan apakah kita punya dana untuk membelinya? Jadi kesimpulannya, kita harus pintar memenej hal tersebut. Kalau saya, saya mencoba perawatan dasar dengan memilih merk yang halal dan bpom. Dan sebisa mungkin kalau harganya cocok di kantong, hehe.

  Merawat Wajah

Bagian wajah adalah bagian pusat kita yang perlu diperhatikan. Maka dari itu harus dirawat agar tetap terlihat bersih dan mengurangi potensi gejala penuaan dini seperti flek hitam, kerutan dan juga kulit kusam yang menahun. Tentu hal ini akan berdampak buruk. Bisa timbul jewarat juga lama-lama. 

a. Pembersih muka

Sebenarnya, merawat wajah bisa dengan hal sederhana, yaitu rajin mencuci muka, minimal sehari dua kali. Apalagi ketika memakai make up. Wajah harus benar-benar dibersihkan secara baik dan berkala.

b. Pelembab

Menguti dari berbagai sumber, fungsi pelembab wajah adalah untuk mempertahankan stuktur dan fungsi kulit dari berbagai faktor seperti udara kering, AC, angin, debu dan sinar matahari. Pelembab wajah memiliki manfaat yang penting untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi. Jadi, jangan sampai lupa ya.

c. Sunscreen

Jujur saya tidak terlalu perhatian soal sunscreen. Namun, berkat ngobrol dan juga baca teman-teman beauty blogger, akhirnya saya paham, penting banget pakai sunscreen. Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja. Perlu diingat lagi soal sunscreen ini.

d. Masker

Memakai masker ini juga perlu dilakukan untuk merawat wajah. Masker wajah tidak hanya membantu mengangkat sel-sel kulit mati atau eksfoliasi kulit saja. Kandungan vitamin dalam masker juga mampu mengembalikan keremajaan kulit dan membersihkan kulit dari racun-racun radikal bebas. Wah, penting banget ini pastinya. Dan jujur, saya masih belum rutin melakukannya, hehe.


Merawat Tubuh

Tubuh kita juga perlu dirawat. Terutama bagian tangan dan kaki, dan juga daerah lipatan-lipatan. Karena terdapat sel-sel kulit mati yang harus dibersihkan. 

a. Sabun mandi

Kebangetan kalau mandi gak pakai sabun mandi, hehe.  Pastinya sabun mandi adalah mutlak ya digunakan ketika mandi. Nah soal sabun mandi ini tentu saja sesuai selera masing-masing. Mau sabun mandi cair, atau batangan atau gel dengan aroma yang beragam. Pastikan yang pertama adalah sesuaikan dengan jenis kulit ya.

b. Hand and body lotion

Soal yang satu ini, terkadang sering lupa yang satu ini. Padahal jika melakukannya secara konsisten, akan berdampak sangat baik bagi tubuh kita. Saya tahu betul perbedaannya, ketika sebelum dan sesudah rutin memakai hand and body lotion ini. Sangat berbeda kondisinya. Sebelum rutin pakai hand and body lotion, kulit saya kering dan cenderung pecah-pecah dan menjadi kusam terutama di bagian tangan dan kaki. Setelah saya rutin pakai hand and body lotion, Alhamdulilah kulit tidak kusam lagi, dan lebih lembut dan pastinya bertambah cerah.

Namun, saya terakadang malas melakukan ini. Jadi harus benar-benar cari yang cocok. Ada satu yang cocok bagi saya salah satunya adalah Nivea Body Lotion . Teksturnya lembut dan tidak lengket di badan. Aromanya juga soft tidak menyengat. Ada yang pernah pakai juga?

c. Lulur

 Lulur juga perlu dirutinkan penggunaannya. Minimal seminggu sekali, dua minggu sekali, atau sebulan sekali. Iya, saya termasuk yang malas luluran. Ribet kayaknya. Padahal dulu pernah saya rutinkan. Memang jadi PR besar bagi saya soal luluran ini. Padahal sebenarnya bisa saja melakukannya.

Demikian perawatan diri simpel ala saya. Kesimpulannya, ternyata merawat diri itu, gak ribet dan cukup sipmpel sebenarnya ya. Kalau ada komitmen dan niat yang kuat, Insya Allah mampu menjalaninya. Bismillah untuk konsisten merawat diri dengan niat ibadah. Saling support dan mengingatkan ya, ibu-ibu dan semuanya!

 




nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Wahai Ibu, Jangan Malas Merawat Diri"