Hamil? Masih Bisa Cantik, Aman dan Segar dengan Memakai Wardah Kosmetik Halal!




Saya adalah seorang ibu rumah tangga dengan tiga anak. Saat ini saya sedang hamil anak yang keempat. Sebelum kehamilan yang keempat ini saya mencoba untuk kembali merawat kulit terutama wajah, yang sudah mulai kusam dan kering karena kurangnya perhatian saya. Dan sudah hampir setahun ini, saya menggunakan produk Wardah. Saya banyak mendapatkan informasi tentang Wardah salah satunya adalah dari Facebook yaitu melalu Fanspage Wardah beauty yang sudah lebih dari satu juta fansnya.

Wardah Kosmetik Halal


Mengapa saya memilih wardah?

1. Wardah terbukti dan terjamin halal. dibuktikan dengan sertifikat dari LPPOM MUI. karena pada dasarnya halal adalah sebuah standar seorang muslim yang harus dipegang kuat dalam menjalani aktivitas di berbagai lini kehidupan. Slogan halal is my life adalah penting dan semakin digencarkan dalam setiap konsumsi produk apapun, termasuk dalam hal ini adalah produk kosmetik.

2. Alami dan Aman. Suatu produk yang dinyatakan halal, bagi saya sudah pasti produk itu aman dan tidak mempunyai dampak yang buruk bagi konsumen. Begitu juga dengan wardah, sebagai kosmetik halal, terbukti aman dipakai karena terbuat dari bahan-bahan alami.

3. Cocok. Dulu saya pernah mencoba kosmetik yang sejenis, namun tidak begitu cocok. Sejak mengenal wardah, Alhamdulilah saya cocok dan tak ada kendala yang apa pun. Walau tidak semua jenis saya pakai, namun saya sudah merasa cocok dan tak mau mencoba produk yang lain.

4. Lengkap. Wardah sebagai kosmetik halal, memberikan berbagai pilihan dan juga jenis kosmetik bagi konsumen.

5. Harga relatif terjangkau. Alhamdulilah, harga kosmetik halal Wardah tidak begitu mahal, dan masih bisa saya jangkau. Masih relatif murah jika dibanding dengan kosmetik-kosmetik ternama lainnya.

6. Mudah didapat. Hampir di setiap toko, supermarket, minimarket atau lainnya ada dijual produk Wardah.

Nah, itulah alasan mengapa saya memilih Wardah dan berusaha konsisten memakainya. Namun, pada awal kehamilan ini, saya ragu apakah masih bisa memakai kosmetik? Sejauh yang saya tahu, ketika hamil, wanita lebih baik dan disarankan untuk tidak memakai kosmetik apa pun,karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terutama bagi kesehatan si janin dalam kandungan.

Saat saya memeriksakan kandungan ke dokter kandungan, saya pun bertanya tentang hal ini, dan beliau menjawab tidak apa-apa, apalagi kondisi saya yang tak ada gangguan alergi atau penyakit kulit lainnya. Boleh saja katanya ketika saya bertanya apakah saya boleh memakai wardah.

Alhamdulilah, saya masih bisa merawat wajah yang kusam dan kering serta nampak layu ini. Wardah terbukti halal karena tidak mengandung zat yang haram dan juga zat yang berbahaya. Jadinya, saya merasa aman dan nyaman. Dan tidak hanya itu, saya pun mencoba untuk mencari bukti dengan mencoba mencari pengalaman dari para ibu hamil. Alhamdulilah rata-rata mereka tetap bisa memakai kosmetik dan banyak menggunakan serta cocok memakai wardah di saat hamil. Ah, jadi makin cinta dan mantap dengan wardah…:-)


Dokumentasi Pribadi


Sebenarnya ibu hamil boleh memakai kosmetik. Tetapi harus memerhatikan dan juga memastikan apakah produk kosmetik itu aman bagi ibu dan janin, tidak ada kendala serta diperbolehkan atau atas rekomendasi dokter kandungan yang memahami kondisi kehamilan kita.

Produk kosmetik aman untuk ibu hamil adalah produk-produk kosmetik yang bahan dasarnya aman bagi ibu hamil dan tidak mengandung bahan yang berbahaya. Menurut dokter kandungan saya, dan sumber yang saya baca di berbagai referensi termasuk blog yang berkompeten, berikut ini adalah daftar bahan kosmetik yang patut dihindari keberadaanya di dalam kosmetik.

