Bersyukur dengan Ovarium Satu


Aku mengalami perdarahan hebat waktu itu dan dokter mengatakan bahwa aku mengalami hamil diluar kandungan (kehamilan ektopik) yang terjadi bila sel telur yang telah dibuahi tidak melekat di rahim tetapi di tempat yang berbeda yaitu di saluran telur (tuba falopi), indung telur, leher rahim atau rongga perut. Bila embrio melekat di saluran telur, maka pertumbuhan embrio akan menyebabkan saluran telur membengkak atau pecah. Ini yang terjadi padaku karena perdarahan yang terus menerus, tentu akan mengancam jiwaku, dokter menyarankan untuk segera operasi. Dan ternyata, operasinya tidak hanya pengangkatan janin didalam saluran telurnya tetapi harus dipotong dan otomatis salah satu ovarium saya (sebelah kiri ) harus dibuang karena mengantisipasi terulangnya kembali hamil ektopik seperti yang terjadi pada kasus kehamilan ektopik lainnya yang tidak dipotong, ada yang terulang kembali sampai dua atau tiga kali.

Aku dan suamiku hanya bisa pasrah. Pasrah karena mungkin ini adalah jalan yang terbaik bagi kami. Pasca operasi, aku merasa ada yang hilang dari diriku, yah aku telah kehilangan calon anakku yang kedua. Kesedihan menyelimutiku. air mata ini mengalir deras ketika melihat janinku yang sudah diangkat dan ditaro dalam botol kecil. Botol itu kemudian diserahkan kepada suamiku untuk segera dikubur janinnya. Ukurannya masih sangat kecil, umurnya kurang lebih enam minggu. Selamat jalan anakku, Insya Allah engkau akan menjadi tabungan kami di surga. Aamiin. Doaku dalam hati dengan linangan air mata. Menahan semua sesak di dada, dan ditambah lagi dengan rasa sakit pasca operasi.
Hidup dengan ovarium satu awalnya sangat sedih dan berat bagiku. Karena aku dan suamiku masih ingin mempunyai anak dua, tiga, atau empat lagi. Sungguh aku takut sekali kalau nanti aku  tidak bisa hamil lagi. Seperti temanku yang pada kasus yang sama sepertiku, tetap belum hamil lagi meski anaknya sudah hampir lulus kuliah. Walau ada kasus lain yang akhirnya bisa punya anak lagi, aku tetap merasa khawatir.
Alhamdulilah kekhawatiran ini tidak menjauhkan aku untuk selalu bersyukur. Bersyukur bahwa aku masih bisa selamat, walau harus operasi dan membutuhkan beberapa kantong darah. Bersyukur aku sudah dikarunia seorang putri yang cantik. Tidak semua pasangan suami istri bisa memiliki keturunan, bahkan dengan program bayi tabung pun, ada yang tetap gagal untuk memilki anak. Karena memang, mempunyai anak atau tidak adalah rahasia Allah. Manusia hanya bisa berusaha dalam wilayah yang dikuasainya. Kuncinya adalah tetap mensyukuri apapun kondisi yang terjadi pada kita. Sulit sekali memang, seperti yang aku rasakan sendiri. Jika lelah, ataupun berduka, keluhan-keluhan terucap juga dari bibirku. Kalau sudah begitu, suamiku segera menegurku dan menasehati aku. “Sayang, jangan mengeluh ya…banyak yang lebih susah dari kita, lihatlah diluar sana, orang yang tidak bisa merasakan nikmatnya tinggal disebuah rumah, makan dengan enak dan juga tidak semua bisa merasakan kelucuan dari seorang anak…kita sudah menikmati itu semua, sudah sepantasnyalah kita selalu bersyukur.”
Betul, hati yang senantiasa bersyukur akan semua karuniaNya, akan membuat kita selalu bahagia dan merasa cukup. Dan insya Allah aku akan terus mensyukurinya walau hidup dengan ovarium satu, tidak membuatku  berputus asa untuk mempunyai anak lagi. Ikhtiyar dan doa serta tawakkal harus kita canangkan dan selaraskan dalam hidup, sebagai wujud syukur kita pada apa yang dianugerahkanNya.
Aku banyak membaca kisah wanita-wanita yang ternyata bisa hamil dan mempunyai anak, walau hanya punya satu ovarium. Satu ovarium, bukan kendala untuk bisa hamil. Sebuah kisah yang sangat memotivasiku, kisah seorang artis Shahnaz Haque yang menderita kanker pada salah satu ovariumnya dan harus diangkat, tetapi akhirnya dia bisa merasakan hamil dan lahir dari rahimnya anak-anak yang lucu, tiga putri cantik. Subhanallah. Kisah ini sangat menyentuhku. Tidak ada rasa putus asa atau bersedih dengan apa yang menimpa kita. Justru kita tidak boleh terpuruk dengan segala ujianNya.      
