Tips Menjaga Sistem Pencernaan pada Bayi dan Balita bersama Interlac



Hari sabtu tanggal 22 Desember yang lalu, saya berkesempatan hadir di acara Talkshow yang diadakan oleh Vinolia dan Interlac bekerjasama dengan Momblogger Community. Pembicara dr. Intan Diana Sari dan Bapak Mohamad Nurhadi. 
Acara dibuka dengan pemaparan oleh kedua pembicara tentang saluran cerna dan ruang lingkupnya.

Saluran cerna yang sehat mampu menjaga sistem imun kita. Dan saluran cerna adalah otak kedua manusia, jadi sangat penting kita untuk menjaganya. 80% dari sistem imun kita terletak di saluran cerna dan ahli medis sepakat bahwa saluran cerna berperan penting bagi kesehatan manusia, mulai bayi, anak-anak dan dewasa. Saluran cerna yang baik dan sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung imun dalam tubuh. Saluran cerna yang sehat sangat beranfaat untuk meningkatkan sistem imunitas kita dan mencegah alergi dan mencegah masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh.

Saluran cerna dapat terganggu adanya bakteri jahat yang diakibatkan oleh kebiasaan manusia yang buruk. Misal, dalam hal konsumsi makanan yang tidak higienis, stres, diare, maupun pemakaian obat yang berlebihan. Saluran cerna manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar, kemudian anus. Adapun gangguan saluran cerna biasanya adalah, diare, sembelit, sakit erut, kembung, gumoh, dan kolik pada bayi.




sumber: @interlacprobiotics


TIPS MENJAGA SALURAN CERNA

1. Cukup asupan cairan
2. Gizi seimbang dengan banyak konsumsi makanan berserat
3. Banyak bergerak
4. Batasi makanan berlemak
5. Konsusmi PROBITOIK

Mengenal Probiotik

Menurut WHO probiotik adalah bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan bagi penggunanya.
Yang perlu menjadi catatan disini adalah Probiotik bukanlah obat. Kata probiotik diambil dari Bahasa Yunani pro (untuk) dan bios (kehidupan). Maka kata probiotik mempunyai makna for life atau untuk kehidupan. BPOM Indonesia juga mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan, bukan obat. 

Menurut penjelasan dr. Intan Diana Sari Head of Medical PT. Interbat, bahwa  setiap jenis probiotik berbeda-beda. Ada probiotik yang sudah teruji manfaatnya, ada juga yang belum memiliki dukungan scientific untuk klaim kesehatannya. Dalam pemilihan probiotik, penting untuk melihat bukti uji klinis sampai tingkat strain. Lactobacillus Reuteri Proctetis, salah satu yang paling banyak diteliti di dunia mengenai manfaat dan keamanannya.


Logo PT Interbat


Diantara probiotik-probiotik dengan jenis Lactobacillus, yang paling menonjol kelebihannya adalah strain Lactobacillus reuteri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan bioteknologi Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Hal ini dibuktikan oleh ratusan penelitian klinis yang dilakukan para klinisi, ahli biomedis dan ahli nutrisi di seluruh dunia. 

Lebih dari 160 uji klinis pada lebih dari 13.000 partisipan yang telah mengkonfirmasi efektivitas dan keamanan Lactobacillus reuteri Protectis pada manusia. Dengan manfaat dan keamanan yang teruji klinis, probiotik Lactobacillus reuteri Protectis dari BioGaia kini direkomendasikan dokter di lebih dari 90 negara.

Mohamad Nurhadi selaku Brand Manager INTERLAC memaparkan, bahwa INTERLAC adalah satu-satunya produk suplemen probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri Protectis, menjadi solusi yang aman dan efektif untuk berbagai macam gangguan saluran cerna. INTERLAC dipasarkan di Indonesia, melalui kerjasama BioGaia dengan PT Interbat. 
Interlac ada tiga jenis:

varian produk interlac


1. Oral Drops (cocok untuk bayi baru lahir sampai berusia 1 tahun). Interlac oral drops adalah satu-satunya probiotik dengan sediaan oral drops di Indonesia. Cocok untuk bayi baru lahir hingga usia 1 tahun. Aturan pakainya, 5 tetes satu kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

2.Interlac Sachet untuk bayi dan anak 1-5 tahun. Rasa netral (plain). Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi Interlac sachet tidak mengandung lactosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa. Aturan pakainya, 1 sachet, satu kali sehari atau sesuai anjuran dokter. Caranya dengan melarutkan dalam sedikit air, dianjurkan untuk menggunakan sendok.

