Olimpiade Siswa Nasional (OSN) 2019 Ajang Kompetisi dan Penyaluran Bakat, Minat Dalam Bidang Sains Siswa Indonesia

Banner publikasi OSN 2019

Hai sahabat semuanya. Apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Pada postingan terbaru saya ini ingin berbagi pengalaman menghadiri acara bergengsi di Jogja, nih. Acara ajang kompetisi siswa Indonesia untuk menyalurkan potensinya, bakatnya, dan minatnya di bidang sains. Iya, acara OSN 2019 atau Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2019 jenjang pendidikan SD dan SMP yang dilaksanakan di Kota Yogyakarta, dan Sekolah Menengah Atas di Kota Manado, Sulawesi Utara, serentak dibuka hari ini oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, dan Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi. Penyelenggaraan OSN tahun ini berlangsung pada tanggal 30 Juni s.d. 6 Juli 2019, tema besar yang diangkat adalah “Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan”. Wah, seru pastinya ya. Simak ulasannya ya.

Saya dengan sahabat blogger Jogja, berkesempatan untuk hadir dan meliput acaranya. Senang sekali rasanya bisa melihat langsung acara OSN 2019 turut merasakan keseruannya. Merasakan gegap gempitanya para orang tua yang mengantar anak-anak mereka. Turut merasakan juga hilir mudik panitianya demi kesuksesan acara. Nah, untuk acara di Jogja, acara OSN terbagi di beberapa tempat. Diantaranya di hotel The Rich Jogja untuk OSN SD, hotel Alana Jogja untuk OSN SMP, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

foto dulu ya sebelum meliput acara lagi :)


Saya berkesempatan meliput opening Ceremony OSN SD di hotel Rich Hotel Jogja. Lokasinya di Jl. Magelang, dekat sekali Jogja City Mall. Senin pagi tanggal 1 Juli saya menuju The Rich Hotel dengan riang gembira. Iya, dong karena akan menyaksikan opening acara yang belum pernah saya datangi. Dan tentang OSN ini saya pun baru mengetahuinya dengan detail. Yah, inginnya sambil belajar juga. Siapa tahu anak saya kelak akan mengikuti OSN juga. Aamiin.

Suasana pagi sebelum acara opening ceremony

peserta, pendamping dan supporter memadati ruangan

Sampai di hotel disajikan dengan pemandangan yang luar biasa. Suasana sudah sangat ramai. Salut dengan panitianya dan semua kru yang terlibat. Acara dibuka oleh host yang penuh semangat dan bisa menghidupkan suasana ruangan. Sembari menunggu tamu undangan dalam hal ini adalah sekjen Kemendikbud. Yel-yel OSN dan lagunya pun digaungkan dan dinyanyikan oleh seluruh peserta yang terdiri dari siswa peserta dari berbagai propinsi se Indonesia dan juga semua pihak, termasuk para supporter di pintu ruangan yang memadati acara. Ajang kreasi pantomim dari SD Muh. Sapen pun membuat makin semarak acaranya.

Hiburan Pantomim dari SD Muh Sapen Jogjakarta

Menyambut kedatangan Sekjen dan juga para juri dan semua pihak, audien diminta berdiri. Menyanyikan lagu Indonesia raya pun menjadi rangkaian opening ceremony OSN. Sambutan dari Sekjen Kemendikud sekaligus mengawali openingnya. "OSN merupakan ajang silaturahim. Karena hari ini berkumpul para putra daerah terbaik di seluruh Tanah Air. Kalian terpilih sebagai yang terbaik dari yang terbaik. Karena ini ajang silaturahim marilah kita jalin komunikasi yang baik antar peserta. Insya Allah akan ada komunikasi, berbagi ide dan informasi yg akan menguntungkan satu sama lain. Karena pada dasarnya dalam iptek, semakin banyak yang diberikan kepada orang lain, maka pengetahuan kita akan semakin bertambah dan mendalam. Marilah kita bermurah hati memberikan pengetahuan kita kepada orang lain." Demikian salah satu kalimat kutipan sambutan dari Sekjen Kemendikbud makin memerikan semangat para peserta. Tak lupa doa pun dipanjatkan untuk kelancaran acara.

Peserta OSN SD dari Gorontalo bersemangat mengikuti acara. Sukses ya

Peserta OSN SD dari Kepulauan Riau

Kemudian acara live streaming siaran langsung opening ceremony OSN SMU di Manado pun digelar. Peserta menyaksikan melalui layar yang cukup besar dan lebar. Seakan merasakan dan turut berada di Manado. Mulai dari sambutan sekaligus pembukaan OSN 2019. Bahkan ada acara live demo praktek sains IPA. Pastinya diselingi dengan hiburan. Kemudian disusul dengan janji juri dan janji peserta OSN. Selamat berkompetisi!

Suasana Ujian Matematika SD
Credit: Sulis

Suasana Closing Ceremony, siswa memakai aju daerahnya masing-masing
Credit: Ardiba

Juara Emas untuk idang Matematika. Selamat ya!
Credit: Ardiba

Keesokan harinya kompetisi atau ujian pun dimulai. Kompetisi ada tiga bidang pelajaran yaitu IPA, Matematika, dan IPS. Suasana benar-benar steril dari kegaduhan. Bahkan peserta yang hendak ke kamar mandi untuk buang hajat pun dikawal oleh petugas. Wah, benar-benar ketat, ya. Awak media yang mau meliput pun dilarang masuk dan berlama-lama di ruangan ketika peserta mengerjakan ujian. Acara pun berlangsung hingga hari Jumat tanggal 5 Juli 2019, dan di tutup di dua hotel semula. Pastinya acara penutupan ini leih seru ya. Karena ada pengumuman para juaranya! Yeay, selamat untuk yang menang. Oya, seluruh peserta juga mendapat uang tabungan, loh. Dan yang juara mendapatkan uang tabungan plus uang hadiahnya. Wah, senangnya. Selamat sekali lagi. Teruslah berprestasi.

Info OSN 2019 secara lengkapnya bisa diakses di di sosial media sosial sebagai berikut:
twitter       : https://twitter.com/DikdasmenDikbud
Instagram  : https://www.instagram.com/dikdasmen_kemdikbud/


Sampai jumpa lagi. Semoga bisa hadir di OSN tahun depan ya


No comments

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)