Ajaib, Ini Dia Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak

Apakah kamu pernah membacakan atau dibacakan cerita dongeng sebelum tidur? Jika pernah, pasti kamu tahu jika rutinitas ini seringkali direkomendasikan oleh para orang tua agar anak lebih mudah tidur. Namun, benarkah hanya alasan untuk menidurkan anak saja? Apakah ada alasan atau manfaat lain yang bisa didapatkan bagi pertumbuhan anak-anak? Ternyata kebiasaan ini sudah banyak dimulai sedari dini mungkin.

Tidak sedikit orang tua yang berusaha membeli dan membacakan dongeng pengantar tidur bagi anak atau bayi mereka. Walaupun logikanya, membacakan cerita dongeng ketika masih bayi pasti tidak akan langsung dimengerti oleh anak, bukan? Namun, walaupun demikian, tetap saja banyak yang melakukan rutinitas tersebut. Namun, adakah manfaatnya? Mari kita simak informasinya di bawah ini.

Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur Bagi Balita

Jika kamu memiliki balita di rumah jangan segan-segan untuk membeli dan membaca buku dongeng. Pada awalnya mungkin sedikit terlihat aneh. Namun, seiring berjalannya waktu balita akan mulai mengenali dan memahami apa yang kamu ceritakan tersebut. Adapun manfaat membacakan cerita dongeng bagi balita sebelum rutinitas tidur malam adalah:

     Metode untuk mengajarkan cara berkomunikasi atau berbicara sedini mungkin. Sebab, bayi atau balita adalah fase dimana otak mereka akan berkembang lebih cepat. Untuk itu sangat dianjurkan agar bisa lebih aktif mengajak anak membaca atau membacakan sesuatu kepada mereka.

     Membantu bayi atau balita agar lebih terampil untuk mendengarkan. Ini juga merupakan latihan terbaik agar bayi dan balita mulai belajar mengingat. Walaupun tidak menyimak dengan tepat, tapi anak akan belajar mengulangi kosa kata tersebut.

     Membuat anak lebih mampu merespon sesuatu. Jika kamu membacakan sebuah cerita dongeng maka mereka akan mempelajari bagaimana mimik wajah. Dari sana juga nantinya, mereka akan terbiasa merespon sesuatu. Apalagi ketika ditanya dan diajak berdiskusi.

     Balita yang sering dibacakan cerita sebelum mereka tidur akan lebih kritis. Sebab, pikiran mereka akan terasah sedari dini. Mendengarkan atau melihat buku cerita memicu perkembangan otak anak. Inilah mengapa banyak pakar yang menyarankan anak harus diajari banyak hal sedari dini. Balita memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Inilah hal pemicu mengapa mereka akan belajar banyak hal walaupun hanya dengan cerita dongeng semata.

     Membacakan cerita menjelang masa tidurnya juga sangat bagus untuk melatih kemampuan untuk mengolah emosi.  Tapi, anda harus membacakan cerita tersebut dengan gaya bahasa yang unik serta ekspresif. Ketika anda membacakan cerita dengan alur sedih sebisa mungkin perlihatkan mimik wajah. Mimik wajah berbeda seperti sedih, senang, takut maupun marah.

     Mempererat bounding atau ikatan antara orang tua dan anak. Anda harus tahu bahwasanya apa yang dilakukan oleh si kecil menjelang tidurnya akan mempengaruhi psikis mereka. Jadi, cobalah menciptakan suasana dan perasaan yang nyaman sebelum mereka tidur.

 Apakah Membacakan Cerita Saat Menidurkan Anak Dianjurkan?

Setelah membaca keterangan di atas, pasti anda bisa menyimpulkan sendiri bahwasanya rutinitas tersebut dianjurkan. Hal ini juga yang menjawab mengapa banyak para orang tua yang selalu menyempatkan waktunya untuk bercerita dengan anak-anak mereka. Sesuaikan dongen yang akan anda bacakan dengan umur anak anda. Pilihlah jenis dongeng sebelum tidur yang bergambar dan cerita yang variatif bagi balita. Sebab, mereka bisa melihat serta memperhatikan gambar supaya lebih tertarik dengan sesi "belajar" terselubung tersebut. Ciptakan suasana yang nyaman, sehingga balita anda belajar dengan senang dan tidur dengan nyenyak. 

 


 

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Ajaib, Ini Dia Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak"