Staycation di dalam kota Jogja? Ke rumah Mba Ayu, aja!

Cuaca di Jogja saat ini sedang tak menentu. Beberapa hari panas banget, kemudian tau-tau hujan. Sekarang panas lagi. Mungkin siap-siap peralihan dari musim panas ke musim hujan, ya. Meskipun cuaca tak menentu, Jogja tak pernah mati dari pengunjung atau wisatawan. Iyalah, Jogja, gitu loh. Salah satu tujuan wisata yang paling populer baik nasional maupun internasional. Dengan keanekaragaman kuliner dan wisatanya, serta keunikannya bikin orang pingin ke Jogja meski hanya staycation untuk semalam atau cuma mampir sejenak. Oya, ngomongin tentang staycation, nih. Ada banyak tempat yang asik di Jogja. Hotel berbintang dan hotel melati itu sudah banyak dan biasa, kan, ya. Budgetnya juga kudu siapin yang banyak. Atau beberapa hotel dan villa yang letaknya jauh dari kota Jogja, ada banyak juga misal di kaliurang atau gunung kidul. 

Nah, bagi yang ingin staycation di dalam kota dengan budget yang tak terlalu mahal, dan pastinya dapat tempat yang homey banget. Serasa ada di rumah, namun di tengah kota. Serumah bisa sekeluarga atau berkumpul dengan sahabat-sahabat kita. Yap, ke Rumah Mba Ayu, aja! Seperti pengalaman staycation saya bareng teman-teman blogger ayu sabtu kemarin. Mau baca gimana keseruan saya staycation di rumah mba Ayu? yuk, cekidot!


saycation di dalam kota? ke Rumah Mba Ayu, Aja! credit:@rumah_mba_ayu

Sabtu siang itu sengaja kami mulai chek in ke Rumah Mba Ayu, karena paginya masih ada agenda dan rutinitas yang kami kerjakan. Iya, anak-anak sekolah, dan saya sendiri ada acara seminar di UMY. Sekitar jelang ashar, saya dan anak-anak langsung ke rumah mba Ayu. Yeay! anak-anak senang banget. Tidak beberapa lama, kamipun sampai. Jarak dari rumah saya kira-kira 4,5 km saja. Lumayan dekat, hehe.

Rumah Mba Ayu terletak di tengah kota Jogja. Tepatnya di Jalan Nitikan Gang Abimanyu no 1092 Yogyakarta 55162 (cus ke Google Map ya). Karena lokasinya di dalam kota, tentu saja dekat dengan tempat-tempat yang banyak diminati orang ketika ke Jogja. Seperti museum de Mata, de Arca, de Walik. Alun-alun jogja. Kota Gede, prawirotaman, Taman Sari dan juga tempat kuliner yang terkenal dan enak.

Tenyata teman-teman sudah pada kumpul dan sudah mulai menempati kamar asing-masing. Ingin tahu gimana tata letak dan ruang di dalam Rumah Mba Ayu, yuk saya ceritakan singkat bagian-bagian ruangannya,  ya. Mulai dari lantai satu, dan kemudian lantai dua.

Lantai Satu

A. Ruang Tamu

Nah, kita mulai dengan ruang tamu ya. Ruang tamu rumah mba Ayu cukup nyaman. Desain yang simpel dan minimalis, namun tetap elegan. Sofa yang tertata rapih dan juga hiasan dan sekat cantik yang memisahkan dengan ruang berikutnya, yaitu ruang keluarga, bersantai atau ruang menonton televisi.

ruang tamu Rumah Mba Ayu

B. Ruang keluarga

Ruang keluarga sekaligus ruang untuk bersantai sambil menonton televisi atau juga ruang untuk acara keluarga ya. Kemarin kami blogger ayu acara seru-seruan tukar kado. Kami saling tukar kado dan berbagi hadiah. Suasana jadi tambah hangat, meriah, dan penuh kegembiraan. Anak-anak tak kalah serunya bermain dan mereka senang karena mendapat teman baru. Alhamdulilah. Seperti anak saya Wafa, dapat teman baru yaitu Salma mereka cocok dan klop karena usia yang tak terpaut jauh. Alhamdulilah

ruang keluarga atau ruang televisi credit: @rumah_mba_ayu


seru-seruan tukar kado dan memberi hadiah credit: @imasatrianto

anak-anak serius dan santai menonton televisi

C. Kids Corner dan Pojok Baca

Pojok bacaan dan tempat bermain anak ini adalah salah satu tempat favorit anak-anak. Pojok yang nyaman dan ada buku-buku lezat bergizi untuk dibaca. Pastinya ada banyak mainan juga. Seperti lego, uno staco, ular tangga, catur dan mainan lainnya. Bikin tambah betah anak-anak bermain.