Subhanallah…Allah mengabulkan doaku, doa suami dan doa seluruh anggota keluarga besarku serta doa dari sahabat-sahabatku. Aku hamil lagi! hamil pasca operasi. Hamil dengan ovarium satu. Dalam waktu kurang dari dua tahun, aku kembali bisa merasakan morning sick, mual-mual pada trimester awal, dan gerakan serta tendangan hebat janin diperutku. Aku bahagia sekali…syukurku padaNya yang masih memberiku rizki dan amanah ini.
13 Januari 2009, seorang bayi perempuan cantik lahir dari rahimku, normal dan sehat. Aku dan suamiku menangis, menangis haru dan penuh syukur. Walau keinginanku berharap melahirkan bayi laki-laki. Tapi, itu terkikis, karena diberikan kesempatan untuk hamil lagi dan melahirkan normal saja, sudah sangat membahagiakanku.
Syukurku bertambah besar, ketika aku melihat dua garis merah pada test pack kehamilan ditanganku. Aku terpana, tidak percaya, kaget dan entah perasaan apalagi yang menyelimutiku waktu itu.. Di usia hampir 6 bulan putriku keduaku, aku hamil lagi! Subhanallah…Allahu Akbar! Kebahagiaanku dan rasa syukurku mengalahkan rasa khawatirku. Bagaimana tidak khawatir, aku masih menyusui, dan putri keduaku masih berhak akan ASI. Bismillah, aku yakin aku akan bisa melewatinya. Alhamdulilah aku lalui hari demi hari kehamilanku dengan kuat dan sehat, aku butuh asupan makanan yang lebih karena aku hamil sambil menyusui.
Sampai di usia 5 bulan kandunganku, aku mengalami kontraksi hebat. Seperti mau melahirkan. Ketakutan dan kekalutanku terus menderaku. Aku takut kalau bayi ini akan lahir prematur, lahir di usia yang masih sangat sulit untuk bertahan hidup. Karena pada usia 5 bulan janin belum siap lahir ke dunia, janin masih dalam proses penyempurnaan paru-paru dan sistem pernafasan. Ukurannya pun berkisar 20,5 cm dan beratnya masih kurang lebih 300 gram. Tentu saja akan kesulitan untuk bertahan hidup. Walau ada bayi lahir prematur yang lahir diusia lima bulan yang selamat dengan perawatan yang intensif selama berbulan-bulan.
Akhirnya suamiku membawaku ke klinik tempat biasa aku memeriksakan kandungaku. Tidak ada lendir atau darah dari jalan lahirku, semua masih normal. Denyut jantung sang bayi juga bagus. Rupanya aktivitas hamil dengan menyusui adalah salah satu pemicu bagi kontraksinya rahimku. Ditambah lagi, aku sulit untuk buang air besar. Jadilah bertambah sakitku. Aku harus bedrest total, dengan cairan infuse yang mengalir ditubuhku. Aku harus  opname di klinik selama masa pemulihan. Setelah beberapa hari diklinik kesehatanku mulai membaik. Dokter menyarankanku agat tidak menyusui lagi, tentu saja makan makanan yang berserat karena masalah utamaku adalah sulit untuk buang air besar. Alhamdulilah, aku bisa melewatinya, bayiku masih bertahan dan kondisiku mulai pulih.
Tepat jam 4 subuh tanggal 30 April 2010 lahir ke dunia ini, seorang bayi dengan berat 3, 8 kg dan panjang 49 cm. Suamiku yang sedari tadi menemaniku selama proses persalinan, dia mengecup keningku dan menggemgam jemariku, “Terimakasih ya, bayi kita laki-laki.” Kata suamiku pelan dan sambil tersenyum penuh rasa syukur. “Alhamdulilah…Allahu Akbar…” aku tak hentinya mengucap syukur, keinginan untuk mempunyai anak laki-laki terkabul juga. Aku menangis, karena bahagia. Terimakasih ya Allah…Engkau beri rizki tak ternilai ini.
Aku teringat akan sebuah ayat “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)
Mensyukuri apa yang terjadi pada diri kita, ikhlas dan selalu mengharap ridoNya, Allah akan menambahkan nikmat bagi hamba-hambaNya yang bersyukur. Yah, aku sendiri telah membuktikannya…walau ovariumku tinggal satu, tapi aku masih bisa hamil dan punya anak lagi, janji Allah tidak pernah ingkar. Subhanallah!




