Tips Asik dan Nyaman Belajar Di Rumah Bersama Anak

 

 

Hai para bunda, dan sobat blogger di mana pun berada. Semoga masih pada semangat,ya. Iya, sudah hampir dua tahun kita diberi ujian berupa pandemi covid 19. Dan, mau tidak mau, suka tidak suka sebagian besar aktivitas dialihkan di rumah, termasuk sekolah. 

Sekolah dengan sistem daring, sudah hampir dua tahun berjalan. Meskipun ada beberapa sekolah yang memutuskan untuk memulai sekolah luring, namun dengan syarat menjaga protokoler kesehatan yang sangat ketat dan beberapa syarat lainnya. 

Nah, untuk para orang tua, terutama bunda, pastinya sudah mulai bosan dengan sekolah daring ini. Apalagi muridnya, alias anak-anak sekolah. Di sisi lain, ada banyak orang tua yang memutuskan untuk home schooling, alias sekolah di rumah dan langsung dididik oleh mereka sendiri. Terutama orang tua yang memiliki batita, balita. Alasannya beragam, namun rata-rata karena biaya dan efektivitas yang kurang. Jadi seperti tidak sekolah, namun harus tetap membayar. 

Baiklah. Itu terjadi pada saya juga. Anak bungsu saya 5 tahun, saya handle dan tidak saya lanjutkan ke TK karena pertimbangan tersebut. Jadi harus selalu siap dan terus belajar, terutama belajar sabar dan mengelola emosi, hehe. Anak saya yang sudah SD pun, sering mengalami kejenuhan dengan sekolah daring. Saat ini pihak sekolah mengambil kebijakan luring namun tidak setiap hari dan dengan prokes ketat. Meski demikian, anak-anak terkadang jenuh akhirnya mengabaikan jam sekolah daring. Maka dari itu, saya berupaya seoptimal mungkin agar anak-anak bisa nyaman dan enjoy sekolah daring.

Dan yang paling penting lagi adalah bagaimana mengkondisikan agar anak nyaman dan betah belajar. Perlu berbagai metode dan juga kurikulum serta sarana dan pra sarana yang memadai dan tepat. Saya jadinya mau tidak mau terus mencari dan belajar di sana-sini terutama soal kurikulum (kapan-kapan Insya Allah saya jadikan postingan tersediri ya) Fokus di post ini adalah lebih kepada alat sarana dan pra sarana belajar di rumah agar anak betah dan nyaman.

1. Ruangan yang nyaman dan menarik

Belajar akan lebih terasa nyaman pastinya didukung oleh suasana sekitarnya yang nyaman. Apalagi sekolah daring. Jadi, tidak ada salahnya para orang tua menyediakan tempat khusus atau sebisa mungkin mengubah ruangan agar lebih menarik, dan anak-anak menjadi lebih betah berlama-lama. Misalnya, dalam ruangan tersebut catnya diganti atau diberi wallpaper yang menarik. Suasana diuabah menjadi serti ruang sekolah atau taman bermain anak.

2. Perangkat, alat bantu dan Peralatan belajar

 Perangkat, alat bantu dan peralatan belajar pastinya sangat penting untuk disediakan dengan optimal. Pertama pastinya gadget dengan kuota yang memadai. Kondisi ini jika anak sekolah daring. Dan home scholing juga butuh perangkat teknologi pastinya. 

Selain perangkat gadget, alat bantu berupa gambar atau poster yang berisi materi atau ringkasan pembelajaran akan sangat membantu anak untuk lebih tertarik dan semangat untuk belajar. Jangan lupa tetap menyediakan peralatan alat tulis juga seperti buku, pensil, kotak pensil, tas, dan peralatan tulis lainnya. Ngomongin peralatan alat tulis anak sekolah pastinya banyak sekali ragamnya. Bisa kita pilih yang kualitasnya lebih misal produk dari smiggle. Pastinya anak-anak senang dan tambah semangat untuk belajar.

3. Makanan Ringan

Belajar juga perlu istirat agar anak teap mendapat asupan nutrisinya. Nah, kita bisa menyiapkan kreasi makanan ringan untuk selingan ketika anak sudah lelah belajar. Orang tua terutama bunda, mungkin bisa meluangkan waktu lebih untuk membuat cemilan sendiri sesuai permintaan anak-anak. Atau jika memang tak sempat, bisa memesan atau membeli saja.

4. Pengaturan Waktu 

Pengaturan waktu belajar di rumah tentu lebih fleksibel ya. Tergantung kesepakatan dan kondisi anak yang menjadi pertimbangan utama. Orang tua tak bisa memastikan juga seberapa lama anak akan betah belajar. Tentu hal ini adalah tak instan atau perlu dilatih kedisiplinan yang harus disepakati bersama.

Bagaimana pun, kondisi anak dan minat anak untuk belajar berbeda satu sama lainnya. Untuk itu, perlu menjadi perhatian para orang tua dalam hal ini. Menerapkan metode  yang tepat dan atur dengan baik agar anak tetapa asik dan nyaman belajar dan sekolah di rumah. Semangat selalu para bunda!


nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Tips Asik dan Nyaman Belajar Di Rumah Bersama Anak"