Bagaimana Cara Agar Anak Mencintai Buku? Ini Dia Teknik yang Perlu Diikuti

Buku adalah jendela ilmu. Dengan membaca buku, kamu akan mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baru. Kesadaran akan pentingnya membaca buku ini harusnya sudah ditanamkan sejak kecil. Jika sejak kecil kamu tidak pernah diajari membaca buku, pasti saat sudah dewasa pun kamu tak akan tertarik dengannya. Maka dari itu, peran orang tua sangat besar di sini. Ketika kamu sudah menjadi orang tua, coba ajarkan pada anak untuk terbiasa membaca buku sejak dini.
Tapi pada kenyataannya, teori tak semudah praktik. Banyak orang tua yang kehabisan akal dan bingung bagaimana cara agar anak mencintai buku. Yang terpenting adalah kamu harus mengenali karakter anak terlebih dahulu. Cari tahu bagaimana teknik yang tepat untuk mengajarkan ia mencintai buku.

7 Teknik Mengajar Bagaimana Cara Agar Anak Mencintai Buku

Sebagai orang tua, peranmu sangat penting untuk mengajarkan segala hal terbaik untuk anak. Termasuk dalam hal membaca buku. Zaman sekarang ini jarang anak yang mempunyai minat baca terhadap buku, karena lebih memilih gadget. Bukan berarti kamu harus melarang keras anakmu bermain gadget, tapi seimbangkan dengan kebutuhannya. Kamu harus bisa memberi pengertian bahwa membaca buku itu lebih penting daripada bermain gadget.

Di bawah ini ada 7 teknik untuk mengajarkan anak supaya mencintai buku. Kamu bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Biasakan Diri untuk Membacakan Buku Cerita Pada Anak
Jika anakmu masih dalam usia balita dan belum bisa membaca dengan lancar, coba beli beberapa buku cerita kesukaannya. Kamu harus tahu kisah atau cerita apa yang diinginkannya. Lalu bacakan untuknya pada waktu luang. Misalnya saat sore hari setelah mandi, atau malam hari sebelum tidur. Bacakan dengan ekspresi yang sesuai dengan cerita yang ada di buku. Supaya anak tahu dan mengerti jalan ceritanya dengan baik. Buat anakmu tertarik dan selalu penasaran dengan kelanjutan ceritanya.

2. Bacakan Buku Ceritanya Berulang-Ulang
Biasanya anak kecil jika menyukai suatu kegiatan tertentu, dia akan terus melakukannya berulang-ulang. Begitu juga dengan buku cerita. Dia pasti akan memintamu untuk membacakannya setiap hari sampai dia sendiri hafal dengan ceritanya. Tak masalah untuk melakukannya. Tapi, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana ekspresinya. Saat anak tidak menunjukkan ketertarikan atau respon apapun terhadap buku cerita yang kamu baca, mungkin ia sudah merasa bosan. Itu artinya kamu harus membacakan buku cerita yang baru.

3. Ajak Anak ke Toko Buku
Untuk bisa menimbulkan rasa cinta terhadap buku, kamu bisa sesekali mengajaknya ke toko buku. Ajak dia ke bagian buku-buku cerita yang menarik. Biarkan ia memilih bukunya sendiri. Kamu juga bisa membeli buku lain untuk dirimu dan perlihatkan pada anak bahwa kamu pun suka membaca buku. Hal ini akan membuat anak berpikir bahwa membaca buku itu benar-benar kegiatan yang menyenangkan.

4. Libatkan Anak untuk Merapikan Buku-Buku di Rumah
Kamu juga bisa melibatkan anak untuk ikut merapikan buku-buku di rumah. Ketika ia melihat semua koleksi buku tersebut, hal ini akan menstimulasi pikirannya dan dengan sendirinya ia akan punya minat membaca. Kamu juga bisa menjelaskan buku apa saja yang dimiliki, untuk memancing bagaimana reaksinya. Berikan ia pengertian bahwa dengan membaca buku, ia akan menjadi anak yang cerdas dan berilmu.

Temukan berbagai judul komik Next G terbaru, komik anak yang pasti kamu suka, diterbitkan oleh Muffin Graphics. 