Anak-anakku...penyejuk mata kami...




nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

76 komentar untuk "Bersyukur dengan Ovarium Satu"

Comment Author Avatar
baru sempet baca yang ini mbak Nunung... subhanallah, mengharukan dan sangat menginspirasi.. selamat ya, sudah dikaruniai Allah anak-anak yang lucu dan pinter :)
Comment Author Avatar
Aamiin...Syukron mbak Diah...doa yang sama buatmu ya...:-) makasih dah mampir...:-) *big hug
Comment Author Avatar
Subhanallah Ya Allah..sy nangis membacanya..semoga sy bisa sprti mbak diah..sy jg hbis KET dan sisa ovarium kanan sy..tapi sy mnsyukuri smua ini krn Allah masih memberi kesempatan kpda saya untuk bisa sehat kembali.semoga kisah in lebih membesarkan hatiku dan tetap ikhtiar dijln Allah..
Comment Author Avatar
Masa allah....sy baca ini hati sy senang skali karna sy juga pernah KET pd 2015 akhir tp smpai sk4ng blm d kasih kepercayaan lg.sy terinspirasi bangat. Muda2han allah beri kemudahan juga pada sy ya..doakan sy juga ya bun semoga sama seperti bunda
Comment Author Avatar
Wah ternyata tulisan yg di majalah Ummi ini udah diposting disini..Padahal pas mbak posting gambarnya itu, sy mau nanya gimana ceritanya mbak..Wah menyentuh banget ceritanya mbak..Bener2 Allah Maha Pemurah ya..Bnyk sekali nikmat yg udah dikasih..Dan kl qt berpikir positif ke Allah, malah dikasih sama Allah ya,,Barakallah mbak,, :)
Comment Author Avatar
ini udah diposting sejak 26 desember 2012 mbak, pertengahan januari 2013 saya edit, dan kirim ke UMMI, maret dah dimuat. Alhamdulilah akahirnya naskah ini ketemu jodohnya. :-)btw, yup betul mbak Allah Maha baik, maha Segalanya. jazakilah dah berkenan mampir dan baca kisahku...:-)
Comment Author Avatar
cedih bacanya mb e
alhamdulillah sekarang nambah lagi :)
Comment Author Avatar
he..he iya kalau ingat operasi itu rasanya luar biasa...iya, ini aku juga tak percaya, alhamdulilah.
makasih ya dah mampir, semoga Azzam segera punya adik yang buaaanyak Aamiin...:-)
Comment Author Avatar
Wah... sama seperti saya mbak. Saya juga hanya memiliki 1 ovarium. Diangkat sewaktu operasi hamil di luar kandungan :(
Kejadiannya sudah 2 tahun yang lalu, tapi sampai sekarang belum mendapat kesempatan untuk hamil lagi :(
Saya udah punya dua anak, Sepasang Cewek n Cowok. tapi pengen rasanya nambah 1 lagi, hehehe
Comment Author Avatar
semoga disegerakan ya mbak...pokoknya jangan berhenti berharap dan usaha tentunya...makasih ya dah mamapir...salam kenal...:-)
Comment Author Avatar
oiya blom liat ini selamat yaaaaa kerenn
Comment Author Avatar
makasih Mak Hana...i love you...^_^
Comment Author Avatar
Bunda nunung aku baru 1 minggu ini operasi krn kehamilan ektopik dan sekarang indung telur ku tinggal yang kiri. Tulisan bunda ini sangat menginspirasi dan memotivasi saya, dan ga larut dlm kesedihan. Sy jadi yakin kl saya bisa hamil lg walau dg 1 indung telur. InsyaAllah... semoga Allah mengizinkan saya dan suami untuk memiliki anak :)
Comment Author Avatar
Aamiin...yup! kudu yakin mbak... tetap ikhtiar tentunya...berdoa tak hentinya pada Allah Sang Maha pengabul doa. saya doakan segera ya mbak...terimakasih sudah mampir...^_^
Comment Author Avatar
Subhanallah mba..aku jg pernah mengalaminya indung telurku hanya 1 aku sedih tp aku bersyukur aku masih sehat smpai saat ini,meski Allah blm m'beriku keturunan tp aku tetep b'syukur karena suamiku sngat mencintaiku dgn sgala kekuranganku.:)
Sdh 2th lebih pasca operasi itu berlalu..Allah blm m'berikan keturunan..mungkin Allah punya rencana lain untukku,,Smoga kelak doaku dijabah olehNYA..Ψ’Ω…ِيّΩ†ْ... Ψ’Ω…ِيّΩ†ْ Ψ’Ω…ِّيْΩ†َ يَΨ§ Ψ±َΨ¨َّ Ψ§Ω„ْΨΉَΨ§Ω„َΩ…ِيْΩ†َ
Terimaksih kisahnya mba,sdh me'inspirasiku utk tetap dan trs b'syukur. :)
Comment Author Avatar
Aamiin...
yup, sama2 mbak...semoga kesabaran mbak selama 2 tahun akan berbuah manis. tetap yakin doa dan ikhtiar tiada henti. selalu bersyukur akan menjadi penyemangat hidup juga.

