Mengatasi Alergi Buah Hati Bersama Susu Formula Soya Morinaga Chil*School Soya

Hai, Assalamualaikum sahabat blogger semuanya. Para Ibu dan Ayah yang sedang membersamai anandanya. Postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang alergi yang dialami bungsu saya, Hamiz. 

Alhamdulilah saya bisa melewati masa-masa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan dengan pemberian MPASI. Ketika umur satu tahun, disamping ASI, saya memberikan susu pendamping untuk pertumbuhan dan perkembangan Hamiz. Namun, lama kelamaan, Hamiz badannya merah-merah dan juga gatal. Awalnya saya pikir hanya gatal biasa dan karena biang keringat. Tapi kok, gak sembuh-sembuh. Setelah konsultasi dan periksa ke dokter anak,  ternyata Hamiz alergi susu sapi. Maka dari itu, disarankan untuk mengganti susunya dengan susu formula soya

 

Hamiz minum susu soya Morinaga Chil School rasa vanila

Menurut referensi yang saya baca bahwa, alergi adalah reaksi dari sistem imun terhadap suatu zat yang dianggap berbahaya yang masuk dalam tubuh. Yang paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak adalah alergi susu sapi. Gejala alergi susu sapi dapat timbul dalam hitungan beberapa menit hingga beberapa jam setelah pertama kali mengkonsumsi susu sapi atau turunannya. Adapun gejalanya atau reaksi yang ditimbulkan antara lain mual dan muntah, timbul ruam merah dan gatal pada kulit, mengalami batuk dan pilek pada saluran pernafasan. Reaksi alergi tersebut tentu bisa mengganggu aktivitas dan bisa menghambat pertumbuhan Si Kecil. Wah, harus memeriksa dan waspada sejak dini ya, jangan mengabaikan apalagi menganggap remeh soal alergi ini.

Tapi, saya lega, dan tak perlu khawatir, karena alergi bisa diatasi melalui caranya masing-masing berdasarkan jenisnya. Salah satunya dengan memberikan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang Si Kecil tidak terganggu. Nah, karena memang waktu tak bisa kembali lagi, saya sebagai ibu, berupaya seoptimal mungkin memberikan yang terbaik bagi ananda Hamiz. Memberikan nutrisi terbaik untuk Hamiz salah satu upaya yang terus saya lakukan hingga saat ini. Asupan nutrisi yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Dan menurut referensi yang saya baca usia 4 tahun perlu dan baik sekali diberikan asupan yang lengkap berupa, Karbohidrat, dan dianjurkan memberikan karbohidrat kompleks contohnya, beras merah, roti gandum, atau kentang. Karbohidrat kompleks ini lebih banyak mengandung serat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. 

 

 

Selain itu, juga dengan menyediakan makanan sehat yang mengandung banyak kalsium.  Kalsium sendiri berfungsi untuk membangun gigi serta tulang yang kuat. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk membantu perkembangan fungsi otot dan saraf. Jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh anak usia 4-6 tahun yaitu sekitar 1000 mg per hari. Adapun sumber kalsium terbaik yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak antara lain susu, ikan salmon, kacang almond, dan jeruk. Alhamdulilah Hamiz suka banget dengan buah jeruk.

Secara umum, anak berusia 4-6 tahun membutuhkan sekitar 35 gram protein per hari. Protein menjadi bekal utama bagi anak supaya dapat membangun, mempertahankan, dan mengganti jaringan tubuh yang rusak. Protein juga berperan dalam meningkatkan tinggi badan anak-anak bila asupannya dipenuhi. Sejumlah sumber protein yang bisa Bunda berikan pada si kecil di antaranya adalah ikan, daging, telur, dan gandum. Alhamdulilah Hamiz menyukai itu semua. Termasuk anak saya yang lebih mudah makan dan relatif doyan dengan apa yang saya sajikan.

Melengkapi kebutuhan nutrisi bisa didapatkan melalui sayur dan buah sebagai sumber vitamin. Selain kaya serat, banyak pula sayuran yang mengandung vitamin A dan C seperti brokoli, wortel, bayam, dan kangkung. Sebagai pelengkap bisa memberikan asupan buah yang cukup. Sejumlah jenis buah yang mengandung vitamin A dan C antara lain adalah apel, pepaya, dan stroberi.