5. Kaitkan Kisah di Buku Cerita dengan Kehidupan Nyata
Buku memang terdiri dari bermacam-macam jenis dan kategori. Tapi, buku cerita anak biasanya menceritakan suatu dongeng dalam bentuk gambar dan terdapat nilai-nilai yang bisa dipelajari. Kamu bisa mengaitkan pelajaran yang diambil dari cerita tersebut dengan kehidupan nyata. Jelaskan pada anak tentang perbuatan yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

6. Tanyakan Pendapat Anak Tentang Buku yang Dibacanya
Jika anakmu sudah bisa membaca, tentu kamu harus memberikannya beberapa buku cerita untuk dibacanya sendiri. Usahakan cerita di dalam buku tersebut mengandung pesan-pesan moral yang berguna bagi kehidupan anak. Setelah anak membaca buku tersebut, tanyakan bagaimana pendapatnya tentang isi buku. Apakah jalan ceritanya menarik? Lalu tanyakan juga apakah ada hal yang tidak ia mengerti. Kalau memang ada, kamu bisa mendiskusikannya bersama.

7. Datangi Pameran atau Perpustakaan
Teknik lain yang bisa membuat anak memiliki rasa cinta untuk membaca buku adalah dengan mendatangi pameran buku. Cari tahu dimana ada pameran buku di tempat tinggalmu. Lalu, ajak anak datang kesana bersama-sama dan melihat apa saja buku yang ada di pameran tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengajaknya ke perpustakaan terdekat. Sebaiknya untuk ke perpustakaan ini kamu ajak anakmu jika usianya sudah cukup besar. Sebab, di perpustakaan tidak boleh ada suara. Sedangkan anak kecil tidak akan betah berdiam diri.

Semua teknik tentang bagaimana cara agar anak mencintai buku sebenarnya mudah untuk dilakukan. Kamu pun juga perlu menunjukkan kecintaanmu terhadap buku, karena anak selalu meniru orang tuanya. Lakukanlah dengan sabar dan rajin, dengan begitu anak akan terbiasa membaca buku.


membiasakan rutin membacakan buku kepada anak-anak adalah sangat penting agar anak terbiasa dan mencintai buku

35 comments

  1. Beberapa dari 7 teknik di atas sudah ku terapkan semua ke keponakanku. Yang belum cuma mengajak keponakan ke toko buku, perpustakaan dan pameran buku. Soalnya 3 tempat itu letaknya jauh dari rumahku jadi agak susah memang kalau mau ngajak keponakan ke situ.

    ReplyDelete
  2. Anakku udah suka buku dari kecil Mba. Pas dia kecil saya suka bacain dongeng. Trus sekarang jadi suka baca sendiri buku-buku dongeng dan buku lainnya :)

    ReplyDelete
  3. Banyak tipsnya yang udah aku praktikkan mba.. dan Alhamdulillaaaah anak-anak lumayan menikmati bacaa

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah anak-anak cinta buku soale dari mereka baby aku sering bacain cerita sama pergi ke toko buku jadi mereka sudah terbiasa.

    ReplyDelete
  5. Kalau bungsuku mau dibacakan cerita, dia ambil bukunya dan bilang dia saja yang baca hihi

    ReplyDelete
  6. Terima kasih utk tips nya, mbak.
    Anakku sejak bisa baca, jadi senang baca buku. Semoga bisa berlanjut 😊

    ReplyDelete
  7. Sangat perlu manamamkan minat baca pada anak-anak sejak dini yah mba apalagi skrg anak-anak kebanyakan main gadget

    ReplyDelete
  8. Empat tips kesatu sampai keempat udah aku lakukan semua. Alhamdulillah anak-anak seneng baca, nggak niru babenya, hahhaaa. Ya aku tuh takut loh mba kalo anakku kayak suamiku. Ternyata melihat aku yang maniak baca mereka ketularan

    ReplyDelete
  9. Aku pun suka membaca dari kecil, tapo karena yang ku baca novel dan komik jadilah ibuku marah-marah terus haha #jadicurcol

    ReplyDelete
  10. Bisa mencintai buku memang culture yang dibentuk di keluarga.
    Di keluarga kami, kaka dan saya...suka sekali baca buku. Sedangkan anak saya yang kedua dan Abinya, karena orang visual, lebih senang lihat gambarnya saja.

    Jadi mencoba untuk memahami apa yang paling anak-anak butuhkan.
    Tidak memaksakan sebuah idealisme...bahwa baca buku mesti yang banyak tulisan.