kids corner dan pojok baca
tangga utama untuk ke lantai atas yang cantik dan instagrammable credit:@dian_ismyama

D. Kamar utama :

1. Kamar Sakura

Kamar sakura ini jadi salah satu kamar favorit di samping kamar-kamar lainnya. Cukup luas dan lengkap. Desain interior yang cantik dan gambar-gambarnya bikin semangat untuk berkeliling dunia. Kamar sakura juga ada pojok untuk sofa dan menonton televisi. Dan pastinya ada kamar mandi di dalam, dan AC bikin tambah betah berlama-lama di dalam kamar sakura ini.

Kamar Sakura credit: @rumah_mba_ayu

credit: @dian_ismyama

2. Kamar Azalea

Senada dengan kamar Sakura, kamar Azalea juga tak kalah cantik dan luas. Ber AC dan kamar mandi dalam dengan bath tubnya. Desain dan mural di dinding yang masih bertemakan negara luar bikin suasana serasa di Eropa. Lemari-emari yang tertata cantik dan rapih bikin tambah betah suasana di dalam kamar azalea ini.

kamar Azalea credit: @rumah_mba_ayu

kamar mandi di kamar azalea credit:@rumah_mba_ayu


E. Dapur, ruang makan, dan Taman

Rumah Mba Ayu memiliki dapur yang cantik. Kitchen Set yang lengkap dan tertata rapih. Ada kompor gas, dan juga peralatan masak. Piring gelas, sendok, garpu, pisau dan juga mangkuk memenuhi laci kitchen set dengan apik. Jadi, gak usah khawatir, kita bisa masak kapan pun yang kita inginkan. Ada kulkas besar, dispenser panas dan dingin selalu tersedia. Cadangan aqua galon pun tersedia. So, gak perlu takut kehausan, ya.

dapur lengkap dan cukup luas


Ruang makan yang tak jauh dari area dapur, makin mempermudah dan pastinya main menambah keakraban kita. Bercengkerama sambil menikmati hidangan. Menikmati cemilan dan minuman hangat. Dan lebih seru juga, malam-malam kami bisa bikin indomie, haha. Oya, di rumah mba Ayu, paginya kita dapat sarapan. Waktu itu sarapannya nasu goreng dengan lauk ayam goreng dan lalapan serta buah pisang. Jadi, gak usah khawatir bingung cari sarapan pagi.

ruang makan credit: @imasatrianto


Di samping dapur persis, ada taman kecil yang makin menambah betah. Kolam yang airnya gemercik, menambah syahdu suasananya. Pas dan cocok untuk menghilangkan penat dan pikiran kusut. Atau sambil mengerjakan tugas juga asik, loh.

taman kecil di area dapur dan ruang makan


LANTAI ATAS

1.  Kamar satu

Kamar satu di lantai atas ini kamar yang fenomenal dan instagrammable banget. Muralnya cantik dan menginspirasi untuk bersemangat mencari ilmu dan menjelajah dunia tapi tak melupakan Allah SWT Sang Pencipta dan Pengatur jagad raya ini.

mural yang keren dan sangat memotivasi berada di kamar satu lantai atas

kamar satu lantai atas ber AC dan instagrammable credit: @rumah_mba_ayu
sudut kamar satu lantai atas yang menawan credit:@rumah_mba_ayu


4.  Kamar dua

Kamar dua hampir sama, bedanya tanpa mural tapi ber AC. Ada dua bed berbentuk bed sorong juga, bisa lebih muat banyak. Cukuplah untuk satu keluarga kecil, hehe.

kamar dua lantai atas, ber AC credit:@rumah_mba_ayu


5.  Kamar tiga

Nah, kamar tiga ini agak lebih kecil ukurannya dan cuma ada Fan atau kipas angin.Sengaja diperuntukkan untuk pengunjung yang tidak nyaman dengan kamar ber AC. budgetnya lebih murah tentunya, ya. Tersedia satu bed sorong ukuran sedang, jadi bisa diatur. Ada juga meja sebagai tempat untuk menaruh barang. Pernak-pernik yang ada makin mempercantik dinding kamar tersebut.

kamar tiga lantai atas bed sorong 

6.  Kamar empat

Sama dengan kamar tiga, kamar empat ini juga tak ber AC dan satu bed saja. Terdapat lemari dan kipas angin. Kamar mandinya di luar, persis sebelah kamar. Kamar yang tertata rapih, bersih dan pencahayaan yang baik, membuat main betah berlama-lama di dalam kamar.

