Destinasi Wisata Semarang yang Harus Dikunjungi

Salah satu tempat destinasi saya terdekat adalah Semarang. Ya, ibu kota jawa Tengah tersebut, sekarang makin digemari. Makin banyak ragam wisata dan juga tempat dan kuliner yang menggoda. Sudah lama sekali saya tak menginjakkan kaki ke sana. Terakhir ke Semarang kira-kira 8 tahun lalu. Wow, lama sekali, ya? Nah dalam waktu dekat ini, saya berencana kesana. Bersama kakak saya yang di Jakarta, kami akan menikmati destinasi wisata Semarang. Maklum, sudah lama sekali momen kebersamaan dengan saudara tidak pernah lagi diagendakan. 
Semarang, Ibu kota Jawa Tengah itu, kota yang menyisakan kenangan manis sekaligus pahit. Ya, Almarhum kakak perempuan saya, dulu kuliah dan belajar di Kota Lumpia itu. Kota metropolitan setelah Jakarta, dan Surabaya.  

Dulu, wisata di Semarang tak sebanyak kini. Ya, saya pun tidak sempat mengunjungi beberapa tempat wisata tujuan pada waktu itu. Hanya sempat ke Simpang lima saja. Nah, sekarang tujuan wisata dan tempat-tempat yang menarik dan recomended untuk dikunjungi sudah puluhan jumlahnya. 50 lebih destinasi wisata di Semarang yang layak dikunjungi. 
Tapi, tak semua yang akan saya kunjungi, yang paling utama yang Insya Allah akan saya kunjungi adalah wisata-wisata berikut:

Sam Poo Kong. Foto ini diambil oleh anak saya ketika piknik ke Semarang bersama ibu mertua

1. Lawang Sewu, Jujur saya sampai sekarang belum pernah kesana. Kebangetan banget, ya. Bukan apa-apa. Sejak menikah dan tinggal Di Yogya, saya hampir tak keluar kota kecuali Cirebon dan Jakarta. Paling banter Solo, Magelang dan juga Klaten. Semarang sampai saat ini belum kesana lagi. Lawang Sewu ini sangat menarik. Bila belum kesini, berarti belum ke Semarang, begitu katanya. Ya, sebuah tempat yang unik dan langka. Bangunan bersejarah zaman Belanda yang dulu difungsikan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api. Bangunan yang mempunyai banyak pintu itu menarik pengunjung untuk ke sana. Berfoto ria dan juga menikmati keunikannnya. Dan pastinya menjadi salah satu ikon bagi kota Semarang. 

2. Sam Poo Kong. Sebuah tempat atau klenteng yang menorehkan sejarah bahwa dulu penduduk hidup damai berdampingan. Apa yang bisa kita dapatkan disana? Salah satunya adalah berwisata sejarah mengenang perjalanan Laksamana Cheng Ho, pelaut Tiongkok handal beragama Muslim yang menyebarkan virus perdamaian di Kota Bandeng. Wah, asik banget ya. Berwisata sambil belajar sejarah.
3. Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Besar Kauman, dan Masjid Raya Baiturrahman yang bisa dijadikan tujuan utama ke Semarang. Saya sangat ingin berkunjung kesana. Masjid dengan disain yang indah dan megah, dan mengingatkan kita pada kota Mekkah dan Madinah. 
4. Simpang Lima, nah meski dulu saya sudah kesana, tak lengkap jika nanti ke Semarang tak berkunjung ke Simpang Lima. Tempat yang asik dan cocok untuk mengenang memori-memori dulu sewaktu saya berkunjung ke Semarang. Kuliner yang khas akan banyk kita dapatkan di lokasi ini. 
5. Danau Rawa Pening, Curug Benowo, Air Terjun Kali Pancur, dan Umbul Sidomukti adalah beberapa destinasi wisata alam yang harus dikunjungi nantinya. Ya, Semarang juga punya wisata alam yang tak kalah indahnya dengan kota-kota lain. 

Nah, itu adalah beberapa perwakilan wisata di Semarang yang harus dikunjungi. Selain itu, masih banyak pilihan destinasi baik yang main stream maupun yang anti main stream.  Jika Ingin tahu lebih banyak cari saja di internet. Pastinya nanti jika sudah berselancar, bikin ingin segera kesana. Oya, ngomongin wisata saya pingin banget punya kamera yang canggih. Semisal kamera go pro gitu. 

Wisata tanpa mengabadikannya bagi saya bagai sayur tanpa garam. Sayang banget wisata jauh dan berkesan tanpa foto. Impian saya punya kamera Gopro Hero 7. Kamera GoPro Hero 7 dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang bisa menunjang pengambilan gambar dan video terbaik. Kamera ini dilengkapi dengan fitur Protune yang memungkinkan Anda bisa mengakses secara manual. Anda bisa mengatur kesesuaian warna, batas ISO, ketajaman dan masih banyak lagi untuk memberikan hasil yang optimal. Harga GoPro Hero 7 bervariasi ada yang mahal ada yang lebih murah. Kudu pinter-pinter nyarinya, nih. Eits, yang paling penting, nabung dulu ya untuk bisa dapetin kamera impiannya. Haha...Doakan ya. Btw, ada rekomendasi tempat wisata lainnya di semarang? Tambahin, Yak!

