Wednesday, 20 December 2017

Mudahnya Membuat Masakan Sederhana Sayur Lodeh Tewel

Wednesday, 20 December 2017
Ibu rumah tangga pasti sudah tidak asing lagi dengan sayur lodeh. Salah satu sajian dengan bahan dasar santan ini memang tergolong mudah untuk dipraktekkan di rumah. Selain itu, sayur lodeh sudah menjadi menu favorit keluarga sejak turun-temurun. Sayur lodeh yang gurih cocok dimasak menggunakan kaldu sehingga rasa yang tercipta menjadi lebih kuat.

Umumnya, sayur lodeh dimasak dengan campuran bahan tewel atau nangka muda. Sayur Lodeh Tewel cukup mudah untuk dibuat, mengingat bahan dan bumbunya bisa kita dapatkan di sekitar kita. Bahan-bahan yang digunakan untuk sayur ini bisa kita dapatkan di pasar maupun di tukang sayur langganan kita. Berikut ini adalah cara memasak sayur lodeh tewel yang telah kami rangkum untuk anda. Takaran resep ini bisa digunakan untuk 8 porsi penyajian. Selamat memasak!
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sayur Lodeh Tewel terdiri dari:

50 gr daun melinjo tua agak jarang memang yang jual bahan ini di pasaran, jadi kalau tidak ada ya tidak apa. Lalu 1/4 kg tulang sapi (atau bisa juga diganti dengan cakar ayam) menyesuaikan saja dengan selera anda. Hanya saja tulang sapi yang masih ada sedikit daging-dagingnya biasanya lebih cocok bagi sebagian besar orang. Anda juga bisa menggantinya dengan udang.

Jangan lupa 500 gr tewel/timbul yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong, plilihlah tewel yang masih segar dan mudah. tidak terlalu matang dan tidak terlalu muda ya. Biasanya terlihat dari biji tewelnya.
4 helai kacang panjang, dipotong-potong kecil sesuai dengan selera anda, tapi jangan terlalu kecil ya. Lalu 2 buah cabai merah yang diiris kasar, 5 buah cabai hijau besar yang diiris kasar. Cabai ini bisa anda tambah jika anda adalaha penyuka pedas.
2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas yang dimemarkan dan juga bisa anda tambah dengan sdikit daun jeruk.
Santan kental dari 1/2 butir buah kelapa atau bisa juga anda ganti dengan Sasa Santan Kelapa. Kebetulan secara kualitas, Sasa santan Kelapa dengan santan parutan kelapa yang baru di peras itu sama saja. Bahkan Kalau Sasa santan Kelapa itu lebih prantis dan mudah. dimana kita tak perlu lagi memarutnya. Sasa Santan Kelapa ini juga memiliki aroma dan rasa sesegar kelapa yang diperas. Apalagi ia juga dikemas dalam kondisi sudah matang dan siap pakai. Jadi sangat cocok untuk semua masakan baik makanan maupun minuman. Toh ia juga dikemas tanpa pengawet.

Bumbu Halus Sayur Lodeh Tewel:
4 lembar daun jeruk purut
7 siung bawang merah
8 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
7 buah cabai rawit
1 sdt gula pasir
1 sdm garam
1 cm kencur
1 sdt ketumbar

Cara Memasak Sayur Lodeh Tewel:

Rebus tulang sapi (atau ceker ayam jika bahannya diganti) dengan 1 liter air hingga matang dan kaldunya menjadi bening.
Masukkan sayuran, lengkuas dan daun salam. Rebus hingga sayur menjadi lunak teksturnya
Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk kembali hingga tercampur dengan sempurna, biarkan hingga sayur mendidih.

Masukkan Sasa Santan Kelapa, aduk-aduk lagi hingga tercampur sempurna, biarkan hingga mendidih sambil diaduk – aduk agar santan tidak pecah dan kandungan baik di dalamnya masih utuh.
Setelah mendidih, angkat sayur
Sayur Lodeh Tewel siap disajikan selagi hangat.



Nah, mudah, kan? Yuk, masak pakai sasa santan, aslinya santan memang benar-benar enak! 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...