1. Paraben

Kosmetik aman untuk ibu hamil harus tidak mengandung zat yang biasanya dipakai sebagai pengawet ini. Hal ini karena paraben bisa bertindak menyerupai estrogen. Akibatnya, paraben bisa memicu berbagai macam proses yang biasanya dipicu oleh hormone estrogen. Salah satu contohnya adalah menstruasi. Dan di sini kemungkinan bisa membuat bayi keguguran atau lahir prematur.

2. Ftalat

Yaitu zat yang biasa dipakai sebagai pelentur plastik. Pada ibu hamil, zat ini bisa memicu kelahiran bayi premature atau lahir sebelum waktunya.

3. Partikel ultrafine

Yaitu partikel sangat kecil yang biasanya dipakai untuk mencampur bahan agar menjadi homogen. Pada ibu hamil, bahan ini bisa masuk ke dalam sistem limpa. Dan ini tentu saja bisa masuk ke dalam tubuh janin. Akibat yang terjadi bisa berupa kerusakan organ tubuh janin hingga terganggunya proses metabolisme dan perkembangan tubuh janin.

4. Asam retinoat

Yaitu zat yang biasa terkandung di dalam obat jerawat. Zat ini berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan hati. Baik itu hati ibu hamil mau pun hati janin bayi yang sedang dikandungnya.

5. Vitamin A dosis tinggi

Yaitu zat yang biasanya ditambahkan pada kosmetik dan berfungsi sebagai anti-aging (anti penuaan). Pada ibu hamil zat ini berbahaya karena bisa memicu kelahiran prematur dan juga gangguan proses melahirkan.

Jadi, perlu hati-hati dan juga teliti sebelum memakai kosmetik ketika hamil. Karena kondisi masing-masing ibu hamil berbeda. Ada yang tidak mempunyai efek jika selama kehamilan sama sekali tidak memakai kosmetik. Namun ada juga yang sebaliknya, butuh perawatan kosmetik ketika hamil. Tiga kali kehamilan saya tidak memakai kosmetik karena kondisi yang berat, kerap muntah jadi sangat tidak nyaman untuk melakukan rutinitas merawat kecantikan terutama wajah.

Akibatnya, lama kelamaan wajah saya jadi kusam, kering dan layu serta bibir yang pecah-pecah dan kering. Kelopak mata saya pun kerap kusut dan nampak lelah. Saya pun mencoba untuk merawat kembali. Meski sekarang sedang hamil, namun saya mencoba untuk selalu bisa melakukan rutinitas mencuci muka serta melindunginya dari sengatan matahari langsung. Saya pilih kosmetik yang sederhana dan praktis dan cukup untuk merawat wajah dan bibir saya ketika hamil.

Sebagai seorang ibu rumah tangga dan juga sedang menyelesaikan tesis di sebuah universitas, saya kerap beraktivitas keluar rumah, baik ke kampus maupun ke berbagai perpustakaan untuk mencari referensi tesis. Cuaca panas dan kondisi kehamilan yang kerap membuat saya lelah dan juga stress semakin membuat kusamnya serta terbakar wajah ini.

Alhamdulilah selama hamil ini saya rutin memaka:

1. Wardah lightening gentle wash, pembersih wajah yang mengandung licorice dan vitamin B3. Membantu membersihkan kotoran pada wajah, hingga wajah tampak lebih bersih dan cerah. Saya sudah membuktikannya…:-)

2. Wardah sunscreen gel SPF 30, yaitu Formulasi terkini, tabir surya berbahan dasar gel dengan aplikasi yang ringan (tidak lengket) dan nyaman di kulit. cocok untuk melindungi kulit wajahku dari teriknya sinar matahari.

3. Dan biasanya saya lanjutkan memakai exclusive two way cake, adalah bedak sekaligus foundation yanga dapat menutupi noda maupun kekurangan pada wajah, tahan lama, mengandung pelembab sehingga tidak membuat kulit wajah menjadi kering, bebas kilap karena mengandung oil absorber yang dapat menyerap kelebihan minyak, hasil akhir yang matte dan tetap powdery, dilengkapi dengan Vitamin E dan Kompleks Jojoba Oil, Soybean Oil, Avocado Oi, Tocopherol, dana Macademia Oil. Wow, lengkap, cukup, cocok banget dengan keinginan saya…:-)

4. Untuk bibir, yang cenderung kering dan pecah-pecah ini, saya pakai lipgloss, lip moisturizer, sangat membantu untuk melembabkan bibir yang kering dan terkadang mengelupas. Alhamdulilah, cocok…:-)

5. Untuk mata, saya kadang-kadang memakai eyeshadow, agar kelopak mata saya tak kelihatan layu dan juga kusut.


Perawatan wajah sehari-hariku


Menjelang tidur, saya pun mencuci muka kembali dengan Wardah lightening gentle wash agar saya bisa fresh lagi untuk mengerjakan tesis dan melepaskan penat dengan menulis beberapa hal atau pengalaman pribadi seperti ngeblog dan juga berinteraksi dengan teman penulis di sosial media.