27 comments

  1. Aku baru ke Simpang Lima aja ya, hahaha. Kalau ke Semarang seringnya ada acara gitu bukan buat jalan2. Kalau pun jalan paling ke Kota Tua. Perlu diagendakan nih

    ReplyDelete
  2. Aku udah semua kecuali Rawa Pening. Hehe. Masjid Agungnya bagus Masya Allah. Lawang Sewu juga magis gitu

    ReplyDelete
  3. Sekali ke sana tapi cuma ke Lawang Sewu. Rame tourism juga di sana. Kalo tempat-tempat lain seperti di atas belum pernah. Semoga bisa kesampaian keliling Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Sama sekali belum pernah ke Semarang, penasaran dengan Lawang Sewu

    ReplyDelete
  5. Selama ini cuma numpang lewat di Semarang saat mudik. Ingin deh eksplor sehari aja di sana. Sambil bawa go pro hero 7 makin woooow hasil fotonya.

    ReplyDelete
  6. Sekarang Semarang sedang bersolek mba wisatanya, apalagi Kota Lama..

    ReplyDelete
  7. Waktu saya mau ke Semarang, banyak pesan sponsor supaya saya ke Simpang Lima, tempat wajib kunjung buat yg baru datang ke Semarang hehe dari daftar di atas yg belum kesampaian yg nomor 5 Mbak ... semoga suatu hari bisa kesampaian, amin

    ReplyDelete
  8. aku udah ke Lawang sewu malam-malam sepulang kerja sama teman kantor agak horor karena temanku pucat dan keringetan pas keliling lawang sewu haha

    ReplyDelete
  9. Kota lama ada Museum 3D mba, mampir deh. Kalo ke masjid agung, colek2 aku ya mba. Deket dari rumah, siapa tahu bisa kopdaaar

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah ke Semarang nih,ngiri kalau teman-teman posting destinasi wisata di Semarang, bagus-bagus banget.

    ReplyDelete
  11. Mba kalo ke Semarang main kabar-kabar lagi ya hahahaha aku tinggal di Kendal, ke Semarang sejaman lebih lah bisa meet up

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah main ke Semarang, mba. Tapi pinginnn! Pengen jajan lumpianya hehe. Terus apa lagi sih kuliner khas Semarang? Pengen icipin semuanyaaa xD

    ReplyDelete
  13. Saya taunya cuma Simpang Lima kalau di semarang. Pengen makan lumpia kalau bisa ke Semarang lagi :)

    ReplyDelete
  14. Aku kalau ke Kudus pas lebaran ya hanya numpang lewat saja. Belum pernah menjelajahi Semarang. Padahal banyak destinasi bagus ya

    ReplyDelete
  15. Rawa pening & curug penowo aku belum pernah.. catet ah. Besok kalo pas ke semarang lagi siapa tau bisa mampir situ. Atau kita bareng2 aja ke situ yuuk maaak :)))

    ReplyDelete
  16. Belum pernah ke Semaraaang #sad.
    Moga2 tahun depan bisa ke sana aamiinn Ya Allah. Aku catat nih mbak destinasi2nya, moga pas punya gopro jg buat mengabadikan Semarang :D

    ReplyDelete
  17. Meski sudah terkenal, tapi aku belum pernah ke MAJT. Hahaha. Pingin lah ke sana.

    ReplyDelete
  18. Meski sudah terkenal, tapi aku belum pernah ke MAJT. Hahaha. Pingin lah ke sana.

    ReplyDelete
  19. Wah, aku belom pernah ke tempat2 ini. Aku ke Semarang biasanya cuma mampir. Nginep di hotel aja. Gak sempet main ke sana sini. Semoga nanti ada kesempatan ke Semarang lagi deh. Agak lamaan dikit. Biar bisa main ke tempat2 ini. :)

    ReplyDelete
  20. Kalau yang nomer 5 itu sebenarnya sudah tidak masuk Semarang sih. Eh, masih Kabupaten Semarang lah hihiii... hanya saja memang jauh dari pusat kota Semarang. Hayuk mba kapan2 pas ke Semarang kontek2 ya. Rumahku deket banget dengan Masjid Agung Jawa Tengah.

    ReplyDelete
  21. Dari semua itu kayanya aku yg belum no 3 dan 5. Soalnya yg 3 lainnya itu udah kaya wajib banget ya di samperin. Wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Kelimanya aku sudah kunjungi waktu ke Semarang dan jangan lupa juga main di kota lama Semarang, karena bangunan-bangunan disana bagus-bagus banget.

    ReplyDelete
  23. Lawang sewu ini iconic nya Semarang yaa...
    Jadi ga bole banget ketinggalan.

    ReplyDelete
  24. Gak bisa nambahin Mbak, lah yang disebutin aja saya belum pernah ke sana semua, haha. :D

    ReplyDelete
  25. alhamduliha 1-4 udah dikunjungi mba tinggal yb no 5
    tp kuliner semarang yang bikin kangen nih

    ReplyDelete
  26. simpang lima sering dengar namanya. Namun belum kesampaian ke sana.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)