Aktif dan Percaya Diri Dengan Menjaga Saluran Kemih Bersama Prive Uricran



Senang sekali bisa kembali hadir dalam event woman community. Event #WomensCommunity dari #Combhipar yang diadakan di kota-kota besar termasuk #Yogyakarta. Kali ini temanya adalah Aktif dan Percaya Diri dengan Menjaga Saluran Kemih. Wah, tema yang menarik ini. Menarik karena seringnya hal yang satu ini kadang dilupakan dan diabaikan. Terutama oleh para perempuan yang sangat rentan terkena penyakit ISK. Eh, tapi pria dan anak-anak juga bisa terjadi kena penyakit ISK, lho. 

Ngomongin soal Infeksi saluran kemih (ISK) saya pernah mengalaminya. Kira-kira tahun 2015 an. Ketika saya hamil Si Bungsu. Awalnya saya tidak merasakan gejalanya. Waktu itu hamil usia 4 bulan, Sampai suatu hari pinggang saya rasanya sakit banget. Saya kira itu karena susah buang air besar. Akhirnya saya ke klinik tempat dokter kandungan saya praktek.

Singkat cerita setelah diperiksa dan di USG, akhirnya dokter menganjurkan untuk test laboratorium. Akhiranya di tes lab, ternyata saya kena ISK. Wah, kok bisa? Saya tidak merasakan gejalanya secara rutin bahkan cenderung gak masalah soal area kemih. Buang air kecil pun lancar-lancar saja. Alhamdulilah tertangani. Meskipun terpaksa dengan minum antibiotik. Si bayi pun Alhamdulilah sehat-sehat. Nah mumpung ada kesempatan untuk belajar seputar ISK dan anyang-anyangan, saya datang, dong. Ada apa sih dengan ISK? Simak ulasan saya ya. 

Sabtu tanggal 13 Juli 2019 pagi yang cerah, saya berangkat menuju The Rich hotel Jogja. Hari yang penuh semangat karena akan menghadiri event keren. Dan tak kalah senangnya adalah ketemu dengan sahabat-sahabat blogger. Yeay! belajar sambil kumpul seru pastinya asik, ya.

isi goodiebagnya lengkap

host menyapa hadirin 

Acara dipandu oleh host dengan penuh semangat. Menyapa undangan yang hadir yaitu para ibu dan juga ada yang membawa anak dan suami. Wah, ramai ya. Sesi pertama adalah sesi pemaparan materi seputar ISK yang disampaikan oleh dr. M. Nurhadi Rahman, SpOG. Dokter. Beliau lulusan Fakultas Kedokteran UGM dan pastinya sudah berpengalaman. Dan juga Ibu Michella Talita selaku Brand Manager Prive Uricran. Serta ada cerita pengalaman dari Mbak Ika Puspita, seorang Mom blogger.

berfoto di spot cantik Uricran credit: @yoannafayza

Foto bersama sahabat blogger dan Mbak Ika Puspita credit: @sitihairul

Mengenal Seputar ISK

Terkadang kita sering melupakan hal-hal kecil yang sebenarnya penting. Seperti cara membersihkan organ penting secara benar, banyakin minum air putih, tidak menahan buang air kecil, dan tentu saja pola hidup sehat. Untuk para ibu hamil terutama, kudu ekstra hati-hati. Terutama pada awal masa kehamilan. Jika terkena ISK maka bisa mengancam janin di kandungan bisa menyebabkan keguguran dan pre eklamsia. 

Sesi talkshow dengan dokter Hadi

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Umumnya, ISK terjadi pada kandung kemih dan uretra. Berawal dari ginjal, zat sisa di dalam darah disaring dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Kemudian, urine dialirkan dari ginjal melalui ureter, menuju kandung kemih. Setelah ditampung di kandung kemih, urine kemudian dibuang dari tubuh melalui saluran pelepasan yang disebut uretra, hingga bermuara ke lubang kencing.

Untuk diketahui, jika berdasarkan bagian mana yang terinfeksi, ISK terbagi menjadi ISK atas dan ISK bawah. ISK atas merupakan infeksi yang terjadi di bagian atas kandung kemih, yaitu di ginjal dan ureter. Sedangkan ISK bawah adalah infeksi pada kandung kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan uretra.

Penyebab ISK

Selama ini saya belum begitu paham tentang penyebab ISK. Nah, di talkshow ini penyebab ISK sebagian  besar dari kasus yang dialami adalah karena bakteri, meskipun dapat juga disebabkan oleh jamur, dan pada kasus tertentu disebabkan oleh virus. 80%  kasus ISK terjadi karena adanya bakteri E-coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Bacteria E.coli adalah bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia dan dikelurkan melalui anus bersamaan dengan feses. Baceria E.coli dapat secara tidak sengaja masuk ke saluran kemih dan menempel di dinding saluran kemih. Jika didiamkan dapat menyebabkan ISK.

