Friday, 16 January 2015

The Beloved Aisyah: Bukan Novel Biografi Biasa

Friday, 16 January 2015


Sumber: BukaBuku.com



 Judul Novel: The Beloved Aisyah
Pengarang    : Irfa Hudaya
Penerbit        : Revive!
Tahun Terbit : Oktober 2014
Cetakan        : Pertama
Ukuran         : 13 cm x 20 cm
Jumlah Hal   : xviii+290 
ISBN            : 978-60270464-4-3
Harga            : Rp 50.000



Membaca novel biografi ini terasa begitu berbeda. Novel yang bercerita tentang kisah hidup salah satu istri Rasulullah SAW, dimulai dari lahir, remaja dan hingga akhir hayatnya. Seorang Irfa Hudaya, dengan begitu cantik merangkai tiap kalimat untuk menggambarkan sang tokoh.

Cerita dengan sudut pandang yang berganti-ganti, novel ini berhasil menghilangkan kebosanan dalam membaca sebuah novel biografi pada umumnya. Novel biografi yang disajikan dengan tulisan yang indah dan penuh makna. Pembaca diajak mengembara pada kisah-kisahnya yang luar biasa. Yah, siapa yang tidak tahu sosok Aisyah? Salah satu istri Rasulullah SAW. Seorang Ummahatul Mukminin yang dikenal cerdas karena hafal ribuan hadis.

Prolog novel ini membawa ingatan kita ketika membaca sirah Rasulullah SAW. Terutama pada masa akhir hidup beliau yang diceritakan dengan sangat menjiwai dan penggambaran tokohnya yang kuat. Tak heran jika pembaca menitikan air mata, tersedu turut merasakan peristiwa kematian Rasulullah.

"Aku mencintaimu, ya Rasulullah," isakku.

Ia tersenyum, menatapku dengan balur cinta yang luar biasa di matanya.

"Kau tahu perasaanku padamu, ya Bintushidiq... Kau perempuan pilihan Allah untukku, Aku mencintaimu."

Bisikannya, sangat jelas di telingaku. Angin surga telah ditiupkannya untukku. Tangannya melemah, kemudian ia bersedekap.

" Laa Ilaaha Illaallah..." (hal: xvi)

The Beloved Aisyah, tidak hanya menggabungkan cerita biografi dalam bentuk sejarah dan fiksi, namun pemaparannya juga sarat ilmu. Penggambaran tokoh Aisyah dari berbagai aspek. Yah, Aisyah juga sosok muslimah yang punya rasa cemburu, galau dan juga pernah marah. Begitulah salah satu segi yang ingin diungkapkan oleh sang penulis.

Ditengah maraknya cerita novel yang kering akan nilai ruh, novel ini sangat layak disebut sebagai oase bagi dahaga remaja akan novel yang memberikan kesejukan, wawasan dan menambah ketaatan pada sang ilahi. Sangatlah pantas dan tepat jika novel ini menjadi bacaan untuk generasi muslim dan muslimah khususnya.

Saya dengan buku The Beloved Aisyah




16 comments:

  1. Jadi pengen baca..cerita tentang Rasulullah dan sahabat/sahabiyah selalu bikin rindu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo baca mbak...bisa dipesan or langsung cari di toko buku...:-) makasih dah menjejak ya...:-)

      Delete
  2. Tengkyu Mbak Nunung, syuka review nya. Ijin share ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak...btw, monggo mbak...moga laris manis ya...:-)

      Delete
  3. Pasti hati bergetar membacanya Mak. Saya membayangkan susahnya bikin novel ini. Riset sejarahnya harus benar-benar-benar. Maksudnya gak boleh mengada2 :)

    TFS Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak betul...saya juga bayangin betapa penulisnya harus betul2 melakukan riset sejarah dan sirah2 rasul. Salut.

      btw, sama2 mak...makasih dah menjejak :-)

      Delete
  4. Mak, minta PIN BBnya lagi dong, aiih pengen beli bukunya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih iya mak pas aku lihat kontak, ternyata tidak berteman lagi denganmu...bbm nya error ya? oke ntr aku invite ulang ya...masih yang dulu kan? btw, beli mak...bagus loh...:-)

      Delete
  5. Replies
    1. ayo mak Astin dibeli novelnya....biar gak penasaran lagi :D

      Delete
  6. Bahasanya indah, aku suka novelnya mbak Irfa ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, setuju mak...bahasanya memang indah. btw, sukses untuk bukunya ya mak...jadi penasaran pingin baca anak kos Dodol :D

      Delete
    2. duh mau ikut komen susahnyaaa...lola melulu.. well, aku kagum pd Nyah Irfa yg pintar banget nulis novel iniiih. Saluttt

      Delete
  7. Saya sudah membaca novel ini mbak Nunung, komentarku adalah bagus dan spesial. He he he he . Tidak bisa menggambarkan seperti mbak Nunung mereviewnya. Ajari aku dalam berkalimat ya mbak Nung ! Sip pokokke !

    ReplyDelete
  8. Biasanya buku sejarah dan biografi itu berat dibacanya ya. Kalau novel ini enak bacanya, lebih ngalir, dan bisa bikin terharu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...