Mari Kita Dukung Program Qurban Jelajah Negeri Bersama Syam Organizer




Apa yang terlintas di benak kita melihat gambar di atas? Ya, itu adalah salah satu gambaran dari kondisi anak-anak di negeri Syam Palestina, Suriah, Yaman, dan juga negeri-negeri kaum muslimin lainnya yang sedang konflik. Tepatnya, diserang dan dijajah oleh penguasa yang hendak merebut negeri kaum muslimin. Palestina Gaza, sampai saat ini masih diblokade oleh Israel. Kondisi mereka terkurung dan tak ada kebebasan serta serba kekurangan. Baik ekonomi di segala sektornya, kesehatan, dan pendidikan, serta air bersih. Jadi pertanyaan bagi saya pribadi. Mengapa kita tak membantu mereka? Menolong saudara-saudara kita di sana? Bukankah mereka bagian dari kita? Mereka juga sangat butuh uluran tangan kita. Ya, mereka adalah saudara kita. Di mana dan masih adakah rasa ukhuwah itu? 

Ukhuwah Islamiyyah adalah sebuah istilah yang menunjukkan persaudaraan antara sesama muslim/ mukmin di seluruh dunia tanpa melihat perbedaan kulit, suku, bahasa dan kewarganegaraan. Yang mengikat persaudaraan itu adalah kesamaan keyakinan atau iman kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya. Ikatan keimanan ini jauh lebih kokoh dan abadi dibandingkan dengan ikatan-ikatan 
lainnya, bahkan jauh lebih kuat dibandingkan dengan ikatan darah sekalipun

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّن قَوْمٍ عَسَىٰ أَن يَكُونُوا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِّن نِّسَاءٍ عَسَىٰ أَن يَكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al-Hujurat: 10-12)

Ikatan yang paling kuat bagi seorang muslim adalah ikatan aqidah. Jadi, salah jika kita tak peduli atau menutup mata. Iya, masalah dalam negeri juga tak boleh dilupakan. Namun jangan sampai kita lupa akan saudara muslim di luar sana yang butuh uluran tangan kita. Nah, hari kamis kemarin tanggal 25 Juni 2020, saya berkesempatan diundang liputan kegiatan dan program Qurban Jelajah negeri dan juga program lainnya dari Syam Organizer. Sebuah lembaga kemnusiaan yang memotori segala bantuan untuk muslim terjajah di sana. Alhamdulilah. Masya Allah. Salut sekali dengan kiprah organisasi yang satu ini.

Sejak awal saya tak berhenti menitikan air mata. Pembicara menyampaikan kondisi di Gaza, Suriah, dan negeri muslim terjajah dengan sangat berat. Sungguh siapa pun akan menangis dan terketuk hatinya melihat kondisi mereka. Cukup hanya sebagai manusia, pastinya akan merasa hal yang sama. Apalagi seorang muslim. Pastinya lebih sakit. Karena muslim ibarat satu tubuh. Yang satu sakit, pasti anggota tubuh yang lain pun sakit. Minimal akan terganggu dan tak bisa berfungsi optimal. Begitulah seharusnya seorang muslim terhadap muslim lainnya. 
 




Sekilas tentang Syam Organizer

Syam Organizer didirikan pada tahun 2013. Pada awlnya, Syam Organizer ini adalah sebuah event organizer yang aktif mengadakan roadshow dan tablig akbar untuk memberitahukan kondisi umat Ilsam yang sedang terdzalimi di seluruh belahan dunia. Seiring dengan berjaannya waktu Syam Organizer membuka donasi kasuistik pada saat musibah yang menimpa kaum muslimin di negeri Syam kemudian main berkembang menjadi lembaga kemanusiaan internasional yang aktivitasnya focus pada aktivitas membantu para korban tragedi kemanusiaan di negeri Syam. 
 