    ReplyDelete
  11. Tips nya bagus nih mba.. mengenalkan buku kepada anak sejak dini memang penting ya

    ReplyDelete
  12. Kebetulan aku toko buku anak sale jadi otomatis anak anak sering diajak ke gudang buku, packing buku, juga bacain buku, Alhamdullilah karena kebiasaan jadi suka. Btw thx sharingnya, mba

    ReplyDelete
  13. Setuju, Mbak. Orang tua harus kasih contoh suka dengan buku dulu. Supaya anak-anak meniru dan ikut cinta membaca buku

    ReplyDelete
  14. Dari semua tips diatas bener banget mbak udah aku terapkan. Satu lagi sih orangtuanya juga membiasakan diri membaca buku jadi anaknya bisa lihat dan mengikuti sejak kecil

    ReplyDelete
  15. Wah betul jg ya. Alah bisa karena biasa. Dgn menciptakan lingkungan yg akrab dg buku, anak bisa jatuh cinta deh

    ReplyDelete
  16. Betul banget, setuju mba sama tipsmu. Aku dulu sering diajak bokap ke toko buku dan diajakin baca buku bareng jadinya skrg suka banget buku. Kebawa ortu :)

    ReplyDelete
  17. Anak pertama saya suka buku sejak kecil, Mbak.. tapi yang ke dua ini, mungkin karena saya sudah jarang ke toko buku kali yaa, karena seringnya beli online.. Duh..

    ReplyDelete
  18. Kalau saya sendiri melakukannya sejak dalam kandungan
    Alhamdulillah sekarang suka banget sama buku

    ReplyDelete
  19. Tips nomor 3 dan 4 itu yang paling sering saya lakukan. Merapikan lemari buku dan mengajak anak ke toko buku. Kalau ke toko buku, belanjaanya lebih banyak dari mamanya, hehehe

    ReplyDelete
  20. Nyaris semua tipsnya udah aku praktekin nih. Jadi anak2 pada suka baca sekarang

    ReplyDelete
  21. Anak2ku juga alhamdulillah suka baca buku. Jadi enak kalo ngobrol krn nyambung ilmunya

    ReplyDelete
  22. memperkenalkan buku sejak dini dan konsisten adalah cara ampuh ya mba buat bikin anak cinta sama buku

    ReplyDelete
  23. Aku tergolong yg gk terlalu sering baca buku, tp aku seneng beliin buku buat anak2, ya mereka lumayan suka baca si walau ibunya nggak

    ReplyDelete
  24. Salahbsatu upayaku utk bikin anak seneng baca jg iti, ajak ke toko buku dan biarin mereka pilih sendiri. Jd inget kelakuan anak2 klo pas diajak ke toko buku, sibuuk semua pingin dibeli, hihi.

    ReplyDelete
  25. Anak2ku hampir seminggu sekali aku angkut ke Gramedia, haha. Tapi ya kadang gak beli liat2 aja. Alhamdulilah jd pd suka buku mbak :D

    ReplyDelete
  26. Anak sulungku sukanya menggambar padahal saudaranya yang lain suka baca

    ReplyDelete
  27. Ini sih dulu dilakukan almarhum mama ku waktu kecil. Sekarang aku nya jarang baca buku sih, seringnya ebook hehe

    ReplyDelete
  28. Aku tuh paling sering ngajak anak ke toko buku, mas. Jadi dia bisa milih buku bacaan yang tepat juga buat dia :)

    ReplyDelete
  29. Aku selalu bawa anak2 ke perpuskot setiap jumat siang mak, nanti pinjem buku buat dibaca selama weekend. Lumayan ngirit ga beli buku mulu hahaaa

    ReplyDelete
  30. Mantap ulasannya, Mba. Aku juga pake cara ini supaya anak suka baca. Walaupun prosesnya panjang, anak ngga interest sampe kelas 3. Ternyata pas kelas 4 menemukan kesukaannya sama buku dan dapat nyamannya. Alhamdulillah. 🤗

    ReplyDelete
  31. Anak sulungku nih yang hobi banget baca. Dulu ya waktu masih kecil, hobinya beli KKPK, setiap mau bobok pasti baca setumpuk buku. Sampai di kasurnya berserakan banyak buku. Katanya boboknya bisa ayem kalau ditemeni buku hehehe... ada2 ajah.

    ReplyDelete
  32. Setuju banget dengan enam tips yang diberikan khususnya mengajak anak ke toko buku, hal itu akan membuat anak suka baca buku yang dibelinya

    ReplyDelete
  33. Anakku umur 11 bulan. kalau dikasih buku, dia makan. haha..
    tapi masih tetep ku perkenalkan terus sama buku sih, biar hobi baca buku kayak emaknya. hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)