kamar 4 lantai atas satu bed besar, lemari dan ada kipas angin credit:@ruma_mba_ayu


7.  Ruang Tengah (Televisi)

Di lantai atas juga ada ruang tengah sebagai ruang duduk dan menonton televisi. Di sudut-sudutnya ada sofa yang tertata apik. Sudut lain terdapat kursi antik yang ada gitarnya. Wah, bisa bermain gitar juga tentunya. Tak perlu khawatir soal koneksi internet, karena di rumah mba Ayu memiliki wifi yang kenceng dan stabil. Wah, asik banget, ya.

anak-anak sedang asik nonton film kartun

ruang keluarga tau menonton televisi di lantai atas cedit: @rumah_mba_ayu

bisa bermain gitar juga, nih

8.  Dapur

Lantai atas juga ada dapur minimalis yang ada kompor gas kecil dan juga dispenser. Ada rak kecil berisi piring, geas, mangkuk, dan sendok, serta peraltan masak. Jadi, jangan khawatir, di lantai atas juga bisa masak atau sekadar bikin mie rebus atau telor ceplok, serta membuat minuman hangat juga tak perlu repot ke lantai bawah.

dapur minimalis di lantai atas credit: @rumah_mba_ayu

9.  Kamar Mandi

Kamar mandi di lantai atas ada dua. Pertama dan diantara kamar tiga dan empat. Dan satu lagi ada di dekat dapur di area teras. Kamar mandi dengan shower dan bisa memilih air panas atau dingin.

10.Jemuran dan Teras

Di lantai dua ini ada teras dengan kursi panjang yang empuk dan klasik. Ada juga stole yang lucu untuk menemani santai di sore hari. Dan tak jauh dari situ, ada jemuran handuk dan jemuran baju. lengkap, bukan?


teras belakang lantai atas credit:@imasatrianto

Terimakasih Rumah Mba Ayu, makin sukses dan berkah, ya credit: @imasatrianto

Demikian cerita staycation saya di Rumah Mba Ayu bareng teman-teman blogger Ayu. Pengalaman yang sangat berkesan bagi saya dan teman-teman semua. Karena gak nyangka bakal bisa nginep bareng, seru-seruan begini. Rumah Mba Ayu bisa menjadi salah satu homestay di dalam kota yang asik dan homey. Pastinya bisa puas kumpul bareng dengan orang yang kita sayangi. Yuk, ah yang mau staycation di Rumah Mba Ayu juga, cus ke Instagramnya atau di facebooknya ya.

Rate rumah mba Ayu


IG:@rumah_mba_ayu
FB: Rumah Mba Ayu
reservasi dan tanya rate jelasnya, bisa hubungi  WA 082133843131/081315345340

42 comments

  1. Homey bangeeeett, seneng banget bisa staycation bareng di kota Jogja, pasti bakalan terkenang siapapun yg pernah singgah di Rumah Mba Ayu. Yeaaaayy!

    ReplyDelete
  2. Tegel tangganya lucuuuuuu aku pengen punya kayak gituuu huhuhuhu. Btw, asyik juga ya staycation di homestay gini bareng temen2 dan anak2nya. Kayaknya nggak cukup kalo cuma semalem doang deh, minimal 2 malam gitu, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya tegelnya cantik, bikin pingin foti2 terus disitu 😁

      Delete
  3. Wah asik ini kalau bareng keluarga nginepnya cukup satu rumah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak. Serasa punya rumah besar sendiri, hehe

      Delete
  4. saya kemarin liat postinga instagram mba nunung tentang rumah mba ayu ini, saya fikir ini rumah sodara mba nunung di jogja, ternyata homestay hehehe lumayan homey ya berasa rumah sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak, ini homestay yg homey banget. Berasa lagi di rumah aja

      Delete
  5. Hamiiisssh... aku padamuu.. ayok ajakin ummi nginep lagi yuuuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ayook...ajakin Mas Arka dan Mas Raya juga ya 😍

      Delete
  6. Asyik banget staycation bareng manteman ya mbak.
    Homestay pun asyik banget keliatannya, harganya murah lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, asik dan hepi. Apalagi anak2, seneng dapet temen baru

      Delete
  7. Konsep penginapannya kayak rumah ya, homy banget, serasa nginep di rumah jadi nggak ada kesan kaku, tapi teuteup berasa liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes betul mbak...bagi yg ingin liburan tapi tetep kayak di rumah, rumah mba Ayu, cocok banget