Alhamdulilah… kini, kehamilan saya sudah memasuki usia 35 minggu. Dan saya pun masih setia dan nyaman dengan Wardah, kosmetik halal, yang sangat membantu masa-masa sulit menjalani kehamilan saya.

Hamil? Masih bisa pakai kosmetik untuk perawatan kok, jadi tak perlu khawatir lagi…:-)
Terimakasih Wardah...:-)



Tulisan ini diikutkan dalam rangka lomba blog Wardah Kosmetik Halal bersama Blog Detik dan LLPOM MUI, Halal is My Life






Sumber:

http://www.wardahbeauty.com/id

http://artikelduniawanita.com/kosmetik-aman-untuk-ibu-hamil.html

http://ibuhamil.com/ngobrol-apa-saja/20310-kosmetik-yang-aman-bagi-bumil.html
nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

37 komentar untuk "Hamil? Masih Bisa Cantik, Aman dan Segar dengan Memakai Wardah Kosmetik Halal!"

Comment Author Avatar
barokallah mbk dengan kehamilannya, cantik euy
Comment Author Avatar
makasih mbak...btw, aih dirimu lebih cantik...:-)
Comment Author Avatar
saya dulu takut banget mak pake kosmetik pas lagi hamil hehhe
insya Allah wardah aman ya mak :-)
Comment Author Avatar
he he kalau aku malas mak, karena kondisi yang mabok terus. tapi yang keempat ini mendingan jadi bisa enjoy makenya...:-)
Comment Author Avatar
Barakallah. Semoga menang ya Dik.
Comment Author Avatar
Aamiin...makasih mbak dah mampir...:-) btw, pengalaman pertama lomba blog..:-)
Comment Author Avatar
mbak pipikkkkkkkkkkkkkk cantik walauuu ndut karena pipinya gak ikut tembemmm :)
Comment Author Avatar
Sehat dan cantik terus ya, Mbak. <3
Comment Author Avatar
Aamiin...makasih ya mak dah mampir...:-)
Comment Author Avatar
Konon "katanya" kalo emaknya makin cantik waktu hamil, anaknya biasane cewek yah mbak :D
Comment Author Avatar
hihi, iya mitosnya gitu mbak, tapi gak semua bener...makasih ya dah mampir...:-)
Comment Author Avatar
Alhamdulillah aku positif dan sekarang Aku sedang hamil, lagi bingung mau pakai kosmetik apa? muka ku cenderung berjerawat, product WARDAH apa ya yang bisa aku pakai,,?
Jazakallah
Comment Author Avatar
alhamdulilah...selamat ya...
btw, konsultasikan ke dokternya mbak...atau ke gerai wardahnya...biar lebih jelas dan tenang. itu pengalaman saya, yang bisa jadi berbeda dengan yang lain. karena kondisi juga berbeda.
Comment Author Avatar
kosmetik mac salah satu kosmetik yang cukup aman buat ibu hamil mba, bedaknya yang terkenal ringan, natural tapi tetep awet dari pagi sampai malam
Comment Author Avatar
Mbak salam kenal...beneran aman ya pake wardah? aku hamil baru 2.5 bulan dan bener-bener bingung mau pakai kosmetik apa. Muka jerawatan pula. Kalau menurut pengalamanmu aman, mudah2an aku juga cocok ya pakai wardah hehehe...Kalo yg acne care-nya kira2 aman juga ga ya mbak?

