Aplikasi Colour to Life dari Faber- Castell ; Alternatif positif game untuk Anak dan Keluarga

Game atau permainan untuk anak sampai saat ini masih digemari oleh anak-anak saya. Disamping itu juga menonton film-film kartun anak atau animasi anak, masih kerap menjadi hobi bagi anak-anak saya. Media online atau media gadget, masih menjadi harapan besar bagi saya untuk bisa akses game anak saat ini. Berbagai macam game yang ada di aplikasi yang disediakan oleh smartphone atau juga perangkat yang lain. Seperti game-game edukasi, game berupa puzzle, dan game berupa cerita dan juga game aktivitas anak-anak lainnya. 

Meskipun saya tak serta merta melepas anak untuk bermain game online. Ya, saya belum memberikan izin kepada anak-anak saya untuk bermain gadget sendirian. Bila ingin bermain game, biasanya saya unduh terlebih dahulu, dan memilih game yang bisa dimainkan secara offline di laptop dan sebagian kecil di hp. 

Kadang anak-anak saya pun merasa bosan dengan game yang saya unduh tersebut. Ingin bermain yang lebih unik dan menantang serta mengasah kreativitas anak. Nah, kebetulan sekarang ada aplikasi Colour to Life dari Faber- Castell. Sebuah aplikasi yang bisa mengusir kebosanan dan juga alternatif yang positif game untuk anak-anak dan keluarga. "Wah, seperti apa, ya? Penasaran, kan?"

Colour to Life (CTL)

Aplikasi keren dari Faber- Castell yang memadukan antara aktivitas mewarnai, menggambar, dengan bermain game di Smartphone. Sebuah alternatif game yang sudah mainstream pastinya. Oya, gimana cara mainnya? Berikut review saya, ya.


Colour to Life adalah sebuah apiklasi game di smartphone yang dipadukan dengan aktivitas mewarnai dari Faber-Castell. Tentunya para orang tua sudah tak asing lagi dengan merk yang satu ini. Sebuah brand besar khusus untuk alat-alat tulis dan mewarnai. Pensil warna, pensil untuk ujian yang berbasis komputer dan menggambar sudah tak asing lagi dengan Faber-Castell. 


Colour to Life terdiri dari seperangkat spidol mewarnai sebanyak 20 buah atau connector pens dan buku mewarnai augmented reality yang terdiri dari 15 halaman. Ada buku kecil yang memandu kita bagaimana cara mewarnai yang baik. Teknologi Augmented reality atau AR sederhananya AR itu adalah semacam teknologi yang memadukan gambar menjadi nyata atau nampak hidup.  

Cara bermain Colour to Life

1. Unduh atau download aplikasi Colour to Life di play store yang ada di smartphone


Tampilan aplikasi colour to life di play store

2. Warnai gambar-gambar yang ada di colouring book CTL. Sebanyak 15 halaman gambar yang bisa diwarnai. Ada lima jenis tema gambar yang nanti bisa dimainkan. Dan menjadi pilihan karakter dalam game yang ada di aplikasiya. Seperti Giddy Up (karakter kuda), Pogo Boy (karakter anak laki-laki), Dres Up challenge (karakter gadis), balance your brain (karakter kucing), dan terakhir  safe flight (karakter pesawat)


Haziq sedang mewarnai halaman pertama colouring book dengan connector pens

3. Scan gambar yang telah diwarnai menggunakan aplikasi Colour to Life yang diunduh tadi. Jarak scan gambar kira-kira 30 cm agar apliaksi berjalan dengan baik. 

panduan untuk scan gambar ke hp

Hazim sedang mencoba game Colour to life

4. Setelah di scan, karakter gambar yang telah diwarnai tadi menjadi hidup dan bergerak
5. Bisa berfoto ria atau selfie dengan karakter-karakter yang diinginkan. Wah tambah seru!

Asiknya Selfie dengan CTL
Saya pun berselfi ria 

6. Saatnya bermain game Colour to Life, dengan lima jenis game karakter yang berbeda tadi. 

lima jenis karakter game colour to life yang siap dimainkan

Siap bermain colour to life!


Wah, seru banget ya. Anak-anak saya antusias dan merasakan suasana lain dalam game. Oya, dimana bisa beli CTL ini? bisa dibei di toko-toko buku terdekat, misal gramedia. Atau kalau mau online, bisa di Tokopedia Silakan borong dan nikmati keseruannya bersama keluarga.

Demikian review singkat saya tentang colour to life dari Faber Castell. Nah, kekurangan aplikasi ini adalah, harus berulang kali scan untuk bermain. Agak ribet jadinya. Untuk foto pun begitu, harus mengulang scan jika sudah take satu foto. Namun, menurut saya aplikasi ini mengasikan, mendekatkan orang tua dengan anak juga. Aplikasi game yang bisa menjadi alternatif bagi dunia game anak-anak. Aplikasi ini juga bisa dimainkan orang dewasa seperti saya dan suami saya, hehe. Colouring to life, Anak-anak senang, saya pun tenang! 

No comments

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)