btw, makasih ya dah mampir...^_^
Comment Author Avatar
Subhanallah, Alhamdulillah mbk.....setelah operasi mbk promilnya apa?
Comment Author Avatar
Alhamdulilah belum promil apa2 mbak Ita, langsung positif aja. sekarang saya dah nambah lagi, jadi punya 3 anak lagi setelah operasi.
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Salam kenal mbak...:-)

wah, hampir sama kasusnya ya...

btw, yup. betul. kita harus tetap yakin. bersyukur dan tentunta, ikhtiar tiada henti.
jangan pernah menyerah ya...

SEMANGAT! :-)
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
assalamu salam wrwb. salam knal mbak... saya baru operasi krn hamil diluar kandungan (bayinya di saluran telur) jd dipotong juni lalu... skr sdh 27 hari blm dpt db.. pdhl siklus sy biasanya pendek sekitar 17-20 hari.. klo ba' da operasi bisa merubah siklus kah?? skr juga ovarium yg pya saluran telur cuma 1... :)
Comment Author Avatar
waalaikumsalam...mohon maaf baru sempat balas. Salam kenal kembali mbak...:-) ya, bisa saja itu terjadi mbak...gimana kondisinya sekarang?
Comment Author Avatar
Assalamu'alaykum.
salam kenal mba nunung.
Alhamdulillah, stelah sya baca kisah mba, jdi tambah semangat terus & tetap yakin sma Allah.
krn pengalaman mba nunung, sma dg pengalaman sya sndri yg belum lma ini d pertengahan bln February lalu.
Afwan mba, pasca SC KET, mba promil apa sja & apakah mba nunung pernah d hSG?
Comment Author Avatar
waalaikumsalam...salam kenal kembali...maaf baru respon. Alhamdulilah, saya waktu ndak promil apa2 mbak..tau2 positif. Saya belum pernah di hsg
Comment Author Avatar
Assalamu'alaykum.
salam kenal mba nunung.
Alhamdulillah, stelah sya baca kisah mba, jdi tambah semangat terus & tetap yakin sma Allah.
krn pengalaman mba nunung, sma dg pengalaman sya sndri yg belum lma ini d pertengahan bln February lalu.
Afwan mba, pasca SC KET, mba promil apa sja & apakah mba nunung pernah d hSG?
Comment Author Avatar
Mba.. 11 hari lalu sy melahirkan via SC dg ibdikasi placenta akreta..jdi penempelan plqcenta dirahim. Dan rahim saya diangkat separo juga. Apa hal ini sama halnya dg mba yg ovarium nya diangkat?
Comment Author Avatar
wah...saya kurang tau mbak...saya yang diangkat hanya satu saluran telurnya saja. Rahim saya ndak papa.
Comment Author Avatar
subhanallah,ibu sangatlah beruntung,maha suci ALLAH dgn segala firmannya,saya adlh wanita (27th)yg hidup dgn satu sel telur seperti ibu,dan sudah mengalami keguguran setelah 4th pasca pengangkatan ovarium saya (19th).
Comment Author Avatar
Syukron mbak Umyaby, ya saya sangat bersyukur. Btw, bagaimana kondisinya sekarang?
Comment Author Avatar
Mba nunung,,,
sya sampai nangis denger ceritax,,,
krna sya blum di karuniai anak,,
apa lgi sya harus operasi kista ovarium n saluran tuba fallopi di potong,,, kta dokter kemungkinan kecil untuk hamil secara alami,, dan indung telur saya tinggal satu, dokter menyarankn sya untuk program bayi tabung,,
tapi sya tetap yakin,, sya pasti bisa hmil secra alami,,
krn sya yakin Allah itu akn memberikan yg terbaik dlm hidup saya,,
dri cerita mba nunung,m sya mnjdi semangat n trus berdoa n berusaha,,
doa kn sya ya mba,, agar sya jga bisa meraskan memiliki bayi,,
Comment Author Avatar
yup. insya Allah mbak...btw, ikhtiar secara alami dulu. insya Allah jika Allah berkehendak, masih bisa hamil lagi mbak. yakin dan doa plus ikhtiarnya gak berhenti. btw, selain batab, insem juga bisa kan? semoga segera positif ya mbak...salam kenal. makasih dah mau baca dan komen di blog saya...:)
Comment Author Avatar
Ya Allah mak Nunung, baru tahu lhooo kalau mak Nunung dalam kondisi hanya satu ovarium. Salut mak, tetap bersykur dan nikmatnya tiada tara yaaa
Comment Author Avatar
Assalamu'alaykum. Mba nunung, slam kenal, sya lathifa. Ketika sya baca tulisan mba,, kisah kita sma mba. Klo sya tuba yg kanan d potong, jdi tinggal yg kiri. Selang 3 bln pasca operasi hamil ektopik thn 2015 alhamdulillah sya positif hamil, tpi qadurullah, hanya bertahan smpai 5mggu lebih sja dan keguguran spontan. Dan d awal thn, alhamdulillah sya hamil kembali, tpi Allah msh belum mengizinkan smpai lahir, sya pun keguguran lgi d usia kandungan yg sma 5mggu 4 hri. Pasca keguguran, sya pun d suruh dokter utk tes darah lengkap. Hasilnya negatif semua utk torch, rubella dan cmv. Utk skrg sya jga masih menunggu hadirnya amanah dri Allah d keluarga kami dg penuh kesabaran & keikhlasan. Ohya mba nung, ketika hamil lgi, promil alaminya sprti apa ya mba? ��
Comment Author Avatar
saya gak melakukan promil apa2, mbak. Hehe, semua tanpa rencana. pasrah Lillah. yang pasti,umumnya jika promil, semua kudu upayakan hidup sehat, dan makan yang baik. dari kedua belah pihak, yaitu suami dan istri. banyak baca dan konsul ke dokter yang berkompeten juga gak ada salahnya.