Thanks banget sarannya...
Comment Author Avatar
salam kenal kembali mbak An Nur Khairisa...kalau saya sih aman2 saja mbak...tapi tiap orang kan beda ya? konsultasi ke gerai wardahnya atau ke dokter ya mbak...biar lebih yakin. kondisi kehamilan juga berbeda.
Comment Author Avatar
mba..aq lgi hmil 2 bln.. trs aq liat di 1 blog pmakai wardah ktanya lbih baik hindari yg ada lightening ny..sdgkn sy pke yg lightening series ny lngkap.. itu gmna yaa.. sy bingunggg nihh..
Comment Author Avatar
selamat ya...Alhamdulilah.
btw, tidak usah bingung mbak...konsultasi langsung dengan dokter mbak dan juga dengan gerai wardahnya. ambil yang teraman...
kalau pengalaman saya sih gpp...asal tidak berlebihan.
Comment Author Avatar
mba..aq lgi hmil 2 bln.. trs aq liat di 1 blog pmakai wardah ktanya lbih baik hindari yg ada lightening ny..sdgkn sy pke yg lightening series ny lngkap.. itu gmna yaa.. sy bingunggg nihh..
Comment Author Avatar
mba..aq lgi hmil 2 bln.. trs aq liat di 1 blog pmakai wardah ktanya lbih baik hindari yg ada lightening ny..sdgkn sy pke yg lightening series ny lngkap.. itu gmna yaa.. sy bingunggg nihh..
Comment Author Avatar
Just info aja mbak, Wardah kalau mbak cek di ingredients pelembab dan krim malamnya itu mengandung paraben lho. jadi emnurut saya ya belum aman sebetulnya buat ibu hamil. Yang masih bisa digunakan adalah facial wash nya, tidak mengandung bahan2 yang berbahaya buat bumil :)
Comment Author Avatar
Wardah yg lighteing gentle wash atau yg foam mbak?
Comment Author Avatar
yup. makasih infonya, mbak...:-) btw, alhamdulilah di atas, saya tidak memakai pelembab dan krim malamnya ketika hamil. pas hamil, seringnya facial washnya saja. yang lain tidak selalu rutin.
Comment Author Avatar
wardah white secret tuh utk usia brp?
Comment Author Avatar
wah...maaf mbak...saya tidak tahu...tanya ke counter wardah aja langsung mbak...:-)
Comment Author Avatar
maaf bu kalau pake cream wardah siang & malamnya boleh ga ya, selama hamil wajahku jerawatan...?


Comment Author Avatar
Maaf sebelumnya, saya tidak bisa menjawab karena kondisi tipa orang berbeda. Konsultasikan ke dokter saja atau ke gerai Wardahnya ya...makasih :-)
Comment Author Avatar
mba, kemaren saya mau beli yg wardah moisturizer cream eh ada parabennya, ditawarin yg double suncreen ya kalo gk salah, eh ada parabennya juga, jadi seri yg mana nih yg bebas paraben mba?
Comment Author Avatar
Saya make cleansing milk, toner sm face mask nya wardah. Aman gak yaa bun buat bumil? Soalnya lumayan bagus buat perawatan mingguan, muka jd ga gampang kusem dan bikin seger
Comment Author Avatar
aq sendiri sedang hamil anak pertama. Pekerjaan aq sbg beauty advisior brand cosmetik. Sbg BA aq hrus tau produk smua competitor. yg pnting sabun muka yg trbuat bahan alami dan tdk mngandung banyk busa dan aroma wangi2an yg berlebih. Klo aq pakai brand yves soalnya wangi buah,gandum,teh hijau gk ada paraben jg. Bisa di cek ke counternya di centro bekasi grand metropolitan.
Comment Author Avatar
aq sendiri sedang hamil anak pertama. Pekerjaan aq sbg beauty advisior brand cosmetik. Sbg BA aq hrus tau produk smua competitor. yg pnting sabun muka yg trbuat bahan alami dan tdk mngandung banyk busa dan aroma wangi2an yg berlebih. Klo aq pakai brand yves soalnya wangi buah,gandum,teh hijau gk ada paraben jg. Bisa di cek ke counternya di centro bekasi grand metropolitan.
Comment Author Avatar
Wardah ini emang aman ya buat ibu hamil, jadi bisa tetep tampil cantik saat hamil
Comment Author Avatar
Maaf mau tanya klo bumil boleh pake lightening day cream sama lightening night cream nya ga...makasih d tunggu jwbn nya
Comment Author Avatar
Maaf mau tanya klo bumil boleh pake lightening day cream sama lightening night cream nya ga...makasih d tunggu jwbn nya
Comment Author Avatar
Saya skrg lg hamil 5 w. Selama ini rutin pakai milk cleanser Wardah lightening dan tonernya. Selama ini jg pakai Renew you anti aging serum tp sy stop dulu krn dengar-dengar yg anti aging gak boleh untuk bumil. Tapi klo memang aman apa boleh saya lanjut lg?
Comment Author Avatar
Kalo pakai wadah white secret night aman g ya mbk....

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)