Peluncuran Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Yogyakarta Bersama Danone AQUA

Hari senin tanggal 8 April 2019, saya menghadiri event peluncuran zona baru di Taman Pintar Yogyakarta. Zona baru tersebut adalah Zona Kebaikan Air. Saya sendiri sudah sering ke Taman pinar baik bersama dengan anak, saudara, teman, bahkan acara atau event yang diselenggarakan di Taman Pintar. Lengkap banget wahana atau zona dengan memiliki spesifikasi nama sendiri. Ada gedung oval, gedung kotak, gedung pythagoras dan sebagainya. Nah, saat ini ditambah lagi wahana baru yaitu Zona Kebaikan Air. Seperti apa keseruannya, yuk disimak ulasan saya sampai tuntas ya. 



Zona kebaikan air baru saja diperbarui dibuat semakin interaktif dengan dilengkapi berbagai area edukasi seperti area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga, Rawat) yang memberikan pengetahuan bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air. Terdapat area edukasi lapisa tanah, lapisan kedapanedukasi air dan air tanah  dalam, area edukasi sumber air. Dan area yang sangat menarik perhatian yaitu area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) dan juga ada edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh. Dan edukasi yang saat ini sedang marak juga yaitu Bijak Berplastik.

Acara dibuka oleh host dengan penuh suka cita. Kemudian memasuki acara selanjutnya yaitu  talkshow tentang Zona Kebaikan Air. Menghadirkan pihak-pihak dari Taman pintar dan juga dari Danone Aqua. Nah, sebelum saya mengulas gimana jalannya talkshow, saya sedikit mengulas tentang Danone-AQUA, ya.


Apa itu Danone AQUA?

Danone Aqua adalah pelopor Air minum kemasan dan minuman ringan yang didirikan di Indonesia tahun 1973. Karena pelopor dan pertama, maka tak heran jika brand AQUA begitu melekat, Jadi, kalau menyebut minuman air putih kemasan, pasti menyebutnya AQUA, termasuk saya, hehe. Sebagai wujud visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab dalam sosial dan lingkungan, maka AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari perlindungan Sumber Daya Air, Pengurangan CO2, Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan dan distribusi produk secara berkelanjutan, dilakukan dengan kerjasama antara pemangku kepentingan dan karyawan.

Danone AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, yaitu salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Usaha DANONE di Indonesia ada tiga katagori utama yaitu: Minuman AMDK, yaitu minuman ringan non karbonasi, dan minuman teh. Kedua, Nutrisi untuk kehidupan awal (Nutricia dan Sarihusada), dan yang ketiga adalah Nutrisi Medis.Danone-AQUA merupakan perusahaan FMCG pertama di Indonesia bersertifikat B-Corp, yaitu standar tertinggi terhadap kinerja sosial lingkungan, transparansi dan akuntabilitas. Nah, demikian sekilas tentang Danone AQUA,sekarang saya ulasa acara talkshownya ya.

Menurut Jeffri Ricardo, selaku manajer marketing PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat berupa penyediaan hidrasi sehat tanpa merusak alam. Hal ini sejalan dengan visi Danone, yaitu "One Planet One Healt" yang intinya merupakan keyakinan bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang sehat. Jeffri Ricardo juga menyatakan bahwa Taman Pintar merupakan tempat strategis dalam rangka edukasi kepada masyarakat terkait dengan gaya hidup sehat, pemenuhan hidrasi sehat, serta penjagaan lingkungan kepada anak-anak sejak dini.

Pintu masuk ke Zona Kebaikan Air

AQUA pada tahun 1993 telah mengambil inisiatif daur ulang plastik melalui program AQUA peduli. Program ini masih berlangsung sampai sekarang, di mana sudah berhasil mengumpulkan 12.000 ton plastik per tahunnya, yang diproses dalam enam unit bisnis daur ulang. Program ini tentu saja berdampak ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang. Danone-AQUA pada tahun 2018 kembali menginisiasi gerakan #BijakBerplastik dalam rangka menguatkan komitmen untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih sekaligus mendukung program pemerintah Indonesia yang berusaha mengurangi sampah di lautan. Gerakan ini berfokus pada tiga aspek inti yaitu:
1. Pendidikan,
2. Inovasi produk,
3. Pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah.
Terkait dengan aspek pertama, pendidikan, maka Danone-AQUA bekerja sama dengan Taman Pintar untuk memperkuat edukasi seputar pengelolan sampah plastik secara bijak sejak dini.

salah satu spot edukasi di Zona Kebaikan Air

Hal kedua yang penting untuk ditekankan adalah pemenuhan hidrasi yang sehat sejak anak-anak. Hal ini diungkapkan oleh dr. Tria Rosemiarti, selaku Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA). Pemberian edukasi tentang manfaat dan kebaikan air, serta berperilaku yang baik dan benar, akan membangun kebiasaan baik yang diharapkan dapat mengurangi resiko dampak negatif yang disebabkan kurangnya pemenuhan hidrasi yang sehat. Dampak lanjutan yang diharapkan adalah meningkatnya taraf kesehatan di Indonesia.

salah satu edukasi gerakan AMIR di Zona Kebaikan Air

Kerja sama ini kemudian diwujudkan dengan membangun "Zona Kebaikan Air" yang didalamnya juga menyediakan modul-modul tentang program gerakan Ayo Minum Air (AMIR). Program AMIR ini merupakan kerja sama antara (1) Indonesian Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), (2) Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan (3) Danone-AQUA, serta didukung oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Fokus program ini adalah upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan hidrasi sehat melalui pesan kunci, bahwa anak membutuhkan enam gelas air per harinya. Program ini diharapkan bisa membantu membentuk perilaku hidup yang lebih sehat.



Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil pemerintah daerah, kali ini dihadiri oleh Bapak Kadri Renggono, Asiste Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jogja, sebagai perwakilan yang ditunjuk. Beliau mengatakan Taman Pintar dengan berbagai zona yang ada di dalamnya terus melakukan pengembangan teknologi dan pembaruan dengan konsep yang menyenangkan dan mendidik agar pengunjung terutama anak-anak tidak bosan. karena itu, pemerintah sangat mendukung upaya pembaruan seperti yang dilakukan oleh Danone AQUA. Taman pintar pun makin ramai dari tahun ke tahun, sekitar Desember 2018 kunjungan wisata Taman Pintar sudah menembus angka satu juta pengunjung. Wow, banyak ya.




Setelah acara penyerahan, kami pun berkeliling naik ke lantai atas untuk peresmian Zona Kebaikan Air. Zona Kebaikan Air diresmikan langsung oleh pihak Taman Pintar, Pemerintah dan Danone AQUA. Kemudian kami pun berekeliling, berfoto dan bertanya tentang semua hal yang ada di Zona Kebaikan Air ini. Spot-spot yang ada begitu menarik dan semua edukatif. Ada tayangan video non stop tentang gerakan AMIR dan juga beberapa spot untuk mengetahui resapan dan lapisan tanah.

Peresmian Zona Kebaikan Air oleh pihak taman pintar, pemerintah dan Danone
Credit: @imasatrianto

bersama para blogger berfoto dulu dong
Credit: @imasatrianto

Oya jika ingin melihat banyak informasi terkait Danone AQUA dan programnya, bisa akses melalui www.aqua.co.id. Adapaun untuk masukan dan keluhan pelanggan dapat disampaikan melalui AQUA menyapa bebas pulsa 08001588888 atau melalui Facebook Sehat AQUA dan www.sehataqua.co.id.
Nah, akhirnya acara pun berkahir. Acara ditutup dengan makan siang, kami pun pulang dengan hati ringan, Yup, saya pribadi akan mengajak anak-anak saya untuk mengunjungi wahana baru tersebut. Yeay, pastinya mereka sangat senang dan antusias. Semoga ada kesempatan ke sana dalam waktu dekat. Insya Allah. Can't Wait!

Teman-teman blogger dan pembaca semua, adakah yang belum pernah  ke Taman Pintar Yogyakarta?

26 comments

  1. Waahh...jadi pengin nih ke Taman Pintar lagi. Udah agak lama nih enggak piknik ke Jogja barengan anak2. Bakalan seneng mereka kalau tau ada Zona Kebaikan Air yang oke banget utk edukasi seputar air ini.

    ReplyDelete
  2. Harus banget nih ajak anak-anak ke sini supaya mereka belajar tentang pentingnya air. Taman Pintar semakin banyak wahana yang menarik, ya

    ReplyDelete
  3. Sudah pernah, tapi kangen pengen balik ke sana lagi, anak saya senang banget dulu waktu ke sana, kayaknya kalau balik ke taman pintar bakalan lebih heboh karena udah bawa 2 bocah hahaha

    Asyik banget nih zona kebaikan air ada di sini, kudu mampir banget kalau ke Jogja :D

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat kisah sedih ke taman pintar 2tahun lalu. Sudah sampai tapi gak jadi masuk karena gak semua rombongan mau. padahal semua bagian di taman pintar itu lho keren banget. semoga tahun i- bisa ke jogja

    ReplyDelete
  5. Saya belum pertnah ke Taman Pintar, Bu. Andai bisa ke Jogja pasti bakalan ajak keluarga ke sana. Senang bisa lihat wahana yang ada unsur edukasinya. Anak-anak tetap harus dikenalkan dengan konsep bermain sambil belajar, semacam satu paket lengkap yang menyenangkan sekaligus mencerdaskan.
    Duh, andai ada banyak Taman Pintar yang tersebar merata di seluruh wilayah kota atau kabupaten, rasanya hidup bisa lebih lapang karena sarana wisata keluarga lebih beragam dan anak-anak punya banyak pilihan.
    Asyik sekarang Bu Nunung jadi narablog yang bisa wara-wiri di setuap acara blogger gathering, dunia blog memang mengasyikkan.
    Selamat main bareng anak-anak ke Taman Pintar.