ISK atas lebih berbahaya dan dapat memicu urosepsis, yaitu kondisi ketika bakteri di ginjal yang terinfeksi menyebar ke darah. Urosepsis bisa mengakibatkan tekanan darah turun hingga syok, bahkan kematian. Wah kudu ekstra hati-hati ya. Kudu jaga saluran kemih dengan baik dan benar. 

Mengenal anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah kondisi yang sering dikaitkan dengan rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Atau dalam istilah medisnya, kondisi ini bisa disebut dengan nama disuria. Frekuensi buang air kecil umumnya akan menjadi lebih sering daripada biasanya, bahkan bisa mencapai dua kali dalam waktu satu jam. Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan selama buang air kecil bisa bervariasi pada setiap orang. Ada yang berupa rasa sakit, nyeri, hingga rasa panas atau seperti terbakar di area alat kelamin.

Seberapa umumkah anyang-anyangan? Anyang-anyangan bisa terjadi pada siapapun tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun, sebagian besar kasus anyang-anyangan pada wanita lebih sering terjadi dibandingkan pada pria, dilansir dari laman Emedicine Health. Resiko seseorang menderita kondisi ini akan semakin meningkat pada wanita karena wanita memiliki uretra (tempat keluarnya air kencing) yang cenderung lebih pendek sehingga mudah mengalami infeksi. Jika disuria terjadi pada pria, biasanya lebih sering menyerang pria dengan usia lebih tua.

Ciri - ciri terkena Anyang-anyangan

1. Ingin buang Air Kecil terus menerus.
2. Buang Air Kecil terasa sakit, nyeri dan sangat tidak nyaman. 
3. Buang Air Kecil tidak lancar.

Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Anyang - anyangan ?

1. Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus, dibandingkan pria.
2. Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah buang air kecil. Air bisa menjadi tempat bakteri. Cara membersihkan area kewanitaan yang kurang tepat. 
3. Lebih sering menahan buang air kecil, karena wanita perlu pergi ke toilet untuk BAK.
4. Resiko terekspos bakteri lebih tinggi. Contohnya melalui dudukan toilet, toilet kotor, dan sebagainya.

Tip Menjaga saluran kemih agar tetap sehat dan terhindar dari ISK 

Nah, agar terhindar dari penyakit ISK seperti baiknya kita melakukan hal-hal berikut:
1. Minum air putih yang banyak, sehari paling tidak 2 liter
2. Tidak menahan buang air kecil, upayakan diperjalanan pun tidak menahan BAK.
3. Menjaga kebersihan terutama di area kewanitaan
4. Membersihkan area kewanitaan dengan baik dan benar, yaitu dari depan ke belakang, bukan sebaliknya.
5. Menerapkan pola hidup sehat secara konsisten
6. Rutin minum Prive Uricran

Mengenal Prive Uricran

Apa itu Uricran? Uricran adalah ekstrak Cranberry yang dapat mencegah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih serta ISK berulang. Konsumsi Uricran dapat membantu mencegah anyang-anyangan dan ISK. Nah uricran ini ada dua varian, uricran kapsul dan uricran plus. Berikut komposisinya, ya.


Uricran Capsule

Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box

Uricran Plus

Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box

Saya membeli uricran  plus dengan memanfaatkan diskon produk uricran pada saat event berlangsung

Mengenal Cranberry
Buah cranberry telah lama diteliti dan digunakan di dunia, yang terbumti efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin ( PAC ) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih. Jadi, bakterinya akan susah menempel alias terpeleset jika bertemu dengan PAC ini. Namun sayangnya,  Cranberry tidak mudah untuk di peroleh di Indonesia, karena alasan sebagai berikut: 
1. Cranberry tidak umum dijual di pasar maupun supermarket.
2. Kalaupun ada sebagian besar adalah produk impor  dan itu harganya mahal.
3. Tidak praktiskarena rasanya yang asam membuat Cranberry sebagai obat yang harus diolah terlebih dahulu menjadi jus atau pun olahan lainnya. 

Credit: @uricran.id

Adapun cara kerja Cranberry  adalah mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih (teflon effect ). Cranberry sebagai pilihan alternatif non antibiotik profilaksis yang dapat mengurangi angka kejadian infeksi E-coli pada saluran kemih sebesar 36% serta menurunkan 58% angka kejadian infeksi Saluran kemih berulang. Wah, menarik ya. Jujur saya baru paham tentang cranberry ini. Ternyata manfaatnya luar biasa.

Pemaparan dari brand actiation Manager Combhipar, Ibu Dyah 


Berfoto untuk menerima hadiah
credit: @ardiba

Foto bersama hadirin dan narsum. Sampai jumpa lagi
Credit: @sitihairul

Acara diakahiri dengan makan siang, sembari pengumaman lomba di sosial media. Alhamdulilah saya menjadi salah satu pemenang instagram competition. Dilanjutkan dengan pengundian doorprize dan juga pengumuman tentang mekanisme lomba blog. Hadiahnya menarik, euy. Oya, ada kuisnya juga loh. Ingin tahu lebih banyak tentang ISK dan manfaat Uricran untu tubuh kita? Langsung cus saja ke website http://www.uricran.co.id/ dan sosial medianya, ya. Ada kuis berhadiah tiket ke acara puncak Uricrevent, loh. Infonya cus ke akun instagram @uricran.id dan jawab pertanyaannya di kolom komentar. Sertakan hastag #Uricran. Selamat berlomba dan semoga menang, ya!




