SanDisk Ultra Dual Drive, Solusi Cerdas Back Up data Smartphone

Pernah tidak mengalami kejadian yang bikin sebal? Tiba-tiba memori smartphone penuh. Dan posisinya sedang banyak gambar atau moment yanag harus kita abadikan? Saya pernah. Sering, malah. Maklum,sebagai seorang yang hobi mengambil gambar di setiap moment, dan smartphone masih menjadi andalan untuk menemani setiap momen dan perjalanan yang saya agendakan. 

Smartphone juga lah tempat saya menyimpan data terkait dengan profesi saya sebagai seorang dosen. Dalam proses Tri Dharma, seorang dosen harus melakukan tiga aktivitas yaitu pengajaran, penelitian, dan  pengabdian kepada masyarakat. Aktivitas pengajaran saya kerap menyimpan materi dan beberapa referensi dari hasil browshing data, seperti jurnal, e book dan fakta-fakta  terbaru terkait mata kuliah yang saya ampu, dalam smartphone saya. Disamping praktis, tentunya memudahkan saya untuk mengaksesnya. Fleksibel bisa saya bawa ke mana saja. Aktivitas penelitian pun pastinya saya butuh smartphone untuk menyimpan beberapa hasil penelitian saya baik di lapangan maupun yang saya ambi di perpustakaan yang terkadang saya memotretnya. Pun pada aktivitas pengabdian masyarakat, pastinya saya simpan datanya di smartphone. 

Saya juga terkadang beraktivitas ke luar kota. Terakhir pengalaman kemarin ke Surabaya, saya lupa tidak mengosongkan memr smartphone saya. Dan yang bikin gemas, ketika sengaja pergi ke roof top hotel yang pemandangannya luar biasa, hp saya full. Sama sekali tidak bisa ambil gambar. Akhirnya saya terpaksa menghapus beberapa foto agar bisa mengambil gambar. Gak kebayang, kan gimana kesalnya ketika hendak mengabadikan pemandangan atau momen indah, eh ada notifikasi memori penyimpanan anda habis. 

Nah, makanya penting banget untuk Back Up Data. Yup, hal yang kadang sering dilupakan. Padahal enggak begitu memakan waktu lama. Data-data #DibuangSayang jadi bisa terselamatkan.  Apalagi sekarang makin mudah loh back up data. Iya. Untungnya ada USB OTG Sandisk. Benar-benar praktis, nih ada #SandiskAPAC Wah, pastinya kudu punya nih USB yang satu ini. Oya, sebelum saya mengulas SanDisknya, saya tulis tentang hasil studi terkait pengelolaan data selular masyarakat Indonesia. 

Secara garis besarnya adalah, Perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp belakangan baru saja menerbitkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “ Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.



Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Western Digital Corp melalui brand naungannya SanDisk meluncurkan dua USB OTG (On The Go) sebagai solusi untuk penyimpanan dan backup data dengan mudah. Selain itu, mereka juga ingin mengedukasi pengguna smartphone untuk terbiasa melakukan backup data. Salah satu caranya adalah melalui lomba blogging untuk mengajak penulis dan blogger menulis dan berdiskusi tentang topik ini. Diharapkan lomba blogging ini akan menghasilkan tulisan-tulisan yang dapat menginspirasi kebiasaan mengelola dan menyimpan data dengan lebih baik. Demikian ya, teman-teman.

Ini SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 32 GB punya saya

Sekarang saatnya saya akan mengulas sedikit tentang Sandisk Ultra Dual Drive m3.0 yang saya miliki. Oya, sebelumnya ada macam tipe dari USB SanDisk ini ya. yaitu; SanDisk Ultra Dual Drive 3.0, SanDisk Ultra Dual Drive m3.0, dan SanDisk Ultra Dual Drive Type-C (Khusus untuk smartphone dedngan konektor tipe C). SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 adalah perangkat USB (Universal Serail Bus) yang memiliki drive ganda. Sebuah konektor micro-USB di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain. Dengan dual drive tersebut urusan mengakses dan memindahkan file lintas perangkat jadi lebih mudah.

Micro-USB milik SanDisk Ultra Dual Drive kompatibel dengan perangkat android yang memiliki fasilitas OTG (On The Go). Sementara USB 3.0 dapat digunakan secara langsung pada laptop, PC dan komputer Mac yang mengoperasikan Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Mac OS v10.6+ tanpa menggunakan perlu driver lagi.

Untuk urusan kecepatan, SanDisk USB 3.0 memiliki laju hingga 150 MB/detik, membuat kita dapat memindahkan banyak foto, video, film, dokumen, dan juga lagu-lagu hanya dalam beberapa detik. Kapasitas penyimpanan smartphone pun kembali luang dalam sekejap. Wow, asik banget, kan, ya. Bisa menyimpan data dan cekrak-cekrek lagi, hehe. 

Credit; SanDisk.id


Jangan khawatir nih, teman-teman, SanDisk bisa dibeli di toko-toko yang menjual aksesoris komputer, tapi kalau teman-teman malas keluar rumah, beli saja di Official Store SanDisk di Shopee. 
Banyak macam dan juga promo diskon yang bikin mupeng untuk beli SanDisk yang model lainnya. Apalagi ada promo bebas ongkos kirim. Buruan beli. Say mupeng yang 128 GB nya hehe. So, enggak perlu lagi bingung karena kehabisan memori smartphone. Kan, ada SanDisk.


2 comments

  1. Wah mantap banget otg sandisknya
    aku jadi pengen buat jaga2 kalo kepenuhan memori hp pas lagi asik2nya foto2 hehehe

    ReplyDelete
  2. Sepertinya tanggal 10.10 besok cocok buat berburu USB OTG SanDisk type M3.0 nih mbak, karena lebih unyuk dan bening. Karena di aku punyanya yg type 3.0 ekkekeke
    Tapi sama sama sih fungsinya buat backup data smartphone hehee

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)