Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan di Blog Bersama ProPS Indonesia dan KEB






Saya pernah mengisi kelas online dengan tema blogging untuk pemula. Nah, pada saat itu ada pertanyaan: "Memang hari gini, blog masih laku? bukannya sudah pada beralih ke vlog? apalagi era milenial saat ini. Orang lebih suka membaca di sosial media. Malas kalau harus klik blog dan membaca tulisan yang relatif lebih panjang daripada di facebook, instagram, misalnya."

"Hmm, benar enggak, ya? kira-kira gimana? "Kalau benar, gimana nih, nasib para blogger terkhusus emak-emak blogger? yang jelas, jawaban saya tidak jauh berbeda dengan jawaban pembicara yang akan mengisi acara KEBelajar yang saya ikuti. Penasaran, kan? Baca ulasan saya sampai tuntas, ya.

Hari Sabtu, tanggal 16 Februari yang cerah, saya menghadiri acara KEBelajar, salah satu tagline dari kumpulan Emak Blogger. KEBelajar kali ini berkolaborasi dengan ProPS yaitu Google Partner Channel. Wah, asik, ya. Sudah kebayang, kan, ya nanti bakalan ngomongin apa aja. Yup, sesuai temanya adalah Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan. Acara bertempat di Kunena Eatery yang berjarak lumayan dekat dengan tempat saya. 

Acara dimulai dengan dan sambutan-sambutan. Mulai dari sambutan dari Mbak Ilona selaku EO ProPS, Mak Icoel selaku ketua KEB, Mak Injul, dan juga beberapa orang dari pihak ProPS. Setelah sambutan dan perkenalan, acara pun dilanjutkan dengan makan siang dan sholat dhuhur. Iya, dong biar semangat dan fresh serta lebih konsentrasi pastinya, ya. 


credit: Ardian

Mulai dengan sesi pertama pemaparan dari Mbak Ilona yang cantik, ramah, dan humble banget. Secara garis besar, Mbak Ilona memaparkan 5 cara dalam monetisasi blog, yaitu:

1. Content Marketing
2. Social Infulencer
3. Affiliate Link
4. Iklan
5. Berjualan Produk Digital

Mbak Ilona juga memaparkan salah satu cara optimalisasi monetesasi, yaitu:
1. Pastikan source of traffic hanya dan hanya dari sumber yang berkualitas
2. Pastikan penempatan iklan berada di area keterlihatannya tinggi
3. Pastikan setiap slot dapat menampilkan berbagai size
4. Google menawarkan berbagai tipe iklan, so pelajari mana yang cocok.

Hemm, blog saya masih jauh banget. Dan belum juga untuk memulai monetisasi. PR besarnya masih pada konsistensi ngeblog yang belum saya punya. Namun pastinya ada keinginan juga lah untuk memonetisasi blog saya agar bisa lebih baik, berpenghasilan, traffic yang tinggi dan mempunyai banyak pembaca setia. Doakan, ya.

Ada satu lagi yang menarik yaitu bagaimana membuat konten yang menarik untuk global audience? Mbak Ilona menyebutkan cara-caranya sebagai berikut:

1. Tentukan Target Audience
    -Penduduk negara berbahasa inggris?
    -Penduduk negara dengan bahasa lain?
2. Produksi konten yang “evergreen”
3. Konten boleh saja bertopik lokal, namun dibawakan secara relevan untuk global audience
4. Pastikan tidak menggunakan konteks yang menyangkut budaya tertentu, sehingga akan susah dipahami secara umum.
5. Hati-hati dalam penggunaan kata-kata referensi (jarak, berat, pecahan uang, hari libur), karena setiap negara memiliki istilah berbeda
6. Ketika menggunakan image, pastikan yang dipahami secara universal
7. SEO. Manfaatkan keywords yang populer di negara tersebut untuk kemudian ditempat kan di konten yang relevan
8. Gunakan jasa translator dan berikan akreditas

Sesi Mbak Ilona ada kuis berhadiah, lho. Dan kusinya adalah menjawab pertanyaan tentang blogger dan blognya yang sudah go internasional. Saya ikutan, dong. Dan jawaban saya tidak ada yang benar alias nol, wakwakawak, ketauan kalau asal jawab. Iya memang saya asal jawab saja. Dan ternyata ya ngawur, hehe. Gak papa, yang penting pertisipasinya biar makin seru. Iya, kan?

Kemudian sesi yang kedua adalah sesi Mak Carra, yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia perbloggeran, terkhusus di KEB. Beliau juga sudah menulis buku blogging juga. Saya punya bukunya, oke banget isinya. Nah,  tema yang diangkat oleh Mak Carra saat ini adalah Pillar Post For Blog Monetizing. Wah, menarik, nih.

Apa itu Pillar Post?

Pilar pos itu artikel penyangga di blog kita yang mendatangkan banyak traffic dan biasanya digunakan sebagai referensi atau rujukan. Ciri utama bersifat practical, banyak dicari orang tentang tips, tutorial, pengalaman, dan hal-hal yang dibutuhkan lainnya. Di blog saya sendiri Alhamdulialh ada beberapa pillar post yang banyak diklik di search engine.