Sumber:
Makalah talkshow prive uricran
http://www.uricran.co.id
@uricran.id
https://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih
https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-kewanitaan/penyebab-anyang-anyangan/


21 comments

  1. Pokoke super duper loooveee sama Prive Uricran ini
    Karena emang berfaedah banget meminimalisir anyang2an
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Kalau minum urican itu emang banyak yang rekomendasikan karena bisa bikin bebas dari anyang-anyangan :). apalagi minum saat dingin tuh segar

    ReplyDelete
  3. ISK bukan cuma bahaya bagi diri sendiri tapi bahaya juga bagi janin. Seram, ya. Jaga kesehatan itu wajib. Btw, itu Uricran kok kayaknya segar, ya.

    ReplyDelete
  4. Anyang2an itu emang bikin gak enak banget ya mbak, harus bolak-balik ke kamar mandi. Dan prive uricran ini recommended banget, bisa jadi solusi menyembuhkan anyang2an, bahkan bisa menjaga saluran kemih agar tetap sehat.

    ReplyDelete
  5. Infeksi saluran kemih memang sungguh menyiksa dan menganggu. Untungnya mpo Suka minum air putih dan bisa kebiasaan tahan pipis di hilangkan dengan bawa tisu basah saat pergi keluar

    ReplyDelete
  6. Kita terkadang suka menyelelekan saluran kencing ya mba.. kalau udah infeksi baruuu terasa skit

    ReplyDelete
  7. Bisa bawa anak atau sekalian suami senang banget. Saya selalu mencari event yang begini nih. Jadi selalu boyongan datangnya hahaha
    Saya juga pernah mengonsumsi uricran. Hasiatnya memang terasa. Semoga tidak lagi kena anyang-anyangan ah

    ReplyDelete
  8. Sekilas hal remeh ya anyang-anyangan ini tapi kalau dibiarkan bisa mengganggu kesehatan juga. Buat para perempuan yang berisiko kena ISKnya lebih tinggi harus bisa menjaga kesehatan ya terutama gak menahan pipis supaya terhidar dari penyakit ini.

    ReplyDelete
  9. Walah baru tahu ada event ini di Yogya.
    Dapat banyak ilmu yaa mengenai ISK dan cara penanganannya. Seru banget pasti yo mba

    ReplyDelete
  10. Aku beli lo Uricran plusnya kemarin. Buat persediaan di rumah sama kalo traveling

    ReplyDelete
  11. Uri cran memang ampuh mengatasi anyang-anyangan, Mba. Saya sudah membuktikannya 👍

    ReplyDelete
  12. Uricran tu obat anyang-anyangan yang rasanya seperti sirup. Enak, jadi nggak terasa minum obat malah. Hihi...

    ReplyDelete
  13. Kalau kena ISK emang gak nyaman sih. Pernah soalnya krn dulu auka nahan pipis dan kurang minum. Untungnya uricran ini bisa mengobati ya. Pernah minum uricran jg, enak rasanya gak kyk minum obat.

    ReplyDelete
  14. Wah cuma nyeri pinggang aja ya pertanda kena ISK.Alhamdulillah mba Nunung udah sehat ya. Aku sejak kenal Uricran jadi suka nyetok karena sering pakai toilet umum, mbak

    ReplyDelete
  15. Saya takut kalau kena anyang-anyangan lagi. Bisa sampai nangis karena gak tahan sakitnya.

    ReplyDelete
  16. Duh kebayang gak nyamannya ya kalau sakit anyang2... mdh2an an jgn sampe pernah ah..

    ReplyDelete
  17. aku suka minum ini mba, soalnya kemaren sempet kena anyang-anyangan. trus diminum dingin tuh enak dan seger banget ya

    ReplyDelete
  18. Ramenya ini event seru banget ya Mba Nunung
    Dapet ilmu soal uricran, mengatasi anyang-anyangan yang tepat juga.
    Setahunan lalu aku pernah kena, alhamdulillah ada uricran aku jadi sembuh

    ReplyDelete
  19. Meriah euyy merah-merah :D btw besok di Surabaya juga ada agenda inii.. mau ikut tapi sayang nggak bisa datang huhu. Keren nih uricran roadshownya, ngasih edukasi tentang pentingnya menjaga saluran kemih untuk perempuan :)

    ReplyDelete
  20. Aman kan ya buat ibu hamil?
    Saya sempat was was karena khawatir ganggu janin apalagi ini obat minum

    ReplyDelete
  21. Udah nyetok uricran dong, gamau lagi kena anyang-anyangan. Gak enak soalnya. Apalagi sekarang udah tau bahayanya kalau nggak bisa mendeteksi secara awal gangguan di kandung kemih.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)