"Mengapa, Ngeblog?"

"Mengapa, ngeblog?" Pertanyaan itu pasti muncul baik langsung maupun tak langsung dibenak kita, atau dari sahabat-sahabat ketika tahu kita aktif ngeblog.

"Zaman sekarang belum tau blog? Apa kata dunia?" Hehe, begitulah perkataan atau ungkapan di sosial media saat ini. Yup! blogger adalah salah satu profesi yang banyak diminati saat ini. Tak sekadar untuk profesi, sih. Orang ngeblog, motifnya macam-macam. Kalau baca buku tentang ngeblognya Mbak Carolina Ratri, ada banyak alasan orang untuk ngeblog. Mereka ngeblog karena alasan sebagai berikut:

1. Ngeblog untuk gaya hidup (life style) iya, zaman sekarang gak punya blog itu sepertinya kurang oke ya. Punya banyak akun media sosial, kayaknya tak lengkap kalau tak punya blog. Apalagi bagi orang-orang yang terkenal, pastinya mempunyai blog adalah suatu keharusan.

2. Ngeblog untuk menyalurkan hobi. Hobi menulis, hobi travelling, hobi kuliner, semua bisa disalurkan lewat aktivitas ngeblog. Tak sedikit, loh dari menceritakan hobi ini malah membuka jalan untuk mendapatkan job.

3. Ajang curhat
Nah, ngeblog yang satu ini biasanya ini dilakukan untuk sekadar tempat curhat. Menumpahkan segala kisah. Atau sekadar curhat tentang aktivitasnya sebagai ibu yang memiliki anak.

4. Sarana belajar
Ngeblog untuk sarana belajar. Biasanya anak kuliah atau anak-anak sekolah, mereka menuliskan materi-materi yang didapatkan sebagai sarana untuk menambah kemampuan mereka dan tentu saja berbagi kepada teman-temannya.

5. Mengasah kemampuan
Biasanya orang yang ngeblog dengan memilih jenis tema tertentu, makin mengasah kemampuannya. Misalnya blog yang berisi resep masakan, tentunya akan lebih mengasah kemampuannya dalam mempraktekan dan memodifikasi resep atau menemukan resep baru.

6. Eksistensi
Ngeblog pastinya agar kita selalu eksis dan makin dikenal. Misal sebagai dosen atau pengusaha sukses, tentunya dengan adanya blog, makin menambah eksistensi diri mereka khususnya dalam lingkungan internal.

7. Menambah penghasilan
Ngeblog untuk menambah penghasilan juga tak kalah banyaknya. Saat ini brand atau lembaga-lembaga baik orientasi laba maupun nirlaba mulai gencar meminang blogger-blogger untuk ikut mempromosikan produknya. Tak heran jika banyak ditemukan sosok-sosok blogger hadir di suatu acara atau event.

Nah, ketika saya ditanya, mengapa ngeblog? Jawaban saya simpel saja. Karena saya suka. Ya, saya suka ngeblog dengan segala macam aktivitasnya. Mulai dari untuk curhat, menulis pengalaman mendidik anak, pengalaman-pengalaman lainnya dalam kegiatan sehari-hari atau hal-hal seru dan menarik yang saya alami. Baik bersama sahabat, saudara atau pun komunitas yang saya ikuti.

Seseruan acara arisan ilmu KEB (ngbelog, menambah teman, sahabat, dan pastinya ilmu yang makin banyak)
Credit: @arifahwulansari

Awalnya ngeblog saya, hanya untuk suka_- suka dan menuangkan hobi nulis saya sejak SD kelas IV. Lama kelamaan, saya mulai meningkatkan kemampuan untuk mengoptimalkan blog saya. Saya memilih untuk mengubah blog saya menjadi blog yang mempunyai TLD (Top Level Domain), bukan gratisan lagi. Saat ini penyedia Domain sudah banyak. Misalkan saja di Niagahoster atau lainnya. Karena untuk mendapatkan job dan blog yang menghasilkan, prefer blog yang berbayar.

Saya sempat bingung mau kemana untuk mengubah blog saya menjadi blog TLD. Ada banyak sekali jasa pembuatan website yang ditawarkan atau rekomendasi dari teman. Alhamdulilah menemukan yang pas pada saat itu. Seiring dengan lamanya ngeblog dan blog makin naik baik DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) maka motivasi ngeblog saya bertambah, yaitu ingin menambah penghasilan. Pastinya tak semua job yang saya terima. Hanya yang sesuai passion dan prinsip hidup saya.

acara liputan event SGM (salah satu event brand  yang pernah saya ikuti)
Credit: @imasatrianto

Namun sebenarnya ada yang lebih penting lagi dari alasan ngeblog di atas, yaitu berbagi pengalaman dan menambah pertemanan, serta ngeblog untuk sarana dakwah. Saling memberi nasihat dan mengingatkan dalam kebaikan. Saya bahagia banget ketika postingan saya begitu bermanfaat untuk orang lain.

