4 Dongeng Anak Yang Cocok Untuk Pengantar Tidur

Menceritakan Dongeng Anak adalah salah satu aktivitas yang dapat membangun kedekatan antara anak dan orang tua. Membaca dongeng adalah salah satu pendekatan yang paling menyenangkan. Bagaimana tidak, selain menghibur aktivitas ini juga menyenangkan sekaligus dapat membuat anak menambah wawasan dan pengetahuan tentang nilai-nilai moral pada diri mereka.

Mungkin bagi anak mendongeng menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sebelum tidur. Namun bagi orang tua, mendongeng bisa menjadi media untuk memperkenalkan dan mengajarkan nilai moral pada anak.

Pilihan dongeng sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Jika anak Anda masih berusia 1-3 tahun, sebaiknya pilihlah cerita dongeng yang tidak rumit karena pada usia segitu anak-anak belum dapat menangkap cerita yang rumit sehingga sangat terbatas bagi mereka memahaminya.

Carilah dongeng yang sederhana, jangan lupa yang mengandung gambar dan tulisan. Akan lebih menarik jika orang tua membacakannya sambil melakukan gerakan mimic muka atau nada yang sesuai agar anak dapat memahami isi dari dongeng tersebut. Untuk itu, berikut adalah 4 rekomendasi dongeng anak yang cocok untuk pengantar tidur.

1.     Kelinci Yang Sombong dan Kura-kura

Dalam dongeng kelinci yang sombong dan kura-kurang menceritakan tentang kelinci dan kura-kura yang sedang lomba berlari. Kelinci merasa dirinya pasti menang karena bisa berlari kencang. Sedangkan kura-kura akan kalah karena berjalan lambat. Namun ternyata, dalam cerita ini yang menang adalah kura-kura karena kegigihannya dalam berlari meski larinya sangat lambat. Hal ini dikarenakan saat ditengah perjalanan kelinci tertidur dan menganggap bahwa kura-kura tidak akan bisa melampauinya.

Dalam cerita ini menjelaskan tentang janganlah sombong pada apa yang kita miliki. Dan janganlah merendahkan kemampuan orang lain, karena semua bisa terjadi jika kita mau berusaha.

2.     Kisah Pohon Apel

Kisah pohon apel juga bisa menjadi pilihan untuk pengantar tidur anak. Kisah pohon apel menceritakan seorang anak laki-laki yang sangat menyayangi pohon apel. Seiring waktu berlalu membuat anak laki-laki tumbuh dewasa dan ia ingin bertemu dengan pohon apel tersebut.

Namun, saat bertemu si pohon menyuruh laki-laki itu untuk memohon dahan pohon untuk dijadikan rumah. AKhirnya laki-laki itu memotong semua dahan pohon dan pergi dengan bahagia. Sang pohon senang laki-laki itu bahagia. Kisah dari dongen ini menceritakan tentang ketulusan, cocok untuk mengajarkan nilai moral pada anak.

3.     Kancil dan Buaya

Cerita kancil dan buaya sangat cocok dijadikan cerita dongeng anak sebelum tidur. Dongeng ini menceritakan tentang kancil yang cerdik karena berhasil menemukan ide untuk menyebrangi sungai dan mendapatkan apa yang kancil inginkan. Namun, dalam cerita ini sayangnya kancil menipu buaya untuk bisa menyebrangi sungai sehingga si buaya marah kepada kancil. Dongen ini mengajarkan anak untuk tidak membohongi orang lain.

4.     Malin Kundang

Dongeng malin kundang menceritakan seorang laki-laki yang rajin dan pekerja keras yang bermimpi untuk membahagiakan ibunya. Namun, setelah sukses laki-laki ini lupa kepada ibunya dan tidak menganggap ibunya sehingga ibunya sedih dan marah. Kemudian ibunya mengutuk malin kundang menjadi batu. Dalam dongeng ini mengajarkan anak untuk menghormati dan menyayangi orang tua sampai dewasa dan jangan melupakan jasa orang tua kepada kita.

5.     Angsa dan Telur Emas

Cerita angsa dan telur emas menceritakan seorang petani miskin yang tekun dan pekerja keras. Namun setelah bertemu dengan angsa yang bertelur emas, petani ini kaya raya. Namun, suatu hari si angsa tidak bisa bertelur emas sebanyak biasanya. Sehingga membuat petani tamak dan memotong angsa untuk mendapatkan telur tersebut. Namun angsa tersebut justru mati dan petani tidak bisa mendapatkan telur emas lagi. Cerita ini mengajarkan kita untuk tidak boleh serakah dan bersyukur atas rejeki yang diterima.

Itulah cerita dongeng anak yang cocok dijadikan dongeng pengantar tidur. Cerita di atas sangat cocok untuk dongeng tidur anak-anak, selamat mencoba!


 

 

 

 

 

 

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "4 Dongeng Anak Yang Cocok Untuk Pengantar Tidur"