3. Tablet Kunyah dengan varian rasa stroberi dan lemon (4 tahun sampai dewasa). Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi interlac chewable tablets tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa. Aturan pakainya, 1 tablet kunyah 1 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Indikasi dan rekomendasi pemakaian adalah dosis satu kali sehari, dengan durasi pemakaian sebagai berikut:

1. Diare: 5 hari pemakaian
2. Konstipasi : 2 minggu pemakaian
3. Gumoh: 4 minggu pemakaian
4. Kolik : 3 minggu pemakaian

Manfaat INTERLAC

Selain keamanan dan keunggulan, INTERLAC juga mempunyai manfaat, diantaranya adalah;
Menjaga kesehatan saluran cerna
1. Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, regurgitasi (gumoh) dan distensi abdomen (kembung)
2. Terapi dan pencegahan infeksi jamurTerapi dan pencegahan kolik infantil (tangisan berlebih pada bayi berusia dibawah 4 bulan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan)
3. Terapi dan pencegahan NEC (Necrotizing Enterocolitis), penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir premature
4. Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkan daya tahan tubuh
5. Mendukung perkembangan neurologi (syaraf) yang optimal pada bayi
6. Terapi functional abdominal pain (sakit perut) pada anak-anak
7. Mengurangi efek samping penggunaan antibiotikTerapi pendamping antibiotik untuk infeksi Helicobacter pylori

Pengalaman Konsumsi Interlac

Sebagai ibu yang punya anak usia lima tahun dan juga batita, sangat penting urusan jaga saluran cerna ini. Karena memang banyak sakit yang timbul karena tidak sehatnya saluran pencernaan alias saluran cerna bermasalah. Banyak penyebab gangguan saluran cerna hingga anak-anak mengalami sembelit, diare, kembung bahkan muntah-muntah. Misalnya, si bungsu yang lagi aktif-aktifnya bermain, suka menelan air kran ketika mandi dan main air. Ketika kondisi tubuh sedang tidak siap, jadilah diare karena ada kuman yang masuk.

Kemudian anak saya yang nomor 4, bermasalah dengan sistem pencernaannya. Terutama susah buang air besar. Karena jarang sekali makan sayur. Coba mengkonsumsi interlac yang tablet kunyah, anak saya sangat suka. Rasa strawberry, seperti permen katanya. Alhamdulilah sampai saat ini gak ada lagi drama sembelit dan juga diare. 

Haziq 5 tahun, suka banget dengan interlac tablet kunyah, bangun tidur belum mandi, minta interlac, nih 😂


Foto bersama para moms blogger setelah acara credit: Amallia Sarah

Demikian ulasan saya tentang talks show kemarin. Semoga bermanfaat. Oya, Interlac dapat dibeli secara offline di tempat-tempat berikut: Guardian, Viva Health, baby shops dan secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami
Nah, untuk lebih banyak informasi seputar sistem pencernaan dan produk Interlac, bisa ke alamat berikut ini ya bunda.

Website : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics


31 comments

  1. aku juga di rumah sedia Interlac mba sejak ikutan acara ini aku jadi tau tentang probiotik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Sama...kebetulan ini yang kedua kalinya kenal dengan interlac manfaat banget ya 😄

      Delete
  2. anakku banget yang kedua. Masalah kesehatan dia tuh selalu di pencernaan, kalau ga diare ya sembelit. Berarti harus konsumsi probiotik ya, makasih mbak informasi berharganya.

    ReplyDelete
  3. Dokter anak-anak saya juga dulu selalu mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan. Trus, dia menyarankan untuk mengkonsumsi prebiotik

    ReplyDelete
  4. Bersyukur banget nih kenal Interlac, ponakan ku yang suka konstipasi atau gangguan pencernaan udah nggak mengalami susah buang air besar lagi.

    ReplyDelete
  5. Masalah umum orang-orang dewasa yang sering jadi sumber sakit adalah pencernaan. Dan itu tanpa sadar adalah akibat dari abainya perhatian terhadap kesehatan pencernaannya pas kecil. Di Indonesia ini misalnya, kebersihan dan kehigienisan makanan nggak bisa terlalu diharapkan kecuali masak sendiri di rumah. Jadi kudu ditunjang oleh bantuan dari luar macam interlac ini.

    Ada kan yang cukup makan jelly, konstipasi bisa teratasi. Cukup makan pepaya, BAB lancar jaya. Cuma, banyak juga yang butuh pendorong lain agar makin bersih dan sehat pencernaan. Tentu kudu milih yang terbukti kandungannya aman buat anak-anak ya.

    ReplyDelete
  6. Biasanya bayi dan anak-anak suka pada rewel kalau pencernaan mereka bermasalah. Makanya aku juga sedia interlac di rumah, kalau setahun yang lalu masih pake yang tetes, sekarang udah ganti jadi yang tablet. Hehehe.

    ReplyDelete
  7. Wah, event kece tentang kesehwtan saluran cerna, bertepatan dg hari ibu ya, berisi sekali harimu maak

    ReplyDelete
  8. Anakku pernah mengalami konstipasi, sayangnya dulu belum kenal interlac. Kayaknya hrs beli buat jaga2 kalo nanti kena konstipasi lg ni

    ReplyDelete
  9. Adik iparku lagi nyari produk yang bisa menjaga pencernaan anaknya. Dan kayaknya Interlac adalah pilihan yang tepat :)

    ReplyDelete
  10. anak keduaku sangat bermasalah dengan pencernaannya mba. Dulu aku mengakalinya dengan jeruk, tapi sekarang udah ada interlac, makasih infonya mba

    ReplyDelete
  11. Seneng ya kalau ada produk untuk anak, dan memperhatikan pentingnya menjaga pencernaan, sehingga meminimalkan masalah pada anak.