 


Maka dari itu untuk menguatkan lembaga dan juga amanah dari umat yang memberikan donasi dan bantuannya yang sudah dislaurkan melalui Syam Organizer para pegurus mempunyai ide untuk membuat bidang khusus kemnusiaan yang permanen agar donasi bias dikelola dengan baik dan tertata serta lebih terncana dan professional didistribusikan bagi kaum msulimin yang terrtimpa musibah dan memerlukan bantuan. Adapaun visi misi dari Syam Organizer adalah sebagai berikut

Visi Syam Organizer
Membantu meringankan beban kaum muslimin yang terdzalimi di negeri Syam

Misi Syam Organizer
1. Mengkabar kondisi yang sebenarnya terjadi di negeri Syam

2. Mengajak umat untuk terlibat peduli dan berbagi

3. Menjadi bagian seutuhnya dalam berkhidmat untuk negeri Syam


Qurban Jelajah Negeri Syam Organizer

Program Qurban Peduli Syam ini telah berjalan sampai saat ini. Tujuannya untuk penyembelihan dan pembagian dagung qurban untuk warga Syam. Saat ini Syam Organizer sedang menggalang siapa saja tang hendak berqurban untuk saudara-saudara kita di sana. Tak hanya di Gaza Palestina, namun di Suriah, Yaman dan negeri lainnya termasuk Indonesia. 

Alhamdulilah Syam Organizer telah berhasil mendistribusikan 164 domba dan 4 ekor sapi. Pada hari raya qurban 1939 H. Bekerjasama dengan lembaga mitra baik yang berada di Suriah maupun di Palestina. Nah, masih ada kesempatan nih teman-teman jika ingin berqurban melalui Syam Organizer. Ditunggu sampai tanggal 28 Juli 2020 ini. 



"Sesungguhnya kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka Sholatlah untuk Rabb mu dan sembelihlah kurban." (Al Kautsar : 1-2)

Setiap helai bulu hewan kurban akan dibalas satu kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap satu helai rambut hewan kurban adalah satu kebaikan.” Lalu, sahabat bertanya, “Kalau bulu-bulunya?” Beliau menjawab, “Setiap helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Teman-teman semua, sesuai dengan Quran dan hadits Rasul di atas, Insya Allah Syam Organizer akan membuka peluang Kebaikan bagi kalian yang ingin berQurban di Negeri Suriah, Palestina, Yaman. Qurban di Indonesia juga bisa, loh. Mari kita berbagi Kebahagiaan untuk saudara kita di Hari Raya Idul Adha tahun ini bersama pogram "Qurban Jelajah Negeri" Syam Organizer. Salurkan qurban terbaikmu ya. Insya Allah menjadi pahala kebaikan bagi para shohibul qurban. 

Selain program jelajah qurban, lembaga kemanusiaan Syam Organizer menghadirkan program bantuan pendidikan pada tahun 2018 untuk membantu dan mendorong sector pendidikan di Gaza. Program ini terwujud dan terealisasi berkat dukungan dari masyarakat Indonesia dan para donator. Mereka dengan ikhlas dan senang hati berbagi warga Gaza khususnya untuk para guru agama dan pengajar Al quran. Masya Allah. Baarakallah fiikum jamii’an.


Kemudian Syam Oragnizer juga bekerjasama dengan Nusantara Plaestina Center yaitu lembaga kemnausiaan yang diprakarsai oleh Abdillah Onim atau yang akrab dipanggil  Bang Onim. Kerjasama untuk menyalurkan bantuan tunai kepada guru di dua provinsi Gaza, yaitu Gaza Utara dan Kota Gaza. Bertujuan untuk membantu proses belajar mengajar di sana dan tentunya turut menntukan nasib pendidikan anak-anak Gaaza. Bantuan tersebut mencapai Rp 125.000.000 yang dibagikan untuk 80 guru. Masing-masing guru mendapatkan bantuan 100 USD. Masya Allah.

Bantuan ini tentu saja diapresiasi oleh warga Gaza. Mereka sangat senang dan bersyukur, dan mendoakan Indonesia. Kementerian Pendidikan Palestina melalui direktur pendidikan provinsi Gaza Utara dan Kota Gaza juga menyampaikan terima kasih untuk kedua lembaga kemanusiaan ini.

Selain itu juga program lain yang dinisiasi Syam Organizer adalah sebagai berikut: Program Roti Untuk Syam, program ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan pokok Bulanan untuk 10 ribu jiwa yang tersebar di beberapa camp pengungsian. Santunan bulanan untuk yatim piatu, janda dan kuarga Dhuafa, dan dan operasional untuk pabrik roti. 

Kemudian ada program Water For Syam, progran ini meliputi pengadaan tangki penampungan air untuk tiap keluarga, pembuatan sumur pompa, satu sumur untuk sekitar 35 sampai 40 kepala keluarga. Dan juga pengadaan mobil tangki.


