Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit dan Aktif di Masa Pandemi

Hai sahabat blogger semuanya, apa kabar? Alhamdulilah semoga dalam keadaan sehat dan semangat. Btw, ngomongin soal kondisi kesehatan, saat ini tentu saja menjadi hal yang penting dan tidak boleh diabaikan. Iya, saat ini masih dalam suasana wabah covid 19 entah kapan akan berakhir. Untuk itu kita harus selalu siap sedia, terutama menjaga tubuh kita agar tetap fit dan aktif. Tentu saja kondisi tubuh yang fit dan aktif bisa terwujud jika ada upaya yang signifikan dan serius dari kita. Nah, saya akan tuliskan dan sharing sedikit tips bagaimana menjaga kondisi tubuh agar tetap fit di era pandemi ini. Silakan disimak ya

Ada banyak tips yang bisa dituliskan, dan tiap orang pastinya berbeda. Nah, berikut adalah tips yang biasa dan yang akan saya lakukan untuk membantu menjaga tubuh agar tetap fit dan aktif, terutama di masa pandemi ini. Tentu saja saya berupaya untuk menerapkan di keluarga juga. Walau prakteknya tak mudah, namun harus terus berupaya, bukan?

1.  Mengkonsumsi makanan sehat, bergizi, dan bernutrisi baik

1   Memilih dan mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi baik, saat ini menjadi hal yang penting. Tetap diupayakan agar asupan yang masuk di dalam tubuh kita adalah asupan yang baik dan sehat serta tercukupinya nutrisi dalam tubuh. Seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang yaitu mengadung unsur empat sehat lima sempurna. Mulai dari karbohidrat, protein hewani dan nabati serta vitamin dan juga susu.

Di era pandemic ini pastinya konsumsi makanan cepat saja dan praktis, dan jenis makanan frozen pasti meningkat dan laris manis. Nah, dalam hal ini kita harus selektif ya dan berhati-hati dalam memilihnya. Terutama untuk anak-anak yang sedang tahap pertumbunahn dan perkembangan, sangat pernting konsumsi makanan yang bergizi dan sahat serta nutrisi lengkap.  

2. Minum Air putih cukup dan rutin

Rutinitas minum air putih bagi saya masih hal yang berat. Mengapa? Saya suka terlupa, dan minum air putih harus hangat. Jadinya harus diupayakan dan dibiasakan betul. Minum air putih pastinya sehat dan sangat dianjurkan untuk kesehatan dan lancarnya metabolisme tubuh. Jadi, jangan lupa lagi ya minum air putihnya. Kurangi minuman yang bersoda dan mengandung pemanis buatan. 

3. Olahraga

Olahraga di tengah pandemic, emang bisa? Sangat bisa. Sekolah dari rumah, kerja dari rumah, mengapa oleh raga tidak bisa? Sebenarnya kalau olah raga, bukan masa pandemic juga sering ya. Di depan rumah biasanya, atau di belakang rumah, atau menggunakan di dalam rumah. Nah, masa panedimi ini harusnya dirutinkan lagi ya. Iya, sih soal berat badan yang bertambah terus. Jadinya cepat lelah dan terasa berat. Akhirnya kadang kita menyerah dan bilang duh, jauh-jauh deh timbangan! Haha

4.  Menjauhi stres dan hal buruk

Menurut referensi yang saya baca banyak hal negative dan pikiran buruk kecemasan berlebihan akan menurunkan imunitas tubuh akhirnya penyakit mudah masuk. Karena itu, sebisa mungkin kita bersikap berlebihan di era wabah ini. Tetap selalu waspada dan mengikuti protokoler kesehatan, tapi tidak berlebihan dalam menghadapinya. 

5. Memantau dan cek kesehatan

Urusan yang satu ini, jangan dilupakan juga loh. Yap. Cek dan memantau kesehatan harus dilakukan juga. Walau saya hampir tak pernah pergi rumah sakit atau klinik langsung, namun memantau dan cek kesehatan adalah perlu kan ya. Apalagi perkembangan wabah covid 19 pastinya kita harus ikuti dan selalu mencari tahu agar bisa tetap sehat dan terhindar dari penularan wabah. 

Nah, untuk cari informasi seputar kesehatan, bisa langsung akses halodoc aja. Halodoc adalah solusi kesehatan terlengkap di Indonesia. Dengan mengakses halodoc, kita bisa mendapatkan info seputar kesehatan, bertanya, dan berinteraksi dengan tenaga medisnya. Ada dokter spesialis dan juga nakes lain yang membantu apa permasalahan atau soal kesehatan yang kita hadapi. Pokoknya lengkap deh. Kita bisa tanya rumah sakit, tanya dokter, beli obat, cari dokter, dan cek Covid- 19 juga lho. Bisa unduh juga aplikasinya di smartphone ya. Praktis dan lebih mudah mengaksesnya. 

 

6. Pencegahan penyakit melalui vaksinasi

Upaya pencegahan atau vaksinasi juga perlu banget untuk menjaga tubuh agar selalu fit dan punya imunitas yang baik. Vaksinasi adalah salah satu upaya kita untuk mencegah penyakit. Nah, di halodoc, ada banyak info terkait vaksin ini. Mudah saja mengaksesnya. Misalkan kita di Surabaya, bisa mencari dengan kata kunci Vaksin Surabaya. Di situ ada banyak info lengkap seputar vaksin yang pastinya kita jadi lebih paham tentang dunia vaksin dan bagaimana serta kapan saja kita bisa divaksin. Bisa lihat gambar di bawah ini ya.


 

7. Meningkatkan Ibadah

Pandemi begitu menguras rasa, sedikit banyak pastinya akan memengaruhi kesehatan tubuh dan juga keaktifan kita. Nah, meningkatkan ibadah kepada Sang Khaliq dan Sang Pemilik Kehidupan, adalah sebuah keharusan dan sangat dianjurkan. Agar tetap yakin bahwa kita diuji sesuai kemampuan kita. Dan pastinya bersabar dalam ujian wabah berpahala besar. Hidup lebih yakin dan menjadi lebih semangat dengan keyakinan ini. Dan jangan lupa berdoa agar wabah ini segera berakhir. Amin.

Nah, demikian tips sederhana dari saya. Sejatinya tips ini tak bisa dijalankan jika kita tidak niat dan sungguh-sungguh menjalankannya. Maka dari itu, mari kita tekadkan niat dan semangat selalu agar tubuh kita sehat dan kuat dan bisa beraktivitas dengan optimal. Salam sehat untuk semuanya. 




 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)