      Delete
  8. Wah seru juga ya staycation keluarga blogger gitu. Kalau pas ke Jogja sama keluarga enak juga ya nginap di rumah mbak ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak seru dan tambah akrab pastinya. Yuk, ke Jogja, Mbak 😘

      Delete
  9. Eeh seru bgt sii staycation bareng gini. Homestaynya nyaman pulaaak. Cucook

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru dan asiik pertama kali ini nginep bareng gini...😁

      Delete
  10. Yeaaayyy, akhirnya ditulis juga nih waktu nginap di Rumah Mbak Ayu. Aku dan keluarga suami tuh suka loh nginap di homestay. Udah tiga kali kami menikmati suasana nginap di homestay, semoga suatu hari bisa meluangkan waktu nginap di sini. Apalagi tarifnya juga ramah di dompet kami, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak ke Jogja lagi dan cobain nginep di Rumah Mba Ayu, ya...😘

      Delete
  11. Saking penasaran aku baca sampai tuntassss dan baru nyadar rumah mbak ayu tenyata homestay gitu yah untuk disewakan,, duhhh dododdggg hihihi

    Homestay memang jadi pilihan jika liburan bareng keluarga yah mba, klo satu keluarga aja jadinya kebesaran hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa sewa per kamar mbak...klo lagi beruntung, bisa jadi yg sewa cuman kita, hehe

      Delete
  12. "Meleleh" sama Rumah Ayu yang memang benar-benar ayu.
    Lokasi strategis dan harganya kompetitif.
    Ntaaap jiwa!

    ReplyDelete
  13. Waaah rate groupnya oke bangeet ya mba. Murah untuk ramai-ramai dan fasilitasnya juga okeee

    ReplyDelete
  14. Sejak awal lihat rumah Ayu, langsung aku sukaaa. Penataannya bagus banget trus bersih. Soal harga juga terjangkau dan kayaknya asik kalau ramai ramai ya mba. Makasih referensinya ya mbaa

    ReplyDelete
  15. Kalo ke Jogja bisa nginap di sini nih, harganya ramah di kantong jadi gak bakal bikin kantong bolong :)

    ReplyDelete
  16. Eh... murah ya.. dan kita bisa sewa 1 rumah. Itu modelnya kamarnya kalo berantakan diberesin sendiri atau ada petugas yg akan ngerapihin? Kalo ada piring kotor cuci sendiri atau dicuciin?

    ReplyDelete
  17. Luas dan homey banget ya rumah mbak ayu ini. Bagus dan murah juga sewanya

    ReplyDelete
  18. Nyaman Mbak, kelihatan dari fotonya. Noted. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  19. wah info penting nih mba, some day kalau ke Jogja lagi nginep di sini aja, Rumah Mba Ayu.

    ReplyDelete
  20. Wah murah banget ya daripada di hotel. Kalo ke Yogya nginep di sini aja yaaa..

    ReplyDelete
  21. Jadi terinspirasi ni mbak untuk bikin acara keluarga staycation aja, kalau lagi males beberes, hihihi

    ReplyDelete
  22. aahh nyamann sekali kelihatannya, asik nih buat keluarga besar. Harganya juga terjangkau banget...

    ReplyDelete
  23. Enaknya! Apalagi pas tinggalnya barengan gitu. Lumayan bayarnya rombongan. Bulan Juli ke Jogja tanpa rencana dan gak dapat tempat nginep. Sedih akutuuuu belum tau Rumah Mbak Ayu

    ReplyDelete
  24. Rumah ayu yang kamarnya temanya beda beda ini yaaa, menurutku harganya cukup murah loh kalau pesan satu rumah, bawa keluarga besar nginep di rumah ayu

    ReplyDelete
  25. Suasananya berasa kekeluargaan banget, boleh deh untuk menjadi referensi saat ke Jogja.

    ReplyDelete
  26. homestay yang homey bahkan harganya ramah kantong banget mba dan banyak spot buat instagramble hahaha

    ReplyDelete
  27. Omahe ayuuu tenan.
    Pingin ke Jogja lagi rasanya...
    Trus nginep di Rumah Mbak Ayu.

    ReplyDelete
  28. Noted deh buat jadi pilihan tempat nginep kalo ke Jogja. Bersih tempatnya.

    ReplyDelete
  29. Ke sana lagi yuuk. Ini kantor suamiku mau homestay ke rumah mb Ayu

    ReplyDelete
  30. insyaAllah mbak, kalau ke Jogja saya pengen juga nginep di rumah mbak Ayu. makasih rekomendasinya ya mbak :-)

    ReplyDelete
  31. Nagih ya nginep di rumah mbak ayu. Jadi pengen lagi dan lagi...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)