    ReplyDelete
  12. Hiiks aku sedih gak ikutan acara ini :(
    Kemarin raya sempat bermasalaha pencernaannya, sampai semingguan, terus inget sama interlac tablet chewy, aku beliin itu, besoknya udah membaik, bakal jadi obat wajib stock di rumah nih :)

    ReplyDelete
  13. Menambah pengetahuan bagi Saya..thank infonya mba :)

    ReplyDelete
  14. sekarang anakku jarang konstipassi, karena udah diperbaiki pola makannya dan srtanya. tp kalao nanti aa masalah pencernaan yaa langsung pake interlac

    ReplyDelete
  15. Probiotik memang sejak dulu dikenal bermanfaat untuk pencernaan ya mba. Kalau begini, ada masalah konstipasi bisa segera diatasi yaaa mba

    ReplyDelete
  16. Setuju probiotik memang bermanfaat ya Mbak. Namun memperbaiki pola makan juga nggak boleh disepelekan ya.... Terimakasih sudah mengingatkan Mbaakkk

    ReplyDelete
  17. Jd inget zaman anak2 kecil pernah kebingungan deh waktu anak sembelit, coba kalau tau ada interlac ya...ga alan sampai kebingungan

    ReplyDelete
  18. Miqdad doyan banget INTERLAC tabelt yang tasa strawberry. Seneng kalo probiotik yg disukai anak-anak kayak INTERLAC ini

    ReplyDelete
  19. Ooh Interlac ada tablet kunyahnya juga ya. Kukira cuma yang dilarutkan. Andalan banget buat ibu yang punya balita nih.

    ReplyDelete
  20. Saluran cerna emang rentan terkena virus dan bakteri dari makanan yang tidak higinis ya mbak. Senangnya sudah ada interlac yang mengandung probiotik yang bermanfaat tuk pencernaan kita.

    ReplyDelete
  21. Stress juga bisa berakibat pada pencernaan ya Mbak. Hmm, noted ini.
    Klo anak sakit perut, apalagi yg bayi emang bikin pusing secara mereka blm bisa gambarin apa yg dirasakan, cuma bisa nangis doang, huhuh. Harus selalu sedia Interlac ini ya, secara gak cuma untuk bayi dan anak aja tapi ada untuk dewasa juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dengan kemenakan di rumah ini mba, sering bermasalah dengan pencernaannya, tp sudah ada Interlac yah yang bisa mengatasi masalah pencernaan 😊

      Delete
  22. Pas baca "Vinolia" aku malah ingat sabun mandi favoritku dulu.
    Hahaha, mungkin ini sepupu dengan Interlac ya.

    Tentang susah BAB (sembelit/konstipasi) anak ini aku pernah alami.
    Sedih banget pas lihat ekspresi buah hati

    Kalau kasusku sembelitnya karena sufor dan kurang serat.

    Untung sekarang ada Interlac, jadi ibu-ibu bisa terbantu mengatasi konstipasi terutama pada buah hati usia balita.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah seneng kalo ada penemuan obat-obat macem interlac ini untuk anak-anak
    Membantu pencernaan dan juga kalu gumoh gitu bisa diatasi ya Mba.InsyaAllah bakalan jadi rekomendasi saya kalau kelak punya anak.

    ReplyDelete
  24. Anak temenku baby mengalami usus susah penyerap nutrisi jadi meski ASI cukup, bab bagus, bb ngedrop, sama dokternya dikasih interlac ini loh

    ReplyDelete
  25. Saya di rumah juga sedia Interlac ini mbak. Pernah pas anakku diare aku pakai interlac ini. Cukup membantu sebgai pertolongan pertama utk anak dengan kondisi yk gtu. Memang pencernaan anak itu sensi dan sebaiknya dijaga supaya sehat yaaa. Krn pencernan yg sehat akan bikin anak sehat fisik jg.

    ReplyDelete
  26. Sedih banget ya kala anak kita mengalami masalah pencernaan. Untung aja sekarang udah ada interlac yang bisa meringankan tugas emak dalam menjaga kesehatan pencernaan. Soalnya kalau pencernaan terganggu tuh anak jadi rewel dan enggak enjoy saat beraktivitas.

    ReplyDelete
  27. Nah iya, kalo anak sudah ada masalah sama saluran pencernaan tuh syeddiiihh...
    Makannya aku jaga banget untuk pola makannya, yang penting sayur itu pasti 2 hari sekali biar gak melulu makan-makanan yang keringan hehe

    ReplyDelete
  28. Seneng aja baca postingan2 sejenis ini wlp bunda sdh gak punya baby, batita or balita. Keuntingan ibu2 muda zaman now banyak sekali masukan dan pembelajaran yg luas tentang parenting. Gak sepedti zamannya bunda, hiks...tapi alhMdulillah anak2 tumbuh sehat dan cerdas.

    ReplyDelete
  29. Adik iparku lagi nyari produk yang bisa menjaga pencernaan anaknya. Dan kayaknya Interlac adalah pilihan yang tepat :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)