btw, tetap semangat, ya. Ikhtiar tanpa putus. Semoga segera diijabah ya, mbak. Aamiin
Comment Author Avatar
Assalamualaikum bunda nunung....cerita hampir sama dgn saya.saya jg hamil 1 ovarium ank kedua alhmdlh putriku sehat dan skrg baru ada tanda2 kehamilan lagi semoga nanti diberi anak laki2.salam kenal ya bunda nunung...
Comment Author Avatar
Assalamualaikum bunda nunung....cerita hampir sama dgn saya.saya jg hamil 1 ovarium ank kedua alhmdlh putriku sehat dan skrg baru ada tanda2 kehamilan lagi semoga nanti diberi anak laki2.salam kenal ya bunda nunung...
Comment Author Avatar
waalaikumussalam...waah senangnya. Alhamdulilah, ya, Mbak. semoga diijabah doanya.

salam kenal, makasih sudah berkunjung :-)
Comment Author Avatar
SubhanaAllah, saya baru sebula yg lalu tepatnyatgl 28 oktober oprasi hamil ektopik dan ovarium sebelah kiri harus diangkat .saya juga pengen punya anak lagi tapi masih trauma takut terjadi lg hal yg sama, secara usia ki skr sudah 37 th.
Comment Author Avatar
Semamgat mbak...pasti bisa insya Allah. Semoga segera dikasih lagi ya...Aamiin
Comment Author Avatar
Mba minta updatenya apakah pasca operasi ket dan dgn usia 37th akhirnya bs hamil ga? Minta emailnya jg ya kl blh sharing. Thx u
Comment Author Avatar
Mba minta updatenya apakah pasca operasi ket dan dgn usia 37th akhirnya bs hamil ga? Minta emailnya jg ya kl blh sharing. Thx
Comment Author Avatar
Mbak Sisil tanya sama siapa? Sama mbak unknown itu ya? Btw, usia 37. Itu masih bisa hamil, Mbak. Saya hamil anak kelima ini ya usia jelang 37. Saya pasca ket, punya anak 4
Comment Author Avatar
SubhanaAllah, saya baru sebula yg lalu tepatnyatgl 28 oktober oprasi hamil ektopik dan ovarium sebelah kiri harus diangkat .saya juga pengen punya anak lagi tapi masih trauma takut terjadi lg hal yg sama, secara usia ki skr sudah 37 th.
Comment Author Avatar
Subhanallah Mba ceritanya sama seperti saya.. saya hanya memiliki satu ovarium saya ingin seperti mba bisa hamil lg anak kedua dan ketiga dengan sehat.. mohon doanya ya mba saya beserta suami ikhlas dan selalu bersyukur apa yang sdh diberikan Allah SWT saat ini mdh2an doa dan keinginan saya terkabul aamiin
Comment Author Avatar
Allahumma Aamiin...Insya Allah, Mbak. Allah akan memberi balasan yang baik bagi hambaNya yang sabar dan ikhlas akan ketentuan-Nya. Semangat!
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum mba nunun.. salam kenal ya. Alhamdulillah ketemu web ini.. tgl 27jan 2017.. sy hbis menjalaknkan operasi Ket usia janin 8minggu.. kehamilan pertama. Stelah baca kisah mba nunung.. sya jd termotivasi utk bisa hamil lg hehe. Yg terpenting kan ikhtiarnya ya mba, hasilnya allah yg menentukan
Comment Author Avatar
Waalaikumussalam. Salam kenal kembali...

