Diskusi dan Edukasi Pentingnya Pemberian Nutrisi Terbaik 1000 HPK Bersama Nutrisi Untuk Bangsa

Sebagai ibu yang masih punya batita dan balita serta anak dalam masa pertumbuhan, sangat perlu  belajar dan mencari info seputar kesehatan dan nutrisi bagi anak. Nah, kebetulan saya beserta teman-teman blogger di Jogjakarta, diundang acara oleh Nutrisi untuk Bangsa. Acara yang bertema Health and Nutrition discussion pada hari sabtu, tanggal 10 Februari 2018 di Mezzanine. Sebuah tema yang menarik dan pastinya akan sangat bermanfaat. Ya, bagaimana, sih nutrisi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan itu? Simak ulasan saya disini ya, pastinya seru karena ada banyak ilmu dan juga keseruan lainnya.

pose dulu di Photo booth cantik ini 


Credit: Prima Hapsari

Sebelum acara ini dimulai peserta terlebih dahulu dipersilakan untuk memeriksa kesehatannya. Ditimbang berat badannya, diukur tinggi badannya serta diukur tensi darahnya. Baru kemudian dihitung hasilnya. Saya sempat cemas juga karena hasilnya saya awal-awal terkena obesitas. Sarannya untuk tidak berlanjut ke obesitas dan bisa normal kembali yaitu dengan olahraga dan diet sehat. Ah, Bismilah semoga bisa.

Diukur dulu ya tensinya...


Setelah makan siang dan sholat duhur, acara diskusi yang ditunggupun dimulai. Dipandu oleh host cantik mbak Kartika.

Sesi pembicara pertama adalah dr Endy Paryanto P. beliau adalah pakar dari Departemen ilmu kesehatan anak, RSUP Sardjito. Pentingnya 1000 pertama kehidupan (100 HPK) itu dimulai kapan? Ada banyak yang salah kaprah mengartikan awal dari 1000 HPK tersebut. Kebanyakan orang memahami bahwa 1000 HPK itu dimulai sejak kelahiran. Nah, yang benar adalah 1000 HPK dimulai sejak janin dalam kandungan berupa embrio, sampai usia 2 tahun setelah kelahirannya.

Para narasumber yang siap berdiskusi

Pada masa kehamilan, pemberian nutrisi untuk ibu hamil dan janin sangat penting. Iya, kebutuhan nutrisi yang baik dan cukup sesuai kebutuhan janin dan ibu, akan mengurangi resiko cacat pada bayi. Konsumsi asam folat yang cukup pada masa awal kehamilan, bisa mengurangi dan mencegah resiko kerusakan tabung saraf otak bayi. Dilanjutkan dengan konsumsi nutrisi untuk ibu dan janin sesuai usianya sampai tiba masa jelang kelahirannya.

Kemudian setelah bayi lahir ke dunia, nutrisi yang paling baik adalah ASI. Usahakan sang ibu bisa langsung melakukan Inisiasi Menyusu Dini ( IMD). Manfaat IMD sangat besar bagi ibu dan bayi. Merangsang bayi untuk belajar menyusu pada ibunya. Memberikan kedekatan atau bonding juga. Bayi hanya minum ASI sampai ia butuh makanan pendamping ASI (MPASI).
Pemberian MPASI pada bayi kapan sebaiknya dimulai? Menurut anjuran adaah 6 bulan, namun tidak harus karena dilihat kebutuhan si bayi. Menu untuk MPASI yang sehat banyak sekali macamnya, biasanya dimulai dengan pure buah dan juga sayur, lanjut daging-dagingan.

Setelah usia 1 tahun, maka si anak bisa mengkonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh keluarga. Karena usia satu tahun, bayi bisa diperkenalkan makan makanan apa saja. Sebagai closing statement, dr Endy menegaskan bahwa nutrisi terbaik itu adalah nutrisi yang tepat diberikan sesuai usianya, sesuai porsi dan kebutuhannya, dan tentu saja yang berkualitas.
 
Ibu Nunik Endang
Sesi kedua diskusi bersama Ibu Nunik Endang, SST, SH, MSc dari ketua PD IBI DIY. Berbicara seputar peran bidan yaitu memberikan layanan, support dan keyakinan pada ibu hamil. Ibu hamil setidaknya minimal 4 kali datang ke bidan atau nakes untuk memeriksakan kondisi kehamilannya. Buku KIA sebagi panduan dan catatan riwayat kesehatan bagi si ibu dan anak juga jangan lupa dibawa dan dirawat jangan sampai hilang.

Pentingnya eduksi terhadap ibu hamil harus selalu diingatkan. Ada kerjsama yang harmonis antara bidan nakes dan ibu hail dan juga suami beserta keluarga harus mendukung untuk memberikan rasa nyaman dan tenang pada ibu hamil. Konsumsi nutrisi terbaik untuk ibu dan janin dalam kandungan juga tak boleh dilupakan. Tentang konsumsi asam folat, sebaiknya dikonsumsi sebelum hamil, yaitu pada masa merencenakan kehamilan. Belajar juga ketika melahrikan bagaimana. Cara mengejan yang benar dan juga cara-cara merawat bayi dan kondisinya setelah melahirkan. Intinya, harus ada upaya dan juga edukasi bagi para ibu hamil untuk menjalani kehamilan yang sehat hingga melahirkan nanti.





Sesi selanjutanya adalah Class Cooking demo. Pada sesi ini akan mendemokan beberapa resep yang tentunya sehat dan mengandung nutrisi yang baik untuk keluarga terutama anak-anak. Resep yang pertama didemokan oleh Bu Ana, pemenang lomba resep sehat. Kali ini mendemokan resep yang mudah murah dan sehat. Yaitu puding roti susu vanila. Rasanya enak dan lezat. Saya mencicipi hasilnya sampai habis. Semoga bisa mempraktekan resep ini untuk anak-anak di rumah.

Chef Rissa


Hasil resep yang siap discicip. Enak dan lezat rasanya

Kemudian sesi cooking demo yang kedua oleh chef cantik dan enerjik, Chef Rissa.  Chef Rissa mendemokan resep-resepnya yang unik, murah dan pastinya mengandung nutrisi yang sehat. Resepnya adalh terbuat dari bahan-bahan alami, berupa daun katuk dan daun kelor serta wortel. Hasilnya, enak sekali dan pastinya sehat.  Acara ditutup dgn foto bersama semua peserta yang masih setia mengikuti acara dari awal hingga selesai.

Terimakasih Nutrisi untuk Bangsa, semoga saya bisa terus berupaya untuk memberikan nutrisi terbaik untuk keluarga. Ditunggu event selanjutnya, ya!  

Credit : IG chef Rissa

2 comments

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)