Tips Belanja Online Mudah dan Aman




Era digital saat ini, semua serba cepat dan mudah. Semua dalam genggaman. Begitu istilah orang-orang. Termasuk pasal belanja-belanji. Belanja online, solusi tepat bagi yang gak mau ribet. Belanja online juga bisa menghemat waktu lebih banyak lagi. Nah, ngomongin belanja online, ada beberapa tips yang kudu diperhatikan, terutama oleh ibu-ibu seperti saya. Berdasarkan pengalaman, saya ingin berbagi tips belanja online yang mudah, dan aman. Kalau soal, cepat barangnya sampe, itu tergantung jasa pengiriman, hehe.

1. Pastikan mau belanja apa?

Bikin list atau daftar atau tentukan secara pasti barang apa yang mau kita beli. Seringnya kita terjebak ketika belanja, apa yang dibeli tidak sesuai dengan list atau daftar belanja yang sudah ada. Nah, sebenernya untuk apa kita bikin list? Yang jelas untuk memudahkan dan agar proses belanja menjadi mudah dan cepat, apalagi ini belanja online, semua kudu disiapkan, termasuk koneksi internet jika belanja melalui website atau market place. Misal saya mau beli buku secara online di website toko buku online tertentu, maka saya harus membuat list bukunya, dan alternatif jika buku yang saya cari, tidak ada stoknya. 

2. Lihat online shop yang recomended

Nah, ini tak kalah pentingnya. Sebeumnya, kita sudah pastikan mau belanja dimana? Mencari online shop yang terpercaya dan sudah terverifikasi adalah lebih aman untuk belanja. Bisa dicari dengan melihat sumber yang terpercaya ya. Atau testimoni sahabat dekat yang pernah berbelanja disitu. Kemudian untuk menentukan toko mana yang akan kita incar, biasanya membandingkan dari segala aspek dan tergantung kita mau beli apa? Misalkan, saya mau beli Smart Phone, maka saya pastikan onlineshop mana saja yang menawarkan smartphone, dan tentu saja saya akan melihat kisaran harganya dan fasilitas apa saja yang saya dapatkan jika membeli smart phoe di online shop yang saya tuju. 

Nah, harga inilah yang biasanya menjadi daya tarik dan daya saing bagi online shop dalam meraih minat pelanggan atau calon pelanggan. Misalkan saya ingin membeli smart phone Xiaomi Redmi 4a, maka saya akan cari dan browshing dulu harga xiaomi redmi 4a di berbagai market place atau toko online yang recomended tadi. 

3. Sesuaikan budget dan segera transaksi

Ini yang tak kalah penting. Jika maua belanja online, pastikan ada budgetnya yang cukup. Dan untuk mempermudah, pastikan saldo kita cukup yang ada di rekening, terutama jika kita belanja pada week end, da pembayaran harus melalui transfer, tentu saldo rekening harus cukup. Meskipun sekarang sudah banyak market place yang menambah jaringan dan cara pembayaran, ya bisa COD atau bayar di toko jaringannya. Makin mudah jadinya untuk transaksi di toko online. Segera transaksi ini yang kadang kita lupa. Lupa batas maximal transfer atau pembayaran kapan. Batas waktu pembayaran tergantung toko online atau market placenya. Biasanya kisaran 1x24 jam atau 2x24 jam, jika lebih dari itu dinyatakan batal atau biasanya diingatkan oleh beberapa toko online tertentu. 

4. Review

Review adalah hal yang paling sering diabaikan atau dilupakan oeh sebagian orang ketika sudah menerima barangnya. Apalagi yang tak mengalami kendala atau masalah dengan barang, biasanya tak memberikan review. Padahal, ini penting juga ya. Ada beberapa online shop yang memfasilitasi kolom review atau penilaian terhadap produk dan pelayanan. Seperti pada market place, sudah satu paket dan otomatis jika kita klik untuk verifikasi barang yang sudah sampai. Usahakan kita beri penilaian ya, se obyektif mungkin. Karena hal ini penting untuk mengetahui kualitas barang bagi calon pembeli yang lain. Dan kita pun akan sangat terbantu dengan review produk ini. Meyankinkan kita untuk jadi membeli atau tidak. Memudahkan urusan orang lain itu berpahala, bukan? Nah, jangan malas review produk setelah belanja online, ya.

Demikian, tips singkat belanja online mudah dan aman ala saya. Semoga bermanfaat, ya. Oya, ada yang mau menambahkan, tips apalagi yang belum saya sebutkan? 

No comments

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)