Nah, selain itu juga saya memberikan susu. Saat ini Bungsu saya yang sangat aktif dan selalu ceria. Awalnya bingung khawatir tidak suka dengan susunya yang baru, apalagi susu soya. Alhamdulilah setelah dicoba, ternyata suka. Dan merah-merah dan gatal di kulit Hamiz, sudah tidak timbul lagi.  Hamiz sekarang sudah berusia 4 tahun, dan sedang mencoba minum rutin susu soya dari Morinaga. Alhamdulilah ada susu soya anak dari Morinaga, yang bisa diskonsumsi mulai anak usia 1 tahun. Oya, saya akan mengulas tentang susu soya Morinaga ini ya. Sebagai informasi dan juga edukasi terkhusus tentang alergi susu sapi.  

 


Morinaga Research Center Japan mengembangkan Morinaga Allergy Total Solution yang dapat membantu pemberian nutrisi yang tepat bagi anak-anak yang berbakat dan memiliki alergi. Morinaga P-HP dan Morinaga Soya adalah satu-satunya formula pertumbuhan dengan protein soya yang diakui BPOM dan dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA, serta mengandung nutrisi sinbiotik (sinergi dari probiotik dan prebiotik) dengan 3 jenis Bifidobacteria. Adapun dari BPOM, kebutuhan protein pada anak usia 1-3 th adalah 3.2 g/100kkal, dan di dalam Morinaga Chil*Kid Soya sudah memenuhi kMoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multi talenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal. Morinaga Soya adalah satu-satunya formula pertumbuhan dengan protein soya yang diakui BPOM dan dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA, serta mengandung nutrisi sinbiotik (sinergi dari probiotik dan prebiotik) dengan 3 jenis Bifidobacteria. Penjelasan lengkapnya bisa dilihat di website www.cekalergi.com ya para bunda agar lebih akurat. Bisa cek ke Instagram @MorinagaPlatinum ada banyak info tentang alergi pada anak loh, pastinya kita bisa ikut belajar dan ikutan sharing pengalaman juga soal alergi.

Adapun varian Morinaga susu soya ini sebagai berikut

1.           1. Morinaga Chil*Kid Soya MoriCare+ Prodiges merupakan susu pertumbuhan dengan isolat protein         kedelai untuk anak usia 1 – 3 tahun

2.           2. Morinaga Chil*School Soya MoriCare+ Prodiges merupakan susu pertumbuhan dengan isolat                protein kedelai untuk anak usia 3 – 12 tahun.

Morinaga susu soya tersedia dalam kemasan 300gr dan 600gr. Namun untuk Chil*School hanya tersedia ukuran 300gr. Dengan jenis  Varian rasanya yaitu rasa Vanila dan rasa Madu. Saat ini Hamiz masih minum morinaga Chil School Soya untuk usia 4 tahun rasa vanilla. Alhamdulilah alergi gak datang lagi dan Hamiz makin aktif dan pintar. 

 

 

Nah, demikian sharing saya seputar si Bungsu Hamiz yang alergi susu sapi. Karena waktu memang tak bisa kembali, mari kita berikan yang terbaik untuk buah hati kita. Membersamai pertumbuhan dan perkembangan buah hati dengan asupan dan nutrisi yang optimal dan juga jangan sampai kasus alergi pada buah hati kita tak tertangani dan berlarut. Semoga bermanfaat ya. Sampai ketemu di postingan berikutnya. 

 

Membersamai Hamiz di masa pertumbuhan dan perkembangannya


 

44 komentar

  1. Jadii, buibu sudah nggak perlu khawatir lagi karena alergi susu sapinya sudah bisa diatasi, jangan biarkan alergi mengganggu tumbuh kembang si kecil.

    Dengan mengkonsumsi Morinaga Chil*School Soya MoriCare+ Prodiges memiliki nutrisi lengkap, juga Triple Bifidus yang berasal dari tiga Bifidobacterium, dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

    BalasHapus
  2. Beruntung ya ada susu soya, kalau enggak kasian juga anak yang alergi susu sapi.
    Anak saya yang pertama alergi tapi merk susu sih, tetep masih bisa minum susu sapi merk tertentu dulunya :)

    BalasHapus
  3. wah Morinaga ada varian soya ya, jadi gak khawatir lagi sama nutrisi anak alergi karena ada Morinaga Soya yang komplit gizinya. Baru tahu kalo Morinaga Soya satu2nya yang diakui oleh BPOM. Jadi ngerasa aman ya mba kalo dikasih ke anak yang alergi protein susu sapi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes. Tetap berupaya beri yg terbaik untuk anak

      Hapus
  4. Alhamdulillah ya udah gak alergi lagi. Kaya gini aku juga kudu pelajari sih sebagai calon Ibu. Biar nanti gak heboh sendiri kalau ternyata anak alergi susu sapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul penting banget paham tentang alergi ini

      Hapus
  5. Asik nih Hamiz jadi tambah sehat yaaa, ada solusi buat yang alergi susu sapi, jadi mamak ga perlu khawatir lagii.