Tips membuat Pillar Post

1. Define your big ideas, tentukan tujuan, audience, Niche dari artikel
2. Keyword research, riset dulu sebelum menulis artikel, topik apa yang sedang viral dan temukan ide unik yang akan kita bahas.
4. outline saat menulis, kaidah 5W1H.
5. SEO checklist, ini berkaitan dengan keyword, url, subheading dan sejenisnya.

Gimana, sudah siap dengan semua tips tadi untuk monetisasi blog kita? Ah, semoga. Secara blog saya masih belum apa-apa. Pingin bisa menulis rutin dulu dan terjadwal dengan baik. Memang harus benar-benar menguatkan tekad dulu, sih ya. Bismilah.

credit: ardian


Sesi tanya jawab pun tiba. Saya pun bertanya soal tadi diawal saya kemukakan. Jawabanya dari Mak Carra, bahwa, ndak usah khawatir, blog masih banyak peminatnya. Masih banyak dicari orang. Masih dilirik oleh brand-brand. Bagimana pun paltform blog berbeda dengan media sosial. Namun, alangkah lebih baiknya juga para blogger memanfaatkan semua yang bisa dimanfaatkan. Ya Ngeblog, ngevlog juga, dan aktif sharing di sosial media. Wow, semua optimal ya harusnya. "Kalau bisa, mengapa tidak, Yekan?"

Disusul dengan sesi pembagian hadiah dan foto bersama. Oya, acaranya ini keren banget dan pas temanya. Tempatnya juga lumayan kece. Untuk acara selanjutnya, mungkin  bisa mengadakan workshop yang ada praktek langsung ya. Biar makin greget dan langsung mengaplikasian ilmu saat iu juga, kemudian diberikan penilaian. Asik pastinya. Segitu saja, deh. Terakhir saya ucapkan terimakasih untuk KEB dan ProPS. Semoga bisa hadir dalam event selanjutnya. Aamiin. Sampai jumpa lagi. 

credit: Ardian


Credit: Ardian

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

25 komentar untuk "Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan di Blog Bersama ProPS Indonesia dan KEB"

Comment Author Avatar
Asyik banget, Mbak. Bisa ikut #KEBelajar, Yogya kayaknya sarat acara demikian. Mbak Nunung bisa leluasa ke mana-mana demi menghadiri acara yang bertkaitan dengan blog.
Soal monetisasi, blog saya pun belum. Usia baru 4 bulan 3 hari. Iya, blog baru da yang lama ditinggalkan dulu bentar, he he.
Konsistensi blog memang penting, dan saya masih tetap optimis bahwa blog bisa menghasilkan, ingatlah bahwa kita cenderung mencari info di Google untuk kata kunci tertentu, selalu ada yang nyasar ke blog siapa pun yang mampu menghadirkan kata kunci yang baik.
Tetap semangat ngeblog, silaturahmi bisa kita peroleh dari sana.
Comment Author Avatar
Iya, Mbak Alhamdulilah masih punya waktu datang acara2 dan bersilaturahmi dengan para blogger. Btw, yup Insya Allah setiap blog punya pembaca dan juga bisa dimonetisasi ya. Semangat yuk!
Comment Author Avatar
Wah acaranya seruuu... TFS mba, jadi ikutan belajar ttg tema ini. Mskpn saya masih blogger abal2 sih..ngisi blognya saja baru bisa seminggu sekali hehe..
Comment Author Avatar
Sedih kalau lihat blog sepi sepi aja. Mendapatkan penghasilan akan membuat kita semakin yakin bahwa internet bisa menurunkan uang dan produk.bukan hanya saat hujan duit
Comment Author Avatar
Silaturrahmi berfaedah banget ya mba.. dengan membaca tulisan ini aku mulai paham nih pentingnya menata kembali blog aku yang gado2 hiks fokus dan memperbaiki kualitas blog dengan konten menarik dan disesuaikan dengan target pembaca blog kita memang penting untuk dilakukan ya.. thanks for sharing mbak
Comment Author Avatar
Serunya acaranya apalagi bareng KEB jadi pengen ikut sayang tinggalnya di Medan. Btw tips nya untuk nambah pundi-pundi mantap banget bisa langsung di aplikasikan.
Comment Author Avatar
materi yang seru banget dinahas nih. aku jg lagi proses belajar nih topik ini buat di praktekkan. Soalnya aku kga baru mulai dan masih harus belajar banyak mak.
Comment Author Avatar
Acaranya keren mbak, bisa nambah ilmu perbloggingan. Saya juga belum mikir SEO atau monetize blog. Mikirnya masih sama ingin konsisten ngeblog. Jadi saya belum merasakan mendapat fee dari iklan di blog. Penghasilan yg saya terima dr content placement dan kerjasama lainnya. Jadi pengen belajar SEO mbak. TFS.
Comment Author Avatar
Untuk dapat penghasilan dari blog, saat ini saya baru mendapatkannya dari placement artikel, review produk atau kerjasama menulis lainnya, dari iklan belum dapat nih :)
Comment Author Avatar
Iklan adsense yang sudah terpasang sekitar setahunan di blogku belum ada tanda-tanda membuahkan hasil nih, Mba. Kayaknya harus diitingkatkan lagi nih ilmu SEO-nya agar bisa lebih maksimal :)
Comment Author Avatar
Seru sekali acara KEB di Yogya ini yah mbak, waktu itu di Bandung juga mengadakan dan beneran berfaedah acaranya. Dapet banyak ilmu berharga.

