Pandemi Belum Berakhir, Berikut Tips Agar Tetap Nyaman dan Betah Di Rumah



 

Hai sobat blogger dan pembaca setia semuanya. Apa kabar? Semoga selalu dalam kondisi sehat dan semangat. Pandemi belum berakhir sampai saat ini. Bahkan makin meningkat. Di Jogja saja, kasus covid 19 makin melonjak. Saat ini lebih dari 400 kasus baru sehari (Tribun Jogja) 

Sudah hampir dua tahun pandemi berlangsung. Tentu saja harus selalu jaga kesehatan dan juga jaga "kewarasan" 

Mau tidak mau harus selalu di rumah. Kecuali memang ada hal yang mendesak yang mengharuskan untuk keluar. Oya, tentunya kita juga harus mencari cara atau tips untuk selalu nyaman dan betah di rumah, bukan? 

Berikut Tips sederhana agar tetap nyaman dan betah beraktivitas di rumah

1. Menjalani Hobi

Iya, di masa pandemi ini, saatnya kita meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan hobi atau kegemaran kita. Banyak sekali hobi yang sangat menyenangkan dan pastinya bermanfaat, dong. 

Misalnya, mengulik dapur. Mulai dari mengubah dapur menjadi lebih cantik dan rapi. Mungkin kita merasa bosan juga dengan tata letaknya selama ini. 

Selain beberes dapur, aktivitas memasak, baking dan mencoba menu-menu baru juga sangat cocok. Menu-menu simpel sekarang banyak sekali jenisnya. Pastinya membuat kita tergoda untuk mencobanya. 

Baking. Sebelum pandemi, aktivitas ini mungkin jarang dilakukan, contohnya pengalaman saya pribadi. Ternyata aktivitas baking ini sangat menyenangkan. Tinggal menambah dan melengkapi alat tempurnya saja, hehe. Kondisi pandemi begini memaksa saya untuk rajin membuat makanan atau cemilan sendiri. Maklum, pasukannya banyak, haha. 

Sepanjang ini saya baru eksekusi resep-resep baking sederhana dan basic. Tantangan ke depan, pastinya ingin membuat cake atau kue-kue kering yang lebih variatif lagi. Ah, siapa takut! 

Oya, selain mengulik dapur, bisa juga mempercantik halaman, meski hanya lahan sempit. Dengan bertanama. Awal-awal pandemi, booming juga bertanam aglonema dan tanaman sayur mayur yang cepat proses tumbuhnya. Lumayan bisa untuk cadangan bahan makanan. 

2. Istirahat dan Tidur Yang Cukup

Nah, tips yang kedua ini sering banget dilupakan. Seharusnya kita gak boleh mengabaikan hal penting yang satu ini ya. Iya, untuk memperoleh imun atau daya tahan tubuh yang prima, tentu saja harus diimbangi dengan istirahat dan tidur yang cukup. Sebaik apapun asupan yang kita konsumsi, jika istirahat dan tidur kurang, maka otomatis sistem tubuh pun protes. So, jangan mentang-mentang pandemi, WFH, terus kita bisa begadang 24 jam tanpa istirahat bahkan tidur pun tidak teratur dan frekuensinya kurang. Jangan ya. 

Nah, salah satu tips dari saya, agar tidur kita nyaman adalah dengan mengkondisikan ruang istirahat atau kamar tidurnya. Pastinya harus bersih dan nyaman. Sprei diganti secara rutin. Dan sekali-sekali bantal guling dijemur. Kasur pun boleh jika memungkinkan. Atau lebih mudah dibersihkan dengan vacum cleaner atau cukup dikibas saja. 

Kemudian tips lain adalah memakai baju tidur yang nyaman. Terutama ibu-ibu nih ya. Kadang asal saja pakai baju untuk tidur. Pengalaman saya demikian. Kadang tidak memperhatikan soal baju untuk tidur. Padahal, banyak sekali baju tidur wanita yang cantik-cantik dan pastinya nyaman untuk istirahat dan tidur pun jadi berkualitas. Apalagi niat ibadah untuk menyenangkan suami, hehe. Eh, yang poin ini khusus yang bersuami saja ya. 

3. Olahraga

Nah, poin nomor tiga ini saya sangat yakin banyak yang malas melakukannya. Faktanya memang demikian. Seharusnya tidak boleh ditinggalkan, terlebih masa pandemi ini. Tubuh harus kuat juga. Olah raga bisa dilakukan di mana saja, di dalam kamar pun bisa. Iya, sekarang banyak sekali model dan cara serta alat bantu untuk olah raga. 

Bisa dengan treadmill, atau sepeda kayuh statis. Atau alat lain yang penting rutin melakukannya. Insya Allah sangat membantu untuk peroleh hasil tubuh yang lebih prima dan jadi lebih sehat. Atau cukup senam, danlari-lari kecil di sekitaran rumah.

4. Membaca atau Menonton

Aktivitas membaca sepertinya tidak semua suka. Tapi, aktivitas menonton, pastinya rata-rata hampir semua suka. Terutama menonton tayangan favorit seperti film, drama, dan infotainment. Tipsnya adalah cari bacaan yag belum pernah kita baca sebelumnya. Atau bisa mencoba membaca genre yang sebelumnya kita tidka begitu sukai. Siapa tahu, kan? 

Menonton juga menjadi salah satu kegiatan favorit di masa pandemi. Tentunya harus selektif dan juga pandai memilih tontonan ya. Apalagi masih ada anak-anak yang perlu bimbingan dalam konsumsi tontonan.

Demikian sharing tips sederhana dari saya. Tentunya, masih banyak tips atau pengingat kegiatan atau aktivitas yang membuat kita nyaman dan betah di rumah. Nah, di sini kita boleh sharing tips-tips yang lain dan lebih menarik. Tetap semangat dan jangan lupa tetap bersyukur dan bahagia!


nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Pandemi Belum Berakhir, Berikut Tips Agar Tetap Nyaman dan Betah Di Rumah"