Program Save The Children of Syam yaitu program pembangunan sekolah darurat beserta operasionalnya, pengadaan bus sekolah, santunan untuk tenaga pendidik, beasiswa pendidikan. Kemudian program winter aid project Syam Organizer yaitu berupa Winter Aid Project, bantuan musim dingin mulai akhir Oktober sampai akhir Februari berupa paket bahan makanan, penghangat ruangan, tenda, selimut, dan pakaian musim dingin. 

 

Oya, Syam Organizer juga membuat program menjemput koin donasi lewat sebuah celengan. Ini tujuannya untuk melatih dan mendidik anak agar gemar bersedekah. Membiasakan anak-anak atau kita sendiri untuk menyisihkan dan menganggarkan dana untuk didonasikan. Kemudian jika sudah penuh akan dijemput oleh petugasnya. Wah, asik sekali, ya. Sangat bagus untuk melatih ukhuwah dan rasa berbagi kepada yang membutuhkan. Masya Allah. 

Nah, bagi teman-teman yang ingin lebih jauh lagi mengenal Syam Organizer dan program-programnya, bisa langsung ke websitenya di www.syamorganizer.com atau kepoin akun media sosialnya, ya. Atau bisa ke kantornya langsung. Selamat berqurban, semangat berdonasi untuk kemanusiaan. Mari kita dukung program jelajah qurban negeri bersama Syam Organizer. Bismillah semoga Allah mampukan kita semua untuk berqurban dan berdonasi, ya. Aamiin 

17 komentar

  1. Semoga menjadi solusi bagi yang ingin berdonasi ke sodara-sodara kita di negara-negara yang menjadi tujuan Syam Organizer ini ya mak.

    BalasHapus
  2. Semoga yang diberi kelonggaran rejeki terketuk untuk membantu saudara seiman yang sedang kesulitan ya. Aku nggak berani lihat videonya. Pengin nangis, anak2 sekecil itu harus menghadapi bahaya setiap hari, baik karena kekejaman perang maupun karena kelaparan.

    BalasHapus
  3. Kemarin sayajuga terharu, apalagi mendengar langsung pengalamannya dari relawan kemanusiaan seperti Pak Syaiful Haq itu, benar-benar wawasan yang bikin kita semakin ingin bersedekah.

    BalasHapus
  4. Program2nya Syam Organizer bagus bagus mbak. Mereka juga kerjasama dg lembaga non profit lain moga bisa ikut ngebantu saudara kita di pengungsian

    BalasHapus
  5. Setiap liat anak-anak ini selalu sedih ngeliatnya. Masyaallah semoga di mudahkan untuk bisa berbagi untuk sesama.

    BalasHapus
  6. Gak tega liat budak2 kicik tu :"
    Semoga dilapangkna rezeki dan hati supaya bisa berbagi :)

    BalasHapus
  7. Syahdian Sofwan7 Juli 2020 18.01

    MasyaAllah ustz, semoga Allah mudahkan rejeki bagi kami agar bisa berbagi.

    BalasHapus
  8. Semoga Allah mudahkan untuk bisa ikut berpartisipasi, aamiin

    BalasHapus
  9. Bismillah.. semoga tahun depan bisa ikut bersama tim syam organizer

    BalasHapus
  10. Sedih melihat keadaan negara-negara yang terjajah, untuk memenuhi kebutuhan pokok pun sangat sulit bagi mereka. Semoga dimudahkan bagi yang berlebih untuk berbagi kepada sesama

    BalasHapus
  11. Semoga Allah selalu kuatkan dan beri kesabaran untuk saudara-saudaea kita di tanah Syam

    BalasHapus
  12. Wah umm aku baru Tau Ada program seperti ini. Terimakasih umm sharingny

    BalasHapus
  13. MasyaaAllah. Semoga Allah mampukan kita untuk selalu berbagi kepada sesama. Aamiin

    BalasHapus
  14. Terima kasih sharingnya ummu, semoga berkah semua yg diusahakan oleh Syam organizer. Kadang tuh sedih liat iklan2 gini, banyak yg harus dibantu, tapi kitanya belum mampu bantu banyak.

    BalasHapus
  15. Aamiin, sedih klo liat berita soal kondisi di Syam, Gaza Palestine, apalagi liat anak2 kecil dsana ya Umm..s

    BalasHapus
  16. MasyaAllah.. jazakillah sharingnya ustadzah...

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)