Menjaga silaturahim dan Silah Ukhuwah adalah Tujuan Mulia

"Ngapain sih repot-repot ngurusin ini itu di grup reuni keluarga?" Trus juga bikin grup teman-teman lama? Toh yang peduli cuma itu-itu aja. Yang nanggepin juga itu-itu aja. Dari sekian anggota, cuma beberapa saja yang aktif komen,share dan respon. Selain itu, cuma di read, doang. Kasian, de lu."

Itu selintas pikiran jahat dan buruk yang hinggap di benak saya. Iya, saya membuat wag itu sudah hampir 4 tahun yang lalu. Dengan susah payah mengumpulkan anggota grup, terutama keluarga inti. yang memang sudah lama tak jumpa. Boro-boro jumpa, berhubungan lewat dunia maya dan media sosial aja hampir enggak pernah. Hmm...

Alhamdulilah, sekarang grup itu masih ada. Dan sudah dua kali mengadakan buka puasa bersama. Meski tak semua anggota bisa, karena domisili dari sabang sampai merauke berjajar pulau-pulau.

Wag itu sungguh keren bagi saya. Iya, jujur, hp adalah andalan saya saat ini. Saya komunikasi kerja via smartphone itu. Passion saya sebagai seorang blogger (amatir) yang namanya smartphone butuh banget. Dan wa adalah paling favorit dan andalan saya untuk berkomunikasi dengan keluarga dan saudara. Termasuk dengan teman-teman alumni.

Nah, balik lagi ke paragraf awal, kenapa repot-repot? Ya, saya tau betul kalau menjaga silaturahim itu anjuran dan ajaran Islam yang mulia. Banyak dalil yang menjelaskan dan menegaskan betapa penting menjaga silaturahim terlebih dengan keluarga dan saudara.  Dan tentu ada aturannya tentang ini.

"Tidak ada yang masuk surga orang yang memutus silaturahmi." ( Bukhari Muslim)

Jelas, banget, kan ya. Kemudian ada lagi hadits berikut:

"Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturahim."  ( Bukhari Muslim)

Menyambung silaturahim disini artinya adalah menyambung hubungan dengan kerabat, yaitu keluarga dan saudara. Jika dengan teman namanya menjalin ukhuwah. Atau silah ukhuwah. Nah, ini juga gak kalah penting. Sesama muslim harus mengokohkan ikatan. Gak boleh bercerai- berai.

Saling menasehati dalam kebenaran dan juga saling menetapi dalam kesabaran. Mengingatkan dikala lalai dan malas. Fastabiqul khairat, bro! Dengan menjalin hubungan yang baik dan sesuai syariat, Insya Allah kehidupan kita akan menjadi lebih berwarna, hidup dan tentu saja semangat dalam beribadah kepada Sang Pemilik Kehidupan.

Adapun beberapa hikmah dari menjaga silaturahim adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan ridho Allah SWT
2. Membuat gembira sanak saudara
3. Menggembirakan malaikat
4. Mendapatkan pujian dari orang muslim
5. Menjadikan iblis susah untuk menggoda manusia
6. Menambah umur
7. Menambah berkah dalam rezeki
8. Menggembirakan orang yang meninggal dunia
9. Mempereat tali persaudaraan
10. Menambah pahala setelah ia meninggal

Nah, jadi, gak ada yang namanya percuma, kan? Dan Insya Allah berpahala. Aamiin

Bukber dengan sahabat perjuangan 


No comments

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)