Wednesday, 29 November 2017

Tamban Beach Malang, Pantai ‘Tersembunyi’ di Kota Apel

Wednesday, 29 November 2017




foto: yukpiknik.com


Biasanya kalau ke Malang, yang terpikirkan oleh kita itu ya Museum Angkut, naik gunung atau menikmati wisata kotanya saja. Tapi, tahu nggak kalau ternyata wilayah Malang yang didominasi daratan tinggi ini ternyata punya pantai (info lebih lengkap ada disini ya..). Bahkan, nggak sedikit tempat wisata di Malang ini menghadirkan pantai tersembunyi. Nah, salah satunya adalah Tamban Beach.

Berada di pesisir selatan Malang, pantai ini memang cukup jauh dari pusat kota Malang. Meski jauh, hal tersebut tentu nggak menghalangi niat untuk melihat keindahan pantai ini. Dijamin rasa  lelah akan terbayarkan!


foto:rentalmotormlg.wordpress.com


Sejarah Tamban Beach Malang

Nama Tamban sendiri berasal dari kata “tombo” dalam bahasa Jawa yang berarti “obat”. Kawasan ini ditemukan oleh tiga kyai yaitu, Kyai Mangun, Ngastowo dan Yaser. Mereka menembus hutan lebat dan akhirnya menemukan pantai. Saat proses buka hutan tersebut, mereka sangat haus. Hal aneh muncul saat mereka minum air sungai di kawasan tersebut – pada saat itu air sungai tersebut kotor – membuat mereka sakit dan mulut terasa pahit. Ketika menemukan pantai, anehnya airnya justru dapat diminum. Hal tersebutlah yang menjadikan nama kawasan tersebut sebagai Pantai Tamban atau “air obat”.

Uniknya, pantai tersebut memang berisi air segar dan sangat bening yang didominasi oleh ikan air tawar. Muara tersebut berada dekat dengan pantai dan dinamakan sebagai Kedung Ijo. Spot tersebut makin unik karena terdapat batu-batu besar akibat abrasi air laut yang menyebabkan tebing longsor. Di sisi utaranya, kamu bisa melakukan aktivitas berenang karena terdapat semacam kolam besar. 


Aktivitas yang Tak Sekadar ‘Mantai’



foto:gomancing.com





Meski terbilang “tersembunyi” namun kawasan pantai ini sudah cukup tertata, lho.  Disana kamu nggak sekadar diajak untuk “mantai” tetapi juga beraktivitas macam-macam. Contohnya saja, kamu bisa berkeliling di desa terdekat, kemudian kamu juga bisa coba naik perahu wisata yang dimiliki nelayan lokal di sana. Terdapat juga Pulau Sempu yang berada nggak jauh dari Tamban dimana kamu bisa menikmati pengalaman memancing di laut sekitar pulau itu.

Meski belum begitu dikenal, Pantai Tamban atau Tamban Beach sudah memiliki fasilitas cukup memadai. Banyak pelajaran yang bisa diambil ketika berada disini. Kamu bakal dengan mudah menemukan warung makanan serta minuman ringan, kamar mandi, area parkir serta mushola. Untuk yang suka makanan laut harus cobain ikan bakar di pantai ini. 


foto:ofil-oufei.blogspot.co.id


Penginapan masih berupa penginapan kayu atau rumah-rumah warga yang dijadikan homestay. Namun buat yang suka dengan pengalaman baru nan unik, menginap disana menghadirkan keseruan dan pengalaman tersendiri. Ingin lebih seru lagi? Kamu bisa camping di pinggir pantai sambil menikmati asyiknya pantai di malam hari!

Kalau ingin penginapan di hotel lebih mumpuni, di Kota Malang ada banyak yang bisa dipilih sesuai selera. Sebaiknya bawa kendaraan sendiri ke sana dan pulang di hari yang sama untuk kembali ke hotel dan beristirahat ditemani sejuknya udara Malang di malam hari.
 


1 comment:

  1. Wah kelihatan biru!

    Bulan lalu ke Malang dan ke Selecta doang. Duh sayang udah ngelewatin pantai ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...