Istiqomah Itu Berat, Kalau Ringan Namanya Istirahat



 Judulnya menggelitik, ya. Dan ungkapan itu sudah tersebar dan menjadi meme yang bahkan dibuat lucu. Tapi, memang tak ada yang salah dari ungkapan itu. Iya, memang faktanya ternyata untuk bisa istiqomah itu berat, bahkan sebagian orang sangat merasa berat. Tak sedikit yang merasa tidak bisa untuk istiqomah dalam melakukan suatu hal. 

Nah, sebenarnya apa, sih istiqomah itu?

Saya kutip dari berbagai sumber, Istiqomah adalah kata yang bila diamalkan akan menjadi panduan dalam menjalankan hidup lebih baik.

Bahkan istiqomah adalah salah satu nikmat yang Allah berikan untuk kemudian kita syukuri. Sebagaimana dalam hadist Nabi SAW. Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الثَّقَفِيِّ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قُلْ لِي فِي الْإِسْلَامِ قَوْلًا لَا أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدًا بَعْدَكَ قَالَ قُلْ آمَنْتُ بِاللَّهِ فَاسْتَقِمْ

Dari Sufyan bin Abdullâh ats-Tsaqafi, ia berkata: Aku berkata, “Wahai Rasûlullâh, katakan kepadaku di dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan bertanya kepada seorangpun setelah Anda!” Beliau menjawab: “Katakanlah, ‘aku beriman’, lalu istiqomahlah” [HR Muslim, no. 38; Ahmad 3/413; Tirmidzi, no. 2410; Ibnu Majah, no. 3972].

Arti Istiqomah bersal dari bahasa Arab yang bentuk kata kerjanya dari kata istaqâma yang berarti “tegak lurus.” Bentuk lain dari kata istaqâma adalah mustaqîm yang sering diartikan lurus, misalnya dalam kata “ash-shirâtul mustaqîm” yang diartikan dengan “jalan yang lurus.”

Dalam KBBI kata istiqamah diartikan dengan sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen.Dari sini kita sudah pahami arti dari istiqomah, Tentunya istiqomah pun tak lepas yang namanya suatu pengorbanan.
 
Pengorbanan? Iya, ada pengorbanan tentu saja konsekkuensi dari istiqomah ini.  Sebagai contoh, kita ingin sekali bisa renang, maka caranya adalah dengan belajar, dan belajar renangnya juga harus konsisten, terus menerus serta ada yang dikorbankan dan diperjuangkan. Misalnya, harus menyediakan waktu untuk belajar renang, bahkan ada yang tak sedikit menheluarkan biaya untuk kursus renang. Dan biasanya hasil seiring dengan upaya kita.

Sama halnya dengan seorang blogger, yang ingin menjadi blogger sukses bahkan berpenghasilan, maka dia harus berupaya terus menerus untuk mewujudkannya. Terus mengupdate blognya dan memaintenance agar blognya berkualitas dan tetap produktif. Kalau belum apa-apa sudah menyerah duluan, gimana mau tercapai? 

Begitulah. Istiqomah melakukan hal kebaikan dan juga yang akan memacu kita unruk terus lebih baik lagi adalah hal yang tak mudah, namun juga bukan berarti tak bisa. Insya Allah bisa jika kita lakukan hal-hal atau terkait dengan bagaimana kita bisa terus istiqomah terutama melakukan kebaikan dan bisa selalu istiqomah berhijrah dalam kebaikan? 

Berikut tips yang biasa saya jawab jika ada yang bertanya di kelas Materi Dasar Islam Bengkel Diri.
Agar kita tetap istiqomah, langkah2nya bisa dimulai dari:

1.Memahami hakikat syahadat yg kita ucapkan

2. Memperbanyak interaksi dan mempelajari Alquran

3. Mulai dengan amalan-amalan yang kecil namun konsisten

4. Memaksa diri untuk melakukan kebaikan dan kebaikan

5. Berkumpul dengan orang-orang salih, orang-orang  yang ingin istiqomah juga

6. Keyakinan pada balasan akhirat, ingat nestapanya neraka
 
7. Selalu mengkaji dan mengupdate ilmu kapanpun dan di mana pun

8. Berdoa pada Allah minta diistiqomahkan dan selalu pada jalan yang lurus
 
Tips ini adalah bersifat umum untuk kita sebagai muslim. Dan pastinya bisa digunakan juga untuk hal-hal lain ketika kita beraktivitas. Nah, di Komunitas Blogger Bengkel Diri ada satu program untuk istiqomah ngeblog yaitu ngeblog bareng. Ini juga sebagai salah satu tips untuk istiqomah dalam aktivitas ngeblog. Ngeblog untuk kebaikan dan dakwah, dan jika blog kita mendatangkan pundi-pundi ya Alhamdulilah. Jadi, hayuk tetap semangat ya para blogger di Bengkel Diri. Kalau bukan dari kita sendiri untuk sukses, lalu dari siapa? Terimakasih untuk teman-teman yang sampai hari ini masih konsisten meski banyak banget hal yang harus diperjuangkan. Bismillah. Jangan menyerah!
 
Istiqomah itu berat, kalau ringan namanya istirahat. Hayuk jangan lama-lama istirahatnya ya. Semangat!

 

3 komentar

  1. Masya Allah, setuju banget sama tulisannya ustadzah. Salah satu yang paling terasa itu berkumpul dengan orang yang ingin istiqomah. Jadi malu sendiri kalau lagi pas futur gitu.

    BalasHapus
  2. Hahaha ummu bisa aja. Bener umm, kadang untuk istiqomah itu butuh perjuangan dan lingkungan yang mendukung. Bagi aku berada di lingkungan yang mendukung seperti blogger bengkel diri salah satu lingkungan yg bikin ngeblog makin semangat insya Allah

    BalasHapus
  3. Benar ustadzah, agar istiqomah konsisten ini yang perlu dipertahankan.
    Saya berkat komunitas blogger bengkel diri ini mulai belajar dan update ilmu baru lagi terkait cara nge-blog dan membuat tulisan yang bagus.

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)