Bagaimana, Sih Cara Mengatasi Gusi Yang Bengkak?


Tak sedikit dari masyarakat kita yang dihadapkan pada permasalah gusi yang membengkak. Meski tidak menyebabkan kematian, namun masalah gangguan pada gusi ini tentunya dapat menghambat aktivitas kita lho! Pada umumnya, gusi bengkak akan mengeluarkan darah ketika kita menyikat gigi. Bukan hanya itu saja, masalah gusi bengkak juga dapat membuat nafas mengeluarkan aroma tak sedap. 

Menurut informasi yang di dapat, gejala tersebut merupakan tahap awal dari penyakit gusi atau gingivitis. Apabila masalah gingivitis ini tidak segera diobati, maka dapat mempengaruhi jaringan yang menopang gigi dan menahannya. Bukan hanya itu, hal tersebut juga bisa membuat kerusakan pada rahang serta menciptakan ruang-ruang kecil di antara gusi dan gigi yang bisa menyebabkan kerontokan gigi. 

Berbicara soal gusi bengkak, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips alami mengenai cara mengatasi gusi bengkak. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasanya di bawah ini :

1. Berkumur Dengan Air Garam
Tips alami pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi gusi bengkak, yakni berkumur dengan menggunakan air garam. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, berkumur dengan air garam juga sudah terbukti efektif untuk membersihkan karang atau plak pada gigi lho. Caranya pun terbilang cukup mudah, campurkan segelas air hangat dengan sedikit garam, lalu berkumur dan diamkan beberapa saat, lalu muntahkan kembali. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kamu berkumur dengan air garam ini setelah selesai menyikat gigi. 

2. Berkumur Dengan Air Lemon
Selain berkumur dengan air garam, kamu juga bisa berkumur dengan air lemon untuk mengatasi masalah gusi yang membengkak. Berdasarkan dari hasil penelitian, air lemon ini mempunyai kandungan asam yang berperan sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Mengenai cara menggunakannya, siapkan beberapa buah lemon, peras airnya, lalu campurkan kedalam segelas air hangat. Setelah itu, silahkan berkumur dengan air lemon tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.



3. Menggunakan Buah Belimbing Wuluh
Jika dilihat dari bentuknya, sekilas buah belimbing wuluh ini mirip dengan mentimun. Namun, ukuran belimbing wuluh jauh lebih kecil daripada mentimun. Dibalik ukurannya yang kecil, ternyata buah belimbing wuluh kaya akan kandungan asam yang efektif untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut lho. Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan 1 – 2 buah belimbing wuluh yang masih mentah, tumbuk sampai hancur, lalu oleskan ke gusi yang membengkak. 

4. Menggunakan Campuran Merica, Garam, dan Air
Selain bisa dijadikan bahan bumbu masakan, merica dan garam ini juga bisa kamu jadikan ramuan untuk mengatasi masalah gusi yang bengkak. Caranya, campurkan garam dan merica, tambahkan sedikit air, kemudian aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta. Jika sudah demikian, segera oleskan pasta tersebut ke gusi yang membengkaknya. 




5. Berkumur Dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji
Tips alami berikutnya yang bisa kamu coba di rumah untuk mengatasi gusi bengkak, yakni berkumur dengan ari rebusan daun jambu biji. Siapkan beberapa lembar daun jambu biji, cuci sampai bersih, kemudian rebus kedalam air sampai mendidih. Setelah itu, tiriskan kedalam gelas, kemudian berkumurlah dengan air rebusan tersebut.
Itulah beberapa cara alami yang ampuh untuk mengatasi gusi membengkak. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)