Musti banyak belajar lagi tentang SEO nih mbak,aku masih sering kesulitan menentukan google trend nih
Comment Author Avatar
Keren banget deh acaranya
Sekarang memang banyak vlog tapi di sisi lain banyak juga yang lebih suka baca tulisan
Karena biss disave di catatan
Bisa dibaca2 ulang
Kalau di video kadang makan waktu dan kuota and mesti dipercepat diperlambat kalau ada yang missed
Ya ada kelebihannya masing2
Comment Author Avatar
Sebetulnya aku juga terpikir untuk menjual produk digital mba. Tapi belum tahu produk apa ya :) Makasih ya mba. Aku pun jadi tahu bagaimana untuk mengoptimalkan blog :)
Comment Author Avatar
Selalu banyak ilmu keren bisa kita dapat kalau berkumpul dengan KEB ya mba.. apalagi bintang tamunya keren-kereeen banget! Semoga bisa imutan yang berikutnya
Comment Author Avatar
keren banget kegiatan KEB di Yogya, Ilmunya juga sangat bermanfaat. SEO emang diperlukan sekali. tapi aku suka lupa kalau nulis ngikutin SEO. jadinya blog aku ga pernah bagus SEOnya.
Comment Author Avatar
Kyknya kalau prediksi saya, blog msh akan bertahan sih mbak, kyknya lho. Ada jg org yang gk nyaman dengan video krn mungkin msh terkendala inet hehe #justmytwocent.
Lalu kalau baca blog itu enak, saat ada yg keskip kita bisa mundur lg ke belakang :D
Btw iya ya selama ini saya belum maksimal soal iklan, msh lbh ke iklan dr konten aja :D
Jd kepikiran mau cek2 dan bikin tulisan yang sesuai pillar post di blog :D
Comment Author Avatar
Aku merasa belum terlalu optimal mengelola Blog. Kalo penghasilan tiap bulan insyaallah ada tapi belum rutin. Pengen segera bisa fokus mengelola blog
Comment Author Avatar
Aku udah dong kirim proposal agreementnya ke props hahahaha.
Comment Author Avatar
Seru banget bisa ikut kegiatan KEB yang seperti ini. Selain bisa ngumpul sesama anggota KEB, dapat ilmu pula. Btw thanks for sharingnya ya mbak. Setelah baca postingan ini lumayan dapat tambahan ilmu juga mengenai cara memaksimalkan pendapatan iklan di blog.
Comment Author Avatar
kalau aku pribadi lebih suka membaca mbak, kalau nonton video kebanyakan skip-skipnya. Jadi, mungkin aja di luaran masih banak orang yang sama kayak aku heheheh.
Seneng banget kalau bisa mengikuti acara seperti ini, bisa silaturahim sama teman sesama blogger dan juga nambah ilmu...
Comment Author Avatar
Ilmunya keren banget ini mbak. Saya pernah lakukan keyword research sekali dua kali aja. Kesininya rempong maaak. Buat bisa nulis konsisten aja masih PR besar nih. Kalau ilmu dari KEB belajar ini dimanfaatkan, pasti blog kita optimal banget ya.
Comment Author Avatar
Sejauh ini ngeblog hanya sekedar menulis dan mencari konten belum memang kepikiran SEO dan lainnya... konsisten dicari Insyaa Allah sambil belajar dan menekuni secara serius.. bismillahh... makasih mba informasinya...
Comment Author Avatar
jadi inget, sudah lama banget saya gak bikin video. Memang saatnya sudah beralih nich, anak anak saja mencari apa apa di Youtube. Tapi, ilmu yang diajarkan menjadi solusi nih, buat emak-emak blogger macam saya yang untuk bikin vlog saja terkendala beberaoa hal. Makasih sharingnya Mbak Nunung
Comment Author Avatar
Punyaku ada adsensnya, Mbak. Tapi, milik teman. Jadi, kita bagi hasil. Aku 60 dia 40. Yah, lumayanlah, bisa buat beli pulsa internet.
Comment Author Avatar
wah boleh juga nih tips nya dicoba, kebetulan masih baru nih di dunia blogger, ternyata blog bisa juga dimanfaatkan sebagai sarana menghasilkan uang ya, makasih banyak kak sudah memberi pencerahan untuk saya ;)

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)