Alhamdulilah, semoga segera diberi ganti yg lebih baik oleh Allah ya mbak. Semangat!
Comment Author Avatar
Terima kasih Mbak Nunung, mohon ijin copas link tulisan mbak di blog saya ya....
Salah satu tulisan yang menginspirasi dan memberi semangat kepada saya setelah tanggal 12 Mei 2017 lalu menjalani operasi KE..... Semoga saya senantiasa bisa bersyukur dan selalu optimis dan semoga Allah memberikan kami buah hati lagi dengan proses kehamilan dan kelahiran yang sehat , lancar dan normal Amiiinn...
Comment Author Avatar
Subhanallah Ya Allah..Allahu Akbar..sy meneteskan air mata ketika membaca artikel dari mbak Nunung..sy jg mengalami KET 2 minggu yg lalu dan sy masih dlm proses pemulihan..semoga sy bisa sprti mbak..slma in sy aku stress dan down..tp setelah sy mbaxa artikel mbak sy langsung kuat dan terinspirasi bahwa sy tdk bisa pesimis.Krn smua in atas kehendak ALLAH dan sy hrus Yakin bahwa Allah Maha segalanya,jika dia. Sdh brkehendak apapun itu pasti akan trkabulkan..Mohon do'anya mbak semoga sy bisa sehat kembali dan secepatnya diberi Amanah lgi..Aminnn Ya Allah..
Comment Author Avatar
Aamiin... semangat terus ya Mbak
Comment Author Avatar
Subhanallah Mba Nunung, kisah nya sangat memotivasi sekali.. setelah menunggu setahun dari pernikahan saya akhirnya saya hamil, perasaan bahagia tdk bsa tergambarkan saat itu namun Allah memiliki rencana lain utk saya, dikehamilan pertama saya mengalami BO sehingga harus di kuret, dan 2bulan setelahnya saya hamil kembali tapi kehamilan ke dua saya ini mengalami KET dan 2 minggu lalu di tanggal 25 september saya operasi laparatomi untuk pengangkatan janin dan pemotongan tuba kiri saya.. Saya tetap yakin Allah memiliki rencana yg indah untuk saya, setelah saya membaca blog Mba ini saya semakin yakin masih ada kesempatan utk saya bisa hamil kemvali. Smoga kelak Allah percayakan kembali kepada saya untuk memiliki kehamilan yg sehat dan bisa melahirkan anak2 hebat.. Aamiin Allahumma Aammiin.

Comment Author Avatar
Aamiin... semangat terus, ya Mbak
Comment Author Avatar
Subhanallah Mba Nunung, kisah nya sangat memotivasi sekali.. setelah menunggu setahun dari pernikahan saya akhirnya saya hamil, perasaan bahagia tdk bsa tergambarkan saat itu namun Allah memiliki rencana lain utk saya, dikehamilan pertama saya mengalami BO sehingga harus di kuret, dan 2bulan setelahnya saya hamil kembali tapi kehamilan ke dua saya ini mengalami KET dan 2 minggu lalu di tanggal 25 september saya operasi laparatomi untuk pengangkatan janin dan pemotongan tuba kiri saya.. Saya tetap yakin Allah memiliki rencana yg indah untuk saya, setelah saya membaca blog Mba ini saya semakin yakin masih ada kesempatan utk saya bisa hamil kembali. Smoga kelak Allah percayakan kembali kepada saya untuk memiliki kehamilan yg sehat dan bisa melahirkan anak2 hebat.. Aamiin Allahumma Aammiin.

