Jajanan Jadul Yang Bikin Kangen

Rambut nenek ditemani secangkir minuman hangat lebih nikmat

 
Jajanan memang di Indonesia sendiri definisnya sama dengan cemilan. Jadi kalau ingin jajan pastinya jajan yang tidak berat. Nah, jajanan di Indonesia sendiri sangat beragam dari satu kota saja. Jajanan juga memiliki berbagai varian rasa dari manis, gurih, asam, hingga pedas. Nah untuk jajanan kekinian mungkin anda sudah sering makan karena gampang ditemui di sepanjang jalan. Bagaimana jajanan jadul? Jajanan jadul Indonesia juga tidak kalah dengan jajanan kekinian. Jajanan jadul bahkan membuat kangen banyak orang. Sayangnya sekarang ini hanya sedikit saja yang masih menjual. Jika anda lupa apa saja jajanan jadul yang ada di Indonesia. berikut ini beberapa pilihannya!

1. Arum Manis

Anda pasti pernah membeli jajanan jadul yang satu ini. Sering dijual di pasar malam atau pameran, jajanan ini tetap diminati. Cara pembuatan yang unik juga mengundang banyak anak-anak untuk melihat. Arum manis memang dibuat dengan memasukkan gula khusus berwarna pada alat yang kemudian diputar. Nantinya gula akan berubah jadi helaian kapas berasa manis. Arum manis sendiri sekarang ini pilihan warna dan bentuknya banyak sekali. Ada yang berwarna pink, hijau, kuning dan lainnya. Bentuknya juga sekarang beragam, ada yang bentuk karakter Disney atau hewan.

2. Gulali

Jajanan jadul yang satu ini pasti juga sering anda makan namun anda mungkin sudah lupa. Jajanan jadul ini dulu banyak dijual depan sekolah. Ada juga yang menjualnya ketika ada acara pesta pernikahan atau pameran. Gulali ini sendiri sekarang sudah sangat jarang ditemui karena sepi peminat. Gulali ini adalah permen yang punya tekstur yang sangat lentur. Dibuatnya juga dengan keahlian sendiri dari tukan jual gulalinya. Ada beberapa penjual yang masih menjual namun bentuknya kini sekarang beragam. Ada yang bentuknya hewan atau bunga.

3. Rambut Nenek

Jajanan yang satu ini juga adalah jajanan jadul yang selalu bikin kangen. Jajanan yang satu ini punya tekstur yang membuat kita ingin makan terus. Jajanan jadul ini punya tekstur layaknya rambut. Namun disebut rambut nenek karena warnanya yang biasanya abu-abu. Namun kini rambut nenek punyak warna yang bervariasi. Ada warna pink, kuning hijau dan lainnya. Rambut nenek ini biasanya dijadikan lapisan di dalam roti tipis yang rasanya tawar. Jadi ketika dimakan dengan rambut nenek yang manis. Rasanya akan enak sekali. Jika anda ingin membeli rambut nenek ini bisa di toko klontong biasa. Anda juga bisa membelinya secara online. Rambut nenek ini jika beli 1 paket berisi 4 atau 5 biasanya dijual 15000 ribu rupiah saja. 

4. Sarang Laba-Laba

Jajanan yang membuat kangen yang satu ini memang masih eksis di beberapa sekolah dasar. Jadi jika anda merasa ingin makan sarang laba-laba. Anda bisa beli di Sd dekat rumah. sarang laba-laba ini memang memiliki ciri khas layaknya sarang laba-laba asli. Hal ini dikarenakan ketika dicetak atau dimasak. Tukang penjual menaruh adonan dalam botol yang dilubangi kecil tutupnya. Nah kemudian ditaruh atau diawurkan pada cetakan dan ditutup. Jajanan sarang laba-laba ini punya rasa yang manis. Warna yang ditawarkan oleh sarang laba-laba in juga menarik anak-anak. Kue basah ini ada yang warna ungu, pink, hijau, kuning atau perpaduan warna-warna tersebut. Cukup menyiapkan uang 2000 rupiah anda sudah bisa mendapatkan sarang laba-laba ini. 

Nah, sobat blogger dan pembaca setia semuanya, pada kangen jajanan yang mana? 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)