    ReplyDelete
  6. Aku, aku mba, belum pernah ke Taman Pintar Yogja.
    Hmmm... bangga gitu, muahahaha

    Kudu ke sana nih, biar lebih afdol, apalagi baru ada pembaruan dan pengembangan Zona Kebaikan Air. Mosok ya cuma baca reportasenya doang

    ReplyDelete
  7. Aqua sebagai pelopor air minum dalam kemasan terus berinovasi ya melalui Danone. Dulunya sebelum diperbaiki Zona ini seperti apa mbak?
    Bagus ya edukasinya buat anak-anak, mereka jadi mengerti manfaat air dan cara menggunakannya serta menghematnya

    ReplyDelete
  8. Sangat mengedukasi apalagi untuk anak-anak akan pentingnya air mineral. Coba kegiatannya ada di kota saya sudah dibawa anak-anak mbak soalnya susah minum air mineral padahal di rumah sudah pakai AQUA Danone.

    ReplyDelete
  9. AMIR, ayo minum air. Wah tepat nih jargonnya buat kalau ngingetin anakku. Dari pada pakai kata panjang: Kak ayo minum. Kan mendingan bilang, AMIR. Hehehe... Aduh, kapan lah ya bisa ke sini. Dari zaman tempat ini berdiri sampai sekarang yang ada aku mupeng aja karena belum pernah ngajak anak ke sana. Padahal buyutnya orang Jogja!

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata zona airnya udah dibuka dari tanggal 8 April kemarin ya.. Hmm jadi penasaran nih pengen main ke zona barunya.
    Secara taman pintar udah kayak rumah kedua kalau buat anak-anak

    ReplyDelete
  11. Air menjadi salah satu sumber daya alami yang harus dilestarikan ya. Konsep Taman Pintar bersama Danone sangat inovatif ya. Tentunya brrharap anak anak bangsa mampu memahami penting nya air.

    ReplyDelete
  12. seru banget spot edukasinya. bikin anak jadi seneng belajar air dan mempraktekan pola sehatnya ya

    ReplyDelete
  13. PR banget buat saya yang kurang doyan minum air. Mengingati manfaat air sangat dibutuhkan oleh tubuh.

    ReplyDelete
  14. Salma seneng banget kemarin diajak main ke sini. Jadi pencoba pertama latanya hahaha. Andalan banget ya Taman Pintar ini untuk org Jogja. Edukatif dan menghibur

    ReplyDelete
  15. waaa kalo ke Jogja wajib mampir ke sini ini ya Mba nung
    aku belum pernah ke Taman Pintar, eh ini ketambahan zona kebaikan air makin keren deh

    ReplyDelete
  16. Senang banget bisa jalan jalan ke Wahana Zona Kebaikan air ini. langsung inget anak anak dan menyusun strategi biar mau diajak main kesini. kalau anak susah minum air, pasti kalau diajak main kesini lebih mudah diajarin untuk gemar minum air.

    ReplyDelete
  17. Taman pintar sekarang sudah ada zona kebaikan air ya.. terakhir saya kesana tahun lalu sih dan belum ada.. aku mendukung ada zona kebaikan air ini.. para pengunjung jadi belajar tentang manfaat dan kebaikan air sebagai sumber kehidupan ya mba

    ReplyDelete
  18. Aku berharap banget taman pintar ini tidak hanya di Jogja saja tapi di berbagai daerah juga ada jadi anak2 dan ortu bisa belajar mengenai zona ini.

    ReplyDelete
  19. Culik aku ke Jogja dong mbak :)) pengen mampir ke Taman Pintar nih kl tar ke Jogja. Ngetrip sekalian edukasi pasti seruuu.

    ReplyDelete
  20. Wah, terima kasih Aqua sudah bikin fasilitas sebagus ini :)

    ReplyDelete
  21. Wah, keren ya programnya. Kalo deket, anakku yang nomor 3 pasti deh kepengen diajak ke sini. Dia sangat antusias dengan berbagai hal mengenai air dan lingkungan. Baru tahu juga kalo Taman Pintar sudah ada sejak 2018. keren deh!

    ReplyDelete
  22. Belum pernah ke Taman Pintar.
    Waktu ke Jogja, hanya lewat.
    Hiiks~

    Keren sekali ada edukasi mengenai air.
    Anak-anak pasti jadi lebih mudah memahami.

    ReplyDelete
  23. Bagus banget zonanya mbak, memberi pengetahuan pada anak maupun kita yg dewasa ttg air dan bagaimana cara mengelola air/ menghemat air. Moga bisa ke Taman Pintar tahun ini ajak anak ke sana

    ReplyDelete
  24. Programnya bagus banget inii.. di sekolah2 juga masuk, anak2 dikasih gambar di Amir dengan jadwal minum air setiap hari. Jadi mereka semangat minum air

    ReplyDelete
  25. Wah jd pengen maen ke sana lagi..liat wahana baru...penting banget sih edukasi air ini agar anak2 bs menyikapi air sesuai dgn seharusnya..

    ReplyDelete
  26. Setiap ke jogja sedihnya selalu melewati taman pintar, padahal itu menjadi salah satu rekomendasi buat edukasi anak2 klau ke jogja.. next Insyaa Allah mau kesana ahh.. makasih infonya yah mba...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)