    Banyak banget yang alergi susu sapi nih jaman now yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan masih banyak yang belum paham tentang bahaya alergi

      Hapus
  6. Lega banget deh kalau begini. anak yang alergi susu sapi masih bisa tumbuh kembang dengan baik. Karena ada susu soya

    BalasHapus
  7. Syukurlah, sudah tidak alergi lagi ya.
    Anak-anakku dulu waktu kecil juga minum susu Morinaga, sudah cocok banget.
    Ini ada yang soya ya, untuk anak-anak yang alergi susu sapi.

    BalasHapus
  8. Untunglah sekarang udah ada susu soya yang bisa dikonsumsi oleh anak2 yang alergi yah mbaak, jadi berasa aman dan tentram deh bisa tetep minum susu tanpa khawatir alergi

    BalasHapus
  9. wah saya baru tahu nih Susu Morinaga ada yang Soya juga ya, saya kasih tau teman saya ah kebetulan dia lagi cari susu yang cocok untuk anaknya yang alergi susu sapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mbak... Semoga bisa turut membantu edukasi ttg alergi ya

      Hapus
  10. khawatir kalau lihat anak ada alergi takutnya gak mencukupi nutrisinya ya, untung deh Morinaga punya soya jadi bisa mencukupi nutrisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Biasanya emang gak begitu dirasakan, tapi lama2 dibiarkan tentu akan hambat pertumbuhan

      Hapus
  11. Morinaga soya ini rasanya enak, anak dan keponakan saya suka dengan rasanya.
    Sekarang anak dengan alergi susu sapi bisa tetap terpenuhi asupannya dengan susu soya ini ya..

    BalasHapus
  12. Iya ya baersyukur banget ada susu alternatif untuk anak2 yang alergi. Jadinya asupan susu nya masih tetap bisa diberikan ya..

    BalasHapus
  13. Eh ternyata Morinaga juga ada susu soyanya ya mbak? Aku baru ngeh. Soalnya anakku pernah konsumsi yang susu protein sapinya gtu.
    Nutrisi yang ada dalam susu soya juga gak kalah bagusnya ya dari susu protein sapi. Bis ajadi alternatif buat anak yang gak bisa konsumsi susu protein sapi krn alergi.

    BalasHapus
  14. Dulu anak pertama saya terkena alergi karena susu sapi dan bersyukur banget morinaga hadir dengan susu soya memang harganya sedikit lebih mahal tapi cocok dengan lambung si kecil dan kulitnya jadi enggak alergi lagi.

    BalasHapus
  15. Ibu2 kalau anaknya alergi susu sapi, nggak usah khawatir lagi ya. Kalau dulu khan kayaknya masih susah cari susu soya untuk anak. Sekarang ada produk dari Morinaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Alhamdulilah ada alternatif yang cocok

      Hapus
  16. Alhamdulillah ada Morinaga Soya jadi nggak bingung lagi kalau anak alergi susu sapi, ya Bund.
    Sepertinya makin banyak produk susu yang perhatian dengan kebutuhan bagi anak-anak yang alergi 👍

    BalasHapus
  17. 5 tahun lalu kami agak kerepotan nyari sesuai untuk ponakan yg alergi susu sapi. Alhamdulillah banget ada susu soya yang jadi solusi penggantinya jadi nggak alergi lagi.

    BalasHapus
  18. Morinaga ini susu anak saya juga Mbak, dulu waktu dia masih usia 5 tahun, sama dokternya dikasih ini, dan anaknya juga doyan, jadi selama bertahun-tahun dia minum ini.

    BalasHapus
  19. Alternatif banget nih Morinaga Soya buat yg akergi ya mbak. Aman dan nutrisi tetap lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Alhamdulilah ada solusi untuk anak alergi susu sapi

      Hapus
  20. Wah senengnya bisa kasih nutrisi lengkap buat anak ya Mak

    BalasHapus
  21. Untunglah ada solusi susu utk anak dgn alergi ya mak.. sehat soleh ya nak...

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah yaa mak ada solusi nutrisi untuk anak yang alergi susu sapi 😊

    BalasHapus
  23. Anakku juga suka nih susu soya. Nutrisinya juga sama baiknya dibandingkan susu sapi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)