Comment Author Avatar
Saya jg KET mbak.. 21/10 lalu operasi laparatomi. Kehamilan pertama penantian 1thn. Setelah tau 2 garis kami senengnya bersyukurnya luar biasa mbak, tp apa daya yg diatas punya rencana lain yg menurutNya lbh baik. Mohon doanya ya mbak yg skrg sy msh dlm masa pemulihan. Kami yakin sesudah kesulitan Allah menjanjikan kemudahan. Semoga kisah mbak bs memotivasi sy utk lbh bersyukur lg, msh diberi keselamatan & kesehatan
Comment Author Avatar
Sy jg KET mbak,kehamilan pertama penantian 1 thn. Pada 21/10 kmrn habis operasi laparatomi, dan skrg dlm masa pemulihan. Smg kisah mbak bs menjadi motivasi sy & sy percaya sesungguhnya sesudah kesulitan itu Allah menjanjikan kemudahan
Comment Author Avatar
Assalamualaikum.. Mba nunung,, mmbca tulisan mba,mmbuat sy menangis haru,krn sy pun prnh mngalami hal sama sprti mba,1 mret 17 kmren sy br oprasi sc krn bayi sy d luar kandungan,yg mngakibatkan tuba kiri sy pun d angkat, Sy smpt putus asa untuk mmpunyai anak lg,krn sy trauma dan rasa tdk prcya sy bs hamil lg,tp dg kuasa allah 5bln stlh sc sy hamil lg,,skr sy sdang mngandung 5bln,untk anak ke-3 sy,smoga sy d beri kkuatan,ksehatan,kelancaran smpai 9bln dan lahiran nnti sm sperti mba.
Sy yakin kuasa Allah,,tak ada yg tak mungkin, dan allah maha baik.Smoga ibu2 yg prnh mngalami sprti sy pun, bisa kuat dan yakin..
Comment Author Avatar
Aamiin... yup semangat ya mbak. Sekarang gimana kondisinya?
Comment Author Avatar
Assalamualaikum.. Mba nunung,, mmbca tulisan mba,mmbuat sy menangis haru,krn sy pun prnh mngalami hal sama sprti mba,1 mret 17 kmren sy br oprasi sc krn bayi sy d luar kandungan,yg mngakibatkan tuba kiri sy pun d angkat, Sy smpt putus asa untuk mmpunyai anak lg,krn sy trauma dan rasa tdk prcya sy bs hamil lg,tp dg kuasa allah 5bln stlh sc sy hamil lg,,skr sy sdang mngandung 5bln,untk anak ke-3 sy,smoga sy d beri kkuatan,ksehatan,kelancaran smpai 9bln dan lahiran nnti sm sperti mba.
Sy yakin kuasa Allah,,tak ada yg tak mungkin, dan allah maha baik.Smoga ibu2 yg prnh mngalami sprti sy pun, bisa kuat dan yakin..
Comment Author Avatar
Assalamualaikum.. masya Allah.. ak baru baca.. tp ini sgt memotivasi ak.. qodarullah sm sprt ibu.. kmrn ini ak di potong saluran tuba nya.. afwan ibu sekalian mau tanya apa pasca operasi ibu mash suka keluar darah??
Comment Author Avatar
Masih.. .seperti nifas tapi gak lama
Comment Author Avatar
Subhanallah bu, sampe nangis saya bacanya.. Saya juga sedang masa pemulihan pasca operasi ket 18 mei 18 kemarin di kehamilanke dua. Dan di kehamilan pertamaku harus kuret. Kadang masih suka pesimis, karena sudah 2x keguguran dan hanya tersisa ovarium yg kiri. Tapi setelah baca blog ibu, masya Allah jadi inspirasi sekali untuk aku. Allah hebat dan maha besar.. Doakan ya bu, mudah-mudahan aku dan ibu-ibu yang pernah op.ket diluar sana bisa hamil lagi dengan kondisi kandungan dan janin yang sehat tanpa kendala.. Aamiin Allahumma aamiin..
Comment Author Avatar
Subhanallah bu, sampe nangis saya bacanya.. Saya juga sedang masa pemulihan pasca operasi ket 18 mei 18 kemarin di kehamilanke dua. Dan di kehamilan pertamaku harus kuret. Kadang masih suka pesimis, karena sudah 2x keguguran dan hanya tersisa ovarium yg kiri. Tapi setelah baca blog ibu, masya Allah jadi inspirasi sekali untuk aku. Allah hebat dan maha besar.. Doakan ya bu, mudah-mudahan aku dan ibu-ibu yang pernah op.ket diluar sana bisa hamil lagi dengan kondisi kandungan dan janin yang sehat tanpa kendala.. Aamiin Allahumma aamiin..
Comment Author Avatar
Asalam mlkm bunda nunung,,,,
setelah baca postingan bunda nunung,,,sy menjadi semangat campur sedih.
karena sy sudah 2x hamil,
pertma usia 5weeks keguguran tanpa d kuret,
ke-2 usia kandungnku 9 weeks namum hamil di luar kandungn dan oprasi laparatomi.tggl 12-juli-2018.
sekarang haya ada 1lagi sebelah kiri tuba palovinya.

