Sunday, 16 July 2017

Bistik Ayam Rumahan

Sunday, 16 July 2017
Memasak resep ini membawa saya ke masa kecil saya dulu. Iya, resep ini adalah resep dari almarhumah ibu saya. Bistik ayam sederhana, bikinnya mudah, cepat dan bahan-bahannya pun tak sulit mencarinya (biasa selalu ada di dapur). 

Bistik ayam rumahan yang saya masak ini mungkin hampir mirip dengan bistik-bistik ayam lainnya. Bedanya mungkin pada campurannya dan juga kadar kepekatannya. Bistik ayam pada umumnya berwarna coklat pekat dan juga masih terdapat air. Campuranya juga biasanya menggunakan bahan kentang dan wortel. Nah, kali ini saya sedikit beda. Saya lebih suka dengan menonjolkan warna kuningnya, yaitu dari kunyit. Dan, satu lagi yang tak biasa mungkin ditemukan pada bistik ayam adalah ditambah dengan petai. Wah, mungkin penggemar petai bisa nyoba resep ini, ya. Hehe...

Baiklah, untuk lebih jelasnya saya akan tuliskan resep dan juga tahapan memasaknya. Oya, kali ini saya ingin mencoba Ayam Potong SO GOOD, praktis dan tambah cepat dan ringan, tentunya. 

Bistik Ayam Rumahan

Bahan

*3 buah kentang ukuran sedang/sesuai selera
*1 papan Petai/sesuai selera
*1 butir tomat
 *Bawang goreng untuk taburan








Bumbu:

a.  Bumbu halus: 

* 6 butir bawang merah
* 4 butir bawang putih
* 1 ruas jahe
* 1 ruas kunyit
* 1 ruas lengkuas/geprek
* ketumbar secukupnya
* merica secukupnya

b. Bumbu pelengkap

* gula merah secukupnya
* asam jawa secukupnya
* garam secukupnya
* penyedap rasa secukupnya
* 2 lembar daun salam 
* Kecap manis sesuai selera
* Air secukupnya


Cara  Memasak

1. Ayam potong So Good  yang sudah siap dimasak taruh dalam wadah. Kupas kentang dan potong-potong sesuai selera. Kupas petai dan bersihkan (dibelah untuk memastikan tak ada ulatnya). 
2. Bumbu-bumbu dihaluskan. bisa diulek atau diblender.
3. Siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak goreng
4. Masukan bumbu halus, tumis hingga harum
5. Tambahkan daun salam
6. Masukan air secukupnya
7. Masukan ayam potong So Good, aduk rata, tunggu sampai mendidih hingga 15 menit
8. Kemudian masukan kentang aduk lagi. Dan tambahkan petai. Petai ini juga bisa terlebih dahulu digoreng, tambah mantap rasanya. Juga mengurangi kadar bau tak sedapnya.
9. Aduk rata
10. Tambahkan garam, penyedap rasa, gula jawa, dan asam jawa
11. Tunggu sampai air hampir habis, kira-kira 30 menit
12. Angkat dan taruh dalam wadah, beri irisan tomat dan bawang goreng
13. Siap dihidangkan




Ini 1/2 porsi, ya...aslinya dua kali dari sajian ini (keburu dimakan krucils) hehe


Nah, mudah, bukan? Oya rasa dari ayam potong So Good ini benar-benar enak, lho! Gak nyesel masak pakai ayam potong praktis ini. Anak-anak saya sangat suka. Mereka, pun tambah dan tambah lagi makannya. Hehe, Alhamdulilah.

Ngomongin tentang ayam potong SO GOOD, nih. Mungkin masih banyak yang bertanya tentang kehalalan ayam potong kemasan dari SO GOOD ini. Ayam potong SO GOOD sudah bersertifikat halal dan juga telah lulus uji dan memenuhi kaidah pemrosesan ayam dingin segar karena menggunakan IQF (Individual Quick Frozen) yaitu proses pembekuan individu dalam waktu 45 menit pada suhu 350C sehingga bisa memenuhi 4 kualitas yaitu segar, gizi, rasa dan bersih. Wah, keren, ya!

Ayam Potong kemasan dari SO GOOD berasal dari ayam yang berkualitasYaitu berasal dari sebuah peternakan modern (JAPFA). Ayam tersebut dikembangkan dan diseleksi agar pertumbuhannya efisien sehingga menghasilkan daging yang lebih banyak. Ayam yang diternakkan oleh JAPFA tidak menggunakan suntik hormon sedikit pun. Bibit yang terpilih dan pertumbuhan yang alami menjadikan ukuran ayam lebih besar. Jadi, tidak perlu ragu lagi dan takut, ya ibu-ibu.




Postingan ini juga untuk diikutkan dalam Kompetisi #BPNxSOGOOD lomba kreasi masak Ramadhan dan Idul Fitri ala So Good yang bekerjasama dengan Blogger Perempuan Network. Teman-teman, yuk pada ikutan juga. Deadlinenya sampai tanggal 23 Juli 2017. Hadiahnya bikin mupeng. Siapa tahu rezeki, kita, kan

5 comments:

  1. Ah.. ini bumbunya lebih lengkap dari punyaku... Pasti lebih yummy... Hehehe. Emang SO GOOD Ayam Potong lebih empuk dan juicy gitu ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, nyoba, Mbak...gampang dan cepat :D

      BTW, Iya...enak banget rasa ayam potong SO GOOD ini. Bikin nagih :D

      Delete
  2. waah... petai nya itu lho yg bikin saya pengen hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya mbak. Ada sensasi tersendiri bikin bistik ayam campur petai 😀

      Delete
  3. Hhhhmmm lezat nih. Aku kesitu bawa nasi ya. Heheheee

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...