Salah satu postingan yang paling banyak diminati adalah tentang kisah saya yang mau gak mau harus ikhlas dengan kondisi ovarium yang tinggal satu. Ternyata, saya tak sendirian. Ada banyak perempuan yang sama kondisinya dengan saya. Mereka begitu terharu dan sangat terbantu, minimal mereka menjadi lega dan merasa tak sendiri setelah membaca kisah saya. Alhamdulilah. Semoga bisa menambah kebaikan, sebagai pengingat diri, terutama untuk saya pribadi. Nah, demikian alasan saya ngeblog, kalau pembaca dan teman-teman, apa alasannya, ngeblog? Yuk, sharing di kolom komentar. 




41 comments

  1. ada rasa senang tersendiri ya Mbak, jika kita bisa bermanfaat bagi orang lain.
    termasuk share cerita melalui ngeblog ini :)

    ReplyDelete
  2. Awalnya saya ngeblog karena ingin buat diary lewat media internet. Eh, ternyata keterusan sampai sekarang :)

    ReplyDelete
  3. Eeh ada aku di situ :)))
    Makasih yaaa maknung sayaaang, sering jadi penyemangat & inspirasi buat rajin ngeblog :*

    ReplyDelete
  4. aku ngeblog juga sama alasannya dengan mu.. karena aku suka nulis diary... lalu tiba2 merasa bahwa ternyata, enak juga nulis dan ada yang baca. Jadi berasa curhat dan ada yang dengerin.

    ReplyDelete
  5. aku awalnya bikin blogku yang ini karena ngeliat banyak banget foto2 liburanku yang sayang kalau nggak dishare karena selalu ada behind story di balik foto2 itu. enak aja gitu berbagi cerita

    ReplyDelete
  6. Ngeblog buat berburu rejeki mbk. Alhamdulillah makin ke sini nggak hanya dapet rejeki, tp juga bikin aku nambah temen dan pengetahuan. Asyik dah

    ReplyDelete
  7. Sesuai tagline-nya, blogku sebagai wadah untuk menuangkan pikiran dan rasa ke dalam kata alias untuk tempat curhat, hehehe

    ReplyDelete
  8. Awalnya dulu ingin tulisan di blog dipakai untuk daftar pustaka, Mbak. Tapi, setelah keturutan malah nglunjak. Hahaha.

    ReplyDelete
  9. Ditanya kenapa nge-blog?
    Hiihi...karena ikut-ikutan.
    Awalnya,
    karena sering hadir ke seminar parenting, dan sahabat-sahabat nagih..."Bagi ilmunya ddonk..."

    Akhirnya,
    punya blog yang isinya resume seminar.

    Sekarang?
    Hahha...keasikan di monetize, jadi gak pernah lagi hadir ke seminar parenting.

    Huuhuu~

    ReplyDelete
  10. aku ngeblog karena SUKAAAA mba :). Well, intinya sih seneng cerita dan berbagi. Plus punya foto banyaaaak banget hehe. Jadi Blog bener-benr bias jadi penyaluran deeeh.

    ReplyDelete
  11. karena pgn ninggalin jejak buat anak2 tp termyata bisa menghasilkan hahhaa paling seneng klo ada yg baca mba berasa banget manfaatnya gitu buat org lain

    ReplyDelete
  12. Sama mba, saya juga ngeblog karena suka. Suka aktivitas menulisnya, suka teman2 online maupun offline, suka tantangan2 membagi waktu...dan..suka juga tambahan penghasilan dr ngeblog meski blm seberapa..hihi

    ReplyDelete
  13. Sama mbak...semua poin alasan kenapa ngeblog itu sama dengan alasan ku hehe

    ReplyDelete
  14. Klo saya baru berapa bulan belajar nge blogg mba, gegara dikomporin teman2 "masa penulis ga punya Blogg" hihihi yah jadilah saya punya rumah baru, ternyata asik juga.

    ReplyDelete
  15. Dulu aku jaman abg ngeblog karena alasan no3 dan no4. Tapi sekarang lebih ke nomor2 dan seperti yg mba sampaikan terakhir bisa nambah banyak teman dan jadi sarana dakwah secara tdk langsung.

    ReplyDelete
  16. Kayaknya kalau saya semua tujuh alasan itu deh. Kalau sekarang beneran buat ajang cari duit. Yang tentunya jadi harus lebih ekstra perhatian sama kualitas blog.

    ReplyDelete
  17. Awal ngeblog pengen nyimpan kenangan masa masa menjadi ibu baru. Alay banget kayanya tulisanku jaman tahun 2010 itu. Tapi lama lama banyak lihat blog teman teman, jadi terpacu untuk memperbaiki disana sini. Kalau sekarang pengennya juga bisa berbagi tentang kondisi Aisha Mak, karena ternyata akhirnya banyak yang japri kalau punya anak dengan kondisi sama. Alhamdulillah bisa jadi jalan silaturahim

    ReplyDelete
  18. Aku ngeblog karena suka nuliiiiis. Ternyata blogging sangat mengasyikkan. Dengan ngeblog bs jadi self healing dan menjalin networking

    ReplyDelete
  19. Ngeblog buat curhat, aku awalnya kaya gitu. Lama2 ya berkembang, belajar, nyari teman, tambah pengalaman dan juga cring2

    ReplyDelete
  20. waktu tahun 2007 aku ngeblog karena cari kesibukan aja trus malah banyak teman

    ReplyDelete
  21. Dulu ngeblog tahun 2007 buat isi waktu kosong tapi malah jd pubya banyak temen

    ReplyDelete
  22. Saya ngeblog ben ra nggandjel hehehee... kayak jargon dari komunitas Gandjel Rel :)
    Enak banget saat ada yg ingin ditumpahkan, daripada ngganjel emang lebih sip kalau dituangkan dalam bentuk tulisan.