semoga Allah masih beri kesempatan buatku,
semoga Allah beri ak rezeki yg tdk terlinal y itu karunia.
Amiiin,,,,
Comment Author Avatar
Indung telur sebelah kanan sya juga diangkat setelah 1 bulan sebelumnya kuret...setelah kuret tiba2 infung telur saya bengkak (TOA) akhirnya harus diangkat...skrg sepertinya saya sedang isi😊 ...mau tanya mba apakah kmrn lahiran normal setelah diangkat indung telurnya?soalnya saya belum 1 tahun dr operasi kmrn skrng sdh isi lg.mlsh
Comment Author Avatar
MasyaaAllah.
Inspiring women :')
Terharuuuu
Comment Author Avatar
Seneng banget nemu tulisan mb nunung ini, salam kenal ya mbak...jadi smangat lg, kmrn saya juga KET hamil ke-3, smg Allah sll beri kesehatan n kesempatan lg untuk diamanahi anak2 yg sholih sholihah. Btw, setelah brp lama dari operasi KET itu mb nunung hamil lg?
Comment Author Avatar
Aq bacax sampe mataq berkaca kaca aq jg baru operasi KET 8 bulan lalu.n mnyebabkan saluran tuba falopi kanan di angkat n msh promil d dr kandungan tp sampe skrng msh saja sel telur sblh kanan yg membesar pdhl kita mngharapkan sblh kiri.dr bilang maksimal hrs bayi tabung krna sel telur sblh kiri sangt kecil.aq msh berharap smga tuhan msh memberiq kepercyaan dr suamiq yg k2.
Comment Author Avatar
Masya Allah ustadzah 😭😭😭 semoga keluarga sehat selalu
Comment Author Avatar
Masyaallah mba cerita nya hampir sma dengan saya. Stlah lahiram anak prtma di tahun 2016 trus Saya hamil lgi di thun 2017 oprsi ket dan allahmdulilah stlh hampir3 thun skrng hamil lagi.
Comment Author Avatar
Masha Allah kebetulan sbulan yg lalu saya operasi KET dikehamilan ke 5 saya akan tetapi yg msh ada hanya 2 anak2 yg sholeh2 nan lucu..
jd ingin sharing jg dsini ketika anak pertama saya(laki2) usia 2th saya sempat hamil namun belum rezeki saya keguguran selang 6 bulan kemudian saya kmbali hamil lg dan kembali keguguran lg dari situ saya sangat merasakan kehilangan sekali dan masih trauma akan hamil lg. setahun kemudian kami diberi kpercayaan lg saya hamil kembali alhmdllh dikehamilan yg ke 4 ini saya sangat bersyukur sekali karena semuanya sht dan bisa kembali lahiran normal seperti yg anak yg pertama.alhmdllh kami dikaruniai ank laki2 lg. memang dari awal anak pertama saya tidak ingin menggunakan KB karena memang kami ingin mempunyai kembali.selang sikecilberumur 1,5thn saya hamil kmbali masha allah senang ny bukan main kami, kami berharap ingin anak perempuan namun takdir brkhndak lain setelah saya dinyatakan garis 2 kami segera priksa ke dr kandungan.
setelah dilihat janin ny ternyata si janin ada diluar kandungan dan hari itu jg hrs cpt2 diangkat khawatir kburu pecah. saya dan suami sempat shock karena baru datang langsung dsuruh operasi.saya menangis trs saat detik2 operasi disamping sedih karena janin diangkt dlm keadaan msh bernyawa dan sedih takut akan dioerasi karena saya dari dulu paling takut dioperasi2 gtu.
tiap malam saya menangis sedih akan si jabang bayi yg hrs dipksa diangkat.dan merasakan sakitnya pasca dioperasi
sempet trauma hamil lg dan takut klo ga bs hamil lg. tp setelah membaca pengalaman mb nunung saya lngsg nangis karena memang kita hrs kmbalikan sgalanya kpd Allah dan bnyk2 bersyukur dan yakin Allah psti akan berikan kmbali ank2 yg sholeh dan sholehah kpd kami.aamiin ya robb
terima ksh mb nunung sdh menginspirasi dan memotivasi saya.

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)