Cek Perkembangan Anak Balita Melalui KlikDokter

Memperhatikan tumbuh kembang anak usia dini memang sangat penting. Tidak hanya perkembangan fisik, perkembangan lainnya seperti emosi dan psikologinya juga butuh diperhatikan. Tetapi, bila Anda membesarkannya dengan kasih sayang, tentu anak Anda akan dapat merasakannya. 
Perkembangan dari segi fisik adalah yang paling mudah untuk dilihat dan dicek apakah sesuai dengan usia atau tidak. Berikut ini adalah progress perkembangan anak berdasarkan usianya dalam kategori perkembangan fisik:

1. Anak Usia 1 sampai 2 Tahun 
Pada usia ini, anak akan belajar bagaimana bisa berjalan secara stabil tanpa bantuan. Pada awal perkembangan, anak tentu membutuhkan bantuan orang tua baik secara fisik maupun dukungan. Bila Anda tidak bisa membantunya, berikan media lain pada anak sebagai alat untuk membantunya belajar berjalan. 

Anak pada usia ini juga sudah belajar untuk memperbanyak kata-kata dan merangkainya menjadi kalimat. Toilet training sudah bisa dilakukan pada saat anak berusia setidaknya 1,5 tahun. Dari segi emosi, anak akan mampu untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan. 

2. Anak Usia 2 sampai 3 Tahun 
Pada usia ini, anak sudah bisa berjalan dengan baik. Tidak sedikit anak yang mulai belajar untuk berlari dan melompat pada usia ini. Penting untuk membatasi apa yang diinginkan anak, karena bila semua keinginannya dipenuhi lalu sekali waktu tidak, maka anak akan menunjukkan tantrum. Orang tua perlu membimbing dan memberitahu anaknya tentang apa yang boleh dan tidak boleh. 

Perkembangan paling pesat dalam usia ini adalah pembelajaran bahasa, ilmu dan emosinya. Tunjukkan apa saja ilmu yang ia harus ketahui, misalnya sopan santun sederhana seperti maaf dan tolong. Biarkan anak mengekspresikan apa yang ia inginkan. 

3. Anak usia 4 tahun 
Anak pada usia ini seharusnya sudah bisa setidaknya berusaha menggunakan baju sendiri tanpa bantuan orang lain. Tidak hanya itu, ia juga bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan sederhana seperti sikat gigi sendiri atau bercerita. Mintalah anak untuk menceritakan kembali apa yang sudah ia dengar hari ini. Biarkan juga anak mengeksplor apa yang ia inginkan, seperti menggambar atau melukis. 

4. Anak Usia 5 Tahun 
Anak usia 5 tahun seharusnya sudah mandiri dalam urusan berpakaian dan makan. Ia tidak lagi merengek untuk disuapi, meski terkadang mereka tetap menunjukkan sifat manjanya kepada orang tua. Ia juga bisa menyeimbangkan tubuhnya dengan satu kaki selama beberapa detik. Pada usia ini, anak akan sangat aktif. 

Anak usia 5 tahun akan belajar berlari, memanjat hingga jungkir balik. Orang tua boleh melindungi agar anak tidak mendapatkan bahaya, tetapi juga jangan terlalu membatasi apa yang mereka lakukan. 

Apabila Anda adalah orang tua yang baru pertama kali memiliki anak, maka Anda bisa menggunakan bantuan Klikdokter.com. Anda bisa klik https://www.klikdokter.com/pages/tumbuh-kembang-anak. Disana, Anda akan diminta untuk memasukkan nama anak, usia anak dan beberapa hal spesifik lainnya. 

Beberapa hal yang perlu dimasukkan atau disiapkan adalah tinggi badan, berat badan hingga lingkar kepala. Setelah memasukkan data-datanya, Anda akan diberitahu apakah perkembangan anak Anda normal atau tidak secara fisik. Anda juga akan diberitahu tentang kapan anak bisa dikategorikan terlalu kurus atau obesitas. 

Dari segi lingkar kepala, Anda juga bisa tahu apakah anak Anda normal atau tidak. Akan ada garis berwarna hijau bila perkembangan anak termasuk dalam kategori normal. Tunggu apa lagi, kini Anda bisa mengaksesnya secara gratis. Selamat mengecek perkembangan buah hati, ya para ayah dan bunda. 
 

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

7 komentar untuk "Cek Perkembangan Anak Balita Melalui KlikDokter"

Comment Author Avatar
Wah sekarang semakin gampang ya um, tinggal klik klik semua informasi bisa didapat, aku juga sering banget memanfaatkan klik dokter untuk mengecek tumbang anak.
Comment Author Avatar
Wah bisa di coba nih,kayanya bakal lebih mudah liat perkembangan anak
Comment Author Avatar
Jaman sekarang apa-apa sudah mudah ya um, kalau mau tau perkembangan anak udah sesuai belum bisa konsultasi tanpa harus bertatap muka
Comment Author Avatar
Waaah aplikasi klik dokter sangat membantu yaa umm.. Benar2 memudahkan para orang tua untuk mengecek tumbuh kembang anak2nya. Tidak perlu repot datang jauh2 ke dokter, tapi bisa via online. Masyaa Allah semakin kesini, perkembangan jaman semakin canggih
Comment Author Avatar
alhamdulillah di saat lagi was-was untuk ke RS ketemu dokter, sekarang bisa konsultasi tanpa tatap muka langsung 💛
Comment Author Avatar
Cek perkembangan anak sekarang lebih mudah ya um. Cukup kunjungi web, masukkan data dan hasilnya akan muncul
Comment Author Avatar
Wah ternyata ada aplikasiny ya umm. Makasih bnyak

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)