    ReplyDelete
  23. Paling asyik dari blog memang menambah teman. Syukur2 bisa cari duit lewat blog ya, mbak. hahaha. Btw, itu Blogger Ayu seger2 bangettt. Wkwkwk

    ReplyDelete
  24. Meskipun begitu, ada banyak loh yang belum tahu apa itu blog, belum tahu bagaimana blog dan gimana cara bikin blog. Alhamdulillah semua hal dari manfaat ngeblog itu pernah kunikmati mbak, yang paling berkesan adalah punya banyak teman

    ReplyDelete
  25. seru ya pengalaman ngeblog, bisa saling kenal dengan orang2 sefrekuensi dengan kita jadi kita merasa gak sendiri, yeay ada temannya hehehehe

    ReplyDelete
  26. Seiring waktu motivasi ngeblog aku juga ikut berimprovisasi,eeeaaa ^^
    Dari ajang curhat meningkat menjadi menebar manfaat sekaligus monetinisasi blog.
    Apalagi waktu ingat dapat job review perdana, senangnya tiada terkira.

    Wawasan juga ikut terdongkrak. Sahabat tersebar di seluruh penjuru nusantara.
    Senangnya jadi bloger!

    ReplyDelete
  27. Banyak alasan seseorang mulai ngeblog ya mba, yang penting konsisten dalam memelihara blog, ibarat tanaman mesti disiram dan dipupuk setiap hari agar berbuah yang lezat, manis, dan banyak juga hehehe

    ReplyDelete
  28. Hai mba. Aku awalnya ngeblog untuk memindahkan tulisanku yang di majalah ke blog. Trus lama lama aku nulis aktifitas anak. Alhamdulillah sekarang banyak hal bisa aku tulis mba

    ReplyDelete
  29. Awalnya ngeblog sih karena suka curhat-curhat je, eh selanjutnya terserah anda, wakaka. Btw masih ada yang gak tau blog itu apa. trus nanya kalo ngeblog kantornya dimana XD XD

    ReplyDelete
  30. Bagiku ngeblog itu jiwa.
    Kalau tidak dikembangkan dan dituangkan maka mati
    Sihiy !

    ReplyDelete
  31. Sama mba, saya juga ngeblog karena suka he he. Urusan sekarang bisa dapat penghasilan, dapat job, hadiah dsb buat saya sebagai bonus. Karena ntah ya saya merasa berkali2 ditunjukkan tandanya sama Allah, kalau niat utama ngeblog itu untuk berbagi, malah banyak rezeki yang Allah kasih

    ReplyDelete
  32. Kayaknya alasan saya ngeblog, hampir sama semua dengan yang diuraikan di atas, deh!
    Yang paling utama sih, supaya ada amal yang terus mengalir, kalau tulisan kita ada yang bermanfaat untuk orang lain

    ReplyDelete
  33. Dulu ngeblog itu buat curhat. Hahaha. Sekarang multifungsi, bisa sharing, tapi bisa juga tuntutan. Hehehe yang penting enjoy aja, mba. 😘

    ReplyDelete
  34. Dengan ngeblog kita bnyk teman offline or online, dpt tambahan pengetahuan, dpt pula income karena blog ada yang naksir, langsung diajak kerjasama. Nikmatnya ngeblog. Iya kan, Nuning?

    ReplyDelete
  35. aku awal ngeblog buat etalase tulisan, biar kl ada yg butuh tulisan, tinggal kasih link aja, beres, hehe. lama2 baru nyadar pentingnya blog

    ReplyDelete
  36. Yeaaaayy ada akuu di foto2 bareng kitaaa, semoga ngeblog menjadi ajang silaturahmi ya mak..

    ReplyDelete
  37. Karena suka aja mba', kadang suka gak butuh banyak alesan, kalau udah nyaman ya udah ^_^

    Alhamdulillah banyak manfaatnya juga.

    ReplyDelete
  38. Karena suka aja mba', kadang suka gak butuh banyak alesan, kalau udah nyaman ya udah ^_^

    Alhamdulillah banyak manfaatnya juga.

    ReplyDelete
  39. awal ngeblog mah yang penting nulis. Trus makin ke sini jadi belajar apa itu domain, hosting, dkk. Dinikmati saja :)

    ReplyDelete
  40. Saya ngeblog karena saya ingin abadi, mbak. Dan juga ini pekerjaan yang paling bisa saya lakukan di rumah

    ReplyDelete
  41. Buat aku nge-blog itu hobi.
    Dulu mumet ngetik skripsi, aku 'istirahat' dengan buat draft blog. Hahaah padahal kan sama2 aja ngetik ya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)